Jurnal Enterpreneur

Cara Memulai Bisnis dengan 11 Langkah Tepat!

Simak beberapa tips dan cara bagi Anda yang ingin memulai bisnis, coba lakukan langkah beserta tahapan ini!

Memiliki sebuah bisnis tentu menjadi impian bagi banyak orang. Sayangnya, memulai bisnis baru dapat menjadi sangat sulit bagi seorang pemula.

Mereka membutuhkan mental dan keberanian yang kuat untuk memulainya, sekalipun itu hanya bisnis kecil. Seringkali bayang-bayang akan risiko kegagalan atau kerugian muncul dan membuat mereka ragu untuk memulainya.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Cara dan Langkah Tepat untuk Memulai Bisnis

Banyak pebisnis yang gagal karena memulai usaha tampa perencanaan dan ide bisnis yang matang. Sehingga usaha yang sedang dikembangkan akhirnya harus gulung tikar lebih cepat.

Bisnis yang muncul dari ide kreatif dan dimatangkan dengan rencana bisnis yang lebih komplit lebih memiliki peluang keberhasilan yang lebih besar.

Menilik bisnis kreatif ternyata tidak sulit asal mau belajar, banyak entrepreneur yang masih berusia muda namun sudah sukses menjalankan bisnisnya.

Untuk mengatasi hal di atas, berikut adalah 7 langkah tepat yang dibutuhkan dalam memulai bisnis dengan sukses.

Luangkan waktu dan pikiran Anda untuk menciptakan bisnis yang sesuai dengan keinginan dan mendatangkan kesuksesan.

1. Lakukan Penelitian Sebelum Memulai Bisnis

Jika Anda telah memiliki ide bisnis, sekarang saatnya menyeimbangkan dengan sedikit kenyataan. Apakah ide tersebut berpotensi untuk sukses?

Agar bisnis dapat berhasil, Anda harus mampu memecahkan masalah, memenuhi kebutuhan, atau menawarkan sesuatu yang diinginkan pasar.

Ada beberapa cara untuk mengidentifikasi kebutuhan seperti melakukan penelitian hingga melakukan trial and error.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Makanan Ringan dengan Modal Kecil

2. Buat Rencana

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis adalah Anda membutuhkan sebuah rencana untuk membuat ide bisnis menjadi kenyataan.

Rencana bisnis adalah rancangan yang akan mengarahkan bisnis Anda dari tahap awal pendirian hingga pertumbuhan bisnis, dan ini merupakan keharusan bagi seluruh bisnis baru.

3. Rencanakan Keuangan Bisnis

mulai bisnis online

Memulai bisnis kecil tidak harus membutuhkan banyak modal usaha, namun akan melibatkan beberapa investasi serta kemampuan awal untuk menutupi biaya sebelum menghasilkan keuntungan.

Anda perlu merencanakan keuangan dengan menyusun spreadsheet yang memperkirakan biaya awal bisnis seperti lisensi, izin, peralatan, biaya legal, asuransi, branding, riset pasar, inventaris, merek dagang, pembukuan, dan lain sebagainya.

Selain itu, Anda juga perlu menyusun rencana keuangan untuk biaya produksi, sewa, utilitas, persediaan, gaji karyawan, dan lain-lain yang diperlukan dalam menjalankan bisnis paling tidak selama 12 bulan.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

4. Pilih Struktur Bisnis

Bisnis Anda bisa menjadi perusahaan perseorangan, kemitraan, perseroan terbatas, atau korporasi. Badan usaha yang Anda pilih akan memengaruhi banyak faktor.

Anda dapat memilih struktur bisnis awal dan kemudian mengevaluasi kembali serta mengubah struktur seiring pertumbuhan dan kebutuhan bisnis.

Read More : 8 Daftar Buku Wajib yang Harus Dibaca Pengusaha Sukses

5. Pilih dan Daftarkan Nama Bisnis

Langkah selanjutnya untuk memulai bisnis adalah memilih dan mendaftarkan nama bisnis.

Nama bisnis berperan dalam hampir semua aspek bisnis. Pastikan Anda memikirkan semua implikasi potensial saat mengeksplorasi pilihan dan memilih nama bisnis.

Setelah memilih nama untuk bisnis, Anda perlu memeriksa apakah nama tersebut sudah menjadi merek dagang dari bisnis lain.

Selanjutnya, Anda perlu mendaftarkan nama bisnis yang dapat dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan struktur bisnis yang dipilih.

6. Dapatkan Lisensi dan Izin

Dokumen adalah bagian dari proses awal saat ingin memulai bisnis sendiri. Ada berbagai lisensi dan izin bisnis yang mungkin berlaku untuk situasi tertentu, tergantung pada jenis bisnis yang Anda mulai dan tempat bisnis tersebut berada.

Anda perlu meneliti lisensi dan izin apa yang berlaku untuk bisnis Anda selama proses awal.

Baca juga: Tips Membangun Bisnis yang Kreatif dan Inovatif Bagi Anak Muda

7. Pilih Sistem Akuntansi

Sebuah bisnis dapat berjalan efektif sesuai dengan sistem yang digunakan. Salah satu sistem yang paling penting untuk bisnis adalah sistem akuntansi.

Sistem akuntansi diperlukan untuk membuat dan mengelola anggaran, menetapkan harga, melakukan bisnis dengan pihak lain, dan mengajukan pajak.

Anda dapat mengatur sistem akuntansi sendiri atau menyewa akuntan untuk menjalankan sistem tersebut.

Read More : Pentingnya Struktur Modal dan Biaya Modal Bagi Pemula

Jika Anda memilih untuk mengatur sistem akuntansi sendiri dalam memulai bisnis, Anda dapat menggunakan program akuntansi dari Jurnal.

Jurnal by Mekari merupakan program akuntansi online yang dapat membantu bisnis dan pekerjaan Anda lebih mudah dan cepat dengan menyiapkan laporan keuangan secara instan.

Bukan hanya itu, ada banyak fitur menarik lainnya yang ditawarkan oleh software keuangan Jurnal seperti melihat kas masuk dan keluar secara terperinci, memonitor penjualan dan pembelian beserta daftar invoice, hingga mengecek persediaan barang dengan melihat seluruh daftar barang yang ada.

Semua bisa dilakukan melalui gadget Anda dimanapun, kapanpun dengan aplikasi akuntansi android dari Jurnal.

Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan perusahaan Anda ke Jurnal dan nikmati pengelolaan bisnis yang lebih mudah, gratis hingga 14 hari!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

8. Melakukan Riset Produk dan Bisnis

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis adalah pastikan produk atau bisnis yang akan Anda kembangkan mendapat tempat di pasaran. Untuk itu Ada harus melakukan riset produk yang akan dijual terlebih dahulu.

Anda dapat mencari informasinya melalui media internet. Anda juga bisa memadukan beberapa produk atau bisnis yang sudah ada serta mengembangkannya kembali menjadi sebuah bisnis baru yang lebih inovatif.

Selain dari internet, Anda juga bisa mencoba metode lain dengan melakukan kuisioner langsung ke pasar. Atau bahkan melakukan perbandingan antara produk Anda dan produk kompetitor.

Baca juga: 13 Peluang Bisnis Bulan Puasa yang Menguntungkan, Menambah Berkah Ramadan

9. Belajar Dari kesuksesan Bisnis Orang Lain

Bisnis yang sudah sukses dan mapan pasti memiliki sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Dengan mengetahui keunggulannya, anda bisa membangun bisnis baru yang serupa namun dengan beberapa nilai lebih dengan bisnis aslinya.

Mempelajari trik dari bisnis orang lain yang sudah sukses akan memudahkan Anda untuk mengambil langkah bisnis Anda.

Selain itu, belajar dari kegagalan bisnis orang lain juga bisa dilakukan agar terhindar dari masalah.

10. Memunculkan Ide Kreatif

Dalam proses menemukan ide bisnis yang kreatif, kita disarankan untuk berpikir di luar kotak (out of the box thinking). Jadi Anda harus memikirkan sebuah ide baru yang belum terpikirkan oleh orang lain.

Contoh dari hal ini kadang bisa muncul dari hal sepele seperti keseharian kita atau bahkan hal yang sering terjadi di dalam hidup kita sehari-hari.

Baca juga: Contoh Bisnis Plan Usaha Rumahan dan Poin Penting-nya

11. Belajar dari permasalahan bisnis orang lain

Menemukan ide bisnis juga bisa dilakukan dengan mempelajari dan menganalisa masalah yang didapat oleh orang lain terkait dengan produk atau bisnis yang sudah berjalan.

Hal ini merupakan langkah dalam memulai bisnis yang tidak boleh terlupakan.

Komplain bisa dianalisa dengan tepat, tidak mustahil bisa muncul sebuah ide bisnis baru yang lebih laku di pasaran.

Every problem has a solution. you just have to be creative enough to find it.” -Travis Kalanick, Co-Founder of Uber-

Banyak pengusaha muda sekarang yang memilih usaha dengan menggunakan kreatifitasnya yaitu dengan menggunakan barang yang sudah tidak digunakan sehingga tidak harus mengeluarkan banyak modal.

Mungkin beberapa tips diatas dapat memberikan masukan kepada Anda, khususnya anak muda yang ingin mengembangkan kreatifitasnya ke dalam bidang bisnis.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Hal yang paling mendasar yang perlu Anda lakukan adalah membaca kondisi lingkungan dimana bisnis tersebut akan dijalankan.

Pada prinsipnya sebuah bisnis muncul sebagai solusi atas masalah yang terjadi. Semakin jeli Anda bisa membaca situasi akan semakin mudah untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi.

Itulah beberapa cara dan langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis. Mudah-mudahan informasi di atas bermanfaat.

Ikuti media sosial Jurnal by Mekari untuk informasi lain tentang bisnis, keuangan, dan akuntansi.

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo