Jurnal Enterpreneur

4 Tips Memulai Bisnis Tur dan Travel

Menjalankan dan memulai bisnis tur dan travel memang selalu menarik, menyenangkan, dan menguntungkan. Lalu bagaimana tips memulai bisnis tur dan travel agar menguntungkan? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini.

Selain karena tidak membutuhkan banyak biaya sebagai modal awal, industri ini juga memungkinkan Anda sebagai pelaku usaha untuk ikut melestarikan kebudayaan dalam negeri.

Jumlah populasi yang terus bertambah dibarengi dengan pendapatan per kapita yang mengalami pertumbuhan membuat bisnis ini terus mengalami perkembangan.

Bisnis tur dan travel tidak hanya mengenai jual-menjual tiket, namun mencakup semua aspek lainnya, seperti penjualan paket wisata, penyewaan mobil, sampai akomodasi hotel.

4 Tips Memulai Bisnis Tur dan Travel

Jika Anda sedang berniat untuk memulai bisnis di bidang ini, berikut empat tips yang bisa Anda gunakan sebagai persiapan dalam memulai bisnis tur dan travel.

Menjalankan bisnis tur dan travel memang selalu menarik, menyenangkan, dan menguntungkan. Lalu bagaimana tipsnya agar menguntungkan? Blog Jurnal By Mekari akan mengulasnya disini.

Memilih jenis bisnis tur dan travel

Ada banyak sekali ide bisnis dari tur dan travel, mulai dari pembelian tiket, paket tur wisata, voucher hotel, umrah & haji hingga rental kendaraan.

Tips ketika dalam membangun bisnis tur dan travel pertama kalinya, kamu sarankan untuk mengambil semua jenis bisnis tersebut.

Pilih salah satu yang memang mempunyai peluang lebih tinggi di daerah Anda, misalnya tiket pesawat dan paket tur wisata.

Itu adalah salah satu lini bisnis yang sedang banyak berkembang.

Baca Juga : Tips Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun dengan Cepat

Membuat target bisnis yang realistis

Apapun bisnis yang Anda bangun, Anda wajib menentukan target agar bisa mengukur kemajuan bisnis setiap bulan atau setiap tahunnya. Apakah memulai dari bisnis UKM UMKM, atau langsung memulai dengan besar.

Menurut situs travel blog travelmarket, setiap bisnis tur dan travel harus menentukan target penjualan setiap bulannya.

Target yang dibuat juga harus selalu di-review setiap bulannya, apakah para pegawai Anda dapat mencapai target yang dibuat dan total target penjualan bisa dipenuhi atau tidak.

Selain itu ketika Anda membuat target, buatlah secara spesifik mulai dari target penjualan online atau offline, budget yang dibutuhkan sampai jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target.

Baca Juga : Cara Cerdas Mengontrol Biaya Overhead Agar Lebih Efisien

Meriset pasar Anda

Riset pasar dapat memberi tahu tentang seberapa besar target pasar Anda, mengetahui peluang sampai membantu Anda menyusun strategi pemasaran untuk marketing.

Dengan begini, Anda bisa membuat keputusan untuk mengeluarkan berapa besarnya budget untuk marketing dan berapa harga produk atau jasa yang Anda keluarkan.

Ada cukup banyak cara untuk melakukan riset pasar, seperti survey offline maupun online, bertanya langsung kepada calon pelanggan atau melakukan uji coba pasar.

Baca Juga : Pencatatan Pajak Sesuai Ketentuan Perundang-undangan

Tips Memulai bisnis tur dan travel menggunakan sistem referral

Memulai bisnis tur dan travel menggunakan sistem referral dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Dengan sistem referral, Anda akan merujuk pelanggan Anda ke perusahaan perjalanan yang sudah besar dan menerima referral fee untuk setiap orang yang melakukan reservasi.

Sistem referral akan membantu Anda dalam awal mengembangkan bisnis tur dan travel.

Jika Anda memilih sistem referral yang tepat, Anda juga bisa membuka tur dan travel ke seluruh Indonesia dan luar negeri.

Baca Juga : 5 Peluang Bisnis yang Cocok untuk Traveller

Selain keempat hal diatas, Meredith Hill, pendiri Global Institute for Travel Entrepreneurs (GIFTE) dalam situs web travelmarket menjelaskan bahwa untuk menjadi sukses dalam menjalankan bisnis tur dan travel, Anda diharuskan mengembangkan kemampuan networking, marketing dan selalu berkomitmen dalam menjalani peran sebagai pengusaha bisnis tur dan travel.

Lebih lanjut, Hill mengatakan bahwa untuk memperbanyak klien yang Anda tangani, Anda juga perlu meningkatkan kualitas dalam melayani pelanggan Anda.

Jika Anda sudah memantapkan hati untuk memulai bisnis tur dan travel, tahap selanjutnya adalah membuat strategi bisnis yang tepat.

Kemudian setelah bisnis mulai berjalan, sistem pengelolaan operasional dan keuangan usaha Anda juga harus terstruktur rapi.

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Jurnal by Mekari, adalah software akuntansi untuk bisnis dan jasa yang akan membantu bisnis anda dalam mengelola keuangan.

Ada beragam fitur yang terautomasi dan akurat mulai dari laporan keuangan, monitoring transaksi dan kas, pengawasan inventaris dan stok, hingga perhitungan pajak.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Ayo mulai bisnis Anda dengan mudah! coba Jurnal sekarang, gratis hingga 14 hari! Caranya cukup klik tombol atau banner di atas saja!

Dengan begitu pemilik usaha bisa fokus pada pencapaian target sehingga bisnis melaju lebih pesat.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo