Mekari Jurnal
Daftar Isi
11 min read

Bagaimana Cara Membangun Brand Identity Bisnis?

Tayang 12 Dec 2019
Diperbarui 15 November 2023

Kata ‘Brand’ pasti sudah tidak asing bagi Anda bukan? Selintas, sebagian orang menganggap brand identity berkaitan dengan logo perusahaan. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah mengetahui apa itu brand identity?

Brand merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis. Karena dengan menggunakan brand identity, Anda dapat membentuk persepsi orang-orang terhadap bisnis Anda.

Brand bukanlah hanya untuk perusahaan dengan skala besar melainkan bisnis menengah, kecil seperti UKM juga perlu membangun brand.

Bahkan bukan hanya sekedar brand saja  tetapi setiap perusahaan harus dapat membuat brand identity. Agar memahami lebih jelas tentang brand identity, berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Brand Identity

Brand identity berhubungan dengan merek, dan orang-orang seringkali hanya mengetahui istilah ini sebatas membahas merek sebagai nama untuk sebuah produk.

Padahal brand identity merupakan elemen yang lebih luas daripada itu. Brand identity atau identitas merek merupakan segala bagian yang membentuk persepsi orang terhadap suatu brand.

Ada berbagai elemen dalam brand identity yang digunakan untuk menyampaikan karakter, komitmen, dan nilai dari produk agar lebih dikenal oleh konsumen.

Di dalamnya terdapat apa yang ingin dikatakan oleh merek, apa nilai-nilai yang dibawa, bagaimana mengomunikasikannya, serta apa yang Anda ingin orang lain rasakan ketika mereka berinteraksi dengan produk Anda.

Atau dapat dikatakan bahwa identitas merek berkaitan dengan bagaimana karakter bisnis Anda dikenal, dipahami dan selalu diingat oleh konsumen.

Dengan banyaknya aspek yang disentuh tidak heran jika sebuah bisnis akan berusaha sangat keras hingga mengalokasikan dana yang  tidak sedikit untuk membangun brand identity

Brand Vs Brand Identity

Brand dengan nama perusahaan atau produk merupakan hal yang berbeda. Menurut Charlene Li dan Josh Bernoff, brand merupakan apa yang konsumen katakan mengenai produk Anda.

Ingat ya bukan merek tetapi lebih mengarah kepada pengalaman. Misalnya Anda ingin makan ayam goreng, jika ayam goreng beli nya di pinggir jalan mungkin Anda tidak tertarik karena yang Anda inginkan sebenarnya ayam goreng KFC.

Sama-sama ayam goreng namun Anda akan memiliki pengalaman yang berbeda jika makan di tempat seperti KFC daripada di tempat lain. Begitu pula untuk produk-produk lainnya, seperti kopi Starbuck, notebook Apple, HP Samsung, dan seterusnya.

Berbeda dengan brand, brand identity ialah segala jenis elemen dari brand yang meliputi penyampaian karakter, komitmen, dan nilai produk sebuah perusahaan agar dikenal oleh konsumen melalui aspek warna, simbol dan sebagainya.

Karenanya, brand identity lebih berkaitan dengan logo. Pendapat lain menyatakan bahwa brand identity berkaitan dengan bagaimana karakter bisnis Anda dipahami oleh konsumen.

Manfaat Memiliki Brand Identity

Seperti yang sudah di katakan sebelumnya, jika brand identity sangat penting bagi sebuah bisnis. Untuk mendapatkan brand identity yang kuat, Anda juga perlu membangunnya dengan kuat.

Mengingat brand identity sendiri berkaitan dengan karakter maka untuk membangun brand membutuhkan perlu waktu dan usaha.

Hal ini karena dengan memiliki brand identity, bisnis Anda akan mendapatkan banyak manfaat yang diperoleh. Berikut manfaat memiliki brand identity:

  1. Distribusi

Salah satu manfaat yang akan didapatkan jika Anda memiliki brand identity yang kuat yakni berkaitan dengan masalah distribusi.

Jika Anda memiliki brand yang kuat di pasaran maka distributor akan lebih percaya untuk menyalurkan produk atau jasanya. Konsumen dan masyarakat yang percaya dengan brand Anda akan berdampak baik terhadap distributor.

Oleh karena itu, distribusi produk atau jasa dari bisnis Anda menjadi lebih mudah.

  1. Kesetiaan Konsumen

Konsumen yang sudah mengetahui brand Anda akan mendapatkan manfaat mengenai loyalitas atau kesetiaan konsumen.

Loyalitas konsumen ini juga berkaitan dengan peranan brand identity yang strategis.

Dengan menjaga kualitas produk atau jasa yang di tawarkan maka Anda memiliki kesempatan yang besar untuk memperoleh kesetiaan konsumen. Dengan begitu secara tidak langsung, Anda juga akan menambah pendapatan.

Karena konsumen akan selalu membeli atau mengkonsumsi produk atau jasa dari bisnis Anda saat ia merasa butuh.

  1. Mendapatkan Referensi Profesional

Selain terkait distributor dan loyalitas, Anda juga akan memperoleh manfaat berupa referensi profesional. Anda bisa mendapatkan rekomendasi dari profesional dengan mudah.

Hal ini karena mereka menilai brand Anda memiliki kredibilitas yang tinggi. Sehingga dengan mudah para profesional akan memberikan rekomendasi saat ada orang yang sedang mencari produk atau layanan dari bisnis Anda.

Bahkan bukan hanya profesional para konsumen Anda juga dengan senang akan memberikan review dari produk atau pun jasa yang digunakan. Oleh karena itu, bangun lah brand identity dengan baik dan benar.

Baca juga: 4 Langkah Mudah Membangun Brand Equity Bisnis Anda

Elemen Penting Brand Identity yang Wajib Anda Ketahui

Kita akan membahas apa saja elemen penting yang berpengaruh dalam membangun brand identity:

  • Logo

Logo merupakan satu bagian penting dari brand identity. Meskipun logo bukan keseluruhan dari identitas sebuah merek, namun logo adalah elemen penting dalam proses branding.

Logo adalah bagian yang paling dikenal dari sebuah merek. Logo ada di hampir semua yang berhubungan dengan bisnis dan produk, mulai dari produk, media sosial, website, media promosi lain, kartu nama, proposal kerja sama dan lain sebagainya.

  • Bentuk Menarik

Bentuk yang menarik mempunyai fungsi yang sama pentingnya dengan sebuah logo. Tidak dapat dipungkiri bahwa bentuk yang menarik menjadi penentu keputusan awal mengapa seorang konsumen memilih untuk membeli produk Anda.

Bentuk yang menarik mencakup banyak hal seperti kemasan, cara penyajian, interior toko, desain website, desain media sosial, penampilan karyawan serta layanan kepada konsumen.

Baca juga: Menarik Minat Pelanggan dengan Visual Marketing

  • Warna

Studi mengenai “dampak warna pada pemasaran” manyatakan bahwa 90% orang akan mengambil keputusan secara cepat untuk membeli produk atau tidak karena alasan warna.

Produk dengan warna yang lebih menonjol dari yang lain dikatakan dapat lebih dikenali dan diingat oleh konsumen.

Selain itu, warna juga memengaruhi bagaimana konsumen melihat “kepribadian” dari merek tersebut.

  • Bahasa

Gunakan bahasa yang sesuai dengan identitas merek Anda. Jika identitas yang dibangun adalah merek yang mewah, maka gunakan bahasa yang profesional.

Namun jika identitas yang dibentuk lebih kasual, maka cobalah untuk lebih banyak bicara menggunakan bahasa yang lebih akrab. Perlu diperhatikan bahwa bahasa yang Anda pilih harus diterapkan pada seluruh elemen bisnis.

  • Template

Elemen ini biasanya ditemukan dalam hal surat menyurat dan dokumen. Dalam bisnis Anda pastinnya pernah mengirim email, membuat kartu nama atau dokumen.

Membuat template untuk hal semacam ini akan memberikan bisnis Anda tampilan dan nuansa yang lebih terpadu, kredibel, dan profesional.

Bahkan hal-hal kecil seperti tanda tangan email pun perlu dibuat template agar sesuai antara yang satu dengan lainnya.

  • Konsistensi

Konsistensi menjadi elemen yang dapat menumbuhkan atau bahkan menghancurkan identitas merek. Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Ini karena konsisten dibutuhkan dalam seluruh elemen pembentuk identitas. Anda harus konsisten ketika menentukan tujuan merek, logo, penggunaan warna, bahasa, template, kualitas dan lain sebagainya.

  • Fleksibilitas

Konsistensi memang diperlukan, namun tentu saja harus dibarengi fleksibilitas dalam hal tertentu. Anda harus tetap fleksibel dalam mencari hal-hal baru di masyarakat yang bisa dimasukkan ke dalam produk demi peningkatan kualitas.

Fleksibilitas memungkinkan penyesuaian dalam promosi, slogan, dan bahkan memodernisasi serta modifikasi identitas untuk membuat konsumen tertarik.

Namun dalam hal ini ada hal yang perlu diperhatikan yakni penyesuaian yang dibuat harus konsisten di seluruh elemen merek Anda.

  • Dokumen

Salah satu cara paling efektif untuk memastikan bahwa identitas merek dibangun dengan konsisten adalah dengan membuat seperangkat pedoman dan mendokumentasikan segala hal yang harus dan tidak boleh dilakukan.

Menciptakan panduan yang jelas dan terpadu akan memudahkan pemasar dalam membangun identitas merek agar terus sejalan dengan identitas yang telah ditentukan.

  • Emosi

Sesuatu akan lebih dikenal dan terasa lebih dekat jika terhubung secara emosional. Identitas merek yang kuat dapat membangun hubungan emosional dengan konsumen.

Ini merupakan dasar yang kuat untuk membangun hubungan yang langgeng antara konsumen dengan merek Anda.

  • Promosi

Apalah artinya Anda membuat desain yang sangat apik dengan pemilihan warna yang menonjol jika tidak dipromosikan kepada orang-orang.

Melakukan promosi merupakan cara yang harus ditempuh untuk memperkenalkan merek Anda kepada target pasar. Ini adalah cara agar indentitas merek Anda diketahui.

Cara Membangun Brand Identity

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun brand identity:

a. Buat Kesan Yang Unik

Agar mudah diingat oleh orang, buatlah kesan yang unik atau yang berbeda dari brand. Anda dapat membuatnya melalui gambar yang iconic, slogan yang mudah diingat dan menarik, suasana yang berbeda, dan berkesan dan berbagai macam lainnya.

Ingatlah bahwa kesan pertama merupakan hal yang penting, jadi jangan sampai Anda mengecewakan konsumen saat kedatangannya yang pertama.

b. Konsisten

Setelah Anda membuat kesan, merek, gaya desain, cara promosi, dan lain-lainnya itu janganlah berubah-ubah. Hal ini karena konsistensi sangat dibutuhkan untuk memudahkan konsumen Anda mengingat brand Anda.

Jika Anda tidak konsisten atau sering mengubah gaya atau ciri khas bisnis Anda, maka konsumen akan sulit mengingatnya bahkan mungkin mereka merasa bingung dan aneh.

c. Berbeda

Berikan sesuatu yang berbeda dari kompetitor. Untuk menciptakan sesuatu yang berbeda Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu ke pasar.

Selain itu, Anda juga dapat melihat pesaing, cari tahu kekurangan pesaing kemudian terapkan solusi atau penawaran yang lebih di brand Anda.

d. Berhubungan Atau Interaksi

Sebuah bisnis pasti dibangun dalam suatu wilayah di mana mereka memiliki nilai dan budaya sendiri.

Dalam membangun brand, Anda juga harus memperhatikan nilai dan budaya yang ada. Salah satu caranya adalah dengan menyesuaikan cara komunikasi dengan karakteristik bisnis dan konsumen Anda.

Misalnya, McDonald di mana perusahaan induknya menggunakan bahasa Inggris maka saat membuka cabang di Indonesia, gunakanlah bahasa Indonesia dalam komunikasinya. Sehingga konsumen memahami pesan yang ingin Anda sampaikan.

e. Komunikasi Langsung

Komunikasi langsung ini berkaitan dengan pelayanan yang diberikan. Buatlah atau berikan ruang untuk konsumen melakukan komunikasi dengan brand Anda.

Mudahkanlah mereka untuk menikmati layanan yang brand Anda tawarkan, ini merupakan bentuk membangun dan menguatkan brand Anda.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membentuk Brand Identity

Untuk membangun brand identity, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Adapun beberapa hal tersebut yakni:

  • Jangan berkutat dengan nama

Biasanya orang akan memikirkan nama brand atau logo terlebih dahulu. Nama, logo, dan sebagainya memang penting, tapi bukanlah hal yang utama.

Buatlah s yang bagus dahulu, karena untuk membuat produk atau jasa dikenal juga dibutuhkan sebuah strategi dari hal-hal yang sepele seperti budaya, nilai pelayanan, dan sebagainya.

Meskipun begitu, nama dan logo juga penting ya, tidak boleh diabaikan atau dibuat sembarangan.

  • Target pasar

Perhatikan juga target pasar. Pangsa pasar merupakan sumber pendapatan Anda maka akomodasi lah keinginan mereka.

Gunakanlah data yang akurat untuk menentukan target pasar dari brand Anda. Setelah itu, Anda dapat melakukan semacam survei untuk mencari tahu pola pikir dari konsumen dan calon konsumen Anda.

  • Perhatikan hal-hal kecil

Hal-hal kecil yang dimaksudkan seperti tagline, warna, tipografi, copywriting, dan lainnya untuk membantu meningkatkan nilai dari brand identity bisnis Anda.

Beberapa tips yang dapat Anda coba seperti memberikan warna khas atau warna yang eye catching, hindari kata-kata yang berbau hard selling dan tidak ramah.

  • Jangan berpatokan terhadap pesaing

Kompetitor memang dapat menjadi acuan tetapi juga jangan saklek untuk berpatokan terhadap pesaing Anda.

Jika Anda menyamai kompetitor maka akhirnya branding yang Anda lakukan akan sama dengan kompetitor tidak ada bedanya malah Anda terlihat meniru saja.

Ciptakan gaya atau ciri khas tersendiri. Di mana masyarakat merasa sadar bahwa brand identity bisnis Anda memang terbaik.

  • Fokus

Ada banyak perusahaan yang jatuh karena mereka tidak fokus pada saat bisnisnya sedang berkembang. Biasanya mereka fokus untuk melakukan ekspansi.

Padahal jika tidak direncanakan dengan matang, ekspansi akan sangat mahal. Maka jangan memenuhi keinginan yang Anda saja belum bisa membereskan satu jenis bisnis.

Maka dari itu fokus lah untuk membangun brand identity. Meskipun Anda sudah memiliki brand identity yang cukup kuat, tetap saja Anda harus fokus dengan memperkuat pondasi atau menjaga konsistensi agar konsumen Anda semakin setia dan bertambah.

Pihak yang Melakukan Company Branding

  1. Diri Sendiri

Untuk melakukan branding, ada beberapa cara. Pertama, Anda dapat melakukannya sendiri. Jika Anda melakukannya sendiri maka biaya atau pengeluaran yang ada kecil karena Anda tidak perlu membayar jasa bantuan profesional.

Namun, jika Anda melakukan sendiri Anda juga harus berpikir ekstra dan perlu mengeluarkan banyak tenaga. Karena branding adalah hal yang perlu kerja keras dan konsisten. Mengingat branding merupakan wajah dari perusahaan Anda.

  1. Jasa Profesional

Cara kedua yakni dengan menyewa atau membayar jasa profesional. Jika Anda menggunakan jasa profesional Anda akan mendapatkan sudut pandang profesional dan feedback yang baik mengenai branding bisnis Anda.

Namun, Anda juga harus mengeluarkan biaya lebih untuk membayar jasanya. Jika menggunakan jasa professional, Anda tidak perlu bekerja dua kali dalam hal bisnis Anda karena branding sudah ditangani oleh jasa professional. Anda bisa fokus dengan hal lain.

Oleh karena itu, mau menggunakan cara manapun Anda harus memperhitungkan dan menyesuaikan nya sesuai dengan perusahaan Anda.

Penguatan brand identity dapat dilakukan secara efektif dan efisien jika Anda memiliki pengelolaan keuangan yang baik dan benar.

Sehingga, tujuan agar konsumen memahami dan mengenal brand identity bisnis Anda dapat tercapai. Selain brand identity, agar bisnis Anda berjalan dengan baik Anda juga harus Anda harus memiliki laporan keuangan yang lengkap dan akurat.

Agar mudah dalam membuat laporan keuangan Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi online seperti Jurnal.

Jurnal dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dengan cepat, mudah, dan akurat.

Selain itu dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat melihat dan mengedit laporan keuangan secara realtime di mana pun dan kapan pun.

Jurnal software juga menyediakan guideline yang akan membantu Anda untuk menggunakannya sehingga Anda tidak akan mengalami kebingungan dan kesusahan.

Pelajari lebih lanjut bagaimana aplikasi akunting dari Jurnal dapat membantu pekerjaan Anda.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal