Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Kembangkan Website Untuk Tingkatkan Kredibilitas Perusahaan!

Tayang 13 Mar 2024
Diperbarui 27 Maret 2024

Saat ini sudah ada banyak sekali website di internet seperti website sekolah, website berita, personal blog, website perusahaan untuk tingkatkan kredibilitas, dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai website perusahaan, mungkin masih ada sebagian orang yang belum sepenuhnya mengerti apa itu website perusahaan, untuk apa website tersebut, bagaimana mengoptimasinya, dan berbagai pertanyaan lainnya.

Website perusahaan atau corporate website adalah situs yang menyajikan informasi mengenai profil perusahaan serta layanan yang dimilikinya.

Hampir setiap perusahaan yang berinteraksi dengan publik, memiliki website. Atau minimal perusahaan memasang profil perusahaannya melalui website direktori.

Lalu apa hubungan website dengan kredibilitas perusahaan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Peran Penting Website Perusahaan?

Pada website perusahaan, publik dapat memperoleh berbagai informasi seputar informasi layanan maupun informasi pendukung lainnya untuk membantu calon konsumennya dalam memilih jasa yang mereka butuhkan.

Sebagai gambaran, simak contoh website di bawah ini.

  • Pada halaman utama, publik dapat membaca informasi mengenai perusahaan Anda, layanan apa saja yang diberikan, kelebihan-kelebihan di perusahaan Anda dan informasi  lainnya.
  • Pada halaman Services atau Product, publik dapat mengetahui layanan apa saja yang diberikan oleh perusahaan Anda beserta biaya dan juga fasilitas-fasilitas yang diperoleh, berbagai macam layanan dengan beberapa pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang disediakan oleh calon pelanggan.
  • Halaman Portofolio, berisi tentang pengalaman atau konsumen-konsumen yang kebutuhannya telah diselesaikan oleh perusahaan Anda.
  • Halaman Information yang berisi beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon client (Frequently Asked Question). Serta cara pemesanan layanan di perusahaan Anda.
  • Halaman About, yang berisi informasi mengenai perusahaan Anda, layanan, dan kelebihan-kelebihan perusahaan Anda.
  • Dan halaman Contact, yang berisi sitemap alamat perusahaan Anda, dan juga alamat lengkap serta kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan informasi lebih. Ada juga fitur tambahan, seperti live chat untuk berkomunikasi atau bertanya-tanya secara langsung.

Situs web yang dirancang dengan baik membangun kepercayaan. Pengunjung akan lebih cenderung berinteraksi dengan bisnis yang berinvestasi pada kehadiran online yang baik. Ini menjadi bukti profesionalisme dan keandalan Anda.

Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Melalui Website

Website yang profesional merupakan website yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi sehingga hal tersebut akan memunculkan kepercayaan baik itu dari konsumen maupun pengunjung-pengunjung website yang bersangkutan.

Kredibilitas memang merupakan salah satu hal yang wajib dijaga. Ini membuat website berkualitas untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan sebenarnya mudah saja dan dapat dilakukan oleh semua orang.

Kembangkan Website Untuk Tingkatkan Kredibilitas Perusahaan!

Di bawah ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas website Anda:

1. Menggunakan Domain Berbayar

Salah satu hal utama yang perlu dilakukan untuk membangun dan meningkatkan kredibilitas perusahaan melalui website adalah dengan menggunakan domain berbayar.

Urusan nama domain memang tidak bisa dianggap sepele.

Pasalnya hal tersebut merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen maupun pengunjung di website Anda.

Hal tersebut juga dapat menjelaskan bahwa website Anda tersebut memang benar-benar serius dalam menjalankan bisnis.

Menggunakan domain berbayar tidak hanya berguna untuk meningkatkan kredibilitas saja, melainkan juga turut membangun brand melalui website.

Simak lebih lanjut: Bagaimana Cara Membangun Brand Identity Bisnis?

2. Menggunakan SSL Sertificate

SSL (Secured Socket Layer)  Sertificate penting untuk meningkatkan kredibilitas website untuk membuat pengunjung dan calon konsumen anda percaya terhadap website tersebut.

Biasanya SSL Sertificate digunakan untuk mengamankan transmisi data melalui situs website.

Transmisi data yang dimaksud seperti informasi kartu kredit, nama pengguna, password akun dan intinya adalah semua informasi sensitif yang harus dirahasiakan.

Adapun fungsi SSL Sertificate adalah untuk mencegah pencurian data pada saat proses transaksi online berlangsung.

3. Membuat Desain Website Kreatif

Desain website juga menjadi tolok ukur bagi calon konsumen atau pengguna untuk menentukan apakah sebuah website memiliki kualitas yang baik atau tidak.

Desain website perlu diperhatikan untuk bisnis atau perusahaan Anda. Setidaknya tampilan website harus terlihat bersih, menarik dan tentunya mudah digunakan oleh para pengguna.

Kemudahan dalam penggunaan merupakan syarat mutlak agar website Anda dinilai lebih profesional dan perusahaan lebih kredibel.

Selain menambahkan navigasi yang jelas, sebaiknya Anda menambahkan juga foto team bisnis Anda.

Jangan lupa sertakan profil singkat untuk memberi kepercayaan lebih kepada pengguna.

4. Menyediakan Konten Berkualitas

Agar website memiliki kualitas yang baik dan mampu menunjukkan kredibilitas perusahaan yang tinggi, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menyajikan konten-konten yang berkualitas.

Semakin berkualitas konten yang diterbitkan, maka akan semakin baik pula hal itu di mata para pengguna.

Selain itu, website Anda juga bisa ditambahkan dengan beberapa tulisan informatif agar menambah wawasan para pengguna.

Dilihat dari menu-menu yang ada di sebuah website perusahaan, maka dari situ sebuah perusahaan dapat menjadikannya sebuah alat untuk mengenalkan, mempromosikan perusahaan, dan meningkatkan kredibilitas perusahaan hanya dengan satu alat yaitu website.

Itulah salah satu kelebihan atau manfaat adanya website perusahaan, yaitu dapat memperluas jaringan promosi dan media pengenalan tanpa batas ruang dan waktu.

Pengaruh Kredibilitas Perusahaan Terhadap Pengelolaan Akuntansi Bisnis

Meningkatkan kredibilitas perusahaan memberikan pengaruh yang cukup positif terhadap pengelolaan akuntansi keuangan bisnis.

Mulai dari mengurangi risiko, memberikan akses modal baru, dan meningkatkan standar pelaporan keuangan, inilah beberapa dampak terbesar yang dapat dirasakan oleh perusahaan:

1. Transparansi Keuangan

Kredibilitas perusahaan yang tinggi biasanya akan mampu memberikan pengalaman yang lebih baik, di mana contohnya seperti tingkat transparansi keuangan yang tinggi.

Melalui standar akuntansi yang ketat dan menyediakan laporan keuangan yang andal dan terperinci, perusahaan dapat memperkuat kepercayaan para pemangku kepentingan, seperti investor, pemberi pinjaman, dan regulator.

Memberikan akses terhadap keuangan yang transparan juga membantu dalam menghindari kecurigaan dan meningkatkan reputasi perusahaan di mata publik.

2. Pengelolaan Risiko yang Lebih Baik

Perusahaan yang kredibel cenderung memiliki sistem pengelolaan risiko yang lebih komprehensif dan matang.

Ini termasuk pengelolaan risiko bisnis termasuk keuangan, operasional, dan reputasi.

Dengan memiliki kepercayaan yang tinggi dari para pemangku kepentingan, perusahaan dapat lebih mudah mengakses informasi dan sumber daya yang diperlukan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan mengelola risiko dengan lebih efektif.

3. Standar Tinggi dalam Pelaporan Keuangan

Perusahaan yang berfokus pada meningkatkan kredibilitasnya akan cenderung mematuhi standar akuntansi yang ketat dalam pelaporan keuangannya.

Hal ini mencakup pematuhan terhadap standar akuntansi yang berlaku, seperti International Financial Reporting Standards (IFRS) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

Standar yang ketat ini memastikan bahwa informasi keuangan perusahaan disajikan secara konsisten dan dapat dipercaya, memudahkan pemahaman dan analisis bagi pemangku kepentingan.

Selengkapnya terkait IFRS dan GAAP simak lebih lanjut: 4 Standar Akuntansi Keuangan yang Berlaku di Indonesia

4. Akses ke Modal yang Lebih Mudah

Perusahaan yang memiliki kredibilitas yang tinggi dalam pengelolaan akuntansi biasanya lebih mudah mendapatkan akses ke modal tambahan.

Investor dan pemberi pinjaman cenderung lebih percaya pada informasi keuangan yang disajikan oleh perusahaan yang memiliki reputasi yang baik.

Dengan demikian, meningkatkan kredibilitas akuntansi dapat membuka pintu untuk mendapatkan dana tambahan yang diperlukan untuk pertumbuhan dan ekspansi bisnis.

5. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Perusahaan yang memiliki kredibilitas yang tinggi dalam pengelolaan akuntansi cenderung memiliki proses dan sistem yang lebih efisien dalam pencatatan dan pelaporan keuangan.

Hal ini dapat mengurangi biaya administrasi dan waktu yang diperlukan untuk menyusun laporan keuangan, sehingga memungkinkan perusahaan untuk fokus pada aktivitas inti bisnisnya dan mencapai kinerja operasional yang lebih baik.

Kesimpulan

Itulah penjelasan selengkapnya mengenai mengapa website perlu dioptimalkan dengan baik untuk dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan.

Kredibilitas perusahaan yang dapat dipercaya dengan baik tentunya dapat memberikan banyak manfaat, termasuk dalam bidang akuntansi dan keuangan bisnis, seperti memperbaiki pengelolaan risiko, memperkuat standar pelaporan keuangan, memfasilitasi akses ke modal tambahan, dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Untuk memudahkan pengelolaan akuntansi dan keuangan bisnis, Anda bisa menunjang pekerjaan dengan software akuntansi yang bisa Anda temukan saat ini di pasaran.

Salah satu rekomendasi software akuntansi yang memiliki fitur yang lengkap adalah Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal telah dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan mulai dari pembukuan, analisis tren berbasis AI, pembuatan invoice, dan penyusunan laporan keuangan berbasis otomatis.

Kelola keuangan bisnis Anda dengan software akuntansi online Mekari Jurnal. Sudah lebih dari 35.000 bisnis yang bergabung bersama kami.

Daftar sekarang dan rasakan berbagai manfaatnya terhadap bisnis Anda! Dapatkan juga free trial selama 7 hari dari kami di sini!

Daftar dan Dapatkan Free Trial Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

Referensi:

LinkedIn, “The Impact of a Professional Website on Credibility”.

Forbes, “Why Every Business Needs A Website”.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal