Meningkatnya pertumbuhan ekonomi juga berpengaruh terhadap perilaku atau gaya hidup masyarakat Indonesia. Salah satu yang sangat terlihat yakni terkait perilaku konsumsi masyarakat terutama masyarakat kelas menengah ke atas. Gaya hidup modern dengan menghabiskan sebagian waktunya di kafe merupakan contohnya. Biasanya mereka hanya sekedar bersosialisasi, berkumpul bersama teman-teman dan makan minum. Bahkan ada yang hanya datang ke kafe untuk berfoto-foto kemudian di share melalui socia media agar dibilang dan dilihat sebagai ‘anak kekinian’ atau ‘anak hits’.

Meningkatnya minat masyarakat pada kafe inilah yang membuat bisnis kafe juga semakin banyak di berbagai kota, baik kota besar maupun kota kecil. Dari yang ukuran kecil sampai yang besar, dari menu yang biasa sampai yang tidak biasa, dari tempat yang unik sampai yang aneh, kini mulai ditawarkan oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan pasar. Tentu saja hal ini juga berdampak terhadap persaingan bisnis kafe semakin ketat. Bisnis kafe yang dulunya menjual rasa makanan kini tidak lagi demikian. Bisnis kafe juga harus menarik perhatian pelanggan dengan keunikannya. Karenanya promosi atau pemasaran menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis kafe agar dapat menarik banyak pelanggan.

Tanpa adanya pemasaran, konsep kafe sebagus apapun tidak akan diketahui oleh calon pelanggan bukan? Untuk itu, Anda yang sedang menjalankan atau ingin menjalankan bisnis kafe, Anda perlu mengetahui strategi pemasaran bisnis kafe. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis kafe Anda:

Konsep Kafe

Di tengah persaingan yang ketat, memiliki kafe yang biasa-biasa saja tidak cukup. Seperti yang diketahui bahwa sebagian orang berkunjung ke kafe tidak hanya untuk menikmati makan dan minum tetapi juga memenuhi kebutuhan gaya hidup. Oleh karena itu, kafe harus memiliki konsep yang unik berbeda dengan yang lainnya. Dimana pengunjung dapat menikmati eksterior dan interior kafe. Jadi buatlah konsep yang unik untuk kafe Anda, mulai dari nama, konsep interior dan eksterior kafe yang instagramable atau menarik dan mudah untuk berfoto bagi pengunjung. Contohnya, Anda dapat menerapkan konsep cartoon tertentu, gaya klasik, suasana vintage, gaya italia, gaya tradisional atau konsep apapun yang menarik perhatian pengunjung.

Konsep kafe yang menarik ini menjadi salah satu strategi pemasaran karena pengunjung yang berkesan atau memiliki pengalaman dalam kafe Anda tentu akan merekomendasikan kepada teman, tetangga atau keluarganya. Dengan demikian, pengunjung akan semakin banyak datang ke kafe Anda.

Menu & Cita Rasa yang Unik

Yang kedua, Anda juga perlu memerhatikan menu dan cita rasa makanan yang Anda tawarkan dalam kafe. Ketika makanan memiliki cita rasa yang enak maka dipastikan pengunjung tidak akan berpikir dua kali untuk datang ke kafe Anda secara terus menerus. Selain cita rasa, menu makanan yang disajikan sebaiknya juga unik. Menu yang unik dengan cita rasa khas kafe Anda akan membuat orang memudah mengingat kafe Anda. Untuk membuat menu yang unik tidak terlalu susah bukan? Anda dapat mengadopsi menu makanan dan minuman dari luar negeri lalu memodifikasi dan menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Pastikan juga pelayanan dan penyajiannya yang bagus dan memuaskan.

Manfaatkan Social Media

Target pasar atau calon pengunjung kafe sebagian besar adalah anak usia muda atau orang kelas menengah ke atas. Yang mana biasanya mereka sangat akrab dengan social media. Sebagai pemilik bisnis kafe, Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memasarkan bisnis dan menarik mereka datang ke kafe Anda dengan membuat akun social media kafe Anda seperti di Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya. Dan cobalah posting menu makanan atau minuman yang Anda miliki dengan foto yang menarik dan membuat orang ingin mencobanya.

Berikan Tawaran & Fasilitas yang Menarik

Kafe merupakan tempat makan, tetapi ia berbeda dengan warung makan umum seperti warteg, sehingga diperlukan sebuah tawaran atau fasilitas yang menarik agar banyak pengunjung yang datang. Tawaran atau fasilitas yang dapat Anda berikan seperti kartu member, promo diskon, atau mengadakan kegiatan atau kontes mengenai kafe Anda dengan memberikan reward, dan program-program lainnya.

Itulah beberapa strategi pemasaran bisnis kafe yang dapat Anda terapkan. Setelah mengetahuinya, sekarang waktunya Anda untuk menerapkannya sehingga bisnis kafe Anda terus berkembang dan dikenal banyak orang. Namun, tahukah Anda? untuk mendukung kemajuan bisnis, Anda juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis. Untuk memudahkan mengelola keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan software akuntansi. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda menjalankan sistem akuntansi perusahaan Anda dengan cepat. Anda hanya perlu meng-input semua transaksi, Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan. Temukan info dan fitur lain dari Jurnal di sini.