4 Cara Membangun Branding Produk Anti Gagal Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membangung branding produk Anda agar mudah dikenal! Apa merek jam tangan yang sedang Anda pakai sekarang; Rolex, Seiko, Philips, Willian 1985, Casio atau merek lain yang belum terkenal? Jika diberikan secara gratis Anda memilih memakai jam tangan dengan merek Rolex atau merek lain yang tidak terkenal? Sudah pasti semua orang akan menjawab untuk memilih menggunakan jam tangan merek Rolex. Ya itu merupakan hal yang wajar, mengingat Rolex merupakan brand yang sudah terkenal. Branding adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, layanan, dan segala hal yang berkaitan dengan perusahaan. Inilah yang harus Anda perjuangkan agar brand Anda dikenal banyak orang. Sehingga orang-orang selalu mengingat brand Anda saat mereka sedang membutuhkan sesuatu. Sayangnya membangun sebuah brand agar dapat dikenal banyak orang tidaklah mudah, tetapi bukan berarti susah. Pasalnya agar sebuah brand dapat dikenal masyarakat dengan baik memerlukan waktu yang cukup panjang. Selain itu, Anda juga perlu melakukan sesuatu untuk menjangkau calon konsumen dengan cara yang efektif. Tahukah Anda? Bahwa aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Mekari Jurnal pada banner di bawah ini. Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang! Membuat Iklan Iklan merupakan salah satu cara yang efektif untuk melakukan branding agar produk Anda dikenal banyak orang. Bagi perusahaan besar, membuat dan memasang iklan merupakan hal yang mudah. Namun, untuk perusahaan kecil atau UKM mungkin hal seperti membangun branding produk adalah sebuah beban karena harus menambah biaya pemasaran yang cukup tinggi. Tapi jangan khawatir, kini Anda dapat memanfaatkan iklan digital. Iklan digital memiliki biaya yang cukup terjangkau bahkan beberapa ada yang gratis. Sehingga biaya pemasaran pun dapat ditekan seminimal mungkin. Iklan digital juga memiliki pangsa pasar yang potensial karena seperti yang kita tahu bahwa pengguna social media semakin hari semakin meningkat bahkan diperkirakan jumlahnya melebihi 3 miliar orang. Tentu saja ini merupakan hal yang efisien dan efektif untuk meningkatkan branding produk Anda agar dikenal banyak orang. Baca juga: Ingin Melakukan Rebranding? Ketahui Dulu Hal Pentingnya di sini! Mengikuti Event, Pameran, atau Bazaar Selain membuat dan memasang iklan, Anda juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan semacam pameran atau bazaar untuk membuat brand dari produk Anda untuk membangun branding produk menjadi dikenal. Pilih dan sesuaikan pameran atau bazaar yang akan diikuti dengan bidang bisnis Anda. Misalnya bisnis Anda di bidang pakaian muslim, maka Anda dapat mengikuti pameran atau bazaar seperti islamic fair. Apabila bidang bisnis Anda pada makanan, maka Anda dapat mengikuti semacam festival kuliner nusantara dan contoh-contoh lainnya. Biasanya di setiap event yang diselenggarakan, tiap brand yang bergabung akan mendapatkan tenant masing-masing. Maka Anda dapat memilih posisi tenant yang strategis, jangan lupa juga untuk menghiasnya dengan desain menarik yang sesuai dengan brand produk Anda. Dengan demikian, pengunjung akan tertarik dan popularitas brand ataupun produk menjadi lebih dikenal. Berikan Nilai Tambah Selain Menjual Produk Dalam membentuk citra dari sebuah brand, ada baiknya jika konten yang dibuat dapat membangun hubungan antara konsumen dan bisnis Anda. Maksudnya, jangan hanya membuat konten untuk aktifitas jual beli produk saja, tetapi isi juga dengan nilai edukasi ataupun nilai-nilai lain yang dapat meningkatkan citra positif dari brand Anda. Misalnya Anda dapat memilih opsi post yang bernilai motivasi, nasihat, atau kutipan dari figur terkenal yang memberikan semangat dan sebagainya. Hal tersebut akan membuat hubungan yang lebih kuat dan lama. Baca juga: Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis, Simak Tips Ini! Ambil Sudut Pandang Konsumen Sentris Penjualan tentunya sangat dipengaruhi dari seberapa butuh calon konsumen terhadap produk yang Anda punya. Sehingga agar konsumen mencari merek atau brand Anda, penting bagi Anda untuk mengambil sudut pandang konsumen sentris. Maksudnya adalah Anda bisa coba pahami apa kebutuhan dan keinginan konsumen yang sebenarnya. Seperti dimana konsumen menempatkan brand Anda menjadi nomor 1 di pikiran mereka. Selain itu, Anda juga dapat memberikan pelayanan yang baik secara sosial. Dalam sebuah buku Business @ the Speed of Thought: Using a Digital Nervous System karya Bill Gates, ia memberikan padangannya menyoal pelanggan. Menurutnya, peleanggan itu bisa menjadi sebuah bahan pembelajaran bagi sebuah bisnis yang dijalani. “Pelanggan Anda yang paling tidak puas adalah sumber pembelajaran terbesar Anda.” – Bill Gates. Ingatlah bahwa pesaing Anda di pasar jumlahnya akan sangat banyak, sehingga Anda harus memenangkan hati konsumen dan mempelajarinya. Akan sangat mudah bagi konsumen memilih brand selain brand Anda, maka dari itu ubahlah pandangan Anda dari produsen sentris menjadi konsumen sentris. Wajib Konsisten dan Peka Masalah Keuangan Proses branding bukanlah hal yang instan, tetapi jika Anda lakukan secara sungguh-sungguh maka dampaknya akan begitu besar. Yaitu sebuah brand awareness paling manjur, di mana produk dari brand Anda telah dikenal masyarakat di luar kepala, dan bisnis Anda pun menjadi lebih sukses. Sebagai dedikasi untuk menunjang kesuksesan bisnis, Anda juga harus memastikan bahwa pengelolaan keuangan perusahaan Anda berjalan baik. Karena apabila Anda membutuhkan aplikasi kelola keuangan bisnis, Anda dapat menggunakannya melalui Mekari Jurnal. Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online yang berbasis Cloud, sehingga data secara otomatis akan tersimpan dengan aman. Bersama Mekari Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Tidak hanya pencatatan transaksi, Mekari Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, manajemen stok, cashlink, dan laporan keuangan yang akan membantu mengembangakan nilai bisnis Anda di masa depan. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang Mekari Jurnal, infonya bisa Anda dapatkan di halaman website fitur Mekari Jurnal. Itulah beberapa tips atau cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun branding produk Anda. Semoga bermanfaat! Referensi: Gates, B. (1999). Business @ the speed of thought: Using a digital nervous system (p. 54). Warner Books.