Daftar Isi
5 min read

Sistem Dropship: Cara Kerja dan Pencatatan Transaksi

Tayang 20 Dec 2022
Diperbarui 17 Okt 2023

Bagaimana cara kerja sistem dropship dan metode pencatatan pembayaran transaksi yang tepat? Temukan jawabannya di Blog Mekari Jurnal.

Digemarinya bisnis online membuat sistem dropship menjadi sangat akrab di masyarakat.

Pada saat ini banyak supplier yang menawarkan cara penjualan dan pembayaran menggunakan sistem reseller dan dropship.

Sistem dropship adalah suatu metode penjualan di mana penjual hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membeli atau menyetok barang tersebut.

Mereka hanya menjualkannya saja dengan menambahkan harga sebagai keuntungan sementara masalah produksi sampai pengiriman akan dilakukan oleh supplier menggunakan nama penjual tersebut.

Dropshipping sebenarnya memiliki sistem penjualan yang hampir sama dengan sistem reseller. 

Namun pada sistem dropship pihak penjualnya tidak perlu menyimpan barang dari supplier.

Panduan memulai bisnis sistem dropship cara kerja pembayaran

Memahami Cara Kerja Sistem Dropship

Jadi, jika disimpulkan sistem reseller dan dropship memiliki perbedaan pada persediaan barang dagangannya.

Usaha reseller memiliki atau memegang langsung barang dagangan dan dropship tidak menyimpan barang dagangannya.

Secara akuntansi sistem reseller tidak membingungkan dalam hal pencatatannya karena sesuai dengan perusahaan dagang. Namun, sistem dropship?

Sistem ini tidak memiliki barang dagangan tetapi juga bukan usaha jasa, lalu bagaimana cara mencatat transaksi pada dropship online?

Sebelum menjelaskan lebih cara mencatatnya, agar lebih jelas memahami sistem dropship, Anda dapat melihat ilustrasi berikut ini:

Diketahui toko Maju Bersama sebagai penjual utama dan supplier baju, toko Semesta Alam adalah penjual atau toko online.

Suatu saat ada konsumen yang bernama Rizky membeli baju di toko Semesta Alam.

Setelah mencatat pesanan Rizky, toko Semesta Alam memesan baju yang dimaksud ke toko Maju Bersama. Selanjutnya toko Maju Bersama yang mengirim baju langsung ke alamat Rizky tentu saja dengan label toko Semesta Alam.

Sehingga yang diketahui Rizky adalah pengirim baju tetap toko Semesta Alam dan Rizky tidak tahu apapun tentang toko Maju Bersama.

Dari ilustrasi di atas, toko Semesta Alam melakukan dropship.

Ciri-ciri sistem dropship adalah tidak adanya barang yang keluar atau masuk dari toko Semesta Alam.

Hal ini karena barang langsung dikirim oleh toko Maju Bersama. Oleh karena itu, toko Semesta Alam tidak berpengaruh dengan persediaan atau inventory.

Keunggulan dan Kelemahan Sistem Dropship

Sistem dropship memiliki kelebihan atau keunggulan seperti:

  1. Menghemat biaya dan tempat persediaan, pihak penjual tidak perlu menyimpan barang persediaan maka biaya sewa tempat atau keamanan gudang pun tidak ada
  2. Aman, mudah, dan murah, penjual akan dimudahkan karena dia akan membeli produk atau barang pada saat ada transaksi pembelian. Adanya sistem online juga membuat penjual tidak perlu pusing memikirkan modal karena uang akan ditransfer oleh pembeli terlebih dahulu

Selain  memiliki keunggulan, sistem dropship juga memiliki kelemahan yaitu pihak penjual tidak mengetahui kondisi barang yang dikirimkan.

Padahal jika pembeli protes akan ditunjukkan kepada pihak penjual bukan kepada supplier-nya.

Baca juga: Menjalankan Bisnis Baru Dengan Mudah Menggunakan Aplikasi Toko

Cara Mencatat Transaksi dan Pembayaran Sistem Dropship

Setelah mengetahui keunggulan dan kelemahan dropship, sekarang saatnya Anda mengetahui cara mencatat transaksi dan pembayaran sistem dropship. Bagaimana cara mencatatnya?

Di bawah ini akan kami jelaskan lebih lanjut mengenai cara mencatat transaksi bisnis dropship.

Membuat Daftar Supplier dan Produk

Buatlah daftar tentang produk dan supplier yang rinci, ini akan memudahkan Anda dalam memantau toko online.

Anda dapat membuat daftar tersebut pada Excel. Adapun daftar atau data yang harus Anda buat seperti:

  • Daftar supplier dan produk dari supplier.
  • Daftar harga beli dan harga jual dari setiap produk.
  • Daftar akun media promosi dan e-commerce yang diikuti untuk memasarkan produk.
  • Daftar customer atau pelanggan.

Untuk format dari masing-masing daftar atau data tersebut dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Isikan informasi yang memudahkan Anda untuk melakukan operasional penjualan.

Anda juga dapat memanfaatkan Jurnal untuk membuat dan menyimpan daftar sistem dropship dari supplier beserta produk yang mereka jual.

Dengan Jurnal, Anda juga dapat mengatur batas maksimal utang supplier. Sehingga Anda dapat mengurangi risiko utang yang tak terbayarkan.

Baca juga: Begini Cara Mencari Supplier Bisnis Tangan Pertama

Penjualan & Pembelian

Pada saat ada pesanan dari pembeli atau dengan kata lain ada penjualan maka dicatat sebagai penjualan seperti biasa. Selain itu catat juga metode pembayaran yang digunakan kas atau kredit.

Transaksi pembelian ini maksudnya, saat Anda melakukan pemesanan barang dan pembayarannya ke supplier.

Catat transaksi tersebut beserta metode pembayarannya.

Dengan Jurnal, Anda juga dapat membuat laporan penjualan dan pembelian, beserta utang dan piutang supplier dan pelanggan.

Anda juga dapat lebih mudah mengelola dan memonitor semua transaksi pembelian dari supplier, serta melihat status pembelian kapan dan di mana saja.

Selain itu, Anda akan dapat mencatat juga cara pembayaran yang masuk dari penjualan sistem dropship ke dalam laporan arus kas Anda.

Baca juga: Pelajari Sistem Rantai Pasok dan Strategi Pengelolaannya

Buat Laporan Transaksi

Langkah selanjutnya yakni membuat laporan transaksi dengan mengumpulkan bukti transaksi, membuat jurnal besar, aliran kas, laporan neraca keuangan dan laba rugi.

Ini akan sangat bermanfaat untuk mengetahui posisi keuangan Anda. Untuk meminimalisir human error, Anda dapat menggunakan aplikasi pencatatan keuangan online.

Untuk memudahkan dalam melakukan pencatatan transaksi, Anda dapat menggunakan bantuan Mekari Jurnal.

Jurnal sebagai software akuntansi online berbasis cloud membantu Anda membuat laporan keuangan instan dengan mudah, cepat, dan aman.

Tidak hanya pencatatan transaksi, Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, aplikasi stok barang sederhana, software invoice, dan manajemen aset yang akan membantu mengembangkan nilai aset bisnis Anda di masa depan.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah penjelasan tentang apa itu sistem dropship, cara kerja, dan transaksi pembelian, penjualan, maupun pembayaran.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
WhatsApp Hubungi Kami