Jurnal Enterpreneur

10 Rahasia Sukses Memulai Bisnis Sampingan Yang Perlu Anda Ketahui

Perkembangan zaman dari tahun ke tahun semakin maju yang berimbas pada biaya kebutuhan hidup sehari-hari menjadi semakin mahal. Bila beberapa tahun yang lalu, uang Rp 50.000 masih bisa digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari, lain halnya dengan saat ini, semua kebutuhan serba mahal dan mengalami kenaikan harga.

Tidak heran bila banyak orang mulai mencari ide bisnis sampingan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun, untuk menjalankan bisnis sampingan tidaklah semudah yang dibayangkan, apalagi Anda harus membagi antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingan yang sedang dikelola.

Untungnya, ada 10 rahasia sukses memulai bisnis sampingan yang perlu Anda ketahui dan bisa diterapkan. Berikut ini pembahasannya.

Mencari Ide Bisnis

Langkah pertama adalah mencari ide bisnis. Menemukan Ide bisnis bukanlah hal yang mudah, dan seringkali menjadi penghambat saat ingin memulai bisnis sampingan. Banyak orang yang terkadang bingung karena tidak memiliki ide sama sekali atau bahkan terlalu banyak ide yang ada dipikirkan.

Untuk menemukan ide bisnis yang sesuai, cobalah mulai dengan membuat daftar skill dan passion yang Anda miliki, setelah itu cocokan dengan ide bisnis yang sesuai. Dengan memilih bisnis yang sesuai skill dan passion, bisnis sampingan yang Anda jalani akan terasa mudah dan menyenangkan.

Membuat Rencana Bisnis

Yang kedua adalah membuat rencana bisnis. Anda mungkin akan bertanya tentang seberapa penting rencana bisnis ini dilakukan. Fungsi membuat rencana bisnis sebenarnya adalah untuk memberikan gambaran tentang modal yang harus disiapkan, strategi pemasaran, target konsumen, dan target pendapatan dari bisnis dalam setiap bulannya. Mempunyai rencana bisnis yang jelas mempunyai pengaruh yang besar terhadap keberhasilan dalam menjalankan bisnis.

Survei Tingkat Persaingan

Setelah 2 langkah di atas sudah Anda lakukan, maka tugas selanjutnya adalah melakukan survei tentang tingkat persaingan bisnis dari ide usaha yang Anda miliki. Hal ini penting karena Anda bisa mengetahui tentang harga pasar saat ini, tingkat persaingan bisnis, dan mengetahui seberapa besar peluang bisnisnya. Gali sedalam-dalamnya mengenai informasi dari semua kompetitor yang ada. Jika persaingan terasa berat, ada baiknya Anda memilih bisnis lainnya yang memiliki peluang besar dan tingkat persaingan yang rendah.

Membuat Komitmen

Untuk memulai bisnis sampingan relatif lebih mudah, tetapi untuk berkomitmen terhadap bisnis sampingan ini yang sulit. Apalagi Anda harus membagi waktu dengan pekerjaan utama Anda, karena itulah Anda harus memiliki komitmen yang kuat untuk mengembangkan dan menjalankan bisnis.

Catat semua aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan bisnis dan komitmen yang Anda miliki untuk memajukan bisnis. Semakin banyak waktu yang diluangkan dan komitmen yang dimiliki, semakin cepat pula bisnis Anda menuju kesuksesan.

Siapkan Modal

Kebanyakan orang akan berfikir ketika memulai bisnis, modal paling utama haruslah memiliki uang yang banyak. Pemikiran tersebut tidak sepenuhnya benar, karena tidak hanya uang saja yang Anda butuhkan, masih banyak modal lain yang harus dimiliki selain uang.

Pola pikir mengutamakan uang sebagai modal utama haruslah mulai di singkirkan, jangan sampai karena Anda tidak memiliki modal uang, Anda akhirnya tidak jadi memulai bisnis. Sebab, Anda bisa memulai bisnis dengan modal skill, kemudian hasil uang dari bisnis tersebut bisa Anda simpan untuk modal mengembangkan bisnis sampingan menjadi lebih besar.

Tentukan Target

Tentunya Anda tidak ingin memulai perjalanan tanpa mengetahui tujuannya dan akan menggunakan transportasi apa untuk bisa mencapainya. Begitu juga dengan menjalankan bisnis sampingan, tanpa menentukan arah tujuan yang dapat dicapai dan jangka waktu yang realistis, maka Anda akan menghabiskan banyak waktu sia-sia. Anda bisa mulai menentukan target secara berkala mulai target bulanan, sehingga Anda lebih mudah dalam melihat perkembangan bisnis setiap bulannya.

Action

Setelah semua persiapan sudah matang, langkah selanjutnya adalah melakukan action. Yakinlah dengan bisnis sampingan yang Anda rintis akan sukses. Jangan pernah menunda-nunda untuk memulai bisnis, karena di luar sana ada bisnis sejenis yang sudah siap beraksi. Buang juga rasa takut akan kegagalan karena itu hanya akan menghambat kesuksesan Anda.

Promosi

Setelah bisnis berjalan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat promosi untuk mengenalkan bisnis Anda kepada target pasar. Jangan hanya sekedar menunggu konsumen datang, lakukan promosi yang menarik untuk mendapatkan konsumen.

Misalnya, menggunakan social media untuk menjelaskan mengenai bisnis dan produk yang Anda jual. Atau, Anda juga bisa memberikan diskon menarik untuk 100 pelanggan pertama, dan masih banyak lagi. Jangan berpikir untung saat masa promosi, yang terpenting di masa ini adalah konsumen mengenal produk yang Anda miliki, sehingga lain waktu mereka bisa kembali lagi untuk membeli produk yang Anda jual.

Analisa Bisnis

Jika bisnis sudah mulai berjalan, lakukan analisis secara berkala karena pastinya ada kesalahan dan kegagalan. Hal tersebut sangatlah wajar, karena Anda baru saja memulai bisnis sampingan ini. Seorang pebisnis yang sukses adalah mereka yang bisa menganalisa kesalahan dan kegagalan yang dialami kemudian memperbaikinya agar tidak terulang di kemudian hari. Selain itu, pebisnis yang sukses juga selalu melakukan inovasi terhadap produk yang dimiliki agar konsumen tidak bosan terhadap produk yang Anda miliki.

Investasi Keuntungan

Langkah terakhir dalam memulai bisnis sampingan adalah melakukan investasi keuntungan yang didapatkan. Jangan terburu-buru untuk berfoya-foya terlebih dahulu dengan keuntungan yang didapatkan.  Melakukan investasi adalah langkah yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih besar sehingga hasilnya tidak lagi menjadi tambahan kebutuhan sehari-hari, melainkan menjadi penghasilan utama Anda.

Bisnis sampingan memang bisa mendatangkan tambahan pemasukan untuk kebutuhan Anda pastinya. Cara-cara tersebut tentu bisa Anda terapkan dalam memulai bisnis sebagai usaha sampingan. Walau usaha sampingan, urusan pengelolaan keuangan jangan sampai dikesampingkan.

Hal ini yang nantinya akan memberikan keuntungan bagi Anda dalam menjalankan bisnis sampingan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi dalam mengelola keuangan bisnis. Salah satu software akuntansi yang dapat Anda gunakan yaitu Jurnal.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda dapat lebih mudah mengetahui perkembangan bisnis melalui laporan keuangan yang telah disediakan. Jurnal adalah salah satu investasi software akuntansi online yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan bisnis. Selain menyediakan laporan keuangan, Jurnal juga memiliki berbagai fitur menarik yang bisa Anda gunakan.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati 14 hari free trial untuk pengguna baru.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo