Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Pentingnya Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Indonesia

Tayang 17 May 2023
Diperbarui 10 Januari 2024

Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil ( IUMK ) adalah suatu hal yang dapat membantu pelaku usaha untuk mendapatkan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan dalam mengembangkan usahanya.

Usaha Mikro Kecil (UMK) memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Indonesia sebesar 61,1% pada tahun 2018.

Selain menjadi penggerak ekonomi di Indonesia, UKM juga menjadi penyerap tenaga kerja yang paling efektif, terbukti serapan tenaga kerja tahun 2018 sebesar 99,99%, sehingga bisa mengurangi jumlah angka pengangguran yang ada saat ini.

Walaupun begitu besar dampak dari adanya sektor UKM/UMKM, masih banyak pelaku yang belum memiliki Izin Usaha Mikro Kecil atau belum tahu bagaimana proses untuk membuatnya.

Padahal, fungsi IUMK sangat berkontribusi dalam mengembangkan usahanya.

Oleh karena itu, berikut Blog Mekari Jurnal akan mengulas secara lengkap mengenai Izin Usaha Mikro Kecil serta keuntungan dan cara membuatnya.

Apakah Usaha Kecil di Indonesia Harus Memiliki Izin Usaha?

Ya, dalam banyak negara, usaha kecil juga harus memiliki izin usaha. Izin usaha adalah persyaratan hukum yang harus dipenuhi oleh setiap usaha untuk beroperasi secara sah dan mematuhi peraturan yang berlaku. Meskipun persyaratan izin usaha dapat bervariasi tergantung pada jenis usaha, lokasi geografis, dan peraturan pemerintah setempat, namun pemerintah biasanya mengharuskan usaha kecil untuk mendapatkan izin yang sesuai.

izin usaha mikro kecil (IUMK) adalah dan fungsinya bagi pelaku usaha

Pemerintah biasanya mewajibkan usaha kecil untuk mengajukan izin usaha dengan tujuan untuk melindungi kepentingan publik, mengontrol aktivitas bisnis, dan memastikan kepatuhan terhadap standar keselamatan, lingkungan, dan pajak.

Izin usaha juga dapat memberikan perlindungan hukum bagi pemilik usaha dalam hal sengketa bisnis, perlindungan konsumen, dan hak kekayaan intelektual.

Untuk memperoleh izin usaha, biasanya pemilik usaha kecil perlu mengajukan permohonan kepada badan pemerintah terkait, seperti dinas perizinan atau kantor pelayanan bisnis.

Permohonan izin usaha umumnya melibatkan pengisian formulir, pembayaran biaya administrasi, dan pemenuhan persyaratan yang ditetapkan, seperti surat izin tempat usaha, NPWP, izin lingkungan, dan sebagainya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik usaha kecil untuk memahami persyaratan perizinan yang berlaku di wilayah mereka dan memastikan bahwa mereka memenuhi semua kewajiban hukum yang terkait dengan izin usaha.

Dengan memiliki izin usaha yang sah, usaha kecil dapat beroperasi dengan lebih aman, terhindar dari sanksi hukum, dan membangun kepercayaan pelanggan serta mitra bisnis.

Mengenal Izin Usaha Mikro Kecil ( IUMK)

Agar kedepannya bisa berjalan dengan baik, maka usaha harus memiliki izin secara legal.

Bukan hanya usaha yang skalanya besar saja yang harus memiliki izin, tetapi usaha dengan skala kecil juga harus memiliki.

Izin Usaha Mikro Kecil atau sering disebut IUMK adalah sebuah tanda legalitas sebuah individu atau pelaku usaha dalam bentuk izin.

Pengertian IUMK

IUMK adalah singkatan dari Izin Usaha Mikro dan Kecil. IUMK adalah izin usaha yang diperuntukkan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Izin ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah setempat.

IUMK merupakan persyaratan legalitas yang harus dipenuhi oleh UMKM agar dapat beroperasi secara sah dan mendapatkan perlindungan hukum.

Izin ini mencakup berbagai jenis usaha, seperti perdagangan, jasa, industri kecil, dan lain sebagainya.

Jika dapat dikomparasikan, IUMK ini sama seperti fungsi dari Surat Izin Mengemudi (SIM) yang memberikan Anda akses untuk dapat berkendara di jalan raya.

Tetapi kenyataanya, banyak para pelaku usaha kecil yang belum mengetahui tentang Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) ini.

Banyak para pelaku usaha yang merasa kebingungan dalam mengurusnya.

Padahal, sekarang ini mengurus IUMK bisa dengan mudah dan cepat, yaitu satu hari sudah bisa selesai asal semua berkas persyaratan sudah dipenuhi.

Pemerintah telah menetapkan Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2014  tentang perizinan untuk usaha mikro dan kecil yang bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan sarana pemberdayaan bagi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK) dalam mengembangkan usahanya.

Selain itu, dalam pengurusan prosedur IUMK setelah keluar PERPRES menjadi lebih sederhana, mudah, dan cepat sehingga menguntungkan bagi pelaku usaha.

Cara Memperoleh IUMK dan Manfaatnya

Untuk memperoleh IUMK, pemilik usaha mikro dan kecil perlu mengajukan permohonan kepada instansi yang berwenang dan mengisi formulir yang ditentukan.

Selain itu, biasanya juga diperlukan dokumen pendukung seperti KTP, NPWP, Surat Izin Tempat Usaha (SITU), dan izin lingkungan.

IUMK memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  1. Memberikan legitimasi hukum bagi usaha mikro dan kecil.
  2. Membantu dalam proses perizinan dan administrasi bisnis.
  3. Memberikan akses lebih mudah ke program-program pemerintah dan dukungan lainnya.
  4. Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha.
  5. Memberikan perlindungan hukum bagi pemilik usaha dalam sengketa bisnis.

Dengan memiliki IUMK, usaha mikro dan kecil dapat beroperasi dengan lebih terjamin, dapat mengakses kesempatan dan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah, serta membangun reputasi yang baik di mata konsumen dan mitra bisnis.

Keuntungan Memiliki IUMK

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki IUMK, di bawah ini adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  • a. Mendapatkan kepastian perlindungan hukum dalam usaha sesuai dengan lokasi yang sudah ditetapkan.
  • b. Mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan baik dari pusat, provinsi maupun dari daerah.
  • c. Mendapatkan kemudahan dalam mengakses pembiayaan ke berbagai lembaga keuangan bank maupun non-bank.
  • d. Mendapatkan pendampingan untuk pengembangan usaha yang lebih besar.
  • e. Mendapatkan pengakuan yang sah dari berbagai pihak atas izin yang dimiliki dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.
  • f. Mendorong para pelaku bisnis UKM untuk sadar pajak, sehingga bisa bermanfaat untuk kemajuan usahanya.
  • g. Menjadi nilai plus dari pada bisnis UKM lain yang tidak memiliki IUMK.

Demikianlah pembahasan mengenai pentingnya memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) bagi UMKM di Indonesia saat ini.

Cara Membuat IUMK Secara Online Melalui OSS (Online Single Submission)

Tahap selanjutnya setelah memenuhi persyaratan administrasi pengajuan IUMK adalah membuat IUMK yang dapat dilakukan secara online.

Pelaku usaha perlu tahu bahwa saat ini membuat pengajuan Izin Usaha Mikro Kecil secara online melalui OSS (Online Single Submission).

Prosesnya dimulai dengan mengurus penerbitan IUMK terlebih dahulu di kantor lurah atau kecamatan kemudian dilanjutkan dengan pengajuan secara online.

cara membuat izin usaha mikro kecil (IUMK) online melalui OSS

Untuk proses pembuatannya tidak memungut biaya apapun atau gratis. Tahapan untuk membuat IUMK online adalah sebagai berikut:

  1. Membuka website halaman OSS di www.oss.go.id.
  2. Klik pilihan “Daftar” di bagian pojok kanan atas halaman website.
  3. Anda akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu pengisian awal formulir yang berisikan informasi usaha seperti skala usaha, jenis pelaku usaha, kata sandi dan profil pribadi Anda
  4. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan email konfirmasi pada alamat email yang Anda cantumkan sebelumnya.
  5. Tekan aktivasi pada surat email konfirmasi. Ikuti petunjuknya.
  6. Setelah berhasil, Anda dapat lanjut membuat IUMK online dengan “login” kembali ke halaman OSS.
  7. Masukkan kembali alamat email dan kata sandi yang telah terdaftar serta input kode captcha yang tertera.
  8. Pilih dan tekan “perizinan mikro”.
  9. Klik pilihan “pengajuan baru” dan masukkan data-data yang diminta.
  10. Setelah mengisi semua kelengkapan data, lanjut dengan pilih opsi “simpan”, lanjut ke “tambah data” untuk pengisian data mengenai jenis usaha” lalu tekan “simpan data usaha”.
  11. lanjut ke pilih menu data usaha kemudian pilih opsi “proses NIB”.
  12. Tekan “simpan”.
  13. Tahap terakhir dalam proses membuat IUMK online, tekan opsi “cetak izin usaha” yang akan dilanjutkan dengan mengunduh cetak IUMK.

Setelah berhasil, Anda dapat melanjutkan tahapan pengajuan Izin Usaha Mikro Kecil ke kantor kecamatan wilayah Anda.

Syarat Mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK)

Dalam pelaksanaanya, pelaku usaha harus memenuhi beberapa syarat.

Berikut syarat dalam mengurus dan mendaftar Surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) :

  • a. Melampirkan surat pengantar dari RT atau RW terkait lokasi usaha.
  • b. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) setempat.
  • c. Memiliki Kartu Keluarga (KK).
  • d. Melampirkan pas foto berwarna ukuran 4×6 cm sebanyak 2 lembar.
  • e. Mengisi formulir IUMK yang telah tersedia.
  • Selanjutnya Lurah/Camat yang sudah diberikan pendelegasian untuk pengurusan izin usaha oleh Bupati/Walikota melakukan pengecekan syarat-syarat pengajuan IUMK.

Jika persyaratan sudah lengkap, maka pemohon izin usaha bisa melanjutkan proses untuk mendapatkan IUMK.

Namun, jika syarat-syarat belum lengkap, maka Lurah/Camat dapat berhak mengembalikan syarat-syarat tersebut untuk dilengkapi terlebih dahulu.

Dengan memiliki Izin Usaha Mikro Kecil dijamin usaha Anda kedepannya akan menjadi semakin maju dan bisa bersaing dengan pasar global.

Selain perizinan, ada hal penting lain yang menentukan kemajuan bisnis UMKM Anda saat ini, yaitu dalam hal pengelolaan keuangan dengan menggunakan aplikasi akuntansi untuk UMKM terbaik.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, usaha Anda akan bisa semakin berkembang dengan baik.

Mekari Jurnal adalah aplikasi akuntansi online yang dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Banyak fitur aplikasi akuntansi untuk UMKM menarik yang dimiliki Mekari Jurnal software yang bisa Anda gunakan tanpa harus melakukan instalasi karena semuanya sudah online sehingga memberikan keamanan lebih, pemrosesan data yang cepat dan realtime.

Mekari Jurnal juga merupakan sebuah aplikasi stok barang sederhana yang berguna untuk melacak dan memantau pergerakan stok barang di tempat penyimpanan.

Segera manfaatkan accounting software indonesia dan rasakan akselerasi bisnis Anda berkembang pesat.

Daftarkan usaha Anda sekarang juga dan nikmati free trial 14 hari untuk pengguna baru.

Kategori : Business Management
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal