Bulan Ramadan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu umat muslim, di mana mereka biasanya menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Bukan hanya umat muslim, banyak juga pengusaha yang menunggu bulan ini dengan perasaan bahagia. Bagaimana tidak, di Bulan Ramadan biasanya pengusaha bisa mendapatkan omzet 2 hingga 3 kali lipat lebih besar dibanding bulan-bulan biasanya. Bukan hanya pengusaha, banyak juga orang yang memanfaatkan momen ini untuk memulai usaha atau bisnis yang menguntungkan. Apakah Anda termasuk salah satu orang yang ingin memanfaatkan momen Ramadan untuk berbisnis? Cari tahu dulu bisnis apa yang paling menguntungkan dan menjanjikan untuk Anda jalankan di Bulan Ramadan ini.

 

Jualan Menu Takjil

Momen buka puasa menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Di mana semua orang akan mencari menu makanan takjil untuk membatalkan puasanya. Inilah yang bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda yang ingin memanfaatkan momen Ramadan untuk memulai bisnis. Anda bisa menjual makanan takjil ini di halaman rumah, pinggir jalan, ataupun di dekat perkantoran dan kampus. Untuk memulai bisnis ini, Anda hanya memerlukan modal ratusan ribu untuk membuat menu makanan takjil. Anda bisa menjual aneka es buah, gorengan, kolak, kue basah, dan sebagainya. Pilihlah jenis makanan yang manis, karena kebanyakan orang yang berpuasa akan memilih makanan dengan rasa manis.

 

Katering Makanan Sahur atau Berbuka

Banyak orang yang terlalu sibuk dan tidak sempat menyiapkan makanan untuk sahur maupun berbuka. Inilah peluang kedua yang bisa Anda manfaatkan. Cobalah untuk menawarkan jasa katering untuk menu berbuka maupun sahur. Berikan pilihan menu yang variatif dan bermacam-macam dengan jenis yang lengkap mulai dari lauk-pauk, sayur, buah-buahan, dan tambahkan susu untuk melengkapi menu sahur. Anda juga bisa menawarkan jasa antar makanan. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan bisnis ini ke kantor-kantor, sekolah, ataupun kampus yang ingin mengadakan acara buka bersama. Bagaimana dengan modal? Modalnya sangat bervariasi dan sesuai dengan jumlah porsi beserta menu yang Anda tawarkan.

 

Jual Aneka Buah-Buahan

Berbukalah dengan yang manis-manis. Saat berbuka, banyak orang yang akan mencari buah-buahan sebagai pencuci mulut sekaligus menjaga tubuh agar tetap fit menjalani ibadah puasa. Cobalah pilih buah-buahan yang banyak dicari orang saat bulan Ramadan, seperti timun suri, blewah, melon, dan sebagainya. Selain untuk pencuci mulut, buah-buahan biasanya juga dapat dipakai untuk bahan pelengkap membuat takjil atau es buah. Untuk menghemat modal bisnis ini, Anda bisa langsung membeli buah di orang yang punya kebun buah. Dengan begitu, harga yang Anda dapatkan pasti jauh lebih murah.

 

Kue Kering untuk Lebaran

Saat menjelang lebaran, kue kering akan diserbu banyak orang. Karena kue kering akan menjadi hidangan wajib bagi tamu-tamu yang datang ke rumah-rumah di Hari Raya Idul Fitri atau saat lebaran. Untuk yang senang membuat kue kering, peluang bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan. Selain hobi memasak Anda tersalurkan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Bisnis ini biasanya akan mulai ramai 1-2 minggu sebelum lebaran datang. Jadi, cobalah mulai persiapkan bisnis Anda mulai sekarang. Untuk modalnya pun bermacam-macam, tergantung bahan yang Anda gunakan saat membuat kue.

 

Baju Lebaran & Perlengkapan Shalat

Di Hari Raya banyak orang yang ingin menggunakan pakaian dan perlengkapan shalat baru untuk tampil lebih fresh. Anda bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual baju lebaran dan perlengkapan sholat. Pastikan busana muslim dan perlengkapan shalat yang Anda jual adalah fashion yang sedang tren di kalangan target pasar Anda. Untuk modal bisnis yang satu ini memang cukup besar, bisa sampai puluhan juta. Namun, keuntungannya pun tidak bisa Anda ragukan lagi. Apalagi jika busana muslim yang Anda jual memiliki kualitas yang baik.

 

Parcel Lebaran

Bisnis parcel merupakan salah satu bisnis yang paling banyak dicari saat menjelang lebaran atau Idul Fitri. Mulai dari orang pribadi, UKM kecil, hingga perusahaan besar pasti membutuhkan parcel saat menjelang lebaran. Mereka biasanya akan memberikan parcel kepada keluarga, partner bisnis, karyawan, atau supplier saat menjelang lebaran. Untuk memulai bisnis ini, Anda harus dapat membuat parcel lebih kreatif sebagai nilai tambah bisnis Anda. Modalnya pun bervariasi, tergantung bahan parcel dan isi parcel yang akan Anda jual.

 

Rental Mobil

Saat menjelang lebaran, biasanya barang orang yang akan melakukan tradisi mudik dengan pulang ke kampung halaman. Ada beberapa orang yang memanfaatkan transportasi umum, ada juga yang memutuskan untuk membawa mobil. Namun, tidak semua orang membutuhkan mobil. Disinilah peluang Anda. Jika Anda memiliki mobil yang tidak terpakai, Anda bisa menyewakan mobil Anda di hari lebaran. Bagaimana dengan harga sewanya? Akan jauh lebih tinggi dibanding sewa mobil saat hari biasa. Anda juga bisa memberikan jasa sopir pribadi saat mudik. Selain mendapat uang tambahan, Anda juga bisa menikmati tradisi mudik seperti orang lain. Menyenangkan bukan?

 

Jual Ketupat

Makanan yang satu ini adalah makanan khas yang disajikan saat Hari Raya Idul Fitri. Setiap rumah pasti akan menyediakan dan menyajikan makanan ini saat lebaran. Jika dapat membuat ketupat, Anda dapat memanfaatkan waktu libur Anda dengan membuat ketupat. Modal bisnis yang satu ini sangat kecil dan murah, mulai dari Rp1000. Namun, Anda bisa menjualnya dengan harga dua kali lipat dari harga pasaran.

 

Jasa Tukar Uang Receh

Di Hari Raya Idul Fitri biasanya orang-orang akan membagikan uang ke keluarga ataupun anak-anak kecil. Dan kebanyakan dari mereka akan menukarkan uang receh ke bank ataupun jasa tukar uang lainnya. Namun, menukarkan uang receh pun sangat sulit di momen lebaran ini. Karena itulah ini menjadi peluang bagi Anda yang ingin menambah uang tambahan.

Itulah beberapa peluang bisnis di Bulan Ramadan maupun menjelang lebaran. Jadi, bisnis apa yang ingin Anda jalankan? Apapun bisnis yang ingin Anda mulai, Anda juga harus tetap mengelola keuangannya dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui dengan jelas berapa keuntungan yang Anda dapatkan. Jurnal merupakan software akuntansi online yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda. Untuk info lebih lanjut mengenai bisnis, silakan klik di sini.

Author