Membangun Brand Image menjadi kunci penting agar bisnis Anda tetap bisa bertahan di dalam lingkungan persaingan bisnis. Kompetitor akan dengan mudah dan tidak segan untuk mengambil perhatian pelanggan jika Anda menciptakan Brand Image yang lemah. Cara terbaik untuk membangun dan memelihara Brand Image secara efektif adalah melalui pendekatan multidisiplin yang menggabungkan unsur berbagai instrumen media sebagai objek dalam ekosistem digital atau online dengan kiat pemasaran Anda sebagai subjeknya. Persyaratan-persyaratan berikut ini harus Anda penuhi saat Anda ingin mengembangkan Brand Image Anda.

Identifikasi Target Pelanggan Anda

Langkah pertama adalah dengan mengidentifikasi target pelanggan. Anda bisa menentukan target pelanggan berdasarkan umur, behaviour, lokasi geografis, dan budaya sesuai dengan kebutuhan pemasaran Anda. Penting untuk menentukan target pelanggan Anda secara spesifik. Anda perlu mengetahui kelompok-kelompok pelanggan yang Anda targetkan untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif. Sehingga Anda bisa menyediakan langsung kebutuhan dan menjawab segala permasalah pelanggan.

Tentukan Tujuan Akhir Bisnis

Ibaratnya, Anda harus tahu ke arah mana Anda berjalan untuk sampai ke tempat tujuan Anda. Membangun Brand Image tanpa mengetahui tujuan bisnis, baik secara jangka pendek maupun jangka panjang, Anda menyebabkan ketidakefektifan usaha pemasaran dan berpotensi mengakibatkan pemborosan sumber daya.

Tentukan Brand Persona Anda

Setelah menentukan target pelanggan dan tujuan akhir bisnis, Anda dapat mulai membangun persona merek Anda. Persona ini yang akan membentuk citra atau Image dari brand Anda. Persona yang Anda ciptakan harus bisa menarik perhatian pelanggan dan mengartikulasikan pembeda produk Anda dengan produk milik kompetitor. Karena persona merek Anda mendefinisikan Brand Image Anda, penting untuk membuatnya tetap sederhana dan relevan dengan target pelanggan dan tujuan bisnis Anda.

Kembangkan Pesan Utama Pemasaran Anda

Setelah Anda mendefinisikan persona brand, dokumentasikan dan informasikan pesan utama pemasaran serta sesuaikan dengan target pelanggan Anda. Pesan-pesan utama pemasaran Anda akan menjadi hal yang paling penting agar pelanggan atau calon pelanggan Anda berminat untuk mengenal dan membeli brand bisnis. Pesan tersebut harus menggabungkan aspek-aspek unik dari brand, nilai tambah yang melebihi ekspektasi pelanggan, dan sentuhan pribadi (personality) Anda sebagai pemilik bisnis kepada pelanggan. Setelah menggali dan meletakkan fondasi untuk citra merek Anda melalui persyaratan-persyaratan di atas, Anda dapat meningkatkan aktivitas promosi Anda untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Tiga instrumen yang diperlukan untuk mempromosikan brand bisnis Anda meliputi:

a. Public Relation (PR)

Posisi PR bisa terbilang sebagai sub-divisi pemasaran bisnis Anda. PR akan menyebarkan pesan utama pemasaran dan Press Release bisnis Anda lewat media seperti blog online, media cetak, dan media online lainnya. Dengan memposisikan perusahaan Anda sebagai pemimpin dan ahli (expert) dalam bidang yang bisnis Anda geluti melalui berbagai pemberitaan, jasa PR dapat meningkatkan Brand Image bisnis Anda.

b. Konten Pemasaran

Konten adalah bahan bakar yang mendorong aktivitas pemasaran dengan aktivitas pemasaran digital atau online. Untuk meningkatkan profil brand, Anda harus membuat dan mengunggah berbagai video, artikel kontribusi, dan konten serupa  yang terkait dengan bidang atau jenis bisnis Anda. Konten pemasaran Anda bisa diintegrasikan dengan fitur SEO (Search Engine Optimization) yang akan membuat konten Anda terpampang di halaman pertama di laman Search Engines (misal: Google, Yahoo, dan lainnya).

c. Media Sosial

Media sosial adalah instrumen yang lumayan efektif digunakan khususnya di era sekarang ini untuk berbagi informasi dan pesan pemasaran yang relevan dengan bidang atau jenis bisnis Anda. Media sosial juga menjadi sarana interaksi bisnis Anda dengan pelanggan dan atau influencer. Dengan aktivitas dan pengemasan akun media sosial yang menarik, ini akan meningkatkan traffic pelanggan dan tentunya Brand Image bisnis Anda dengan calon pelanggan atau pelanggan reguler Anda.

Dengan memenuhi persyaratan-persyaratan dan menggunakan instrumen media seperti yang disebutkan di atas, bisa dipastikan Brand Image bisnis Anda akan dikenal secara luas oleh publik dan mereka tidak akan segan untuk memilih bisnis Anda di antara para kompetitor lain. Namun perlu diketahui, bisnis yang baik berkorelasi positif dengan sistem keuangan yang baik pula. Akan percuma jika Anda melaksanakan usaha pemasaran secara maksimal jika tidak diimbangi dengan kondisi keuangan yang tidak sehat. Anda bisa mencoba Jurnal, Software Akuntansi Online yang akan membantu bisnis Anda membangun infrastruktur keuangan yang lebih baik. Dengan Jurnal, Anda bisa membuat dan menghitung anggaran dari usaha branding bisnis Anda. Pengelolaan persediaan dan pencatatan biaya-biaya yang dikeluarkan bisnis Anda bisa dilakukan secara mudah dan cepat dengan menggunakan Jurnal. Informasi lebih lengkap mengenai produk Jurnal bisa Anda lihat di sini.