Manajemen Inventaris Menjadi Kunci Bagi BARDI Smarthome untuk Terus Bertumbuh
Ritel

Manajemen Inventaris Menjadi Kunci Bagi BARDI Smarthome untuk Terus Bertumbuh

Di era teknologi seperti sekarang ini, kehidupan manusia sudah mengalami banyak perubahan dalam berbagai sektor. Berkembangnya inovasi teknologi yang membawa kepraktisan kini tidak hanya mengubah cara manusia bekerja dan bersekolah bahkan urusan domestik seperti tempat tinggal. 

Jika beberapa tahun belakangan ini, Anda mendengar tentang istilah smart home, mungkin Anda juga pernah mendengar tentang smart product. Smart home seakan menjadi cerminan rumah masa depan dengan basis teknologi dimana penggunanya dapat mengatur dan mengontrol rumah secara otomatis dari jarak jauh dengan mengandalkan smartphone sebagai medianya.

Dengan adanya sistem smart home, perangkat rumah bisa terkoneksi dari aplikasi dan memungkinkan penghuninya untuk mengontrol pencahayaan, mematikan lampu dan TV dari jarak jauh, hingga mengecek kamera keamanan. Berbicara tentang smart home di Indonesia, tentunya Anda pernah mendengar tentang BARDI Smarthome.

Sekilas Tentang BARDI Smarthome

BARDI Smarthome sebagai salah satu perusahaan yang tidak hanya menjual produk smart home, tapi juga memiliki aplikasi yang bisa diakses di Android maupun iOS. Produk-produk dari BARDI Smarthome juga dapat berfungsi dan diakses dengan Amazon Alexa, Google Assistant, hingga SmartThings.

Memiliki tiga produk unggulan Smart Bulb, IR Remote dan IP Camera IDR. Penjualan produk-produk smart home ini mulai digemari penduduk Indonesia. Kini BARDI Smarthome sudah mulai ekspansi dan memiliki cabang di beberapa kota besar di Indonesia. 

Tantangan Yang Dialami BARDI Smarthome Selama Usaha

Dilandasi semangat untuk bertumbuh dan berkembang lebih jauh lagi, BARDI Smarthome memiliki visi untuk menjadi yang terdepan di Indonesia. Yudi Tukiaty, Co-founder & Chief Partnership and Strategic Officer BARDI Smarthome, menyampaikan BARDI memiliki visi untuk merevolusi smart home di Indonesia. Tujuannya adalah agar pengguna BARDI dapat menikmati hidup dengan smart product.

Berbekal visi untuk menyediakan produk smart home ke seluruh Indonesia, BARDI memiliki banyak cabang dan gudang di kota-kota besar di Indonesia, salah satu tantangan terbesarnya adalah manajemen harus monitor stok dan penjualan di setiap cabang. Data yang tidak tersentralisasi membuat manajemen sulit melihat pergerakan barang dan mengambil keputusan bisnis. Selain itu proses pencarian data juga dirasa sangat panjang dan lama.

 

Strategi BARDI Smarthome dan Penggunaan Jurnal by Mekari

Berada di tahap berkembang, BARDI tentunya membutuhkan bisnis proses yang terotomasi. Dengan jumlah penjualan yang semakin meningkat setiap bulannya, manajemen mulai merasa membutuhkan sistem yang terintegrasi dan lebih terupdate.

“Sebelum ada Jurnal, BARDI Smarthome masih menggunakan sistem manual seperti Google Sheet. Ada masalah seperti stok tidak match, posisi barang tidak diketahui, sales overlap, pembelian overtrack. Kurang up to date” kata Yudi Tukiaty, co-founder BARDI Smarthome.

Manajemen merasa membutuhkan sistem akuntansi online seperti Jurnal yang dapat memberikan data secara keseluruhan, sehingga pihak pengambil keputusan dapat membuat keputusan bisnis dari data yang akurat.

Perpindahan barang, rekap penjualan, kontrol manajemen sangat penting bagi bisnis untuk memonitor keadaan perusahaan. Dengan adanya Jurnal by Mekari, BARDI dapat memonitor pergerakan barang dan stok di setiap cabang.

 

Manfaat Yang Dirasakan BARDI Smarthome Setelah Menggunakan Enterprise+

Permasalahan mengenai stok dan pergerakan barang di setiap cabang yang tadinya sulit dipantau, kini dapat terselesaikan dengan Jurnal. Dengan adanya fitur multi warehouse, kini BARDI dapat melihat pergerakan barang secara jelas. Berapa banyak produk yang sedang transit, dikirim ke pelanggan hingga jumlah produk yang ada di gudang cabang saat ini.

Paket Enterprise+ pun menjadi pilihan bagi BARDI Smarthome dalam rangka mendapatkan akuntabilitas dan data yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan agar terus berkembang. Fitur multi warehouse, transfer product dan multi currency kerap digunakan oleh tim untuk mencatat data impor barang.

Yudi Tukiaty, co-founder BARDI Smarthome, merasakan manfaat kemudahan dengan adanya fitur report di dashboard dan pencatatan akuntansi seperti sales dan expenses yang dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. 

“User interface Jurnal sangat mudah untuk digunakan. Untuk orang seperti saya yang bukan dari background Finance Accounting, Jurnal sangat mempermudah saya untuk melihat laporan dan data secara eagle view. Sangat dibutuhkan untuk orang dengan level strategis dan pengambil keputusan.” katanya.

Selain itu akuntabilitas yang sangat jelas dengan fitur user management role sangat membantu manajemen untuk melihat data dengan akurat dan up to date. Didukung oleh fitur rekonsiliasi dan import bank statement sehingga tidak ada transaksi yang tidak diketahui oleh akunting. Proses pencarian data yang awalnya sangat lama jika dilakukan secara manual, sekarang tereliminasi dengan adanya Jurnal by Mekari yang memiliki teknologi cloud sehingga data dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

“Saya senang banget dengan adanya Jurnal, karena dashboardnya dapat dilihat dengan mudah. Sebelum ada sistem Jurnal, tidak ada user management. Setelah ada Jurnal, setiap divisi memiliki akses yang berbeda sehingga pertanggungjawabannya bisa dilihat.” tambah Yudi Tukiaty, co-founder BARDI Smarthome.

 

Sebagai software akuntansi online terbaik di Indonesia, Jurnal by Mekari memberikan solusi otomasi dalam memproses semua transaksi hingga menghasilkan laporan keuangan yang memudahkan pengembangan usaha dan bisnis. Didukung dengan teknologi cloud sehingga Anda dapat mengakses real-time data kapan saja dimana saja.

Kesulitan untuk mengurus stok barang dari berbagai gudang? Gunakan software akuntansi online Jurnal by Mekari. Anda bisa mengembangkan bisnis lebih jauh bersama Jurnal by Mekari, software ini bisa dicoba gratis selama 14 hari.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda  langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami