Laporan Keuangan Tepat untuk Penilaian Kinerja Keuangan Perusahaan

Ketika laporan keuangan yang dibuat dapat memberikan informasi yang tepat dan relevan kepada pengguna, evaluasi menjadi suatu hal penting untuk melihat kinerja keuangan. Dengan kinerja keuangan, Anda dapat melihat gambaran kondisi keuangan perusahaan pada suatu periode tertentu baik menyangkut aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dana, yang biasanya diukur dengan indikator kecukupan modal, likuiditas, dan profitabilitas (Jumingan, 2006:239).

Laporan kinerja keuangan merupakan bagian dari dokumen perusahaan yang penting. Pembuatan laporan kinerja keuangan suatu perusahaan menyatakan bagaimana kondisi perusahaan tersebut dalam hal pengumpulan dana dan penyaluran dana. Jadi semua proses masuk dan keluar dana diukur dengan teliti. Ini membantu perusahaan mengukur indikator kinerja keuangan perusahaan dalam periode terakhir.

Manfaat Laporan Kinerja Keuangan

Pada dasarnya, laporan kinerja keuangan sangat bermanfaat untuk sebuah perusahaan. Informasi kinerja keuangan dapat dimanfaatkan dalam beberapa hal berikut yaitu.

a. Digunakan sebagai dasar penentuan strategi perusahaan untuk masa mendatang.

b. Mengukur prestasi yang dicapai oleh perusahaan dalam suatu periode tertentu yang mencerminkan tingkat keberhasilan dari pelaksanaan kegiatannya.

c. Menilai kontribusi suatu bagian dalam pencapaian tujuan perusahaan secara keseluruhan.

d. Dasar penentuan kebijaksanaan penanaman modal agar bisa meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan.

e. Melihat kinerja perusahaan secara keseluruhan

f. Memberi petunjuk dalam pembuatan keputusan dan kegiatan perusahaan pada umumnya dan divisi perusahaan pada khususnya.

Kinerja keuangan dapat dinilai berdasarkan beberapa analisis seperti analisis perbandingan laporan keuangan, rasio keuangan, tendensi posisi, persentase per komponen, sumber dan penggunaan modal kerja, breakeven, sumber dan penggunaan kas, dan analisis perubahan laba kotor.

Penilaian Kinerja Keuangan

Penilaian kinerja keuangan perusahaan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan manajemen agar dapat memenuhi kewajibannya terhadap para investor untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. Untuk menilai kinerja keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan tolok ukur seperti rasio atau indeks yang menghubungkan dua data keuangan pada laporan keuangan.

Adapun jenis perbandingan dalam analisis rasio keuangan meliputi dua bentuk. Pertama, membandingkan rasio masa lalu, saat ini, ataupun masa yang akan datang untuk perusahaan yang sama. Kedua, dengan perbandingan rasio antara satu perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis.

Untuk membuat penilaian kinerja keuangan perusahaan dengan tepat, Anda juga harus memiliki laporan keuangan yang akurat dan detail. Laporan keuangan dan penilaian kinerja keuangan merupakan hal yang berhubungan dalam proses penilaian perusahaan. Jadi setiap laporan harus ditulis dengan teliti.

Jurnal merupakan solusi bagi Anda yang ingin memiliki laporan keuangan yang tepat dan akurat. Dengan Jurnal, Anda hanya perlu mencatat transaksi bisnis ke dalam sistem, dan Jurnal akan mengelolanya menjadi laporan keuangan yang akurat dan realtime.

 

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat lebih mudah membuat analisi kinerja keuangan perusahaan hingga lebih mudah ketika ingin mengambil keputusan bisnis. Jurnal juga memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda mengelola bisnis seperti fitur Stok Barang, pengelolaan aset, hingga fitur perpajakan. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari. Info lebih lanjut, klik di sini.
Artikel telah diedit dan mendapat revisi.

PUBLISHED22 Jun 2019
Dina Amalia
Dina Amalia

SHARE THIS ARTICLE: