Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

4 Langkah Membangun Branding Produk Agar Dikenal

Tayang 13 Dec 2018
Diperbarui 11 Oktober 2023

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membangung branding produk Anda agar mudah dikenal!

Apa merek jam tangan yang sedang Anda pakai sekarang; Rolex, Seiko, Philips, Willian 1985, Casio atau merek lain yang belum terkenal?

Jika diberikan secara gratis Anda memilih memakai jam tangan dengan merek Rolex atau merek lain yang tidak terkenal?

Sudah pasti semua orang akan menjawab untuk memilih menggunakan jam tangan merek Rolex. Ya itu merupakan hal yang wajar, mengingat Rolex merupakan brand yang sudah terkenal.

Branding adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, layanan, dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan.

Inilah yang harus Anda perjuangkan agar brand Anda dikenal banyak orang. Sehingga orang-orang selalu mengingat brand Anda saat mereka sedang membutuhkan sesuatu.

Sayangnya membangun sebuah brand agar dapat dikenal banyak orang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti susah.

Pasalnya agar sebuah brand dapat dikenal masyarakat dengan baik memerlukan waktu yang cukup panjang.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan sesuatu untuk menjangkau calon konsumen dengan cara yang efektif.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Jurnal by Mekari bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal pada banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

 

Membuat Iklan

Iklan merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan branding agar membangun produk Anda dikenal banyak orang. Bagi perusahaan besar, membuat dan memasang iklan merupakan hal yang mudah.

Namun, untuk perusahaan kecil atau UKM mungkin menjadikan sebuah beban karena harus menambah biaya pemasaran yang cukup tinggi.

Tapi jangan khawatir, kini Anda dapat memanfaatkan iklan digital. Iklan digital memiliki biaya yang cukup terjangkau bahkan beberapa ada yang gratis.

Sehingga biaya pemasaran pun dapat ditekan seminimal mungkin. Iklan digital juga memiliki pangsa pasar yang potensial karena seperti yang kita tahu bahwa pengguna social media semakin hari semakin meningkat bahkan diperkirakan jumlahnya melebihi 3 miliar orang.

Tentu saja ini merupakan hal yang efisien dan efektif untuk meningkatkan branding produk Anda agar dikenal banyak orang.

Baca juga: Ingin Melakukan Rebranding? Ketahui Dulu Hal Pentingnya di sini!

Mengikuti Event, Pameran, atau Bazar

Selain membuat dan memasang iklan, Anda juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan semacam pameran atau bazar untuk membuat brand dari produk Anda menjadi dikenal.

Pilih dan sesuaikan pameran atau bazar yang akan diikuti dengan bidang bisnis Anda.

Misalnya bisnis Anda di bidang pakaian muslim maka Anda dapat mengikuti pameran atau bazar seperti islamic fair, atau misal bidang bisnis Anda pada makanan maka Anda dapat mengikuti semacam festival kuliner nusantara dan contoh-contoh lainnya.

Dalam suatu kegiatan pasti akan disediakan stand, Anda dapat memilih stand yang strategis dan menghiasnya dengan menarik tentu saja usahakan sesuai dengan brand produk Anda.

Dengan demikian, pengunjung akan tertarik dan popularitas brand ataupun produk menjadi terkenal.

Berikan Nilai Tambah Selain Menjual Produk

Dalam membentuk citra dari sebuah brand, ada baiknya jika konten yang dibuat dapat membangun hubungan antara konsumen dan bisnis Anda.

Maksudnya, jangan hanya membuat konten yang berisi produk dan jual beli produk saja tetapi juga berisi nilai edukasi ataupun nilai-nilai lain yang dapat meningkatkan citra positif dari brand Anda.

Misalnya beberapa waktu Anda dapat membagikan post yang bernilai agama, nasihat, quote yang memberikan semangat dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat hubungan yang lebih kuat dan lama.

Baca juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis, Simak Tips Ini!

Ambil Sudut Pandang Konsumen Sentris

Penjualan Anda adalah akibat dari kebutuhan konsumen sehingga agar konsumen mencari merek atau brand Anda maka ambilah sudut pandang konsumen sentris.

Pahami kebutuhan dan keinginan konsumen dimana konsumen dapat menjadikan brand Anda menjadi nomor 1 di pikiran mereka. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pelayanan yang baik secara sosial.

Karena menurut Aberdeen Group bisnis yang memberikan layanan sosial memiliki pertumbuhan bisnis yang lebih besar dibandingkan bisnis yang tidak menerapkan pelayanan sosial.

Ingatlah bahwa pesaing Anda di pasar jumlahnya banyak sehingga Anda harus memenangkan hati konsumen.

Akan sangat mudah bagi konsumen memilih brand selain brand Anda, maka dari itu ubahlah pandangan Anda dari produsen sentris menjadi konsumen sentris.

Proses branding bukanlah hal yang instan tetapi jika Anda lakukan secara sungguh-sungguh dampaknya begitu besar yakni brand awareness di mana brand produk Anda menjadi dikenal masyarakat dan bisnis Anda pun menjadi lebih sukses.

Untuk menunjang kesuksesan bisnis, Anda juga harus memastikan bahwa pengelolaan keuangan perusahaan Anda baik.  Untuk mengelola keuangan bisnis, Anda dapat menggunakan bantuan Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang berbasis Cloud sehingga data secara otomatis akan tersimpan.

Dengan Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun.

Tidak hanya pencatatan transaksi, Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, manajemen stok, cashlink, laporan keuangan yang akan membantu mengembangakan nilai  bisnis Anda di masa depan.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Itulah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun branding produk Anda. Semoga bermanfaat!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal