Jurnal Enterpreneur

5 Bisnis Modal Kecil untuk Penghasilan Tambahan

Karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, seringkali masih ingin mempunyai penghasilan tambahan selain dari gaji yang diterima setiap bulannya. Apalagi dengan tingginya biaya hidup di kota besar saat ini. Kebutuhan hidup sehari-hari pun kian meningkat jumlahnya. Oleh karena itu, tidak sedikit para karyawan sebuah lembaga atau perusahaan yang akhirnya mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya tersebut.

Banyak karyawan yang beranggapan untuk menjalankan sebuah bisnis sampingan harus memiliki modal yang besar. Tak heran, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha. Namun, perlu diingat jika tidak terkelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usaha. Maka dari itu mendapatkan aplikasi pembukuan online shop terpercaya adalah hal yang penting. Berikut ini adalah bisnis dengan modal kecil yang dapat Anda lakukan untuk menambah penghasilan sebagai karyawan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

1. Menjadi Reseller

Menjadi reseller produk milik orang lain adalah pekerjaan yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai karyawan. Pekerjaan sampingan ini terbilang paling diminati karena Anda dapat berjualan kapan saja, dan lagi tidak membutuhkan modal yang besar. Anda hanya bekerja menjual produk orang lain dengan cara Anda sendiri. Bisa melalui media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dll, maupun dengan cara menawarkan langsung kepada teman-teman Anda.

2. Memberikan Les Privat

Jika Anda termasuk seseorang yang memiliki kemampuan lebih di bidang ilmu pengetahuan atau kesenian, maka tak ada salahnya Anda mengajarkan ilmu pengetahuan yang Anda kuasai. Pasalnya, bagi banyak siswa, sejumlah mata pelajaran seperti matematika atau bahasa asing butuh metode pembelajaran khusus. Artinya, Anda bisa menjadi seorang guru les private yang bisa memberikan penjelasan yang lebih mudah dicerna daripada saat para siswa diajar oleh gurunya di sekolah.

3. Menjadi Agen Travel

Menjadi agen travel merupakan ide bisnis sampingan yang menjanjikan seiring meningkatnya jumlah orang yang berwisata. Ada banyak perusahaan tour & travel sekarang ini yang menawarkan kerjasama usaha sampingan untuk menjual tiket pesawat dan paket perjalanan, dan bisa dilakukan dan dijalankan secara online. Anda juga dapat memulai usaha ticketing ini dengan sistem reservasi online yang dapat di akses selama 24 jam.

4. Freelance Writer

Ini adalah bisnis yang sedang tren yakni menjadi penulis lepas atau freelance writer. Anda yang memiliki hobi menulis ada baiknya kegemaran tersebut disalurkan agar bisa menjadi sumber penghasilan, saat ini terdapat beberapa situs marketplace yang menyediakan berbagai lowongan khusus untuk pekerja freelance salah satunya adalah sebagai penulis. Ada juga beberapa media yang mencari freelance writer untuk mengisi informasi di media cetak, online, bahkan elektronik.

5. Jasa Penerjemahan

Jika Anda seorang karyawan yang memiliki keterampilan dalam bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, China dll, Anda bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa penerjemahan. Usaha sampingan ini relatif tidak merepotkan karena Anda bisa lakukan sebelum atau sesudah kerja. Atau saat waktu senggang usaha penerjemah bahasa ini bisa Anda kerjakan secara maksimal.

Selain yang disebutkan di atas, sebenarnya masih sangat banyak peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh seorang karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan, seperti jasa pengetikan, berjualan pulsa elektrik, makelar properti dll. Namun, perlu Anda ingat bahwa ini adalah bisnis sampingan, dan sebaiknya jangan sampai mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai karyawan. Semoga dengan membaca artikel ini Anda dapat terinspirasi dan yakin akan usaha yang akan dijalani di kemudian hari.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo