Pada setiap perusahaan, keluar masuknya uang tentu harus didasarkan pada tujuan yang bisa menghasilkan keuntungan. Disinilah peran penting dari manajemen keuangan perusahaan. Keberhasilan sebuah perusahaan dapat terlihat dari kemampuan para pengelola atau pihak manajemen dalam mengelola keuangan dan memanfaatkan peluang secara maksimal sehingga menghasilkan return (imbalan) sesuai yang diharapkan.  Merencanakan manajemen keuangan tentu sangat bermanfaat untuk mengarahkan dan mengendalikan keuangan (aliran kas) suatu perusahaan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam merencanakan manajemen keuangan perusahaan dengan tepat.

 

Menentukan Tujuan Perusahaan

Hal yang paling mendasar dalam merencanakan manajemen keuangan perusahaan adalah dengan menentukan tujuan yang jelas mengenai apa yang menjadi proyek dari perusahaan tersebut. Tentunya ini berdasarkan konsep manajemen keuangan yang merupakan suatu proses dalam pengaturan aktivitas atau kegiatan keuangan di dalam suatu perusahaan. Di mana yang termasuk didalamnya adalah kegiatan planning, analisa, dan pengendalian terhadap kegiatan keuangan yang biasanya dilakukan oleh orang yang ditunjuk untuk mengatur keuangan. Jika tujuan sudah jelas, maka untuk planning program, analisa, dan lain-lainnya akan semakin mudah untuk dibuat.

 

Menentukan Kegiatan Perusahaan

Setelah tujuan sudah ditentukan, cobalah untuk mencari kegiatan yang tepat agar dapat mencapai tujuan tersebut. Dengan kegiatan yang tepat sasaran, tentunya juga akan memperkecil pengeluaran keuangan perusahaan pada kesempatan berikutnya. Sehingga, setiap pengeluaran keuangan perusahaan menjadi jelas dan terarah, serta terhindar dari kegiatan operasional yang tidak perlu.

 

Mencari Sumber Pemasukan

Di dalam kegiatan perusahaan, harus ada sumber pemasukan untuk menjalankan tujuan yang telah ditentukan. Biasanya, sumber yang didapat bisa beragam, baik dari investor maupun klien dan penjualan. Menentukan dan mencari sumber dana atau pemasukan yang pasti, akan memudahkan untuk merencanakan keuangan perusahaan. Jadi, jumlah sumber pemasukan yang jelas akan dijadikan tolok ukur untuk pengeluaran setiap kegiatan yang akan dilakukan.

 

Menentukan Pengeluaran

Jika setiap kegiatan sudah tepat sasaran dan sumber pemasukan sudah jelas, maka langkah selanjutnya adalah mengeksekusi setiap kegiatan yang akan dilakukan dan menentukan berapa pengeluaran yang akan dikeluarkan. Usahakan untuk membuat perhitungan dengan tepat agar tidak terjadi pemborosan keuangan perusahaan dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang sudah direncanakan. Dari hal ini, Anda juga dapat menentukan manakah kegiatan yang bekerja secara efektif dan mana yang tidak, sehingga Anda dapat merencanakan kegiatan yang lebih baik ke depannya.

 

Mencatat Keuangan Perusahaan

Dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan dengan baik, maka akan memudahkan Anda untuk memonitor setiap perputaran arus keuangan perusahaan. Jika Anda belum mampu mencatat keuangan perusahaan dengan baik, maka Anda dapat memanfaatkan software akuntansi.

 

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat Anda gunakan untuk membuat laporan keuangan perusahaan dengan mudah, cepat, dan realtime. Selain itu, Jurnal juga menyediakan beberapa fitur menarik seperti layanan pengiriman faktur, melakukan pengecekan stok barang, hingga mencocokkan transaksi bank secara otomatis. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.

 

Author