8 Aplikasi Laporan Keuangan versi Android dan iOS Terbaru

Penasaran, apa saja rekomendasi aplikasi laporan keuangan sederhana yang dapat Anda gunakan pada smartphone berbasis Android dan iOS? Baca terus artikel ini!

Setiap bisnis pasti membutuhkan laporan keuangan untuk memantau dan mengevaluasi kondisi finansial usahanya.

Sayangnya, tidak semua pebisnis memiliki latar belakang akuntansi sehingga tidak memiliki pemahaman tentang cara membuat laporan ini.

Tidak sedikit juga perusahaan yang masih menggunakan sistem pencatatan manual dengan menggunakan kertas.

Pencatatan secara manual rentan terhadap kesalahan yang dapat mengakibatkan pengelolaan keuangan yang tidak maksimal, lebih parahnya lagi potensi terjadinya kecurangan.

Anda tidak perlu khawatir, karena dengan perkembangan teknologi, Anda bisa membuat laporan keuangan secara praktis cukup melalui app pada smartphone.

Kebutuhan sebuah bisnis dalam membuat laporan keuangan yang profesional dengan lebih mudah menjadi salah satu faktor banyaknya aplikasi yang menyajikan contoh laporan keuangan sederhana excel.

Menariknya lagi, setiap aplikasi menawarkan fitur dan keunggulannya masing-masing.

Aplikasi laporan keuangan dapat diartikan sebagai sebuah program komputer yang dapat memproses data transaksi untuk kemudian menjadi laporan keuangan yang dibutuhkan oleh sebuah bisnis sebagai output-nya.

app laporan keuangan

Mengapa perlu adanya aplikasi dalam membuat laporan keuangan?

Apakah perusahaan perusahaan perlu menggunakan aplikasi laporan keuangan?

Jawabannya perlu, karena ada banyak manfaat yang dapat dinikmati oleh perusahaan,seperti hal-hal yang berhubungan  administrasi, pengontrolan transaksi secara detail.

Hal ini dapat meminimalkan defisit anggaran perusahaan, mempercepat pembuatan laporan keuangan, memudahkan pengecekan, dan tentu akan memudahkan proses analisis laba rugi perusahaan.

Manfaat tersebut tentu saja sangat berkaitan dengan keunggulan dari aplikasi laporan keuangan untuk perusahaan.

Berikut adalah beberapa keunggulan yang bisa memberikan aplikasi untuk menunjang perusahaan:

1. Lebih Simpel dan Aman

Beberapa aplikasi laporan keuangan berbasis Android maupun iOS memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.

Hal ini karena data tersimpan dalam cloud.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda untuk memperbarui data arus kas secara real time.

Data yang di-update secara langsung meminimalkan kesalahan penginputan data yang mungkin terjadi.

Meskipun Anda dapat mengakses aplikasi ini di mana pun, bukan berarti data keuangan perusahaan Anda menjadi tidak aman.

Untuk itulah, pastikan untuk memilih aplikasi laporan keuangan yang sudah tersertifikasi ISO/IEC/ 27001.

2. Menyajikan laporan yang lebih lengkap dan akurat

Anda dapat mengakses data keuangan perusahaan dimanapun dan kapan pun, berarti data keuangan yang Anda miliki akan sangat detail.

Data yang detail tentu saja akan menghasilkan laporan keuangan yang juga lengkap dan transparan.

Aplikasi laporan keuangan akan menunjukkan informasi lengkap mengenai aset yang Anda miliki, berapa utang yang harus dibayarkan dan apa saja biaya-biaya yang Anda keluarkan dalam kegiatan operasional sehari-hari.

Selain itu, laporan yang dihasilkan juga akan memuat transaksi baik itu pemasukan atau pengeluaran dalam jangka waktu tertentu yang dapat membantu dalam perhitungan laba rugi perusahaan.

Tips: Pilih aplikasi dengan fitur filter by period atau filter by data agar dapat dengan mudah mencetak laporan sesuai dengan keinginan Anda.

3. Menghemat waktu dan tenaga

Dengan memanfaatkan aplikasi laporan keuangan sederhana, baik itu berbasis Android maupun iOS, Anda jadi lebih hemat waktu dan tenaga.

Waktu yang biasanya Anda gunakan untuk hal-hal administrasi seperti membuat laporan keuangan dapat dialihkan untuk hal lain seperti perencanaan dan pengembangan bisnis Anda.

Alasannya karena laporan keuangan dapat dihasilkan secara otomatis.

Selain itu, mengirimkan faktur profesional dengan mudah karena aplikasi laporan keuangan biasanya yang menyediakan template invoice profesional yang bisa anda personalisasikan dengan logo dan merek perusahaan Anda sendiri.

Cek juga: 15 Aplikasi Kasir Android Paling Favorit!

Rekomendasi Aplikasi Laporan Keuangan Android dan iOS

​​Aplikasi apa yang cocok untuk laporan keuangan?

Berikut adalah 8 (delapan) rekomendasi aplikasi laporan keuangan sederhana yang tersedia dalam versi Android dan juga iOS app yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengelolaan keuangan pada bisnis Anda:

1. Mekari Jurnal, Aplikasi Laporan Keuangan Terbaik di Indonesia

Aplikasi laporan keuangan pertama datang dari Indonesia, yaitu Mekari Jurnal.

Jurnal menawarkan solusi dari berbagai isu yang biasanya terjadi pada bisnis, terutama dalam hal pengelolaan keuangan.

Beberapa fitur yang dimiliki Jurnal seperti pembuatan faktur, manajemen anggaran, manajemen stok barang, dasbor laporan, cash link, dan sebagainya yang memungkinkan pemilik bisnis baru maupun seorang profesional untuk lebih mudah melakukan pengelolaan keuangan.

Fitur-fitur tersebut memiliki berbagai keuntungan yang beragam, misalnya seperti fitur “cash link” dimana Anda dapat melakukan proses rekonsiliasi bank lebih mudah karena mutasi rekening bank (feeds) Anda dapat ditarik secara otomatis ke Jurnal setiap harinya.

Pada fitur “laporan”, Anda dapat membuat berbagai jenis laporan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis secara otomatis dan tentu saja akan mengefektifkan waktu kerja Anda.

Selain itu, dengan adanya fitur “laporan” ini Anda dapat menyesuaikan bentuk dan dengan syarat yang ditentukan perusahaan atau bisnis Anda serta melakukan download atau mencetak laporan keuangan dengan lebih mudah.

Link download: Android | iOS

aplikasi laporan keuangan mekari jurnal

2. Xero Accounting Software

Anda dapat memantau faktur yang belum belum dibayar, saldo rekening bank, keuntungan dan kerugian, arus kas, rekonsiliasi bank dan tagihan dengan Xero Accounting Software hanya dari smartphone android Anda.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi laporan keuangan ini adalah adanya dashboard laporan yang memudahkan Anda memantau semua transaksi dan cash flow bisnis dimana saja dengan lebih mudah melalui smartphone.

Link download: Android | iOS

aplikasi laporan keuangan xero

3. QuickBooks Online Accounting, Invoicing & Expenses

Aplikasi laporan keuangan di Android lainnya adalah QuickBooks dari Intuit Inc.

Aplikasi ini cocok untuk Anda yang baru memulai suatu bisnis dan belum banyak memahami tentang pengelolaan keuangan namun tentu saja dalam sebuah bisnis pengelolaan keuangan merupakan hal yang wajib.

Beberapa fitur pada QuickBooks memungkinkan pemilik bisnis untuk mengelola cash flow, membuat invoice, mengelola pembayaran dan penjualan secara otomatis.

Oleh karena itu, laporan keuangan yang akurat bisa Anda dapatkan hanya dengan smartphone Anda saja.

Link download: Android | iOS

aplikasi laporan keuangan android ios quickbooks

4. Aplikasi Keuangan Android Sederhana Book Keeper

Selanjutnya adalah Book Keeper dari Just App Pvt, Ltd, aplikasi berbasis Android ini diperuntukan bagi bisnis kecil hingga menengah untuk memudahkan pengelolaan dan membuat laporan keuangan yang akurat dengan lebih mudah.

Financial reports merupakan salah satu fitur unggulan dari aplikasi Book Keeper ini, dengan fitur tersebut Anda dimungkinkan untuk melakukan analisis keuangan yang mendalam tentang bisnis Anda dengan laporan yang komprehensif.

Link download: Android | iOS

book keeper

5. FreshBook

FreshBook memiliki beberapa fitur unggulan yang dapat membantu Anda dalam melakukan pengelolaan keuangan seperti fitur invoicing, expenses, time tracking, accounting, payment dan reports dapat membantu bisnis Anda baik itu bisnis besar maupun bisnis yang baru merintis.

Fitur mobile juga memungkinkan Anda untuk bekerja dimana saja dan kapan saja hanya dengan smartphone android yang Anda miliki, dengan kemudahan dalam melakukan pencatatan ini tentu akan berpengaruh terhadap laporan keuangan bisnis yang lebih akurat.

Link download: Android | iOS

aplikasi freshbooks accounting

6. Sage Accounting

Berikutnya ada Sage Accounting yang juga menawarkan aplikasi pelaporan keuangan dengan tampilan dashboard yang sederhana.

Software berbasis cloud ini menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan pembayaran bisnis, tagihan, dan penggajian..

Keunggulan dari aplikasi berbasis Android dan iOS app ini yaitu manajemen laporan keuangan yang lebih fleksibel dan sederhana.

Anda bisa dengan cepat mengelompokkan detail penting keuangan disertai dasbor dan visualisasi khusus yang tersedia memudahkan para stakeholder dalam melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan.

Sage Accounting juga memiliki fitur buku besar inovatif yang dapat meringkas transaksi, biaya operasional, dan anggaran.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses serta membuat laporan secara cepat tanpa harus melakukan input secara manual

Link download: Android | iOS

aplikasi laporan keuangan sage accounting

7. ZipBooks, App Laporan Keuangan Berbasis Android

ZipBooks adalah aplikasi akuntansi yang pertama kali ditemukan pada tahun 2015 dengan basis perusahaan di American Fork Utah.

Aplikasi ini juga menggunakan teknologi cloud  berbasis dan juga kompatibel dengan sistem operasi Windows, macOS, iOS, dan Android.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah memudahkan penggunanya dalam menyajikan catatan keuangan yang rapi untuk bisnis Anda.

Selain itu, ZipBooks juga memiliki fitur seperti pelacakan transaksi sehingga proses evaluasi bisnis jadi lebih praktis.

Laporan keuangan yang disajikan pada aplikasi ini menyajikan ringkasan performa bisnis dan kondisi keuangan perusahaan secara akurat.

Berbagai aspek laporan yang disediakan oleh ZipBooks, antara lain seperti overdue account receivables, balance sheet, income statement, tax invoice, dan sebagainya.

Link download: Android

zipbooks

8. Odoo

Rekomendasi aplikasi laporan keuangan yang terakhir adalah Odoo.

Aplikasi manajemen bisnis ini menawarkan fitur yang cukup lengkap, termasuk:  pengelolaan CRM, e-commerce, penagihan, akuntansi, manufaktur, gudang, manajemen proyek, hingga manajemen stok.

Anda bisa membuat laporan lebih dinamis sesuai dengan referensi yang diinginkan.

Jenis laporan keuangan yang di-generate seperti laporan pendapatan, arus kas, hingga neraca saldo.

Dengan begitu, Anda bisa memantau performa bisnis hingga melakukan analisis keuangan dengan lebih efektif dan efisien.

Link download: Android | iOS

aplikasi laporan keuangan odoo

Kesimpulan, Gunakan Aplikasi Laporan Keuangan Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda Seperti Mekari Jurnal

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi sederhana berbasis Android dan iOS app yang bisa menjadi pilihan untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan.

Sebelum memilih aplikasi mana yang akan Anda gunakan, Anda tentu harus memahami dahulu kebutuhan bisnis dan juga kebutuhan Anda.

Anda juga bisa memilih untuk menggunakan aplikasi Mekari Jurnal jika cocok dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang memiliki bisnis di Indonesia mungkin akan lebih nyaman jika menggunakan aplikasi dari Indonesia yang sudah mendukung penggunaan Bahasa Indonesia dalam penggunaannya.

Baik, Saya Mau Coba Aplikasi Jurnal!

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Semoga Anda menemukan aplikasi laporan keuangan paling sederhana dan mudah digunakan untuk bisnis Anda, baik itu versi Android maupun iOS!

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo