Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

6 Tips Menjalankan Bisnis Makanan Sahur Saat Bulan Ramadan

Tayang 12 Mar 2024

Tertarik menjalankan bisnis makanan sahur di bulan Ramadan? Simak beberapa tips ini agar bisnis And

Bulan Ramadan merupakan bulan di mana seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Hingga saat ini, makan sahur selama bulan Ramadan masih menjadi masalah klasik yang dirasakan sebagian masyarakat.

Namun, perkara makan sahur ini dapat disiasati dengan katering sahur.

Kebutuhan menu makanan sehat untuk makan sahur menjadi sebuah peluang bisnis atau usaha menjelang lebaran yang menjanjikan.

Menjalankan bisnis katering sahur diyakini lebih menantang dibandingkan dengan katering harian.

Pasalnya, banyak faktor pertimbangan yang harus disiapkan dengan matang agar bisnis jenis ini tidak hanya berjalan lancar, tetapi juga memperoleh reputasi yang bagus dari konsumen.

Tips Menjalankan Bisnis Makanan Sahur

Bagi Anda yang berminat untuk menjalankan bisnis ini, berikut ada beberapa tips untuk menjalankan bisnis makanan sahur:

1. Sediakan Berbagai Pilihan Menu Sehat

Menu makanan sahur wajib memenuhi gizi yang seimbang. Tujuannya tidak lain adalah agar tubuh tetap kuat dan segar dalam menjalani puasa seharian penuh hingga jam buka puasa tiba.

Gizi seimbang bukan hanya terdiri dari karbohidrat, protein, dan serat sayuran melainkan juga vitamin dan kadar air dari buah-buahan.

Oleh karena itu, Anda dapat memasukkan buah seperti apel, pir, pisang, atau lainnya ke dalam menu sahur sehat yang Anda jual.

Pemilihan menu makanan sahur yang tepat adalah kunci utama untuk memulai bisnis katering sahur.

Selain memastikan gizi seimbang, sebaiknya Anda membuat menu makanan sahur yang menggugah selera dan menarik.

Selain itu, pastikan menu makanan sahur yang Anda jual dapat dihangatkan kembali baik di kompor maupun microwave dengan mudah dan praktis.

Jangan lupa untuk memastikan masakan Anda memiliki cita rasa yang terjaga. Selain itu, sebaiknya Anda menyusun menu untuk satu bulan penuh.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam berbelanja bahan baku, memasak, maupun dalam mengatasi kondisi darurat seperti ketiadaan bahan baku di pasar hingga menukar menu.

bisnis makanan sahur salah satu tipsnya dengan memudahkan pembayaran transaksi yang praktis

2. Tentukan Harga Bersaing & Sistem Pembayaran Praktis

Bisnis makanan sahur dapat mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Hal ini bisa saja terjadi selama Anda mampu memasang harga bersaing yang tepat dan menyediakan sistem pembayaran yang praktis.

Harga yang dibanderol harus mempertimbangkan kenaikan harga bahan baku di pasar dan persaingan harga dari para kompetitor.

Penentuan harga dapat disiasati dengan pembuatan paket penawaran, misalnya paket katering sahur lengkap dengan buah atau paket sahur tanpa buah.

Paket ini juga dapat dibedakan dari bahan baku yang digunakan, misalnya paket premium dan paket reguler.

Untuk sistem pembayaran, sebaiknya Anda menerapkan sistem pembayaran minimal per dua pekan atau per bulan.

Dengan demikian, Anda akan terhindar dari kerugian jika ada konsumen yang berhenti di tengah jalan.

Simak lebih lanjut: Pahami Penerapan Dynamic Pricing Strategy dalam Bisnis

3. Penggunaan Kemasan yang Tepat

Penggunaan kotak makanan yang dapat digunakan kembali sebagai wadah, tidak hanya praktis bagi Anda, namun juga lebih higienis bagi konsumen untuk menyantap makanan dan membersihkan sesudahnya.

Pastikan makanan ditata dengan menarik dan kotak makanan ditutup secara rapat agar tetap sedap dipandang ketika diterima oleh konsumen.

Keuntungan yang Anda dapatkan akan semakin besar ketika Anda menerima pesanan katering partai besar, seperti paket keluarga untuk 4 orang, instansi, anak kost, hingga komunitas.

Jika Anda juga berinvestasi kepada product packaging yang menarik, ini dapat membantu meningkatkan peluang Anda dapat mendapatkan repeat order dari klien Anda sebelumnya.

Lalu, bagaimana untuk memiliki kemasan yang tepat dan menarik untuk konsumen? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini: Tips Membuat Kemasan Produk yang Menarik dan Unik!

fitur pendukung layanan jasa antar online atau gratis

4. Sediakan Jasa Antar Makanan

Pengiriman usaha katering sahur yang tepat waktu ke konsumen akan menjadi nilai tambah untuk bisnis Anda.

Sebaiknya Anda mengatur rute pengiriman dengan efektif. Alamat pelanggan yang berdekatan dapat dikirimkan oleh kurir yang sama.

Tentukan jadwal pengiriman dan informasikan hal ini kepada konsumen sejak awal. Misalnya, katering sahur akan dikirimkan setelah tarawih atau dini hari sekitar pukul 03:00.

Jasa kurir yang terpercaya tentu saja akan menjadi kunci utama. Anda bisa memberdayakan ojek di lingkungan rumah Anda dengan sistem bayaran per bulan.

Pilihan lainnya adalah dengan memanfaatkan promo layanan transportasi daring yang dapat diunggah di ponsel.

Bukan hanya jadwal pengiriman yang harus ditetapkan sejak awal, tapi tarif pengiriman alias ongkos kirim juga harus diperhitungkan.

Ongkos kirim dapat disesuaikan dengan jarak yang ditempuh. Penghapusan ongkos kirim juga dapat dilakukan dengan melimpahkannya ke tarif paket makanan.

Dengan begitu, paket katering sahur tidak dibebani dengan ongkos kirim sehingga para konsumen akan lebih tertarik.

Karena banyaknya kebutuhan terhadap menu makan sahur, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuka usaha kuliner yang berupa bisnis makanan sahur.

Dengan menyediakan katering sahur, konsumen tidak perlu memasak dan bingung untuk memikirkan menu sahur. Anda dapat menyediakan berbagai pilihan menu.

Agar konsumen Anda lebih tertarik dengan bisnis makanan sahur Anda, pastikan Anda memberikan kemudahan dalam hal pemesanan dan menyediakan jasa antar makanan.

Baca juga: Cara Simple Pembukuan dan Akuntansi Food & Beverages Business

5. Buat Pencatatan Transaksi Bisnis yang Detail dan Rapi

Salah satu tahapan yang paling vital dalam mengelola bisnis makanan sahur adalah dengan mencatat detail riwayat transaksi serta mengumpulkan bukti pembayarannya.

Ini penting untuk menyeimbangkan stok produk yang keluar dan arus kas yang masuk. Jika tidak dikelola dengan baik, maka akan terjadi keseimbangan dalam laporan keuangan dan mengganggu stabilitas bisnis.

Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat pembukuan transaksi karena tidak tahu format pembuatannya, Anda bisa menemukannya di internet.

Untuk memudahkan Anda dalam mengatasi permasalahan ini, simak artikel berikut ini: Contoh Pembukuan Sederhana Usaha Catering

software akuntansi ramah untuk pelaku bisnis ukm bisnis makanan sahur

6. Mudahkan Pengelolaan Bisnis dengan Software Akuntansi 

Menjalankan sebuah bisnis memang membutuhkan strategi yang matang agar dapat berjalan lancar dan mencapai tujuan utama perusahaan.

Bisnis yang dikelola secara berkala tentunya akan lebih mudah berkembang dan mendapatkan keuntungan yang besar melalui volume penjualan yang semakin meningkat.

Seiring berjalannya waktu, produktivitas yang semakin meningkat tentunya akan mengurangi fokus dan tenaga untuk mengelola keseluruhan operasional pada saat bulan Ramadhan.

Untuk membantu memudahkan operasional Anda sehari-hari, Mekari Jurnal sebagai software akuntansi online yang praktis memberikan solusi untuk membantu para pebisnis dalam mengelola laporan keuangan.

Mekari Jurnal memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat membantu para pelaku UKM untuk mengelola transaksi dan kas bisnis yang dapat Anda gunakan dengan mudah dan praktis.

Tunggu apalagi? Daftarkan bisnis Anda dan dapatkan free trial selama 7 hari dari Mekari Jurnal sekarang juga!

Konsultasi Gratis dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal