5 Langkah Mudah Merencanakan Keuangan Bisnis

Banyak bisnis yang mengalami kegagalan hanya karena perencanaan keuangan yang tidak memadai dan pendanaan yang kurang tepat.

Keterampilan dan inovasi dalam mengatur dan merencanakan keuangan sebuah bisnis sangat diperlukan untuk menghindari keuangan.

Oleh karena itu, memiliki rencana keuangan bisnis yang komprehensif adalah salah satu keharusan bagi setiap bisnis.

Karena itu diperlukan yang namanya catatan keuangan perusahaan yang baik dan benar.

Kenapa perencanaan keuangan sangat penting bagi bisnis? Bagaimana cara merencanakan keuangan bagi usaha Anda?

Temukan jawabannya dengan membaca lebih lanjut artikel ini!

Manfaat Perencanaan Keuangan Bisnis

Berikut adalah beberapa manfaat jika Anda merencanakan keuangan bisnis dengan baik.

  • Sebagai Tolok Ukur Kemajuan Bisnis

Perencanaan keuangan bisnis tentunya didahului dengan aktivitas analisis dan evaluasi yang menghasilkan penilaian yang menjadi tolok ukur dari kemajuan bisnis secara nyata atau berdasarkan faktanya.

Hal ini dapat dilihat jelas dari poin-poin mengenai apa saja yang menjadi isi perencanaan keuangannya, sejauh dan sedalam mana perencanaan keuangan tersebut dibuat. Dengan demikian kita akan menjadi tahu dan memahami sejauh mana perusahaan sudah maju dan berkembang.

Jika masih belum mengalami kemajuan, maka dari perencanaan ini Anda juga dapat menentukan langkah selanjutnya yang perlu diambil untuk kemajuan bisnis.

  • Mengalokasikan Keuangan

Manfaat yang berikutnya dari perencanaan keuangan adalah untuk mengalokasikan keuangan perusahaan secara maksimal.

Dengan membuat daftar perencanaan keuangan, maka keuangan milik perusahaan akan dialokasikan untuk membiayai segala kepentingan yang dapat memiliki manfaat dalam lini perusahaan.

Proses ini akan melalui langkah yang panjang dan diakhiri kesepakatan bersama antar sesama pihak yang memiliki kewenangan.

Sehingga anggaran dari keuangan perusahaan itu akan masuk untuk kepentingan yang tepat dan memiliki manfaat bagi kemajuan perusahaan.

Di samping itu, perencanaan keuangan seperti ini juga akan mengontrol setiap pos-pos anggaran yang tidak terlalu penting atau sifatnya dapat ditunda. Sehingga kestabilan keuangan bisnis tetap terjaga.

  • Meningkatan Produktivitas

Perencanaan keuangan dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan produktivitas.

Caranya adalah dengan merencanakan pembiayaan untuk lini produktivitas yang belum terjamah yang didahului dengan rapat atau kesepakatan bersama dari setiap pihak yang memiliki kewenangan di dalam lingkup perusahaan.

Dengan adanya kemajuan produkivitas perusahaan, maka pada waktu yang akan datang, perencanaan ini akan sukses untuk memajukan perusahaan ke posisi yang lebih unggul dan maju dari sebelumnya.

Secara tidak langsung, dengan perencanaan keuangan bisnis Anda dapat membangun masa depan bisnis yang lebih baik.

Langkah-Langkah dalam Perencanaan Keuangan Bisnis

5 langkah mudah membuat rencana keuangan untuk bisnis di bawah ini akan membimbing Anda untuk mengetahui apa saja yang diperlukan ketika merencanakan keuangan bagi sebuah bisnis.

Hitung Biaya Setup (Setup Cost)

Setup cost adalah biaya untuk mempersiapkan mesin atau proses produksi untuk membuat suatu pesanan atau biaya-biaya yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian pada saat bahan/barang diproses.

Pembuatan rencana keuangan bisnis dimulai dengan membandingkan jumlah biaya setup dengan jumlah modal investasi untuk startup.

Tentukan berapa banyak uang yang dialokasikan sebagai modal bisnis, atau berapa besar Anda perlu meminjam untuk memulai bisnis.

Biaya setup awal akan mencakup biaya administrasi dan pemasaran awal, biaya pendaftaran, lisensi, dan legal lainnya, biaya peralatan dan kebutuhan aset, serta modal awal (working capital).

Proyeksi Laba-Rugi Bisnis

Teknik Manajemen Laba

Membuat proyeksi atau jumlah ramalan penjualan dan beban operasi penting untuk dilakukan.

Anda disarankan membuat proyeksi untuk 12 bulan ke depan sejak pertama usaha beroperasi.

Cara membuat proyeksi adalah dengan membandingkan potensi pendapatan penjualan (omzet) dengan harga pokok penjualan (cost of goods sold) plus biaya tetap operasional (fixed cost).

Tetapkan perkiraan harga penjualan agar Anda dapat menghitung potensi laba alias keuntungan.

Perkiraan Arus Kas (Cash Flow)

Sebuah bisnis baru sering membutuhkan uang tunai untuk membangun kapasitas yang diperlukan untuk melayani pelanggan.

Memiliki perkiraan arus kas pendanaan sangatlah penting untuk menghindari kekurangan pendanaan di awal usaha.

Aktivitas pendanaan dalam arus kas meliputi kegiatan untuk memperoleh kas dari investor atau kreditor.

Kegiatan pendanaan mencakup pengeluaran saham, peminjaman uang dengan mengeluarkan wesel bayar dan pinjaman obligasi, penjualan saham perbendaharaan, serta pembayaran terhadap pemegang saham seperti dividen dan pembelian saham perbendaharaan.

Perkiraan Neraca Saldo

Cara Membuat Neraca Saldo dengan Mudah

Membuat perkiraan neraca saldo setelah 12 bulan beroperasi berdasarkan perkiraan penjualan serta perkiraan biaya operasi.

Perkiraan neraca saldo terdiri dari aset, saldo pinjaman, serta, dan saldo modal.

Baca juga: Contoh Laporan Neraca Perusahaan Dagang

Analisa Titik Impas (Breakeven Point)

Ketika menjalankan usaha tentunya akan mengeluarkan biaya produksi.

Dengan menghitung BEP, dapat diketahui waktu dan tingkat harga penjualan yang dilakukan, tidak membuat rugi, serta mampu menetapkan penjualan dengan harga yang bersaing tanpa melupakan laba yang diinginkan.

Secara umum, titik impas dibedakan berdasarkan jenis bisnis, bisnis jasa menetapkan patokan berdasarkan jumlah rata-rata jam kerja per minggu.

Asumsi yang digunakan adalah biaya operasi memakan 60%-70% dari keseluruhan pendapatan.

Perencanaan Keuangan Bisnis Lebih Efektif dengan Mekari Jurnal

Untuk membuat rencana keuangan bisnis, Anda dapat memanfaatkan software akuntansi online Mekari Jurnal.

Dengan fitur ini, Anda dapat membuat perencanaan sistematis yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu untuk masa yang akan datang.

Setelah membuat anggaran keuangan di Jurnal, Anda juga dapat melihat perbandingan antara jumlah transaksi rill dan anggaran yang telah Anda susun per akun pada laporan anggaran laba rugi.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah membuat perencanaan keuangan yang baik untuk bisnis atau usaha Anda. Semoga bermanfaat!

Kategori : BisnisKeuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo