Salah satu tantangan yang banyak dihadapi oleh pebisnis pemula adalah melakukan branding dan meningkatkan kredibilitas pada bisnis yang sedang dibangun. Lalu bagaimana bisa bersaing dengan kompetitor yang lebih dulu terjun ke dalam bisnis yang sejenis sehingga brand kita bisa dikenal oleh kalangan luas?

 

Memang butuh perjuangan dengan investasi waktu dan biaya agar bisa membesarkan brand dan meningkatkan kredibilitas bisnis yang Anda miliki. Belum lagi jika kompetitor Anda sudah memiliki nama besar, pasti butuh waktu lama dan biaya ekstra lagi untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Tetapi tidak usah kecewa, karena masih ada cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar bisa bersaing dengan pebisnis lain termasuk kepada mereka yang sudah memiliki nama besar. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan online branding. Di bawah ini adalah beberapa cara meningkatkan kredibilitas melalui online branding.

 

Miliki Website

Website adalah media yang paling efektif untuk melakukan online branding. Dengan menggunakan website Anda bisa dengan mudah memperkenalkan profil bisnis Anda kepada masyarakat yang mengakses lewat Internet. Apabila profil bisnis Anda semakin dikenal banyak orang pastinya akan berefek pada kredibilitas bisnis semakin meningkat. Maka dari itu, memiliki website dengan tampilan menarik dan akses yang cepat adalah salah satu cara yang paling efektif. Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa membuat website, karena banyak jasa pembuatan website dan template website yang memiliki harga yang murah dan kualitas baik.

 

Miliki Customer Service Andal

Ini salah satu hal kecil yang sering disepelekan yaitu memiliki customer service atau CS yang handal. CS inilah yang nantinya akan berhubungan langsung dengan konsumen, maka dari itu perlu dipilih seorang CS yang  cekatan, handal, ramah, dan profesional. Baik buruknya kredibilitas bisnis Anda akan berpengaruh dari CS yang Anda miliki.

 

Maksimalkan Branding Social Media

Cara yang ketiga adalah memaksimalkan social media untuk meningkatkan kredibilitas bisnis. Sekarang ini, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna social media aktif terbanyak di dunia. Maka melakukan branding online lewat social media adalah cara yang paling tepat. Ada banyak jenis social media yang bisa Anda gunakan, tetapi paling tidak Anda memiliki akun Facebook, Instagram, Twitter, dan Youtube. Melalui social media, Anda bisa berinteraksi langsung dengan konsumen, berikan postingan-postingan dan video  yang menarik sehingga menjadikan akun social media Anda ramai dan dikenal oleh banyak orang. Selain itu perlu adanya admin social media yang ditugaskan untuk mengatur semua akun agar tetap aktif.

 

Bergabung dengan Komunitas Online

Dengan bergabung dengan komunitas, Anda akan mendapatkan banyak manfaat salah satunya mendapatkan wawasan yang lebih luas terhadap masalah bisnis, selain itu Anda juga akan mendapatkan teman dan relasi bisnis sehingga bisnis Anda bisa lebih dikenal oleh banyak orang dan yang terakhir manfaat mengikuti komunitas adalah bisnis Anda memiliki kredibilitas yang lebih tinggi karena sudah diakui oleh banyak orang. Jangan pernah menganggap kompetitor bisnis Anda adalah musuh, anggaplah mereka sebagai teman yang memacu bisnis Anda agar tetap berjalan.

Itulah beberapa cara meningkatkan kredibilitas bisnis dengan online branding yang bisa Anda lakukan. Indikasi branding Anda berhasil adalah semakin dikenalnya brand bisnis Anda dan penjualan produk dan jasa setiap bulannya juga ikut meningkat. Jangan lupa jika brand bisnis Anda sudah besar untuk mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik, karena pengelolaan keuangan yang baik akan berdampak pada kelangsungan bisnis Anda kedepannya. Jurnal adalah software akuntansi online yang membantu Anda dalam pengelolaan bisnis secara lebih mudah, cepat dan simpel. Banyak fitur-fitur keuangan yang dimiliki oleh Jurnal yang bermanfaat pada perkembangan bisnis Anda. Daftarkan sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silakan Anda klik di sini.