Siapa bilang, hobi traveling hanya bisa menghabiskan uang? Hobi yang sedang tren di kalangan anak muda ini ternyata juga dapat menjadi peluang bisnis. Tidak hanya menghabiskan uang, dengan memanfaatkan hobi traveling, Anda juga dapat menghasilkan uang. Lalu, bisnis apa yang dapat berjalan berbarengan dengan hobi Anda? Temukan peluang bisnisnya di bawah ini.

 

Sewa Penginapan

Ini adalah salah satu hal wajib yang harus direncanakan oleh traveler. Sebagai traveler, Anda pasti tahu apa yang paling dibutuhkan oleh rekan sesama traveler. Dengan mengetahui apa yang mereka butuhkan, Anda dapat lebih mudah membuat penginapan sesuai kebutuhan mereka, baik dari segi harga, lokasi, fasilitas, hingga konsep penginapan itu sendiri. Jika, Anda tak memiliki banyak modal, Anda dapat mengajak partner traveling Anda untuk membuat penginapan dengan konsep yang sesuai dengan traveler maupun destinasinya.

 

Sewa Kendaraan

Banyak orang yang melakukan traveling tanpa membawa kendaraan, oleh karena itu, bisnis sewa kendaraan ini merupakan peluang besar yang dapat dimanfaatkan. Menyewakan kendaraan, baik motor ataupun mobil dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar, terutama saat musim liburan datang. Namun, jika Anda dapat mengendarai kendaraan, Anda juga bisa merangkap sebagai supir sekaligus guide yang mengantar para traveler ke tempat yang mereka inginkan.

 

Pemandu Wisata

Pemandu wisata adalah salah satu jasa yang sangat dibutuhkan para traveler, terutama bagi traveler yang baru pertama kali mengunjungi tempat wisata tertentu. Pengalaman sebagai traveler dapat Anda jadikan sebagai modal untuk membuka jasa pemandu wisata. Anda dapat melatih tim yang akan Anda bentuk sebagai pemandu wisata. Setelah tim Anda memiliki bekal, Anda dapat mengajukan kerja sama ke tour agent ataupun kementerian pariwisata.

 

Menjual/Menyewakan Perlengkapan Travel

Ide bisnis lainnya adalah menjual atau menyewakan perlengkapan travel. Mulai dari carrier untuk naik gunung hingga perlengkapan snorkeling, semua dapat menjadi peluang bisnis bagi Anda yang suka traveling. Jika modal yang Anda miliki belum cukup, Anda dapat menyewakan perlengkapan traveling milik sendiri ke teman-teman atau orang disekitar Anda.

 

Travel Planner

Memulai bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar. Dengan modal Rp0, Anda tetap dapat memulai bisnis travel planner. Dengan pengalaman travel yang cukup banyak, Anda dapat membuat travel plan yang murah, nyaman, dan sesuai kebutuhan sebagai modal awal bisnis Anda. Mulailah dengan membuat cerita perjalananmu di blog untuk membangun citra sebagai traveler yang handal dan tepercaya.

 

Itulah 5 peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Dengan memanfaatkan peluang bisnis, yang ada, Anda dapat menjalankan hobi sekaligus mendapatkan kas masuk (uang) hingga keuntungan yang cukup besar. Namun, yang perlu diperhatikan adalah, jangan pernah menghabiskan uang yang Anda dapatkan dengan cuma-cuma. Oleh karena itu, Anda perlu mengelola keuangan Anda dengan baik untuk mendapatkan keuntungan dalam bisnis. Jurnal adalah software akuntansi online yang memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis sekaligus membantu membuat laporan keuangan secara instan. Untuk info lebih lanjut mengenai Jurnal dapat Anda temukan di www.jurnal.id.

Author