Mekari Jurnal
Daftar Isi
15 min read

9 Tips Memulai Bisnis Tur dan Travel

Tayang 10 Aug 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Menjalankan dan memulai bisnis tur dan travel memang selalu menarik, menyenangkan, dan menguntungkan. Lalu bagaimana tips memulai bisnis tur dan travel agar menguntungkan? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya disini.

Selain karena tidak membutuhkan banyak biaya sebagai modal awal, industri ini juga memungkinkan Anda sebagai pelaku usaha untuk ikut melestarikan kebudayaan dalam negeri.

Jumlah populasi yang terus bertambah dibarengi dengan pendapatan per kapita yang mengalami pertumbuhan membuat bisnis ini terus mengalami perkembangan.

Bisnis tur dan travel tidak hanya mengenai jual-menjual tiket, namun mencakup semua aspek lainnya, seperti penjualan paket wisata, penyewaan mobil, sampai akomodasi hotel.

Jika Anda sedang berniat untuk memulai bisnis di bidang ini, berikut empat tips yang bisa Anda gunakan sebagai persiapan dalam memulai bisnis tur dan travel.

Menjalankan bisnis tur dan travel memang selalu menarik, menyenangkan, dan menguntungkan. Lalu bagaimana tipsnya agar menguntungkan? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini.

Terapkan Strategi Membangun Bisnis Travel, Lakukan Riset Mendalam dalam Pemilihan Segmen Pasar dan Lokasi

Memulai bisnis dalam industri travel memerlukan persiapan yang matang dan pemahaman yang mendalam mengenai prospek pasar perjalanan wisata yang akan dihadapi.

Salah satu langkah penting adalah melakukan riset mendalam untuk membantu merumuskan konsep bisnis yang tepat

Artikel ini akan menjelaskan betapa krusialnya riset dalam memulai bisnis travel serta peran pentingnya dalam menentukan segmen pasar yang tepat dan lokasi yang strategis.

Riset Mendalam dalam Memulai Bisnis Travel

Sebelum terjun ke dunia bisnis travel, pengetahuan mendalam tentang industri ini menjadi landasan yang penting.

Langkah pertama yang harus diambil adalah melakukan riset mendalam.

Hal ini melibatkan membaca berbagai artikel, buku, dan sumber daya lainnya yang berkaitan dengan industri travel.

Riset ini bukan hanya tentang tujuan wisata atau tempat-tempat menarik, melainkan juga tentang mekanisme bisnis, tren pasar, serta kompetitor di industri ini.

Riset mendalam memberikan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai aspek dalam industri travel.

Dengan pemahaman ini, Anda dapat membuat perbandingan yang akurat terhadap kompetitor yang sudah ada di pasar.

Lebih dari itu, riset ini membantu Anda mengenali peluang-peluang yang ada di pasar dan mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi.

Peran Riset dalam Menentukan Segmen Pasar yang Tepat

Industri travel memiliki ruang lingkup yang luas, meliputi berbagai layanan seperti penjualan tiket, penginapan, perjalanan wisata, dan banyak lagi.

Melalui riset pasar yang cermat, Anda dapat menentukan segmen pasar yang paling sesuai dengan konsep bisnismu.

Dalam konteks ini, riset akan membantu Anda mengidentifikasi preferensi dan kebutuhan calon pelanggan yang potensial.

Misalnya, melalui riset, Anda bisa mengetahui apakah segmen pasar yang lebih suka berlibur dengan paket perjalanan lengkap ataukah mereka yang lebih suka merencanakan perjalanan sendiri.

Dengan mengetahui segmen pasar yang tepat, Anda dapat merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai.

Menentukan Lokasi Pasar dengan Riset

Setelah mendefinisikan segmen pasar yang akan Anda targetkan, langkah berikutnya adalah menentukan lokasi pasar yang strategis.

Riset yang cermat akan membantu Anda dalam menilai lokasi yang paling sesuai untuk mempromosikan bisnismu, baik secara online maupun offline.

Pentingnya lokasi dalam bisnis travel terutama terkait dengan bagaimana calon pelangganmu akan mengetahui dan mengakses layanan yang Anda tawarkan.

Apakah mereka lebih cenderung melakukan pencarian online atau mengunjungi agen perjalanan fisik?

Apakah lokasi-lokasi wisata tertentu menjadi primadona di kalangan segmen pasar yang Anda targetkan?

Semua pertanyaan ini dapat dijawab melalui riset yang mendalam.

Manfaat Jangka Panjang dari Riset dalam Bisnis Travel

Riset pasar dalam memulai bisnis travel tidak hanya berfungsi untuk merumuskan konsep awal, tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang pasar dan pelanggan, Anda akan lebih siap menghadapi perubahan tren pasar dan persaingan yang terus berubah.

Riset yang terus-menerus juga membantu Anda dalam mengidentifikasi peluang baru dan merespons perubahan permintaan pasar.

Selain itu, riset juga memungkinkan Anda untuk melakukan pengembangan produk dan inovasi yang lebih tepat sasaran.

Dengan mengikuti perkembangan kebutuhan dan preferensi pelanggan, Anda dapat menghadirkan layanan yang relevan dan menarik bagi mereka.

Baca Juga: Potensial Peluang Bisnis Wisata Gunung yang Bisa Menjadi Inspirasi

Pastikan Kelola Keuangan Dengan Baik, Gunakan Bantuan Aplikasi Seperti Mekari Jurnal

Jika Anda sudah memantapkan hati untuk memulai bisnis tur dan travel, tahap selanjutnya adalah membuat strategi bisnis yang tepat.

Kemudian setelah bisnis mulai berjalan, sistem pengelolaan operasional dan keuangan usaha Anda juga harus terstruktur rapi.

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Mekari Jurnal, adalah software akuntansi untuk bisnis dan jasa yang akan membantu bisnis anda dalam mengelola keuangan.

Ada beragam fitur yang terautomasi dan akurat mulai dari laporan keuangan, monitoring transaksi dan kas, pengawasan inventaris dan stok, hingga perhitungan pajak.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Ayo mulai bisnis Anda dengan mudah! coba Jurnal sekarang, gratis hingga 14 hari! Caranya cukup klik tombol atau banner di atas saja!

Dengan begitu pemilik usaha bisa fokus pada pencapaian target sehingga bisnis melaju lebih pesat.

Baca Juga : Cara Cerdas Mengontrol Biaya Overhead Agar Lebih Efisien

Memilih Jenis Bisnis Tur Dan Travel

Ada banyak sekali ide bisnis dari tur dan travel, mulai dari pembelian tiket, paket tur wisata, voucher hotel, umrah & haji hingga rental kendaraan.

Dalam era globalisasi ini, bisnis tur dan travel telah menjadi salah satu sektor yang menjanjikan peluang besar.

Dari berbagai opsi yang tersedia, seperti pembelian tiket, paket tur wisata, voucher hotel, perjalanan umrah dan haji, hingga layanan rental kendaraan, calon pengusaha harus mampu memilih jalur yang tepat untuk meraih kesuksesan dalam bisnis ini.

Memahami langkah-langkah penting untuk membangun bisnis tur dan travel yang berhasil adalah kunci utama dalam perjalanan ini.

Adanya banyak pilihan bisnis di sektor tur dan travel seringkali membuat pengusaha pemula bingung dalam menentukan jalur yang paling tepat.

Untuk memulai, sangat disarankan agar calon pengusaha mempertimbangkan semua opsi yang ada.

Meskipun begitu, langkah bijak berikutnya adalah mempersempit fokus pada jenis bisnis yang memiliki potensi terbesar di daerah masing-masing.

Misalnya, menyediakan layanan pembelian tiket pesawat dan paket tur wisata bisa menjadi pilihan yang bijaksana.

Pengambilan keputusan ini haruslah didasarkan pada analisis mendalam terkait permintaan pasar dan tren industri di wilayah yang diinginkan.

Bisnis tiket pesawat dan paket tur wisata merupakan pilihan yang tepat, mengingat perubahan pola liburan masyarakat modern yang semakin banyak memilih untuk bepergian.

Terlebih lagi, pandemi global telah mendorong orang untuk merindukan petualangan setelah periode panjang pembatasan perjalanan.

Dengan demikian, menyediakan layanan yang memenuhi kebutuhan ini dapat menjadi fondasi yang kuat untuk bisnis tur dan travel yang sukses.

Selain itu, bisnis dalam bidang tiket pesawat dan tur wisata juga memiliki potensi untuk pertumbuhan berkelanjutan.

Dengan perubahan tren liburan yang semakin dinamis, para pengusaha harus tetap berinovasi dan memanfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan dan layanan yang ditawarkan.

Kolaborasi dengan mitra industri, penggunaan platform online, dan strategi pemasaran yang cerdas dapat menjadi faktor penentu dalam meraih kesuksesan dalam bisnis ini.

Dalam kesimpulannya, memilih jenis bisnis dalam sektor tur dan travel merupakan langkah awal yang menentukan arah kesuksesan bagi para calon pengusaha.

Dalam menghadapi berbagai pilihan yang tersedia, bijaksanalah untuk mempertimbangkan potensi pasar, tren industri, dan keunikan layanan yang dapat ditawarkan di daerah masing-masing.

Memfokuskan diri pada bisnis tiket pesawat dan paket tur wisata adalah langkah yang cerdas, mengingat perubahan perilaku konsumen dan pandemi yang memengaruhi kebutuhan perjalanan.

Dengan komitmen untuk inovasi dan kualitas, bisnis tur dan travel yang sukses bukanlah mimpi yang jauh dari jangkauan.

Baca Juga : Tips Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun dengan Cepat

Membuat Target Bisnis Yang Realistis dengan Bantuan Riset Pasar

Apapun bisnis yang Anda bangun, Anda wajib menentukan target agar bisa mengukur kemajuan bisnis setiap bulan atau setiap tahunnya.

Apakah memulai dari bisnis UKM UMKM, atau langsung memulai dengan besar, pastikan Anda tidak melewatkan tips memulai bisnis tur ini.

Menurut situs travel blog travelmarket, setiap bisnis tur dan travel harus menentukan target penjualan setiap bulannya.

Target yang dibuat juga harus selalu di-review setiap bulannya, apakah para pegawai Anda dapat mencapai target yang dibuat dan total target penjualan bisa dipenuhi atau tidak.

Selain itu ketika Anda membuat target, buatlah secara spesifik mulai dari target penjualan online atau offline, budget yang dibutuhkan sampai jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target.

Riset pasar dapat memberi tahu tentang seberapa besar target pasar Anda, mengetahui peluang sampai membantu Anda menyusun strategi pemasaran untuk marketing.

Dengan begini, Anda bisa membuat keputusan untuk mengeluarkan berapa besarnya budget untuk marketing dan berapa harga produk atau jasa yang Anda keluarkan.

Ada cukup banyak cara untuk melakukan riset pasar, seperti survey offline maupun online, bertanya langsung kepada calon pelanggan atau melakukan uji coba pasar.

Baca Juga : Pencatatan Pajak Sesuai Ketentuan Perundang-undangan

Menentukan Tujuan Wisata Sebelum Memulai Bisnis Travel

Dalam upaya memulai bisnis travel, langkah penting yang perlu diambil adalah menentukan tujuan wisata yang akan ditawarkan dalam paket perjalanan.

Memilih tujuan wisata yang tepat memiliki dampak signifikan terhadap kesuksesan bisnis jasa paket wisata.

Artikel ini akan membahas mengapa menentukan tujuan wisata yang sesuai sangat penting dalam memulai bisnis travel serta mengapa memulai dengan tujuan yang dikenal dan memiliki keindahan alam sangat disarankan.

Peran Penting Menentukan Tujuan Wisata

Menentukan tujuan wisata adalah langkah strategis dalam memulai bisnis travel yang juga merupakan tips memulai bisnis tur.

Tujuan wisata yang Anda pilih akan menjadi inti dari paket perjalanan yang Anda tawarkan kepada calon pelanggan.

Oleh karena itu, memilih tujuan wisata yang menarik, berkualitas, dan sesuai dengan preferensi segmen pasar yang Anda targetkan sangatlah penting.

Keuntungan Memulai dengan Tujuan Wisata yang Dikenal dan Indah

Memulai bisnis travel dengan tujuan wisata yang sudah dikenal memiliki beberapa keuntungan.

Pertama, tujuan wisata yang sudah populer memiliki basis pelanggan yang lebih besar.

Calon pelanggan cenderung lebih tertarik untuk memilih tujuan wisata yang sudah dikenal secara luas.

Kedua, tujuan wisata yang memiliki pemandangan indah atau daya tarik unik memiliki potensi untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Keindahan alam atau daya tarik khusus di suatu destinasi menjadi magnet bagi wisatawan, terutama bagi mereka yang ingin menciptakan pengalaman berkesan.

Mengenali Tujuan Wisata dengan Baik

Memilih tujuan wisata juga melibatkan pengetahuan yang mendalam mengenai tempat-tempat tersebut.

Anda perlu memahami dengan baik semua aspek yang terkait dengan destinasi wisata yang Anda tawarkan.

Ini meliputi informasi mengenai kontak pengelola tempat wisata, harga tiket, biaya lain yang dibutuhkan, serta informasi penting lainnya.

Selain itu, mengenali tujuan wisata dengan baik juga memungkinkan Anda untuk memberikan informasi yang akurat kepada pelanggan.

Kredibilitas dan kepercayaan dari calon pelanggan akan meningkat jika Anda memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai destinasi yang Anda tawarkan.

Membuat Database Destinasi Wisata

Mengenali tujuan wisata dengan baik adalah salah satu tips memulai bisnis tur, dan tidak hanya berhenti pada pengetahuan pribadi.

Anda juga perlu membuat database yang berisi informasi terperinci tentang setiap destinasi wisata yang akan ditawarkan.

Informasi ini mencakup data kontak, harga tiket, fasilitas yang tersedia, atraksi utama, serta semua biaya yang harus ditanggung oleh pelanggan.

Dengan database yang komprehensif, Anda dapat dengan mudah merencanakan dan menyusun paket perjalanan yang menarik.

Selain itu, database ini juga menjadi alat penting dalam mengelola bisnis travelmu dengan lebih efektif.

Baca Juga : 5 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Traveller

Tips Memulai Bisnis Tur dan Travel Menggunakan Sistem Referral

Memulai bisnis tur dan travel menggunakan sistem referral dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Dengan sistem referral, Anda akan merujuk pelanggan Anda ke perusahaan perjalanan yang sudah besar dan menerima referral fee untuk setiap orang yang melakukan reservasi.

Sistem referral akan membantu Anda dalam awal mengembangkan bisnis tur dan travel.

Jika Anda memilih sistem referral yang tepat, Anda juga bisa membuka tur dan travel ke seluruh Indonesia dan luar negeri.

Selain keempat hal diatas, Meredith Hill, pendiri Global Institute for Travel Entrepreneurs (GIFTE) dalam situs web travelmarket menjelaskan bahwa untuk menjadi sukses dalam menjalankan bisnis tur dan travel, Anda diharuskan mengembangkan kemampuan networking, marketing dan selalu berkomitmen dalam menjalani peran sebagai pengusaha bisnis tur dan travel.

Lebih lanjut, Hill mengatakan bahwa untuk memperbanyak klien yang Anda tangani, Anda juga perlu meningkatkan kualitas dalam melayani pelanggan Anda.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Bisnis Travel Online dengan Sukses

Membangun Identitas Bisnis yang Kokoh: Strategi Penguatan Branding dalam Bisnis Travel

Dalam langkah awal menjalankan bisnis travel, terdapat aspek penting yang tidak boleh diabaikan: penciptaan identitas bisnis yang kuat melalui proses branding.

Branding yang efektif menjadi fondasi bagi citra dan pengenalan bisnis di mata konsumen, dimana ini adalah salah satu tips memulai bisnis tur yang tidak boleh dilewatkan.

Mulai dari pemilihan nama, desain logo, hingga penentuan palet warna yang menghiasi tema, semuanya berkontribusi untuk membentuk citra yang mudah diingat dan dikenali oleh para pelanggan.

Pentingnya branding yang tangguh tak dapat dielakkan. Identitas visual yang kuat, seperti nama yang cerdas, logo yang mencerminkan esensi bisnis, dan pilihan warna yang tepat, memainkan peran krusial dalam memberikan penanda khusus pada agen perjalanan yang dijalankan.

Dengan cara ini, branding menjadi suatu wujud identitas yang spesifik dan memberikan pengenalan yang jelas kepada pelanggan potensial.

Bagaimana sebenarnya membangun brand yang solid? Berikut beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperkuat branding dalam bisnis travel Anda.

  1. Menyuarakan Misi di Balik Brand: Satu cara efektif untuk membangun koneksi emosional dengan pelanggan adalah dengan mengartikulasikan tujuan dan alasan yang mendasari pendirian bisnis travel Anda. Misi yang unik ini akan menarik minat konsumen dan memberikan pengertian yang lebih mendalam mengapa layanan Anda berbeda dan berharga.
  2. Konsistensi dalam Setiap Aspek: Keseragaman adalah kunci dalam membentuk persepsi positif. Baik dalam ide, desain, warna, dan bahasa yang digunakan, konsistensi harus dijaga secara ketat. Hal ini akan membantu membangun rasa kenal dan percaya dari pelanggan terhadap bisnis Anda.
  3. Keberadaan Website yang Profesional: Dalam era digital, sebuah website yang profesional bukanlah hanya sekadar alat promosi, tetapi juga merupakan wajah virtual bisnis Anda. Data menunjukkan bahwa mayoritas orang mencari informasi produk dan layanan melalui internet. Maka dari itu, website menjadi wadah yang efektif untuk memperkenalkan produk dan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pelanggan.

Dalam rangka membangun bisnis travel yang sukses, membangun branding yang kuat adalah langkah yang tak terelakkan.

Ini adalah langkah pertama dalam membentuk citra yang kohesif dan berkesan di benak pelanggan.

Melalui pengenalan misi, konsistensi yang dijaga dengan cermat, dan kehadiran digital yang profesional, Anda akan mampu mengambil langkah pertama yang kokoh menuju pencapaian keberhasilan di dunia bisnis travel yang kompetitif.

Baca Juga: Tips memulai Bisnis Travel Rumahan Modal kecil dan Pembukuan Simple

Mengembangkan Jaringan dan Koneksi: Tips Kunci dalam Memulai Bisnis Tur And Travel

Dalam proses memulai bisnis travel, terdapat suatu aspek yang tak boleh diabaikan, yaitu membangun dan memperluas jaringan serta relasi.

Kemampuan untuk membina jaringan yang luas dan koneksi yang kuat dalam industri travel adalah elemen kritis yang memiliki dampak signifikan terhadap kesuksesan usaha Anda.

Dalam lingkup bisnis travel, jaringan bukan sekadar pendukung, melainkan menjadi fondasi yang mengkondisikan pertumbuhan yang berkelanjutan.

Mengembangkan jaringan relasi yang luas memiliki potensi untuk memberikan nilai tambah yang substansial bagi bisnis Anda.

Kolaborasi dengan agen perjalanan lain dari berbagai tempat dapat membuka pintu peluang baru dan memperluas cakupan layanan yang dapat ditawarkan kepada pelanggan.

Seiring berkembangnya jaringan Anda, kemitraan strategis dapat terjalin, menghadirkan peluang kerjasama yang saling menguntungkan dalam rangka memenuhi kebutuhan klien.

Keuntungan lain dari memiliki jaringan yang solid adalah kemudahan dalam mengakses informasi penting mengenai destinasi wisata, akomodasi, dan tempat makan.

Dalam bisnis travel, pemahaman yang mendalam mengenai destinasi dan pilihan terbaik bagi pelanggan adalah kunci untuk memberikan pengalaman yang memuaskan.

Dengan jaringan yang kuat, Anda dapat memanfaatkan pengetahuan kolega dan rekan bisnis untuk mendapatkan data yang diperlukan tanpa perlu mengeluarkan biaya besar dalam survei langsung.

Bukan hanya itu, semakin luas jaringan Anda, semakin beragam informasi yang dapat Anda peroleh.

Setiap pertemuan dan interaksi dengan rekan bisnis memiliki potensi untuk memberikan wawasan berharga mengenai tren terbaru, perkembangan industri, dan peluang baru yang muncul.

Informasi ini dapat menjadi aset penting dalam mengambil keputusan bisnis yang cerdas.

Sebagai kesimpulan, mengembangkan jaringan dan koneksi dalam bisnis travel adalah suatu langkah yang tak terelakkan.

Dalam industri yang didukung oleh hubungan interpersonal dan pertukaran informasi, kemampuan untuk membangun relasi yang kuat menjadi suatu keharusan.

Dengan menggali peluang kolaborasi, mengakses pengetahuan kolega, dan memperoleh informasi terkini dari jaringan Anda, Anda akan memiliki dasar yang kokoh untuk membawa bisnis travel Anda meraih kesuksesan yang berkelanjutan.

Baca Juga: 5 Langkah Merencanakan Manajemen Keuangan Perusahaan

Legalitas yang Tidak Boleh Diabaikan: Pendaftaran Merek dan Perolehan Izin Usaha dalam Bisnis Travel

Dalam perjalanan memulai bisnis travel, satu tahapan yang tidak boleh diabaikan adalah proses pendaftaran merek dan perolehan izin usaha.

Tindakan ini, yang terakhir dari serangkaian tips, memiliki implikasi yang signifikan terhadap keberlanjutan dan keabsahan bisnis yang Anda kelola.

Pada hakikatnya, pendaftaran merek dan izin usaha adalah langkah-langkah yang esensial untuk melindungi identitas dan operasi bisnis Anda.

Pendaftaran merek merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa merek bisnis Anda dilindungi secara hukum.

Setelah menghabiskan waktu dan energi untuk mengembangkan ide dan konsep, serta membangun merek yang kuat dan unik, Anda tak ingin menemui situasi di mana orang lain dapat dengan bebas menggunakan nama dan logo bisnis Anda.

Melalui pendaftaran merek yang resmi, hak hukum untuk mengontrol penggunaan merek tersebut diberikan kepada Anda, memberikan perlindungan terhadap potensi pelanggaran dan plagiarisme.

Selain merek, izin usaha juga memegang peranan krusial dalam menjalankan bisnis travel dengan integritas.

Meskipun bisnis Anda telah berkembang dan mencapai sukses, keberadaan izin usaha tetaplah penting.

Izin usaha tidak hanya memastikan bahwa bisnis Anda beroperasi sesuai dengan peraturan yang berlaku, tetapi juga mencegah Anda terlibat dalam potensi masalah hukum.

Dalam bisnis travel, di mana interaksi dengan pihak-pihak lain, termasuk klien dan mitra, merupakan hal yang umum, legalitas yang kuat akan mendukung kepercayaan dan reputasi yang baik.

Adalah bijak untuk tidak menunda-nunda proses pendaftaran merek dan perolehan izin usaha. Kedua langkah ini adalah investasi untuk masa depan bisnis Anda.

Mendaftarkan merek akan memberikan perlindungan jangka panjang terhadap identitas bisnis Anda, sementara izin usaha memastikan keberlanjutan operasi yang sah dan sesuai dengan peraturan.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif dan teratur, memastikan bahwa bisnis Anda berdiri di atas dasar hukum yang kokoh adalah keputusan bijak yang akan melindungi investasi dan kerja keras yang telah Anda sumbangkan.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

 

Akses e-Book dengan gratis!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

 

Akses e-Book dengan gratis!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal