Mekari Jurnal
Daftar Isi

Cara Menghitung Laba Kotor Perusahaan, Ini Rumusnya!

Tayang 04 May 2022
Diperbarui 17 Oktober 2023

Bagaimana cara menghitung laba kotor (gross profit), yuk cek definisi dan juga rumus yang harus kamu pahami di Blog Mekari Jurnal!

Jika Anda memiliki bisnis dan ingin memantau margin keuntungan Anda secara teratur, maka salah satu yang perlu Anda pahami adalah bagaimana cara menghitung laba kotor.

Dengan menghitung pendapatan kotor yang Anda peroleh, akan memberi Anda data berharga yang Anda butuhkan untuk mengidentifikasi area bisnis Anda yang paling menguntungkan.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang laba kotor dan bagaimana mengelolanya secara strategis untuk pertumbuhan bisnis, baca artikel berikut.

Dalam artikel ini, Anda akan memperoleh informasi tentang pengertian, rumus, hingga cara menghitung laba kotor yang perannya sangat penting dalam laporan keuangan.

laba kotor

Definisi Laba Kotor (Gross Profit)

Laba kotor atau dalam istilah inggrisnya gross profit, adalah laba yang diperoleh perusahaan setelah dikurangi biaya yang terkait dengan pembuatan dan penjualan produknya, atau bisa juga biaya yang terkait dengan penyediaan layanannya.

Laba kotor juga dapat disebut sebagai laba penjualan atau pendapatan kotor.

Data-data ini dapat ditemukan pada laporan laba rugi perusahaan.

Melalui catatan tentang pendapatan kotor, Anda dapat mengukur tingkat efisiensi perusahaan dalam menggunakan tenaga kerja dan perlengkapannya dalam proses produksi.

Sebagian besar ukuran dalam penghitungan pendapatan kotor mempertimbangkan biaya variabel—yaitu, biaya yang berfluktuasi dengan tingkat output, seperti:

  • Tenaga kerja langsung, dengan asumsi itu per jam atau tergantung pada tingkat output.
  • Komisi untuk staf penjualan.
  • Biaya kartu kredit untuk pembelian pelanggan.
  • Peralatan, mungkin termasuk penyusutan berdasarkan penggunaan.
  • Utilitas untuk lokasi produksi.
  • Pengiriman barang atau jasa.

Gross profit dapat dihitung dengan cara mengurangkan harga pokok penjualan (HPP) dari pendapatan yang diperoleh dari hasil penjualan barang atau jasa, beban umum dan administrasi.

Selain itu, pendapatan kotor juga ada di laporan keuangan sebelum pendapatan non operasional, beban non operasional, keuntungan dan kerugian pada suatu perusahaan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda dalam membuat laporan laba rugi secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal sekarang!

Pentingnya Mengetahui Cara Menghitung Laba Kotor

Pendapatan kotor penting untuk proses akuntansi perusahaan karena berhubungan secara khusus dengan harga pokok penjualan.

Dengan kata lain, data yang dihasilkan dapat mencerminkan seberapa efisien manajemen perusahaan dalam hal pembelian persediaan.

Dan lagi, dapat membantu perusahaan mengalokasi tenaga kerja atau membuat keputusan mengenai pabrik atau lokasi tempat barang diproduksi.

Margin laba kotor bervariasi di seluruh produk dan sektor, dan sering digunakan untuk mengukur profitabilitas satu produk perusahaan.

Ini menunjukkan seberapa efisien suatu perusahaan menggunakan sumber daya yang disediakan untuk memproduksi barang atau jasa.

Jika sebuah bisnis memiliki sejumlah proyek, atau sejumlah produk, maka pelaporan masing-masing dilakukan secara terpisah.

Hal tersebut merupakan cara terbaik untuk memastikan bahwa setiap komponen dari margin pendapatan kotor berjalan sebagaimana mestinya,

Baca juga: Cara Menghitung Laba Ditahan dalam Proses Akuntansi

Seringkali, hasil yang lebih rendah disebabkan oleh satu atau dua proyek atau produk yang tidak menguntungkan seperti yang diharapkan.

Pemahaman yang kuat tentang margin pendapatan kotor dalam bisnis memungkinkan Anda membuat keputusan cepat untuk mendukung pertumbuhan dan ketahanan perusahaan.

Misalnya, menunjukkan tren baru yang memerlukan investasi tambahan, sedangkan penurunan mungkin memicu kenaikan biaya.

Hal itu tentu akan mendorong Anda untuk menganalisis arus kas Anda dan melakukan pemotongan jika perlu.

Margin pendapatan kotor dan indikator kinerja utama tertentu sebaiknya dilakukan secara real-time setiap hari dan meninjau lebih detail setiap minggu.

Dengan keteraturan ini dapat memungkinkan bisnis untuk mengatasi perubahan pasang surut dan mengatasi masalah apapun sebelum menjadi masalah jangka panjang.

Sebagai contoh, dengan menganalisis margin pendapatan kotor, maka akan lebih mudah dan tepat dalam menentukan kenaikan harga terkait karena krisis ekonomi yang tidak terduga.

Kelola Kas & Transaksi Lebih Mudah dan Akurat, Pelajari Fitur Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Rumus dan Cara Menghitung Laba Kotor

pengertian rumus cara menghitung laba kotor adalah

Rumus margin laba kotor hanya mencakup biaya variabel yang terkait langsung dengan produksi barang atau jasa.

Formula atau rumus untuk cara menghitung laba kotor adalah sebagai berikut:

Laba Kotor = Pendapatan – Harga Pokok Penjualan (HPP)

Untuk contohnya, bisa Anda lihat dalam ilustrasi berikut ini:

Seorang pebisnis yang memproduksi sepatu menjual sepasang produk sepatunya seharga Rp. 250.000.

Biaya pembuatannya memakan biaya Rp. 100.000. Maka, pendapatan kotor yang didapat pebisnis tersebut sebesar Rp. 150.000.000.

Laba Kotor = Rp. 250.000 − Rp. 100.000

= Rp. 150.000

Margin Laba Kotor = (Laba Kotor ÷ Pendapatan) x 100%

= (Rp. 150.000 ÷ Rp. 250.000) x 100%

= 60%

Margin laba kotor menunjukkan rasio persentase pendapatan yang Anda simpan untuk setiap penjualan setelah semua biaya dikurangi.

Ini digunakan untuk menunjukkan seberapa sukses perusahaan dalam menghasilkan pendapatan, sambil menjaga biaya tetap rendah.

Pengeluaran perusahaan yang lebih luas, seperti membayar kantor perusahaan, tidak termasuk dalam penghitungan akhir.

Sebaliknya, pengeluaran ini terkadang ditampilkan pada laporan laba rugi sebagai biaya ‘Penjualan, Umum dan Administrasi’.

Ini dapat mencakup upah karyawan seperti akuntansi, TI, pemasaran, serta keperluan marketing seperti iklan dan promosi.

Selain itu, margin pendapatan kotor juga mencakup sewa, utilitas, atau perlengkapan kantor yang tidak langsung digunakan untuk membuat produk tertentu.

Artinya, biaya pemasaran umumnya tidak termasuk dalam rumus laba kotor.

Baca juga: Definisi, Rumus, dan Cara Menghitung Laba Bersih Perusahaan

cara menghitung laba kotor

Berapa Gross Profit Margin yang Ideal?

Sebuah studi penelitian terhadap lebih dari 13.000 pengusaha membuktikan bahwa margin laba kotor rata-rata di ritel sekitar 53%.

Tapi margin pendapatan kotor bisa sangat bervariasi tergantung jenis produknya.

Untuk produsen mobil dan truk, rata-rata margin laba kotor untuk kuartal akhir tahun 2020 adalah sekitar 14%. Untuk jasa konsultan rata-rata 96% untuk periode yang sama.

Margin pendapatan kotor yang tinggi umumnya menunjukkan bahwa suatu perusahaan menghasilkan uang yang banyak dari suatu produk.

Sedangkan margin yang rendah berarti harga jual barang atau jasa tidak jauh lebih tinggi daripada biayanya.

Tetapi penting untuk diingat bahwa meskipun angka-angka ini bisa jadi referensi atau pedoman, margin laba kotor sangat bervariasi menurut industri dan ukuran perusahaan.

Penting untuk memahami margin keuntungan Anda, terutama dalam menavigasi waktu dan resiko bisnis yang naik turun, salah satunya margin laba kotor.

Dengan memiliki pemahaman mendalam tentang margin laba kotor, memungkinkan Anda untuk beradaptasi dan berputar dengan cepat.

Anda juga bisa sekaligus memberikan kepemimpinan proaktif dan mengambil keputusan berdasarkan fakta.

Mengetahui cara menghitung laba kotor dapat membantu Anda mengelola arus kas dengan lebih baik.

Selain itu, bisa juga untuk memastikan ketersediaan dana untuk membayar pemasok dan pengeluaran tepat waktu.

Baca juga: Mengenal Definisi, Jenis, dan Cara Menghitung Rasio Profitabilitas

Buat Laporan Laba Rugi dengan Menggunakan Software Mekari Jurnal

Anda tidak perlu repot lagi menghitung secara manual laba bersih maupun kotor dari perusahaan.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Mekari Jurnal untuk memudahkan Anda dalam menghitung dan membuat laporan laba rugi.

Tidak hanya itu saja, Jurnal juga menghadirkan aplikasi dengan fitur seperti pembuatan laporan keuangan, invoice, memudahkan Anda dalam memantau arus kas, biaya dan anggaran, serta inventaris.

Coba aplikasi stock opname dari Jurnal sekarang gratis selama 14 hari dengan menekan tombol di bawah ini! Atau hubungi sales kami langsung jika Anda pertanyaan.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, itu tadi beberapa informasi terkait rumus dan cara menghitung laba kotor beserta pengertian dan pentingnya bagi suatu perusahaan.

Semoga dengan membaca artikel ini, Anda memperoleh referensi dalam menerapkan perhitungan bisnis yang Anda miliki.

Selaku pemilik bisnis, tentu ini penting untuk dipelajari agar Anda bisa mengetahui mana beban atau pengeluaran yang kiranya dapat ditekan untuk memaksimalkan keuntungan.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal