Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Strategi Pemasaran Bisnis Kafe yang Paling Efektif untuk Anda Lakukan

Tayang 06 Jun 2022
Diperbarui 18 Oktober 2023

Berikut adalah contoh strategi marketing strategi pemasaran cafe atau coffee shop yang efektif akan diulas oleh Blog Mekari Jurnal. Baca sampai selesai ya!

Meningkatnya pertumbuhan ekonomi juga berpengaruh terhadap perilaku atau gaya hidup masyarakat Indonesia.

Salah satu yang sangat terlihat yakni terkait perilaku konsumsi masyarakat terutama masyarakat kelas menengah ke atas.

Gaya hidup modern dengan menghabiskan sebagian waktunya di kafe merupakan contohnya.

Biasanya mereka hanya sekedar bersosialisasi, berkumpul bersama teman-teman dan makan minum.

Bahkan ada yang hanya datang ke kafe untuk berfoto-foto kemudian di share melalui social media agar dibilang dan dilihat sebagai ‘anak kekinian’ atau ‘anak hits’.

Meningkatnya minat masyarakat pada kafe inilah yang membuat bisnis kafe juga semakin banyak di berbagai kota, baik kota besar maupun kota kecil.

Dari yang ukuran kecil sampai yang besar, dari menu yang biasa sampai yang tidak biasa, dari tempat yang unik sampai yang aneh, kini mulai ditawarkan oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan pasar.

Tentu saja hal ini juga berdampak terhadap persaingan bisnis kafe atau coffee shop semakin ketat sehingga memerlukan strategi marketing terbaik.

Bisnis kafe yang dulunya menjual rasa makanan kini tidak lagi demikian. Bisnis kafe juga harus menarik perhatian pelanggan dengan keunikannya.

Karenanya promosi atau pemasaran menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan oleh pelaku bisnis kafe agar dapat menarik banyak pelanggan.

Tanpa adanya pemasaran, konsep kafe sebagus apapun tidak akan diketahui oleh calon pelanggan bukan?

Untuk itu, Anda yang sedang menjalankan atau ingin menjalankan bisnis kafe, Anda perlu mengetahui strategi pemasaran bisnis kafe.

Bagaimana Strategi Marketing Strategi Pemasaran Bisnis Cafe atau Coffee Shop Yang Efektif?

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis kafe Anda:

Konsep Kafe Yang Unik, Menarik, Dan Juga Fotogenik

Berikut adalah contoh strategi marketing strategi pemasaran cafe coffee shop yang efektif akan diulas oleh blog Jurnal By Mekari. Baca sampai selesai ya!

Di tengah persaingan yang ketat, memiliki kafe yang biasa-biasa saja tidak cukup.

Seperti yang diketahui bahwa sebagian orang berkunjung ke kafe tidak hanya untuk menikmati makan dan minum tetapi juga memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Oleh karena itu, kafe harus memiliki konsep yang unik berbeda dengan yang lainnya. Dimana pengunjung dapat menikmati eksterior dan interior kafe.

Jadi buatlah konsep yang unik untuk kafe Anda, mulai dari nama, konsep interior dan eksterior cafe yang instagramable atau menarik dan mudah untuk berfoto bagi pengunjung.

Contohnya, Anda dapat menerapkan konsep cartoon tertentu, gaya klasik, suasana vintage, gaya italia, gaya tradisional atau konsep apapun yang menarik perhatian pengunjung.

Konsep kafe yang menarik ini menjadi salah satu strategi marketing atau strategi pemasaran cafe coffee chop yang efektif.

Karena pengunjung yang berkesan atau memiliki pengalaman dalam kafe Anda tentu akan merekomendasikan kepada teman, tetangga atau keluarganya.

Dengan demikian, pengunjung akan semakin banyak datang ke kafe Anda.

Baca Juga : 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Kafe dengan Modal Kecil

Menu & Cita Rasa yang Unik Dan Tentunya Enak

Bagaimana Strategi Marketing Strategi Pemasaran Cafe Coffee Shop Yang Efektif?

Yang kedua, Anda juga perlu memerhatikan menu dan cita rasa makanan yang Anda tawarkan dalam kafe.

Ketika makanan memiliki cita rasa yang enak maka dipastikan pengunjung tidak akan berpikir dua kali untuk datang ke kafe Anda secara terus menerus.

Selain cita rasa, menu makanan yang disajikan sebaiknya juga unik.

Menu dan citarasa yang unik ini secara alami akan menjadi strategi marketing atau strategi pemasaran cafe coffee chop yang efektif dalam bentuk word of mouth.

Menu yang unik dengan cita rasa khas kafe Anda akan membuat orang memudah mengingat kafe Anda. Untuk membuat menu yang unik tidak terlalu susah bukan?

Anda dapat mengadopsi menu makanan dan minuman dari luar negeri lalu memodifikasi dan menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia.

Pastikan juga pelayanan dan penyajiannya yang bagus dan memuaskan.

Baca Juga : 4 Alasan Peluang Bisnis Coffee Shop Sangat Menjanjikan

Manfaatkan Social Media sebagai Strategi Pemasaran Cafe atau Coffee Shop yang Efektif dan Murah

Manfaatkan Social Media Adalah Strategi Marketing Strategi Pemasaran Cafe Coffee Shop Yang Efektif Dan Murah

Target pasar atau calon pengunjung kafe sebagian besar adalah anak usia muda atau orang kelas menengah ke atas.

Yang mana biasanya mereka sangat akrab dengan social media.

Sebagai pemilik bisnis kafe, Anda dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memasarkan bisnis dan menarik mereka datang ke kafe Anda dengan membuat akun social media kafe Anda seperti di Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

Dan cobalah posting menu makanan atau minuman yang Anda miliki dengan foto yang menarik dan membuat orang ingin mencobanya.

Karena sosial media ini adalah salah satu contoh penerapan strategi marketing atau strategi pemasaran cafe coffee chop yang efektif dan murah.

Baca Juga : 4 Tempat untuk Mencari Inspirasi Bisnis Kuliner

Berikan Tawaran & Fasilitas yang Menarik Lewat Promo Dan Diskon

Kafe merupakan tempat makan, tetapi ia berbeda dengan warung makan umum seperti warteg, sehingga diperlukan sebuah tawaran atau fasilitas yang menarik agar banyak pengunjung yang datang.

Tawaran atau fasilitas yang dapat Anda berikan seperti kartu member, promo diskon, atau mengadakan kegiatan atau kontes mengenai kafe Anda dengan memberikan reward, dan program-program lainnya.

Itulah beberapa strategi pemasaran bisnis kafe yang dapat Anda terapkan.

Setelah mengetahuinya, sekarang waktunya Anda untuk menerapkannya sehingga bisnis kafe Anda terus berkembang dan dikenal banyak orang.

Baca juga: Cara Menghitung Break-Even Point (BEP) Coffee Shop

Kelola Keuangan Bisnis Cafe dengan Menggunakan Software Akuntansi Mekari Jurnal

Namun, tahukah Anda? untuk mendukung kemajuan bisnis, Anda juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis.

Untuk memudahkan mengelola keuangan perusahaan, Anda dapat menggunakan software akuntansi untuk bisnis kafe Anda.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda menjalankan sistem akuntansi perusahaan Anda dengan cepat.

Anda hanya perlu meng-input semua transaksi, Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan.

Temukan info dan fitur lain dari Mekari Jurnal selengkapnya di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, diatas adalah contoh strategi marketing pemasaran cafe atau coffee shop efektif yang telah diulas oleh Blog Mekari Jurnal.

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memiliki usaha kafe dan resto. Silahkan bagikan juga ke sosial media, kalau merasa informasi ini berguna.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal