Ngopi, istilah yang sangat lumrah didengar di era kontemporer ini seakan menjadi sebuah tren atau lifestyle baru. Seiring dengan meningkatnya tren tersebut, para pengusaha atau pebisnis berbondong-bondong untuk membuka kafe atau Coffee Shop di berbagai kota besar maupun kecil. Dan seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, banyak pengusaha kafe sudah menggunakan Software Akuntansi sebagai salah satu kebutuhan bisnis mereka.

Sebagai pemilik bisnis kafe, tentunya Anda harus memikirkan berbagai strategi bagaimana cara membuat kafe Anda sukses dan mendatangkan banyak pelanggan. Sebagai informasi tambahan, Anda bisa melihat artikel mengenai cara bagaimana meningkatkan omzet bisnis kafe di sini atau bagaimana memulai bisnis kafe dengan modal di sini di sini. Dan perlu Anda ketahui, segala pekerjaan operasional yang terkait dengan akuntansi, yaitu mencatat dan melaporkan seluruh transaksi yang terjadi di kafe akan sangat dimudahkan dengan menggunakan Software Akuntansi

Penggunaan Software Akuntansi akan membuat alur kerja akuntan atau Anda sebagai pemilik kafe lebih efisien dan efektif. Bayangkan jika Anda masih menggunakan pembukuan manual, itu akan sangat memakan banyak waktu dan Anda tidak sempat menangani hal-hal lain terkait pengembangan dan peningkatan kualitas kafe Anda, seperti pengawasan biji kopi yang masuk ke kafe Anda dan strategi pemasaran yang dibutuhkan untuk meningkatkan eksistensi kafe di mata publik. Berikut keutamaan penggunaan Software Akuntansi bagi usaha kafe secara umum:

Mengetahui Keuntungan & Kerugian Kafe Secara Detail

Masih terdapat beberapa pemilik bisnis, khususnya bisnis kafe yang masih ‘meremehkan’ fungsi dari fundamental akuntansi bagi bisnis. Jika digambarkan maka fenomenanya akan seperti ini, Anda mungkin mencatat berbagai pengeluaran dan pendapatan kafe yang akan menghasilkan sejumlah saldo kas akhir setiap akhir, namun Anda tidak dapat menemukan berapa nominal keuntungan atau kerugian yang kafe Anda alami secara mendetail. Ditambah Anda juga tidak mengetahui berapa kontribusi HPP (Harga Pokok Penjualan) dari penjualan produk kafe Anda selama misalnya satu bulan. Padahal, unsur tersebut penting untuk pengambilan keputusan kafe Anda kedepannya.

Dengan menggunakan Software Akuntansi, segala aktivitas transaksi pengeluaran maupun pendapatan akan diolah secara otomatis menjadi Laporan Keuangan yang bisa Anda gunakan untuk pengambilan keputusan. Anda bisa mengetahui nilai pendapatan bersih, HPP, biaya operasional, biaya administratif, dan laba/rugi bersih melalui Laporan Laba Rugi. Semua dilakukan secara realtime dan seluruh data tersimpan secara aman dengan fitur cloud-storaged pada Software Akuntansi sehingga bisa dipastikan seluruh aktivitas bisnis Anda terbilang aman.

Integrasi dengan Aplikasi POS (Point-of-Sales)

Secara singkat, POS adalah serangkaian sistem Front Office yang membantu mencatat kegiatan penjualan bisnis Anda seperti komputer dan mesin kasir. POS juga ditunjang oleh aplikasi atau software yang bisa Anda atur sesuai dengan kebutuhan bisnis kafe Anda. Contoh manifestasinya adalah Anda bisa menggunakan komputer, laptop, atau gadget yang sudah ter-install aplikasi POS untuk mencatat pesanan pelanggan dan kemudian mencetak nota pembelian untuk diberikan kepada pelanggan. Aplikasi POS hadir dengan User Interface yang sederhana dan menarik sehingga memudahkan Anda dalam mencatat berbagai pesanan pelanggan.

Sebagian besar vendor aplikasi POS menyediakan integrasi dengan vendor Software Akuntansi tertentu. Jika Software Akuntansi yang Anda gunakan terintegrasi dengan aplikasi POS yang Anda pakai, maka ini akan menjadi Supporting System yang akan sangat berpengaruh besar kepada kinerja aktivitas bisnis kafe Anda. Segala laporan penjualan yang tercatat di aplikasi POS akan secara otomatis terkirim ke Software Akuntansi sehingga Anda tidak perlu bekerja dua kali memasukkan data penjualan di Software Akuntansi. Tidak hanya data penjualan, data terkait persediaan dan HPP juga bisa ter-input secara otomatis dari aplikasi POS ke Software Akuntansi Anda.

Selain menambah efisiensi waktu dan tenaga, dua keutamaan Software Akuntansi tersebut sudah cukup menjawab inti permasalahan yang terjadi di dunia bisnis kafe. Sekali lagi, pengambilan keputusan seperti produk apa yang harus Anda maksimalkan, ubah, atau Anda hapus dari menu kafe yang nantinya juga akan tersambung dengan aktivitas pemasaran kafe Anda merupakan unsur terpenting untuk menjaga bisnis kafe tetap berada di jalur yang benar. Permasalahan berikutnya adalah Anda harus memilih Software Akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan kafe Anda. Anda bisa mencoba Jurnal gratis selama 14 hari, Software Akuntansi yang memiliki banyak fitur terkini terkait pencatatan dan pelaporan aktivitas bisnis Anda. Selain meliputi dua keutamaan di atas, Jurnal juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda lihat di sini. Untuk informasi lengkap mengenai fitur-fitur Jurnal, silakan klik di sini.