Jurnal Enterpreneur

5 Tips Memulai Bisnis Travel Online dengan Sukses

Bagi Anda yang sedang memikirkan sebuah usaha untuk dijalankan, maka pilihan bisnis travel online adalah pilihan yang baik. Besarnya permintaan dari pasar akan membuat bisnis ini cukup menguntungkan. Bisnis travel ada bermacam-macam. Pebisnis yang ingin terjun di bisnis travel dapat memilih jenis bisnis travel sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Sebenarnya untuk melakukan bisnis travel bagi pemula tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, seperti bisnis travel online.

Bisnis travel online ini sendiri sangat mudah dan murah untuk dijalankan. Sebab dengan sistem online Anda hanya membutuhkan beberapa perlengkapan elektronik yaitu komputer dan jaringan internet serta printer. Bisnis travel online juga dapat dikenal secara luas karena cara promosinya melalui internet. Pembuatan website yang menampilkan informasi tentang agen travel dan paket-paket perjalanan dapat menjadi media promosi paling efektif. Berikut adalah tips untuk Anda yang ingin menjalankan usaha travel berbasis online:

1. Memperluas jaringan

Tips pertama untuk memulai bisnis travel online adalah membuat koneksi yang kuat dengan jaringan yang Anda miliki. Anda dapat memperluas jaringan dan relasi dengan aktif mengikuti berbagai forum dan kegiatan yang berhubungan dengan bidang bisnis Anda.

Cara berikutnya Anda juga bisa mengembangkan jaringan bisnis ini dengan cara bergabung di berbagai komunitas yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Dengan mengikuti forum atau kegiatan serta bergabung dengan komunitas ini Anda akan mendapatkan teman dan rekanan yang akan membuat bisnis Anda semakin dikenal.

Komunitas atau relasi yang Anda miliki akan membantu Anda dengan menjadi pelanggan pertama yang membeli paket travel yang ditawarkan.

Penting bagi sebuah bisnis travel online baru untuk mendapatkan pelanggan pertamanya sesegera mungkin. Mengapa demikian? Alasannya adalah, pelanggan pertama Anda akan menjadi tolak ukur dari pelayanan dan produk travel yang dijual. Testimoni dari pelanggan pertama juga akan memiliki pengaruh besar terhadap citra dari bisnis travel online tersebut. Oleh karena itulah, para pemula bisnis travel online harus membangun jaringan yang kuat sehingga pelanggan pertama akan datang dengan mudah.

2. Hardware dan software

Untuk bisa meraih sukses pada bisnis travel online ini adalah dengan menyiapkan perlengkapannya. Salah satu komponen atau perlengkapan yang sangat penting untuk diperhatikan dalam bisnis ini adalah komponen hardware dan software. Hardware yang dimaksud disini adalah komputer yang telah terkoneksi dengan internet serta beberapa pendukungnya. Sedangkan software sendiri adalah program dan operating sistem yang bisa menjalankan pemesanan tiket via online.

3. Ciptakan brand yang menarik

Setiap bisnis memang membutuhkan nama atau brand untuk bisa menarik para konsumen. Selain untuk menarik konsumen, brand usaha ini juga akan berguna bagi para konsumen untuk memudahkan mereka mencari alamat usaha atau website ataupun agen Anda. Maka ketika Anda ingin membuka bisnis travel online ini, pastikan Anda memiliki brand atau nama usaha yang baik

4. Memberikan promo yang menarik

Harga memang akan selalu menjadi acuan bagi para konsumen. Apalagi bisnis ini yang sudah banyak yang menjalankannya. Maka dari sini persaingan pun akan tercipta dan menjadi sengit. Anda sebagai pelaku usaha travel online ini harus memiliki strategi khusus untuk menghadapi hal ini. Salah satu cara untuk bisa memenangkan persaingan ini adalah menawarkan harga yang menarik. Anda bisa memberikan harga promo pada momen tertentu atau potongan harga atau diskon dengan sebuah persyaratan dan ketentuan khusus.

5. Berikan pelayanan yang terbaik

Agar bisnis ini berjalan dengan lancar, Anda harus melayani konsumen dengan sebaik mungkin. Pada bisnis travel online ini Anda bisa memberikan pelayanan kepada pelanggan yang terbaik. Jangan sampai membuat konsumen menunggu terlalu lama saat mereka ingin mendapatkan jawaban dari permasalahan atau pertanyaan yang disampaikan

Bisnis travel sendiri adalah bisnis yang memerlukan ketelitian dalam pengelolaan pembukuannya. Agar sistem keuangan yang terdiri dari kas besar, kas kecil dan petty cash dapat terkontrol dengan baik, Anda memerlukan software akuntansi dan pembukuan online seperti Jurnal yang memberikan kemudahan dan keakuratan dalam pengelolaan keuangan bisnis travel berbasis online Anda.

Saat ini banyak sekali orang-orang yang pergi berliburan untuk menghilangkan penat dari rutinitas sehari-hari. Tidak ada salahnya untuk berbisnis travel yang menguntungkan ini. Tentu saja dengan strategi-strategi jitu yang telah disebutkan agar bisnis travel Anda mendatangkan banyak pelanggan dan tetap bertahan. Namun jika anda ingin terjun di bisnis ini sebaiknya ketahuilah dasar mengenai traveling, perjalanan wisata, serta perjalanan wisata dalam negeri maupun luar negeri.

Baca juga: 4 Tips Memulai Bisnis Tur dan Travel

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis Travel Agent? Ketahui Laporan Keuangannya Terlebih Dahulu

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo