Kunci untuk setiap bisnis yang sukses adalah sederhana: keuntungan. Bisnis restoran, umnumnya bisnis makanan dan minuman harus membuat uang untuk membuat bisnisnya bertahan, dan dalam rangka untuk menghasilkan uang, pemilik bisis perlu tahu sistem akuntansi dasar restoran untuk mengontrol arus kas, mengurangi kerugian dan memaksimalkan keuntungan mereka. Melacak keuangan Anda akan menempatkan Anda di tempat yang baik untuk memantau arus kas dan membuat bisnis bertahan dalam waktu yang lama.

Manajemen Arus Kas

Mengelola arus kas berarti melacak semua uang yang masuk dan keluar dalam bisnis Anda. Memperkirakan arus kas di masa depan bisa menjadi permainan tebak-menebak sampai Anda mendapatkan pola bisnis restoran/makanan dan minuman Anda, atau ketika membandingkan uang masuk dengan uang keluar. Pada dasarnya, setiap bisnis berusaha untuk mendapatkan income lebih dari biaya yang dikeluarkan. Ketika sebuah bisnis mampu lebih banyak menghasilkan uang daripada menghabiskannya, maka itu akan memaksimalkan laba bersih dan perusahaan akan terus bertumbuh.

Menjaga Rekap Transaksi

Merekam arus kas Anda, termasuk pendapatan dan beban, sangat penting untuk prosedur akuntansi bisnis Anda. Penghasilan mencakup semua uang tunai, kartu kredit dan penjualan cek yang diterima. Biaya keluar harus dicatat dengan bantuan nota dan faktur. Sistem Point of Sale (POS) Anda biasanya melacak semua kartu kredit dan uang tunai hasil penjualan, dan semua penerimaan harus diajukan dan dicatat dalam dokumen laba rugi (Profit & Loss Document). Hal ini juga penting untuk membuat Anda tidak “menutup mata” pada jumlah persediaan Anda.

Mengelola Inventaris

Persediaan bisnis makanan dan minuman meliputi bahan baku, mesin pengolah, dan berbagai produk dan bahan-bahan yang Anda miliki di tangan untuk menghasilkan makanan dan minuman. Persediaan merupakan faktor penting dalam pengelolaan akuntansi, karena merupakan investasi dan persediaan yang dibutuhkan untuk menghasilkan keuntungan. Anda harus selalu mempertimbangkan inventaris Anda sebagai kas dalam bentuk yang berbeda, dan menghitung secara konsisten dan menyeluruh.

Perhitungan Laba Rugi (Profit & Loss)

Dokumen laba rugi sebuah bisnis makanan dan minuman berfungsi sebagai laporan untuk meringkas pendapatan, biaya dan persediaan, menggambarkan keuntungan total dan kerugian bisnis selama periode waktu tertentu. Hal terbaik untuk mempersiapkan dokumen ini adalah setiap minggu jika memungkinkan. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk melacak angka untuk membandingkan laporan dari bulan ke bulan, bahkan tahun ke tahun. Disamping itu, laporan laba rugi berisi semua informasi yang relevan dengan arus kas Anda, termasuk penjualan dan upah tenaga kerja.

Software Akuntansi Online

Meskipun bisnis makanan dan minuman mungkin memiliki staf akuntan yang tersedia untuk melakukan pekerjaannya, banyak bisnis restoran dan/ makanan dan minuman menggunakan program komputer untuk membantu merekam informasi keuangan mereka. Software terbaik termasuk sistem Point of Sale (POS), software keuangan, dan perangkat lunak untuk mengintegrasikan keduanya. Sistem terintegrasi seperti ini dapat mengurangi beban, bahkan menghilangkan biaya operator dan membantu mereka sepenuhnya menganalisis keuangan mereka dengan menjalankan dan menganalisa laporan keuangan secara komprehensif.

Jurnal mampu menyediakan kebutuhan diatas, ditambah dengan berbagai varian laporan keuangan yang instan namun komprehensif. Hanya dengan 1-klik, Anda dapat melihat dan menganalisa laporan keuangan ataupun aktivitas bisnis secara holistik. Tersedia puluhan tipe laporan untuk membantu Anda dalam membuat keputusan yang penting. Dilengkapi dengan fungsi filter untuk membantu Anda fokus pada informasi yang diperlukan. Seluruh laporan dapat di export ke dalam bentuk format PDF, CSV, dan excel.

Author