Tinggal di kawasan pegunungan tentunya sangat menyenangkan. Selain dapat menikmati pemandangan alami yang indah, masyarakat juga bisa menghirup udara segar yang dihasilkan oleh pohon-pohon rindang setiap harinya. Namun, umumnya daerah pegunungan sulit dijangkau oleh sarana dan prasarana karena jauh dari perkotaan. Selain itu, peluang wisata di gunung kini lebih banyak dikuasai oleh kelompok atau instansi besar. Dengan modal yang memadai, mereka mampu membuka lahan yang luas untuk menciptakan objek wisata yang megah. Alasan ini yang membuat masyarakat pegunungan kerap kali kebingungan ketika ingin memulai sebuah bisnis.

Bagi Anda yang berada di daerah pegunungan dan berencana untuk merintis sebuah bisnis, hal ini bisa dijadikan sebuah kesempatan. Jika Anda tidak mampu membuat objek wisata yang sama besarnya, setidaknya Anda masih mempunyai peluang bisnis wisata gunung lainnya dengan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki. Wisatawan yang memadati bisa jadi melirik ke tempat wisata lainnya jika tempat tersebut dibuat semenarik mungkin. Apa saja peluang bisnis wisata lain yang bisa didirikan di sekitar tempat wisata gunung yang sudah tersedia?

Wisata Perkebunan

Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi InspirasiAnda bisa memanfaatkan lahan yang ada untuk membuat tempat rekreasi lain di luar dari yang telah tersedia. Salah satu peluang bisnis wisata gunung yaitu wisata perkebunan, karena umumnya tanah di daerah pegunungan terbilang sangat subur dan cocok untuk ditumbuhi tanaman. Wisata perkebunan yang saat ini sedang terkenal adalah kebun teh dan kebun bunga. Dengan penataan yang rapi, para wisatawan dapat menjadikan tempat ini sebagai spot foto yang bagus. Selain budidaya dua jenis tanaman ini, Anda juga dapat melirik tanaman lain seperti sayur dan buah. Anda bisa memanfaatkan perkebunan tersebut untuk memberikan pengalaman menarik dengan menciptakan wisata memetik buah dan sayur.

Wisata Peternakan

Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi InspirasiPeluang bisnis wisata gunung lain yang bisa Anda kembangkan di daerah pegunungan adalah wisata peternakan. Ini menjadi hal baru namun menarik bagi wisatawan. Daerah pegunungan cocok untuk beternak sapi, kerbau, domba, kambing dan lain sebagainya. Saat ini pun sudah banyak paket wisata yang menawarkan pengalaman merawat hewan ternak, hingga keseruan menunggangi serta menikmati langsung hasil produksi ternak tersebut biasanya digemari oleh keluarga yang sedang berkunjung ke daerah pegunungan.

Wisata Outbound

Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi InspirasiSatu lagi peluang bisnis wisata gunung yang sangat digemari oleh berbagai kalangan saat ini, yakni outbound. Outbound adalah istilah yang dipakai untuk kegiatan luar ruangan dengan menggunakan wahana atau metode permainan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keberanian, kerja sama, soft skill serta mengasah keterampilan. Outbound dilakukan oleh individu, kelompok maupun instansi. Bagi berbagai kelompok dan instansi, outbound dirasa lebih efektif jika diserahkan kepada orang ketiga dibanding membuatnya sendiri. Selain lebih menghemat waktu, variasi permainan yang disediakan pun lebih banyak. Dengan terbukanya kesempatan ini, Anda dapat memanfaatkannya menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan.  

Tour Guide

Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi InspirasiDaerah gunung terkenal dengan pemandangannya yang indah serta rindang. Tidak mengherankan jika wisatawan, terutama yang tinggal di kota berbondong-bondong ke daerah pegunungan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Namun tidak jarang di antara mereka datang tanpa ada pengetahuan mengenai tempat wisata tersebut dan bagaimana cara menjangkaunya. Ada juga yang ingin berwisata santai dan praktis dengan adanya pendamping. Berbekal pengetahuan mengenai daerah wisata pegunungan yang berada di sekitar Anda, Anda bisa membuka jasa sebagai tour guide. Anda bisa menawarkan diri sebagai pemandu ketika berjalan di antara rindangya pepohonan agar wisatawan tidak tersesat. Tunjukkan pula spot-spot andalan yang bisa dijadikan tempat bersantai, bersenang-senang atau ber-selfie ria.

Kuliner

Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi InspirasiBisnis kuliner tergolong cukup mudah menarik pengunjung di daerah manapun, termasuk yang berdekatan dengan wisata pegunungan. Anda bisa membuka restoran sebagai tempat mengisi perut dengan berbagai makanan berat, cafe untuk tempat bersantai atau warung kecil-kecilan yang menyediakan minuman. Untuk membuat bisnis kuliner Anda diminati oleh wisatawan, Anda harus pintar-pintar memilih hidangan sehingga sesuai jika dinikmati di suhu dan pemandangan pegunungan. Makanan berkuah dan hangat sangat cocok jika dijajakan di daerah ini. Selain itu, lokasi tempat bisnis juga mempengaruhi. Anda bisa membangun warung kuliner Anda menghadap ke arah pemandangan bawah gunung yang biasanya dipenuhi lampu-lampu cantik perkotaan untuk menarik pengunjung.

Vila

Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi InspirasiMasyarakat dari kelas menengah bawah hingga menengah atas kini sangat menyukai traveling ataupun berwisata. Dengan pergeseran gaya hidup ini, sudah dipastikan bisnis penginapan akan terus meningkat. Masyarakat yang melakukan traveling biasanya membutuhkan penginapan untuk tempat bermalam dan menikmati tempat wisata lebih lama. Di daerah pegunungan, vila merupakan jenis penginapan yang paling sering dicari. Vila biasanya berbentuk rumah hunian dan disewakan untuk tempat tinggal sekaligus berlibur. Vila umumnya berada di daerah yang jauh dari keramaian dengan hawa sejuk dan suasana asri. Anda juga bisa menyewakan vila untuk beragam jenis kegiatan dan acara.

Persewaan Peralatan Camping

Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi InspirasiSelain menginap di vila, yang biasa dilakukan oleh wisatawan di daerah pegunungan adalah camping/berkemah. Bermodalkan tenda dan peralatan camping lainnya, para wisatawan bisa menginap untuk mendapatkan pemandangan indah melihat sunset dan sunrise. Menyewa tenda dan peralatan camping kerap dikenakan biaya perhari, dan ini bisa meringankan bagi wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dan menempuh perjalanan cukup lama. Jika mereka harus menyewa peralatan camping dari daerah asalnya, tentu akan memerlukan biaya yang lebih mahal, belum lagi repotnya saat mereka harus membawa berbagai macam peralatan ke tempat camping. Oleh karena itu, bisnis peralatan camping dirasa cukup penting jika dibuka di sekitar daerah wisata pegunungan.

Photographer

Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi InspirasiTujuan berwisata masyarakat saat ini telah berubah. Selain mencari tempat untuk menyegarkan pikiran dari padatnya pekerjaan, banyak yang kini berwisata khusus mencari tempat-tempat dengan spot foto terbaik. Wisata pegunungan merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan foto berlatar belakang pemandangan yang apik. Dengan berbagai pose dan gaya, wisatawan siap meng-update keseruan liburannya di media sosial. Namun, untuk mendapatkan hasil foto terbaik juga dibutuhkan skill foto dan angle yang tepat. Jika Anda mempunyai kemampuan dalam fotografi, Anda bisa mencoba peruntungan dengan menawarkan jasa foto kepada para wisatawan.

Itu tadi beberapa peluang bisnis di daerah sekitar wisata pegunungan yang bisa dimanfaatkan. Jenis bisnis manapun yang akan dipilih, berikan sedikit inovasi untuk membuat apa yang Anda tawarkan berbeda dan lebih menarik dibandingkan usaha sejenis. Tidak lupa juga agar selalu mengelola keuangan dengan baik dan teratur. Ini akan sangat membantu memperjelas berbagai alokasi biaya dan keuntungan yang didapatkan. Gunakan bantuan software akuntansi online untuk kelancaran proses ini, salah satu pilihan yang bisa Anda pilih adalah Jurnal. Sebagai software akuntansi yang praktis dan mudah, Jurnal dapat mempermudah berjalannya bisnis Anda. Dengan Jurnal, Anda dapat mengelola laporan keuangan secara lengkap mulai dari neraca, arus kas, laporan laba-rugi, pembuatan faktur, manajemen aset dan lainnya. Data-data Anda pun akan tersimpan dengan aman di cloud. Jurnal hadir sebagai solusi tepat untuk pengelolaan keuangan secara nyaman, aman, dan praktis. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga!

Author