Bulan Ramadan telah tiba. Ini menjadi bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Banyak sekali hal yang berbeda ketika berada di bulan ini. Orang-orang berpuasa, ibadah semakin gencar, masjid-masjid ramai dan sudah tentu banyak sekali penjaja makanan menjelang berbuka. Momen buka puasa memang saat yang membahagiakan. Mulai dari sore hari sudah banyak pasar Ramadan dan menyediakan beragam menu berbuka puasa.

Banyak orang yang mencoba peruntungan membuka usaha buka puasa dengan menjual berbagai makanan dan minuman. Dengan banyaknya wadah untuk berjualan  dan kebutuhan akan menu berbuka, tidak ada salahnya Anda juga ikut mencoba membuka usaha buka puasa. Tidak perlu modal yang besar, cukup dengan berjualan makanan dan minuman ringan yang memang banyak dicari. Berikut beberapa rekomendasi makanan dan minuman paling laris dan banyak dicari di bulan Ramadan.

Aneka Es Buah Segar

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan Puasa Godaan terberat ketika berpuasa bukanlah menahan rasa lapar, melainkan menahan rasa dahaga yang mungkin terasa teramat sangat menjelang berbuka. Terlebih lagi cuaca akhir-akhir ini yang semakin panas disertai aktivitas yang semakin padat. Sudah barang tentu orang-orang akan mencari sesuatu yang menyegarkan untuk berbuka. Ini bisa menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan di bulan Ramadan, yakni menjual es buah. Melihat tampilan es buah yang berwarna warni saja orang pasti sudah tergiur untuk membeli.   Ditambah dengan rasa dan suhu dinginnya yang sudah pasti menyegarkan. Rasa sirup dan susu yang manis dipadukan dengan asam buah yang segar akan benar-benar melegakan rasa dahaga bagi yang berpuasa. Dijamin jualan Anda akan laris manis.

Es Cendol atau Es Dawet

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaSelain buah ada alternatif minuman lain yang tidak kalah larisnya yaitu es cendol atau es dawet. Siapa yang bisa menolak legitanya rasa dari perpaduan santan, gula kelapa dan butiran dawet butiran dawet yang terbuat dari tepung. Sensasi gurih manis yang dihasilkan es cendol memang tetap jadi primadona. Orang-orang yang berjualan es cendol memang cukup banyak, namun pembelinya pun tidak sedikit. jadi tidak ada salahnya jika Anda mencoba peluang usaha dengan menjual minuman tradisional ini untuk berbuka puasa.

Es Pisang Ijo

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaEs pisang ijo juga menjadi salah satu primadona di bulan Ramadan. Jajanan khas Makassar ini bukan sekadar menyegarkan tetapi juga mengenyangkan. Cocok sekali sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Es pisang ijo terbuat dari pisang yang dibalut dengan adonan tepung hijau. Disajikan bersama bubur sumsum, sirup dan ditambahkan es batu untuk memberikan sensasi dingin. Mencoba berjualan es pisang ijo pada bulan Ramadan bisa menjadi pilihan karena penggemarnya yang tidak sedikit.

Minuman Dingin

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaJika Anda ingin memberikan kesegaran yang lebih bervariasi, Anda bisa berjualan berbagai minuman dingin. Mulai dari air mineral atau minuman botol lainnya. Jika Anda mempunyai waktu yang lebih banyak, Anda bisa memvariasikannya dengan berjualan jajanan es sederhana lain seperti es teh, es jeruk, es kelapa muda, es cincau, es kolang kaling, es tape dan lain sebagainya. Berbagai minuman dingin ini banyak dicari karena tidak hanya dinikmati sendiri tapi bisa juga dijadikan pelepas dahaga setelah menyantap makanan.

Bubur dan Kolak

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaDari minuman kita beralih ke makanan. Makanan khas pertama yang sudah pasti ada ketika bulan  puasa datang adalah bubur dan kolak. Ini tidak mengherankan karena adanya anjuran menyantap makanan manis untuk mengembalikan energi ketika berbuka puasa. Anda bisa memilih berbagai macam bubur dan kolak untuk dijajakan. Ada bubur sumsum, bubur candil, bubur kacang ijo, kolak pisang, kolak ubi dan lain sebagainya. Selain disajikan hangat, bubur dan kolak juga bisa ditambahkan es batu agar terasa lebih segar. Karena makanan ini juga sudah sering dihidangkan di rumah-rumah, tentu saja membuatnya juga tidak terlalu sulit.

Cilok

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaJajanan murah meriah ini tetap mempunyai penggemar baik di bulan Ramadan maupun di bulan-bulan biasanya. Cilok adalah jajanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka dan dipadukan dengan bumbu pelengkap seperti saus kacang, kecap dan saus. Dibanding jajanan berbahan tapioka khas Jawa Barat lain seperti cireng dan cimol, cilok lebih kenyal sehingga lebih mudah untuk disantap dan cocok untuk jajanan orang yang ingin berbuka puasa.

Gorengan

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaJajanan murah meriah yang cukup laris lainnya adalah gorengan. Sama seperti cilok, gorengan juga tetap dijadikan camilan favorit bukan hanya di bulan Ramadan tapi di bulan lainnya juga. Tempe goreng, tahu isi, pisang goreng, ubi goreng dan bakwan yang biasa tersedia sangat cocok dijadikan menu buka puasa dan  pengganjal perut sebelum dilanjutkan dengan makanan berat lainnya. Bahan-bahan pembuat gorengan murah dan mudah ditemukan serta cara pembuatannya cukup simpel sehingga tidak ada salahnya jika Anda mencoba berjualan ini.

Jajanan Pasar

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaGorengan, camilan murah dan enak, tersebut memang banyak sekali penggemarnya. Meskipun begitu ada banyak orang  yang menghindari makanan berminyak ketika berpuasa. Salah satu alternatif camilan yang bisa disantap adalah kue-kue basah dan jajanan pasar lainnya. jenisnya cukup beragam, ada putu, kue lapis, wajik, klepon, serabi, getuk, onde-onde dan masih banyak jenis lainnya. Karena rasanya yang biasanya manis dan tekstur yang lembut, makanan seperti ini tidak hanya disukai oleh orang dewasa tetapi juga anak-anak. Berjualan jajanan pasar tentu saja akan laris manis.

Kurma dan Olahannya

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaBulan Ramadan tentu saja sangat dekat dengan kurma. Banyak sekali orang yang sudah memborong kurma bahkan jauh-jauh hari sebelum puasa dimulai. Selain karena memang disunahkan di agama Islam, kurma juga mengandung banyak manfaat. Di tahun ini permintaan kurma meningkat dua kali lipat dibanding hari biasanya. Permintaan tinggi ini juga harus diimbangi dengan produsen yang menyediakan. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba peruntungan dengan berjualan kurma di bulan Ramadan. Untuk meningkatkan nilai tambah, Anda bisa membuat olahan kurma seperti coklat kurma, bolu kurma, pancake kurma, puding kurma dan lain sebagainya.

Lauk Pauk

Minuman & Makanan Paling Laris yang Bisa Jadi Ide Usaha di Bulan PuasaSelain jajanan, makanan berat seperti nasi dan lauk pauk juga bisa dijadikan alternatif untuk berbuka puasa. Terkadang orang-orang juga malas memasak karena sudah lelah dengan pekerjaan atau karena sulit menakar rasa yang sesuai. Ini bisa Anda jadikan peluang usaha. Bagi yang pintar memasak menjual lauk pauk yang sudah matang juga bisa dicoba di bulan Ramadan ini.

Itu tadi beberapa jenis menu buka puasa yang sangat menjanjikan untuk dijajakan di bulan Ramadan. Beberapa dari usaha tersebut cukup mudah untuk dimulai karena bahan yang mudah didapatkan serta pembuatan yang cukup sederhana. Anda sudah bisa memikirkan mana di antara itu yang bisa Anda coba. Namun yang manapun usaha berjualan buka puasa yang  dipilih, Anda harus tetap mengelola jalannya usaha dan keuangan dengan baik.

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui dengan jelas berapa keuntungan yang Anda dapatkan. Mungkin saja usaha ini bisa tetap dijalankan meski bulan Ramadan telah berakhir.  Untuk pengelolaan keuangan yang mudah dan sederhana, Jurnal hadir untuk Anda. Jurnal merupakan software akuntansi online yang bisa menjadi solusi bisnis Anda. Info menarik khusus untuk Anda, bisa di cek di sini.

Author