Hingga saat ini sudah ada banyak sekali website di internet seperti website sekolah, website berita, personal blog, website perusahaan, dan lain sebagainya. Berbicara mengenai website perusahaan, mungkin masih ada sebagian orang yang belum sepenuhnya mengerti apa itu website perusahaan, untuk apa website tersebut, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Website perusahaan atau Corporate Website adalah situs yang menyajikan informasi mengenai profil perusahaan serta layanan yang dimilikinya. Hampir setiap perusahaan yang berinteraksi dengan publik, memiliki website. Atau minimal perusahaan memasang profil perusahaannya melalui website direktori. Lalu apa hubungan website dengan kredibilitas perusahaan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Pentingnya Mengelola Inventaris untuk Kelangsungan Bisnis

 

Peran Penting Website Perusahaan

Pada website perusahaan, publik dapat memperoleh berbagai informasi seputar informasi layanan maupun informasi pendukung lainnya untuk membantu calon konsumennya dalam memilih jasa yang mereka butuhkan. Sebagai gambaran, simak contoh website di bawah ini.

  • Di halaman utama, publik dapat membaca informasi mengenai perusahaan Anda, layanan apa saja yang diberikan, kelebihan-kelebihan di perusahaan Anda dan informasi  lainnya.
  • Pada halaman Services atau Product, publik dapat mengetahui layanan apa saja yang diberikan oleh perusahaan Anda beserta biaya dan juga fasilitas-fasilitas yang diperoleh, berbagai macam layanan dengan beberapa pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang disediakan oleh calon pelanggan.
  • Halaman Portofolio, berisi tentang pengalaman atau konsumen-konsumen yang kebutuhannya telah diselesaikan oleh perusahaan Anda.
  • Halaman Information yang berisi beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon client (Frequently Asked Question). Serta cara pemesanan layanan di perusahaan Anda.
  • Halaman About, yang berisi informasi mengenai perusahaan Anda, layanan, dan kelebihan-kelebihan perusahaan Anda.
  • Dan halaman Contact, yang berisi sitemap alamat perusahaan Anda, dan juga alamat lengkap serta kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi lebih. Ada juga fitur tambahan, seperti live chat untuk berkomunikasi atau bertanya-tanya secara langsung.

 

Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Melalui Website

Website yang profesional merupakan website yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi sehingga hal tersebut akan memunculkan kepercayaan baik itu dari konsumen maupun pengunjung-pengunjung website yang bersangkutan. Kredibilitas memang merupakan salah satu hal yang wajib dijaga.

Membuat website berkualitas untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan sebenarnya mudah saja dan dapat dilakukan oleh semua orang. Di bawah ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas website Anda:

1. Menggunakan domain berbayar

Salah satu hal utama yang perlu dilakukan untuk membangun dan meningkatkan kredibilitas perusahaan melalui website adalah dengan menggunakan domain berbayar. Urusan nama domain memang tidak bisa dianggap sepele. Pasalnya hal tersebut merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen maupun pengunjung di website Anda.

Hal tersebut juga dapat menjelaskan bahwa website Anda tersebut memang benar-benar serius dalam menjalankan bisnis. Menggunakan domain berbayar tidak hanya berguna untuk meningkatkan kredibilitas saja, melainkan juga turut membangun brand melalui website.

2. Menggunakan SSL Sertificate

SSL (Secured Socket Layer)  Sertificate penting untuk meningkatkan kredibilitas website untuk membuat pengunjung dan calon konsumen anda percaya terhadap website tersebut. Biasanya SSL Sertificate digunakan untuk mengamankan transmisi data melalui situs website.

Transmisi data yang dimaksud seperti informasi kartu kredit, nama pengguna, password akun dan intinya adalah semua informasi sensitif yang harus dirahasiakan. Adapun fungsi SSL Sertificate adalah untuk mencegah pencurian data pada saat proses transaksi online berlangsung.

3. Membuat desain website kreatif

Desain website juga menjadi tolok ukur bagi calon konsumen atau pengguna untuk menentukan apakah sebuah website memiliki kualitas yang baik atau tidak. Desain website perlu diperhatikan untuk bisnis atau perusahaan Anda. Setidaknya tampilan website harus terlihat bersih, menarik dan tentunya mudah digunakan oleh para pengguna.

Kemudahan dalam penggunaan merupakan syarat mutlak agar website Anda dinilai lebih profesional dan perusahaan lebih kredibel. Selain menambahkan navigasi yang jelas, sebaiknya Anda menambahkan juga foto team bisnis Anda. Jangan lupa sertakan profil singkat untuk memberi kepercayaan lebih kepada pengguna.

 

4. Menyediakan konten berkualitas

Agar website memiliki kualitas yang baik dan mampu menunjukkan kredibilitas perusahaan yang tinggi, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyajikan konten-konten yang berkualitas. Semakin berkualitas konten yang diterbitkan, maka akan semakin baik pula hal itu di mata para pengguna. Selain itu, website Anda juga bisa ditambahkan dengan beberapa tulisan informatif agar menambah wawasan para pengguna.

Baca juga: Peluang Besar Bisnis Minimarket yang Perlu Dicoba

 

Dilihat dari menu-menu yang ada di sebuah website perusahaan, maka dari situ sebuah perusahaan dapat menjadikannya sebuah alat untuk mengenalkan, mempromosikan perusahaan, dan meningkatkan kredibilitas perusahaan hanya dengan satu alat yaitu website. Itulah salah satu kelebihan atau manfaat adanya website perusahaan. Yaitu dapat memperluas jaringan promosi dan media pengenalan tanpa batas ruang dan waktu.

Kelola keuangan bisnis Anda dengan software akuntansi online Jurnal. Daftar sekarang juga untuk mendapatkan free trial selama 14 hari.