4 Metode Analisis Laporan Keuangan, Ini Jenisnya!

Bagaimana cara melakukan analisis laporan keuangan perusahaan dengan menggunakan metode, jenis, contoh dan prosedur analisa usaha yang tepat? Blog Mekari Jurnal akan menjelaskannya secara rinci!

Pada akhir periode biasanya seorang akuntan akan menyiapkan dan menyusun laporan keuangan seperti laporan laba rugi perusahaan, laporan perubahan modal, laporan neraca keuangan dan laporan arus kas untuk diserahkan kepada direksi maupun stakeholder.

Setelah dibuat, laporan keuangan tidak hanya dilihat dan dibiarkan begitu saja, melainkan harus dianalisis untuk mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan finansial perusahaan.

Ada beberapa contoh teknik analisis laporan keuangan yang dapat digunakan untuk menganalisa berbagai jenis laporan keuangan.

Beberapa teknik tersebut meliputi analisis common size, tren, persentase perubahan, dan industri.

Meskipun keempat teknik analisis laporan tersebut memiliki fungsi yang berbeda, namun semuanya sama-sama dapat memberikan gambaran potensi finansial perusahaan.

Analisis Laporan Keuangan & Jenis-Jenisnya yang Harus Diketahui

Pengertian Analisis Laporan Keuangan

Apa yang dimaksud dengan analisis laporan keuangan?

Analisis laporan keuangan adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengidentifikasi, menilai, mengolah hingga membandingkan informasi yang terdapat dalam sebuah laporan keuangan.

Analisis laporan keuangan sangat krusial agar data keuangan bisnis atau perusahaan dapat dimanfaatkan dalam mendukung keputusan yang akan diambil baik oleh manajemen maupun pihak eksternal yang mempunyai kepentingan terhadap perusahaan, seperti:

    • Manajer perusahaan
    • Investor pasar modal
  • Karyawan perusahaan
  • Pemberi kredit
  • Auditor internal dan eksternal
  • Regulator

Tujuan Melakukan Analisis Laporan Keuangan Usaha

Paling tidak ada beberapa tujuan dilakukannya analisis laporan keuangan perusahaan, yaitu adalah:

  1. Menilai kinerja manajemen pada tahun berjalan.
  2. Mengetahui perubahan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.
  3. Sumber informasi untuk mengambil keputusan strategis sebuah perusahaan.
  4. Bahan pertimbangan bagi investor untuk berinvestasi di suatu perusahaan.
  5. Evaluasi kinerja perusahaan, baik dengan perusahaan lain ataupun kondisi perusahaan lintas periode akuntansi.
  6. Memberikan informasi mengenai kesanggupan perusahaan dalam mengembalikan pinjaman serta bunganya.

Prosedur dalam Menjalankan Analisis Keuangan Usaha

Bagaimana cara melakukan analisis laporan keuangan?

Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menganalisis laporan keuangan adalah sebagai berikut ini:

  1. Memahami latar belakang data keuangan perusahaan, mencakup pemahaman tentang bidang usaha dan kebijakan akuntansi yang dianut dan diterapkan oleh perusahaan.
  2. Memahami kondisi-kondisi yang berpengaruh pada perusahaan, mencakup informasi mengenai tren atau kecenderungan industri di mana perusahaan beroperasi seperti perubahan teknologi, perubahan selera konsumen dan perubahan faktor-faktor ekonomi seperti perubahan pendapatan per kapita, tingkat bunga, tingkat inflasi dan pajak. Selain itu, perhatikan juga perubahan yang terjadi di dalam perusahaan itu sendiri seperti perubahan posisi manajemen kunci.
  3. Mempelajari dan mengamati laporan keuangan secara menyeluruh. Tujuan langkah ini adalah untuk memastikan bahwa laporan keuangan sudah jelas dalam menggambarkan data keuangan yang relevan dan sesuai dengan standar akuntansi keuangan.
  4. Menganalisis laporan keuangan. Gunakan berbagai metode dan teknik analisis yang ada dapat menganalisis laporan keuangan dan menginterprestasikan hasil analisis tersebut.

Dengan menggunakan software akuntansi Mekari Jurnal, analisis laporan keuangan jadi lebih akurat sehingga Anda dapat membuat keputusan bisnis yang terbaik. Coba gratis Jurnal sekarang

Jenis-Jenis Metode Analisis Laporan Keuangan

Apa saja metode yang dapat digunakan untuk melakukan analisis laporan keuangan?

Ada beberapa jenis atau metode analisis laporan keuangan yang paling umum digunakan, yaitu adalah sebagai berikut:

1. Metode Common Size Financial Statement

Dalam analisis common size, semua akun laporan laba rugi dinyatakan sebagai persentase penjualan.

Semua akun neraca dinyatakan sebagai persentase dari total aset.

Misalnya, jika pada laporan laba rugi, setiap akun baris dibagi dengan penjualan, maka di neraca, setiap akun baris dibagi dengan total aset.

Jenis analisis ini memungkinkan manajer keuangan untuk melihat laporan laba rugi dan neraca dalam format persentase yang mudah ditafsirkan, karena lebih mudah membuat perbandingan menggunakan persentase daripada angka absolut.

Baca juga: Kenali Jenis dan Contoh Invoice yang Penting untuk Bisnis

2. Metode Index Time Series

Analisa tren juga disebut analisis time-series membantu manajer keuangan perusahaan menentukan bagaimana perusahaan cenderung melakukan kinerja dari waktu ke waktu.

Analisis tren didasarkan pada data historis dari laporan keuangan perusahaan dan data perkiraan dari  performa atau rencana ke depan perusahaan.

Salah satu cara yang populer dalam melakukan analisis tren adalah dengan menggunakan analisis rasio keuangan.

Contoh rasio yang paling umum digunakan diantaranya adalah rasio profitabilitas, rasio likuiditas, rasio efisiensi, dan rasio solvabilitas.

Jika Anda menghitung rasio keuangan untuk perusahaan bisnis, Anda harus menghitung rasio minimal dua tahun terakhir, karena perbandingan rasio tidak berarti kecuali Anda memiliki sesuatu untuk membandingkannya dengan data tahun yang lain.

Analisis tren akan lebih bagus lagi jika Anda memiliki dan menggunakan data rasio keuangan lebih dari 2 tahun.

Metode ini dihitung dengan cara menggunakan laporan keuangan yang dijadikan sebagai indeks dan dipilih sebagai tahun dasar.

Biasanya tahun dasar yang dipilih/ditetapkan diberi indeks 100. Kamu bisa tuliskan metode trend dan indeks dari laporan keuangan dengan cara ini:

  1. Menentukan tahun dasar, biasanya yang digunakan sebagai tahun dasar adalah tahunawal atau tahun yang dianggap normal/ representative pada periode tahun yang dianalisis.
  2. Menentukan angka indeks 100 pada tahun dasar untuk masing-masing pos dalam tahun dasar
  3. Pos-pos dari periode laporan yang dianalisis dibandingkan dengan pos-pos yang samadalam laporan keuangan tahun dasar.
  4. Dalam menghitung rasio trend/ kecendrungan pada umumnya tidak semua pos-pos neraca dan laporan rugi laba dari beberapa periode tersebut dihitung, karena tujuan utama dari perhitungan rasio adalah membuat perbandingan antara pos-pos yang mempunyai hubungannya informasi dengan pos-pos lainnya.

3. Teknik Analisis Pertumbuhan

Teknik ini merupakan sebuah teknik analisis yang disusun dengan membandingkan kenaikan atau penurunan posisi laporan keuangan pada suatu periode tertentu dengan periode lainnya dari masing-masing pos yang terdapat di dalam laporan dengan menggunakan analisa nilai persentase.

Data yang disajikan adalah dengan membandingkan kenaikan atau penurunan masing-masing pos laporan keuangan bulan lalu dengan bulan sekarang atau pada periode Year to Date, yaitu periode yang sama tahun lalu dengan tahun sekarang.

4. Analisis Industri

Analisis ini melibatkan perbandingan perusahaan dengan perusahaan lain di industri yang sama untuk melihat bagaimana perusahaan melakukan investasi secara finansial dibandingkan dengan industri lainnya.

Jenis analisis ini sangat membantu manajer keuangan untuk melihat apakah ada penyesuaian finansial yang perlu dilakukan.

Teknik penghitungan rasio keuangan biasanya digunakan untuk analisis ini.

Untuk melakukan pembandingan, Anda membutuhkan rasio rata-rata dari perusahaan lain di industri yang sama untuk dibandingkan dengan rasio bisnis Anda.

Dengan teknik ini, Anda harus yakin bahwa rasio rata-rata industri lain tersebut telah dihitung dengan cara yang sama dengan rasio untuk perusahaan yang dihitung saat Anda melakukan analisis industri ini.

Selain metode di atas, ada juga beberapa contoh teknik lain untuk melakukan analisis laporan keuangan usaha seperti: 

  • Statement of changes in working capital, yaitu metode yang menganalisa sumber dan penggunaan modal kerja termasuk memahami sebab jika terjadi perubahan modal kerja dalam periode tertentu.
  • Cash flow statement, yaitu metode yang menganalisa sumber dan penggunaan kas termasuk mengetahui sebab perubahan jumlah uang kas selama periode tertentu.
  • Break-even analysis, yaitu metode analisis yang digunakan untuk menentukan titik impas dan seberapa tingkat penjualan yang harus dicapai  agar tidak mengalami kerugian dalam keadaan perusahaan belum mendapat keuntungan.

Contoh Analisis Keuangan Usaha Sederhana

Untuk lebih memahami tentang analisa keuangan yang dibuat oleh sebuah perusahaan, Anda dapat melihat contoh berikut ini.

Sebagai contoh, kas sebesar Rp150.000.000 di dalam neraca tahun berjalan dapat dibandingkan dengan kas sebesar Rp100.000.000 di dalam neraca tahun sebelumnya.

Kas periode tahun ini dapat dinyatakan sebagai 1,5 atau sebesar 150% dari jumlah tahun sebelumnya. Atau sebagai kenaikan sebesar 50% atau Rp50.000.0000.

Prosedur analisis juga dapat digunakan secara luas untuk memeriksa hubungan di laporan keuangan.

Contohnya, asumsikan bahwa kas sebesar Rp50.000.000 dan persediaan sebesar Rp250.000.000 dimasukkan di dalam total aset senilai Rp1.000.000.000 dalam neraca.

Dalam bentuk relatif, jumlah saldo kas adalah sebesar 5% dari total aset. Dan jumlah persediaan adalah sebesar 25% dari total aset.

Analisis laporan keuangan merupakan instrumen yang berguna dan memiliki banyak keuntungan.

Keuntungan yang pertama adalah dapat memberikan investor informasi yang akan berimbas pada  keputusan untuk menginvestasikan dana mereka dalam suatu bisnis atau perusahaan yang Anda kelola.

Yang kedua, pemerintah dan pihak berwenang yang telah diberikan informasi dapat menentukan apakah bisnis atau perusahaan telah memenuhi prinsip-prinsip akuntansi dan standar akuntansi yang berlaku.

Dengan begitu, akhirnya lembaga pemerintah dapat menganalisa tentang besaran pajak yang akan dikenakan.

Contoh soal analisis laporan keuangan dengan metode horizontal

Perusahaan dagang yang bernama PT Jurnal Karya memiliki pendapatan sebesar Rp 500.000.000 (tahun 2020) dan pendapatan sebesar Rp 375.000.000 (tahun 2021)

Maka untuk melakukan analisis horizontal, Anda perlu mencari persentase perubahan pendapatan dari periode tahun 2020 ke tahun 2021 dengan cara:

= (Pendapatan tahun 2021 – Pendapatan 2020) / Pendapatan 2020.

= (Rp 500.00.000 – Rp 375.000.000) / Rp 375.000.000

= 33.3%

Maka terjadi penurunan pendapatan PT Jurnal Karya sebesar 33.3% dari tahun 2020 ke tahun 2021.

Dengan mengetahui persentase ini, Anda bisa mencari apa penyebab terjadinya penurunan dari persentase pos-pos lain dari perbandingan laporan periode sebelumnya.

Baca juga: Ini Dia Contoh Laporan Keuangan Sederhana yang Cocok untuk Bisnis Anda

Contoh soal analisis laporan keuangan dengan metode vertikal

PT Jurnal Karya memiliki total nilai aset lancar sebesar Rp 100.000.000.

Selain itu, perusahaan ini juga memiliki utang yang harus dilunasi dalam jangka waktu 1 tahun sebesar Rp 50.000.000 pada tahun 2021.

Maka, pada analisis metode vertikal ini Anda dapat membandingkan dua pos laporan keuangan yaitu total aset lancar dan juga utang jangka pendek perusahaan dalam sebuah periode tertentu.

Dengan menggunakan rumus rasio likuiditas lancar maka perhitungannya adalah:

= Total Aset Lancar / Utang Jangka Pendek

= Rp 100.000.000 / Rp 50.000.000 X 100%

= 2

Jika perbandingan angkanya di atas 1, maka perusahaan terbilang aman dan mampu melunasi utang lancar atau jangka pendeknya.

Yang berarti PT. Jurnal Karya mampu melunasi utangnya.

Menganalisa Laporan Keuangan Jadi Lebih Mudah dengan Mekari Jurnal

Jika Anda masih memiliki keraguan terhadap cara pengelompokan atau pencatatan laporan keuangan secara mandiri, tidak ada salahnya Anda mulai berinvestasi dengan software akuntansi online.

Salah satu software akuntansi online yang aman dan tepercaya yaitu Jurnal.

Jurnal merupakan aplikasi laporan keuangan perusahaan yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis dan membantu membuat laporan keuangan secara instan, cepat, dan aman.

Hal ini karena aplikasi Jurnal telah terintegrasi dengan sistem akuntansi yang canggih.

Dengan Jurnal, Anda akan memiliki kemudahan untuk pencatatan laporan keuangan, sekaligus memiliki analisis keuangan yang tersaji cepat baik secara diagram maupun nominal angka.

Daftar sekarang, dan nikmati gratis 14 hari-nya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa cara melakukan analisis laporan keuangan, lengkap dengan jenis, contoh prosedur, dan metode yang tepat bagi usaha Anda.

Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Dengan begitu, Anda bisa menjawab pertanyaan seperti:

  • Apa tujuan dari menganalisis laporan keuangan?
  • Metode dan langkah-langkah analisis laporan keuangan yang bisa diterapkan?
  • Yang termasuk dasar dan kelompok yang menggunakan analisis laporan keuangan adalah?
  • Apa itu metode trend dan indeks?

Ikuti media sosial Mekari Jurnal untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo