Bulan Ramadan merupakan bulan di mana seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Selain menjalankan Ibadah puasa, banyak sekali amalan-amalan yang dapat dilakukan seperti bersedekah, salat tarawih, dan masih banyak lagi. Bulan Ramadan memang penuh berkah, bukan hanya bagi umat muslim tetapi juga bagi umat non-muslim. Selain dijanjikan akan banyak ladang pahala, bulan Ramadan juga menyimpan ladang rezeki bagi semua orang. Banyak orang yang menciptakan bisnis dadakan selama bulan Ramadhan dan dapat memperoleh keuntungan cukup besar dengan mudah. Ada beberapa jenis peluang bisnis baru yang dapat dijalankan untuk menambah penghasilan saat bulan Ramadan, misalnya bisnis makanan sahur. Bagaimana peluang bisnis makanan sahur ini? Ketahui informasi selengkapnya di bawah ini.

Hingga saat ini, makan sahur selama bulan Ramadan masih menjadi masalah klasik yang dirasakan sebagian masyarakat. Namun, perkara makan sahur ini dapat disiasati dengan katering sahur. Kebutuhan menu makanan sehat untuk makan sahur menjadi sebuah peluang yang cukup menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Menjalankan bisnis katering sahur diyakini lebih menantang dibandingkan dengan katering harian. Pasalnya, banyak faktor pertimbangan yang harus disiapkan dengan matang agar bisnis jenis ini tidak hanya berjalan lancar, tetapi juga memperoleh reputasi yang bagus dari konsumen. Bagi Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis ini, berikut ada beberapa tips untuk menjalankan bisnis makanan sahur:

Sediakan Berbagai Pilihan Menu Sehat

Peluang Bisnis Makanan Sahur yang Menjanjikan Saat Bulan Ramadan Menu makanan sahur wajib memenuhi gizi yang seimbang. Tujuannya adalah agar tubuh tetap kuat dan segar dalam menjalani puasa seharian penuh hingga jam buka puasa tiba. Gizi seimbang bukan hanya terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat sayuran melainkan juga vitamin dan kadar air dari buah-buahan. Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan buah seperti apel, pir, pisang, atau lainnya ke dalam menu sahur sehat yang Anda jual.

Pemilihan menu makanan sahur yang tepat adalah kunci utama untuk memulai bisnis katering sahur. Selain memastikan gizi seimbang, sebaiknya Anda membuat menu makanan sahur yang menggugah selera dan menarik. Selain itu, pastikan menu makanan sahur yang Anda jual dapat dihangatkan kembali baik di kompor maupun microwave dengan mudah dan praktis. Jangan lupa untuk memastikan masakan Anda memiliki cita rasa yang terjaga. Selain itu, sebaiknya Anda menyusun menu untuk satu bulan penuh. Hal ini akan memudahkan Anda dalam berbelanja bahan baku, memasak, maupun dalam mengatasi kondisi darurat seperti ketiadaan bahan baku di pasar hingga menukar menu.

Tentukan Harga Bersaing & Sistem Pembayaran Praktis

Peluang Bisnis Makanan Sahur yang Menjanjikan Saat Bulan RamadanUsaha katering sahur dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Hal ini bisa saja terjadi selama Anda mampu memasang harga bersaing yang tepat dan menyediakan sistem pembayaran yang praktis. Harga yang dibanderol harus mempertimbangkan kenaikan harga bahan baku di pasar dan persaingan harga dari para kompetitor. Penentuan harga dapat disiasati dengan pembuatan paket penawaran, misalnya paket katering sahur lengkap dengan buah atau paket sahur tanpa buah. Paket ini juga dapat dibedakan dari bahan baku yang digunakan, misalnya paket premium dan paket reguler. Untuk sistem pembayaran, sebaiknya Anda menerapkan sistem pembayaran minimal per dua pekan atau per bulan. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kerugian jika ada konsumen yang berhenti di tengah jalan.

Penggunaan Kemasan yang Tepat

Peluang Bisnis Makanan Sahur yang Menjanjikan Saat Bulan RamadanPenggunaan kotak makanan yang dapat digunakan kembali sebagai wadah, tidak hanya praktis bagi Anda, namun juga lebih higienis bagi konsumen untuk menyantap makanan dan membersihkan sesudahnya. Pastikan makanan ditata dengan menarik dan kotak makanan ditutup secara rapat agar tetap sedap dipandang ketika diterima oleh konsumen. Keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar ketika Anda menerima pesanan katering partai besar, seperti paket keluarga untuk 4 orang, instansi, anak kost, hingga komunitas.

Sediakan Jasa Antar Makanan

Peluang Bisnis Makanan Sahur yang Menjanjikan Saat Bulan RamadanPengiriman katering yang tepat waktu ke konsumen akan menjadi nilai tambah untuk bisnis Anda. Sebaiknya Anda mengatur rute pengiriman dengan efektif. Alamat pelanggan yang berdekatan dapat dikirimkan oleh kurir yang sama. Tentukan jadwal pengiriman dan informasikan hal ini kepada konsumen sejak awal. Misalnya, katering sahur akan dikirimkan setelah tarawih atau dini hari sekitar pukul 03:00. Jasa kurir yang terpercaya tentu saja akan menjadi kunci utama. Anda bisa memberdayakan ojek di lingkungan rumah Anda dengan sistem bayaran per bulan. Pilihan lainnya adalah dengan memanfaatkan promo layanan transportasi daring yang dapat diunggah di ponsel.

Bukan hanya jadwal pengiriman yang harus ditetapkan sejak awal, tapi tarif pengiriman alias ongkos kirim juga harus diperhitungkan. Ongkos kirim dapat disesuaikan dengan jarak yang ditempuh. Penghapusan ongkos kirim juga dapat dilakukan dengan melimpahkannya ke tarif paket makanan. Dengan begitu, paket katering sahur tidak dibebani dengan ongkos kirim sehingga para konsumen akan lebih tertarik.

 

 

Karena banyaknya kebutuhan terhadap menu makan sahur, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka bisnis makanan sahur. Dengan menyediakan katering sahur, konsumen tidak perlu memasak dan bingung untuk memikirkan menu sahur. Anda dapat menyediakan berbagai pilihan menu. Agar konsumen Anda lebih tertarik dengan bisnis katering Anda, pastikan Anda memberikan kemudahan dalam hal pemesanan dan menyediakan jasa antar makanan.

Menjalankan sebuah bisnis memang membutuhkan strategi yang matang agar dapat berjalan lancar dan mencapai target. Bisnis yang dikelola secara tepat akan lebih mudah berkembang dan mendapatkan keuntungan yang besar. Jurnal merupakan software Akuntansi online yang praktis untuk membantu para pebisnis dalam mengelola laporan keuangan.

Jurnal memiliki berbagai fitur canggih seperti cloud, Mobile, yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan praktis. Dengan adanya sistem cloud, data laporan keuangan akan lebih mudah untuk dimonitor secara real-time. Anda dapat mencoba Jurnal selama 14 hari secara GRATIS jika melakukan pendaftaran sekarang. Informasi selengkapnya tentang Jurnal klik di sini!