Stok barang merupakan hal yang sangat krusial saat Anda menjalankan bisnis retail. Banyaknya jumlah stok dan produk yang dijual membuat pengelolaan stok menjadi lebih ribet dan menghabiskan banyak waktu. Belum lagi ketika bisnis Anda sudah mulai berkembang dan memiliki banyak cabang. Bisa dibayangkan, berapa lama waktu yang akan Anda habiskan hanya untuk mengupdate stok, memonitor, dan melakukan pengecekan. Jika salah mengelolanya, Anda juga akan mengalami kerugian.

Masalah di atas merupakan masalah besar yang sangat merugikan bisnis Anda bukan? Namun, dengan bantuan Jurnal sebagai software akuntansi online melalui fitur Inventorinya, Anda tidak perlu khawatir lagi. Apa saja yang dapat Jurnal lakukan untuk membantu Anda mengelola stok barang?

Proses pencatatan hingga stok opname lebih mudah dengan Jurnal

 

Berapa lama waktu yang Anda habiskan ketika mencatat stok barang yang ada? Belum lagi ketika bisnis Anda memiliki banyak produk. Salah mencatat barang dapat membuat bisnis Anda merugi, misalnya saja ketika jumlah yang ada tidak sesuai dengan catatan stok. Karena itulah Anda butuh Jurnal sebagai software yang membantu Anda mencatat seluruh stok barang dengan lebih rapi.

 

Dengan Jurnal, Anda dapat mengetahui jumlah stok barang yang ada di gudang dengan mudah dan data yang dapat diakses secara realtime, Anda juga dapat melakukan tracking seluruh stok barang yang ada, mulai dari jumlah stok, stok yang akan segera habis, dan stok yang telah habis, dalam satu tampilan. Dengan Jurnal, Anda dapat melacak jumlah stok yang masih tersedia dari waktu ke waktu dengan metode rata-rata (average) atau FIFO (First in First Out).

 

Banyak pengusaha yang kesulitan ketika ditanya tentang produk terlaris dan yang paling menguntungkan. Misalnya ketika Anda ingin memesan barang ke supplier, tanpa mengetahui produk terlaris, Anda dapat memesan produk yang salah dan kurang diminati pelanggan. Namun, dengan Jurnal, Anda dapat mengetahui produk terlaris dan paling menguntungkan dalam bisnis, sehingga dapat melakukan pemesanan produk lebih tepat.

 

Pernah mengalami stok habis dan pelanggan butuh saat itu juga dengan jumlah yang banyak? Jika terjadi, mungkin saja Anda bisa kehilangan pelanggan. Untuk memastikan jumlah stok cukup, Jurnal punya solusinya. Dengan fitur stok barang, Anda dapat mengatur batas minimal stok dengan mudah. Anda juga akan mendapat notifikasi ketika stok segera habis. Sehingga, masalah kekurangan stok atau lupa memesan stok bisa terhindari.

 

Perhitungan persediaan atau yang biasa disebut dengan stok opname sudah biasa dilakukan oleh pengusaha saat mengatur stok barang yang ada di gudang. Dalam fitur stok barang yang ada di Jurnal, Anda bisa menyesuaikan stok barang yang ada di tangan dengan yang tercatat di Jurnal dengan mudah dan lebih akurat.

 

 

Mengelola stok barang memang perlu dilakukan saat menjalani bisnis retail, diperlukan juga orang yang teliti agar stok barang tercatat secara akurat. Untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam memantau stok barang, Anda dapat menggunakan software akuntansi Jurnal. Jurnal sebagai software akuntansi berbasis cloud menyediakan berbagai fitur yang memudahkan perjalanan bisnis Anda. Selain memiliki fitur stok barang seperti yang dijelaskan di atas, Jurnal juga memiliki banyak fitur lainnya yang mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis, mulai dari membuat invoice, laporan keuangan, mengelola stok, mengelola transaksi penjualan dan pembelian dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Segera daftarkan bisnis Anda di Jurnal dan dapatkan trial 14 hari secara gratis.

Author