Jurnal Enterpreneur

8 Peluang Kerja Sampingan Unik untuk Mahasiswa

Masa kuliah adalah masa yang seharusnya sangat produktif. Di usia ini, mahasiswa/i biasanya sudah mulai memiliki kebebasaan untuk mengelola keuangan secara mandiri dan mengambil keputusan sendiri. Dengan kebebasan yang mereka dapat, banyak mahasiswa kreatif di luar sana yang memutuskan untuk memiliki kerja sampingan.

Ingin tahu, apa saja pekerjaan paruh waktu yang bisa menginspirasi kamu untuk menjadi pengusaha pemula? Mari kita simak 8 peluang kerja unik di bawah ini.

Penerjemah

Jika kamu adalah seorang mahasiswa di bidang studi bahasa, profesi penerjemah adalah pekerjaan yang sangat menarik. Selain income yang sangat menjanjikan, peluang kerja sampingan sebagai penerjemah baik secara online maupun offline mampu memperkuat kemampuan bahasa yang tentunya sangat berguna untuk mendukung studimu.

Profesi penerjemah juga bisa dijadikan sebagai ajang praktek dari ilmu yang selama ini dipelajari. Sebagai gambaran, acuan harga jasa penerjemahan dari HPI atau himpunan penerjemah Indonesia pada tahun 2016 sudah sebesar 160 ribu per lembar dengan 250 kata. Cukup menarik bukan?

Fotografer

Sejak media sosial berkembang, kegiatan berfotografi dari mulai selfie sampai mengabadikan setiap momen diri sendiri adalah sebuah tren yang sangat digemari. Setiap orang mulai senang mengabadikan setiap kejadian dan membagi cerita dengan banyak orang.

Hal ini jika dicermati bisa menjadi sebuah peluang bagus bagi mahasiswa/i yang memiliki hobi fotografi. Kamu bisa memulai kerja sampingan sebagai fotografer dari acara casual atau santai semacam ulang tahun maupun reuni sebelum akhirnya bisa menjadi fotografer yang lebih profesional untuk berbagai acara formal.

Guru Privat

Saat ini, dunia pendidikan menjadi kebutuhan penting yang makin disadari oleh setiap orang di luar sana. Para orang tua berlomba-lomba mencarikan alternatif pembelajaran bagi putra-putrinya untuk melengkapi pembelajaran di sekolah.

Bagi seorang mahasiswa yang masih berada dalam dunia pendidikan, menjadi seorang guru privat adalah sebuah peluang bagus yang dekat dengan dunia edukasi. Banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menjalani kerja sampingan ini seperti waktu yang fleksibel, gaji yang bisa kamu dapatkan tiap bulan, dan tentu pengalaman praktek langsung dari ilmu yang telah kamu dapat selama ini.

Penulis Freelance

menggunakan software akuntansi

Bagi mahasiswa pemilik bakat menulis atau rajin menulis, kamu bisa mulai memikirkan kerja sampingan sebagai penulis freelance. Banyak blog-blog di Internet yang membutuhkan bakat-bakat penulis untuk melengkapi artikel-artikel mereka.

Dengan menjadi penulis freelance terutama artikel online, kamu hanya perlu memiliki laptop sebagai modal utamamu. Kamu bahkan tidak perlu keluar kamar untuk menyelesaikan pekerjaan ini.

Namun, karena pekerjaan sebagai penulis membutuhkan banyak wawasan, kamu perlu memastikan bahwa kamu mendapatkan pekerjaan freelance ini sesuai dengan bidang yang kamu kuasai.

Penjual Online

Saat ini, banyak orang menggemari usaha sebagai reseller dengan cara berjualan secara online. Usaha ini cukup mudah dijalankan dan tidak membutuhkan banyak modal sehingga sangat fleksibel untuk mahasiswa. Banyak produk yang bisa kamu pasarkan secara online.

Jika kamu adalah tipe mahasiswa yang sangat komunikatif dan memiliki banyak jaringan, kamu bisa melihat potensi di sekelilingmu. Mulailah berkenalan dengan banyak orang. Tanyakan apakah orang disekelilingmu memiliki produk-produk yang bisa kamu pasarkan.

Mulailah berjualan secara online dengan menggunakan media sosial yang kamu miliki. Jadikan mediasosialmu sebagai sarana bisnismu.

Baca Juga : 6 Kesalahan Pembukuan Perusahaan yang Sering Terjadi

Menjadi Proofreader

Menjadi seorang Proofreader berarti kamu harus memiliki minat yang cukup besar dalam membaca naskah orang lain dan menelitinya. Biasanya orang yang bekerja dalam profesi ini adalah orang yang memahami tata bahasa dengan baik dan mengetahui aturan baku dalam dunia penulisan.

Bekerja sebagai seorang proofreader bagi mahasiswa/i berarti bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Kamu bisa mulai memiliki kerja sampingan sebagai seorang proofreader dari tugas-tugas sederhana harian yang dikerjakan teman kuliahmu sendiri.

Penjual Bunga Kertas

Jika kita jeli, selama ini banyak acara yang ditandai dengan penyerahan seikat bunga sebagai simbol sukacita. Dari mulai ulang tahun, wisuda, kelahiran, dan lain sebagainya. Bunga segar yang selama ini menjadi simbol dari pemberian tersebut, lambat laun kini mulai bergeser dengan bunga kertas yang lebih tahan lama.

Hal ini bisa menjadi peluang yang cukup baik sebagai kerja sampingan para mahasiswa. Dengan menggunakan kertas warna-warni sebagai bahan dasarnya, kamu bisa berkreasi lebih bebas dan tidak takut merugi, karena selain murah, bahan kertas bisa disimpan untuk kemudian hari.

Konsultan Keuangan

Bagi kamu yang kuliah dengan jurusan akuntansi atau bisnis, menjadi konsultan keuangan juga bisa menjadi salah satu kerja sampingan yang cocok. Dengan bergabung di Jurnal University, kamu bisa belajar tentang cara mengelola keuangan bisnis dengan mudah melalui software akuntansi Jurnal.

Bagi kamu yang berhasil lolos dan menjadi Member Alumni Jurnal University (MAJU), kamu juga dapat berkesempatan menjadi konsultan keuangan profesional yang membantu berbagai bisnis dalam mengelola keuangan mereka. Untuk info pendaftaran dan info lebih lanjut tentang Jurnal University, kamu bisa mengirimkan email ke maju@jurnal.id.

Baca Juga : 5 Alasan Penting Menggunakan Aplikasi Keuangan

Dari beberapa kerja sampingan di atas, tentunya sekarang kamu bisa mulai memiliki keberanian untuk memulai bisnis sejak di bangku kuliah. Namun, meski kamu berkeinginan untuk memiliki usaha sampingan, kuliah tetaplah yang utama. Carilah jenis usaha yang tidak terlalu menghabiskan waktu dan bijaklah mengelola keseimbangan antara kuliah dan kerja.

Banyak peluang usaha yang bisa kamu jalani di sekitarmu. Jika kamu masih penasaran dengan peluang usaha yang lain. Kamu bisa membaca artikel tentang 5 hobi yang dapat diajadikan peluang bisnis. Jangan lupa! berkaryalah selagi muda, dan jadikan masa muda sebagai masa mencari pengalaman secara positif.

Jurnal, salah satu platform penyedia software akuntansi dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dengan memiliki strategi yang tepat. Melalui aplikasi invoice Jurnal, Anda dapat memantau dan memproses transaksi keuangan dalam perusahaan secara realtime, mencetak invoice otomatis, serta tiap transaksi yang dilakukan akan tercatat dengan sistematis.

Hal ini tentu memudahkan Anda dalam mengontrol dan mengawasi keuangan bisnis dengan efektif. Jadi tunggu apa lagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang dan nikmati free trial selama 14 hari dari Jurnal!

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo