Pengertian Sustainability Management

Pengertian sustainability management merupakan salah satu hal yang penting untuk diketahui terutama bagi Anda yang saat ini sedang menjalankan usaha atau bisnis. Konsep dan pengertian sustainability management atau manajemen berkelanjutan bisa membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis tentunya dengan cara yang lebih mudah.

Pengertian sustainability management ini pada dasarnya mengarah pada hal yang berkelanjutan namun kesemuanya itu diterapkan dalam suatu sistem manajemen.

Pengertian Sustainability Management

Dengan kata lain pengelolaan perusahaan atau bisnis dilakukan dengan konsep berkelanjutan dengan disertai adanya integrasi ekonomi dan sosial ke dalam strategi bisnis yang dijalankannya.

Pengertian Sustainability Management: Manfaat yang Dirasakan

Tentunya melalui sustainability management yang baik, dapat diperoleh beberapa manfaat penting bagi perusahaan. Beberapa manfaat tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

Reputasi perusahaan meningkat

Salah satu manfaat dari adanya konsep dan pengertian sustainability management pada suatu perusahaan adalah adanya peningkatan dari segi pengelolaan perusahaan. Adanya sistem manajemen berkelanjutan di suatu perusahaan memang dapat menambah dan meningkatkan kepercayaan banyak orang pada perusahaan tersebut.

Tak heran jika kemudian reputasi perusahaan itu sendiri jadi semakin meningkat dan bahkan bisa mengalami perluasan bisnis dari waktu ke waktu.

Reputasi perusahaan yang muncul dan meningkat memang seringkali timbul karena adanya kepuasan konsumen pada produk yang dihasilkannya. Selain itu konsumen juga bisa saja merasa puas terhadap layanan jasa yang diberikan oleh perusahaan sehingga kepercayaan konsumen pada perusahaan tersebut semakin meningkat.

Pengelolaan perusahaan semakin baik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pengertian sustainability management dapat meningkatkan reputasi perusahaan.

Meningkatnya reputasi perusahaan ini tidak lain berkaitan dengan adanya pengelolaan perusahaan yang juga meningkat sebagai akibat dari adanya sistem manajemen berkelanjutan di perusahaan. Contoh, sebuah perusahaan yang memiliki sistem software akuntansi terbaik dapat memberikan kepercayaan yang lebih kepada para rekan bisnisnya.

Pengelolaan perusahaan yang semakin baik tentu akan mendorong perusahaan untuk bisa memberikan hasil yang terbaik bagi konsumen di sekitarnya.

Baik produk maupun layanan perusahaan akan selalu ditingkatkan kualitasnya karena adanya sistem manajemen berkelanjutan yang mendorong pengelolaan perusahaan hingga menjadi lebih baik. Salah satu contoh misalnya melalui penggunaan program akuntansi dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan.

Operasional perusahaan efisien

Tak hanya memberikan dua manfaat di atas namun rupanya pengertian sustainability management juga membuat perusahaan bisa menjalankan proses operasionalnya secara lebih efisien.

Sebab pengelolaan perusahaan pada dasarnya dijalankan dengan sistem yang terintegrasi sehingga membuat proses operasional menjadi lebih hemat biaya.

Tidak hanya itu saja tetapi sistem manajemen berkelanjutan yang diterapkan pada perusahaan juga membuat semakin banyak orang yakin dengan perusahaan tersebut.

Hal ini memberikan dampak yang baik bagi perkembangan perusahaan terutama dalam hal finansial. Kondisi finansial perusahaan semakin ditopang dengan adanya penanaman modal dari pihak lain yang memandang perusahaan memiliki reputasi baik dan hasil yang memuaskan serta akan selalu berlangsung dalam waktu yang cukup panjang.

Biaya produksi rendah

Manajemen berkelanjutan yang diusung oleh suatu perusahaan seperti yang telah kita ketahui bersama dapat membuat pengelolaan perusahaan jadi lebih efisien. Salah satu hal yang menyebabkan terjadinya efisiensi tersebut adalah adanya biaya produksi yang cenderung lebih rendah jika perusahaan menggunakan konsep manajemen yang berkelanjutan seperti ini.

Biaya produksi tentu saja menjadi lebih rendah karena memang sifatnya jadi lebih ekonomis. Sistem manajemen yang turut melibatkan faktor ekonomi dan sosial serta lingkungan ini tentunya membuat perusahaan jadi menerima banyak masukan dan inovasi dari sekitarnya.

Termasuk pula inovasi di bidang produksi yang membuatnya mengeluarkan biaya jadi lebih rendah sehingga pengeluaran bisa lebih ditekan.

Mudah merekrut SDM

Satu lagi manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam menggunakan sistem manajemen berkelanjutan adalah kemudahan dalam merekrut SDM. Tentunya SDM yang direkrut dalam hal ini adalah SDM yang berpotensi dan berkualitas serta mampu mengemban segala tugas yang memang menjadi bidang pekerjaannya.

Sistem manajemen berkelanjutan yang mengintegrasikan seluruh faktor ke dalam pola manajemen atau pengelolaan perusahaan tentunya akan lebih mudah mendapatkan banyak pelamar kerja.

Terlebih lagi jika nama perusahaan semakin melambung sehingga akan ada lebih banyak lagi pelamar berkompeten yang ingin menjadi bagian dari perusahaan.

Disinilah letak kemudahan perusahaan untuk bisa mendapatkan tenaga kerja produksi yang memiliki kompetensi tinggi dan tak sulit dalam memahami pekerjaannya.

Menarik para investor

Banyaknya tenaga kerja atau SDM yang berkompeten serta hasil produk yang berkualitas sudah pasti membuat perusahaan semakin dikenal di kalangan para pebisnis dan investor. Nama dan reputasi perusahaan yang meningkat tentunya membuat para investor ingin menanamkan modalnya pada perusahaan.

Jika memang perusahaan Anda menggunakan sistem manajemen berkelanjutan maka bukan tidak mungkin perusahaan Anda tersebut akan semakin berkembang karena adanya investasi dari pihak luar.

Bukan hanya investor saja yang akan emilirik perusahaan Anda tetapi juga akan ada banyak klien yang ingin memiliki hubungan mitra kerja dengan perusahaan Anda sehingga perusahaan Anda akan semakin berkembang.

Pengertian Sustainability Management: Resiko yang Dapat Timbul

Meskipun membawa beberapa manfaat, namun perlu diketahui bahwa ada kemungkinan resiko yang dapat terjadi. Beberapa resiko yang umumnya dialami perusahaan dalam berusaha menjalankan sustainability management tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

Proses berjalan penuh tantangan

Bukan hanya keuntungan dan manfaat saja yang bisa didapatkan oleh perusahaan dalam mengusung dan menerapkan sistem manajemen berkelanjutan. Namun akan ada pula resiko yang harus dihadapi oleh perusahaan Anda jika memang Anda menerapkan istilah dan pengertian sustainability management pada perusahaan Anda.

Salah satu resiko yang harus dihadapi adalah adanya banyak tantangan terutama dalam menerapkan perubahan sistem manajemen di perusahaan.

Sistem manajemen yang tadinya biasa saja kini harus beralih sistem menjadi berkelanjutan. Tentu saja hal ini tidak hanya membuat jajaran atasan saja yang harus beradaptasi dengan pola manajemen baru.

Tetapi para bawahan atau karyawan juga harus bisa menyesuaikan diri dengan sistem manajemen yang baru.

Harus mengembangkan keahlian pemimpin

Resiko yang selanjutnya dan harus dihadapi oleh perusahaan jika berganti sistem manajemen dari manajemen biasa menjadi manajemen berkelanjutan adalah pola kepemimpinan. Pemimpin perusahaan haruslah selalu siap untuk dapat menerapkan sistem manajemen yang baru agar bisa menjalankannya di perusahaan dengan baik.

Jika sistem manajemen berkelanjutan diterapkan di suatu perusahaan maka sudah pasti perusahaan bisa menciptakan hasil yang terbaik dan berkembang dengan lebih baik lagi.

Namun mungkin saja untuk membuat pemimpin menjadi lihai dan ahli dalam menerapkan sistem ini perusahaan harus melatih pemimpin.

Para pemimpin haruslah dibekali dengan ilmu dan wawasan yang baru serta keterampilan dalam menjalankan manajemen berkelanjutan di perusahaan.

Pengertian sustainability management yang kini telah Anda pahami secara lebih lagi tentu akan membantu Anda untuk menjalankan usaha dengan baik.

Sebab pengelolaan bisnis yang mengusung konsep ini memiliki berbagai macam kelebihan dan manfaat yang pada akhirnya akan menggiring perusahaan pada keuntungan besar.

Bahkan konsep pengelolaan perusahaan yang mengusung metode manajemen berkelanjutan ini akan memperkuat perusahaan termasuk untuk generasi mendatang yang akan menjadi penerus pengelola bisnis. Maka perusahaan Anda akan terus berdiri dan berlangsung bahkan secara jangka panjang karena adanya konsep manajemen yang tepat ini.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo