Mungkin Anda mengimpikan untuk mempunyai bisnis kafe pribadi. Namun untuk mewujudkan mimpi itu, Anda harus memiliki strategi yang terkonsep dengan matang agar tidak hanya menciptakan suasana kafe yang asyik, tetapi juga bisa meningkatkan mendatangkan omzet usaha yang besar. Membuat sebuah kafe tidak hanya memikirkan racikan kopi yang akan Anda sajikan kepada pelanggan. Anda juga harus memikirkan biaya-biaya, margin profit, dan target pasar. Berikut enam langkah yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan omzet usaha kafe Anda.

 

Branding Kafe

Membangun citra brand atau merek yang kuat sangatlah penting bagi bisnis kafe Anda. Karena dari sebuah brand, Anda sedang mengomunikasikan kepada pelanggan sebuah konsep dan bahkan bentuk keunikan kafe terhadap pelanggan. Brand juga mengirimkan pesan tersirat mengenai produk-produk yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

 

Sebisa mungkin buat brand dari kafe Anda menyerap semua hal yang Anda lakukan. Mulai dari logo, kemasan produk, dan desain kafe Anda. Mengomunikasikan brand bisa Anda lakukan lewat social media untuk lebih mendekatkan kafe Anda dengan target pasar (pelanggan) Anda. Tiga hal penting dari membuat brand adalah:

a. Usahakan brand meresonansikan nilai personal Anda

b. Komunikasikan “rasa” atau perasaan Anda terhadap brand Anda

c. Buat brand menceritakan sebuah makna yang sederhana namun mendalam.

 

Cari Keunikan Kafe

Sebuah keunikan akan membuat kafe Anda berbeda dengan kafe-kafe lain. Sederhananya, keunikan kafe bisa tercipta dari membuat standar kualitas kopi yang tinggi atau membuat satu set minuman signature kafe Anda. Apakah Anda ingin membuat specialty drink yang menarik? Atau Anda hanya ingin menghidangkan produk lokal dan organik dalam menu kafe Anda? Dan apakah kafe Anda mempunyai tema yang terkait dengan sajian kopi kafe Anda? Apapun keunikan yang ingin Anda tawarkan, komunikasikan itu terhadap pelanggan Anda.

 

Do it Yourself

Lakukan segala hal, khususnya yang terkait dengan urusan rehabilitasi dan reparasi peralatan kafe Anda, dari diri Anda sendiri (Do It Yourself). Dewasa ini, dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi, Anda bisa mencari segala hal mengenai bagaimana mereparasi berbagai hal di internet. Atau jika Anda sanggup untuk mendesain dekorasi sesuai konsep dan tema kafe Anda, itu akan menjadi nilai tambah. Karena keuntungan dari Do It Yourself adalah di samping meningkakan kreativitas, Anda bisa memangkas biaya-biaya yang keluar secara signifikan.

 

Jaga Pengeluaran Kafe

Perhatikan tiap pengeluaran kafe Anda secara detail. Karena dengan mengetahui biaya apa saja yang keluar dari operasional kafe, Anda bisa memetakan dan memangkas biaya-biaya tersebut. Bahkan Anda bisa mengetahui biaya apa yang sekiranya kurang perlu untuk dikeluarkan pada suatu periode.

 

Kenali HPP Produk Kafe

Mempunyai satu mesin roaster kopi bisa menjadi investasi yang berarti. Karena dengan me-roasting sendiri akan meningkatkan margin profit produk kopi Anda, memangkas HPP (Harga Pokok Penjualan), dan bisa mengatur harga penjualan tinggi dari nilai HPP satu produk kopi. HPP bisa menjadi suatu unsur yang krusial bagi keberlangsungan operasional kafe Anda. Banyak para pemilik kafe mengabaikan unsur ini dengan hanya memedulikan profit yang datang. Dengan mengetahui HPP per produk, Anda bisa menakar margin profit yang bisa Anda dapatkan. Anda pastinya juga bisa mengendalikan HPP dari komposisi resep kopi Anda.

 

Last But Not Least, Dapatkan Pelanggan Reguler

Pelanggan reguler atau biasa disebut pelanggan setia merupakan kunci penting bagi usaha kafe. Sederhananya, buat kafe Anda senyaman mungkin agar pelanggan selalu datang kembali ke kafe Anda. Di sini peran pemasaran kafe Anda begitu berarti. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mendatangkan pelanggan reguler Anda. Seperti memanfaatkan strategi Word of Mouth, membuat satu pelanggan nyaman dengan pelayanan kafe Anda, lalu pelanggan tersebut seakan menghasut teman-teman lainnya agar datang ke kafe Anda.

 

Menyediakan kartu member mungkin bisa mendatangkan pelanggan reguler lebih banyak. Namun, perlu diketahui ada cara unik lain yang bisa Anda lakukan untuk menarik pelanggan reguler dan tentunya ramah biaya. Seperti melakukan pendekatan kekeluargaan terhadap pelanggan Anda. Barista kafe bisa mengajak ngobrol membicarakan banyak hal agar bisa mengetahui lebih dalam kepribadian pelanggan dan tentunya menambah kenyamanan pelanggan. Atau sesekali Anda bisa memberikan minuman gratis kepada suatu pelanggan. Intinya, sebisa mungkin lakukan hal apapun untuk mendapatkan hati pelanggan. Hal ini juga melancarkan strategi Word of Mouth disamping Anda menggencarkan pemasaran kafe Anda lewat social media untuk mendapatkan pelanggan reguler.

Berbicara menganai cara meningkatkan omzet usaha Anda khususnya dalam dunia kafe, tentu tidak terlepas dari bagaimana cara membuat laporan keuangan yang proper dan akurat. Jurnal bisa menjadi solusinya. Jurnal adalah software akuntansi online yang menyediakan berbagai fitur tentang pelaporan keuangan berdasarkan standar akuntansi yang berlaku. Dengan Jurnal, Anda bisa mengetahui HPP produk kafe dan tentunya margin profit yang kafe Anda hasilkan. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap mengenai Jurnal, silahkan cek di sini.

Author