Mengenal Strategi Fleksibilitas Harga dan Jenis-Jenisnya

Penjelasan mengenai jenis-jenis strategi fleksibilitas harga, harga fleksibel atau flexible pricing adalah sebagai berikut disini.

Pernahkah Anda membeli barang/produk dengan jenis yang sama di dua kota yang berbeda? Apakah harganya sama?

Harga suatu barang dengan jenis yang sama biasanya akan berbeda, misal harga handphone di Jakarta lebih murah daripada jika Anda membelinya di Papua.

Hal ini karena produk yang berada di Papua harus melewati proses distribusi yang lebih panjang. Dalam dunia bisnis, hal ini wajar terjadi.

Penetapan tersebut dikenal dengan istilah ‘strategi fleksibilitas harga’. Pernah mendengar istilah strategi fleksibilitas harga?

Ilustrasi di atas merupakan contoh untuk menjelaskan strategi fleksibilitas harga.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat penjelasannya di bawah ini.

Membaca tulisan ini anda bisa menjawab beberapa pertanyan seperti :

  • Jelaskan apa yang anda ketahui tentang asas fleksibilitas kegunaan dan biaya?
  • Menjaga fleksibilitas usaha merupakan bagian dari pendekatan dari apa?

Pengertian Strategi Fleksibilitas Harga Atau Flexible Pricing adalah?

Seperti yang Anda ketahui, untuk membeli sebuah produk, konsumen biasanya akan melihat harga.

Sementara fleksibel adalah suatu sifat dimana berkaitan dengan posisi terhadap suatu keadaan.

Jadi, secara sederhana, strategi flexible pricing adalah merupakan strategi harga yang dapat memposisikan dalam suatu keadaan.

Strategi fleksibilitas harga dapat digunakan untuk menetapkan harga suatu barang atau produk yang berbeda pada pasar dan berlainan atas dasar geografis, waktu pengiriman, dan kompleksitas produk.

Jenis Strategi Fleksibilitas Harga

Penjelasan mengenai jenis-jenis strategi fleksibilitas harga dan atau flexible pricing adalah sebagai berikut disini.

Strategi fleksibilitas harga terdiri dari dua macam, yakni strategi satu harga dan strategi penetapan harga fleksibel. Berikut penjelasannya:

1. Strategi Satu Harga

Strategi satu harga disebut juga harga tunggal. Pada strategi flexible pricing ini, yang dilakukan perusahaan adalah dengan menetapkan harga yang sama untuk setiap pembelian yang sama dengan kuantitas dan kualitas yang sama. Selain itu, kondisi pasar yang terjadi juga sama.

Biasanya perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah perusahaan dengan penjualan dan distribusi yang jumlahnya sangat banyak.

Tujuan dari strategi ini adalah untuk mendapatkan goodwill dan memudahkan perusahaan untuk menetapkan harga. Namun, untuk menerapkan strategi ini, perusahaan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Ada analisis terperinci mengenai posisi perusahaan dan struktur biaya yang dibandingkan dengan industri secara keseluruhan.
  2. Terdapat informasi yang berkaitan dengan variabilitas harga pada penawaran harga yang sama pada setiap konsumen.
  3. Adanya pemahaman skala ekonomis yang tersedia untuk perusahaan.
  4. Terdapat informasi tentang harga yang kompetitif, yakni harga yang sanggup dibayar oleh konsumen.

2. Strategi Penetapan Harga Fleksibel Atau Flexible Pricing Adalah Sebagai Berikut

Berbeda dengan strategi tunggal fleksibilitas harga atau flexible pricing, strategi ini adalah dijalankan dengan menetapkan harga yang berbeda kepada setiap konsumennya dengan kualitas produk yang sama.

Adapun tujuan dari strategi ini adalah untuk memaksimalkan laba jangka panjang dan memberikan fleksibilitas dengan cara memungkinkan adanya penyesuaian, baik kenaikan maupun penurunan harga.

Penyesuaian harga tersebut juga bergantung dari tingkat persaingan yang dihadapi, hubungan antara pelanggan dan perusahaan, dan kemauan konsumen untuk membayar. Seperti halnya harga tunggal, untuk menetapkan strategi harga fleksibel juga terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan, seperti:

  1. Melakukan analisis customer-value terhadap produk.
  2. Memiliki informasi yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan strategi penetapan harga fleksibel. Untuk mengimplementasikan biasanya dengan memilih salah satu cara berdasarkan pasar ataupun letak geografis, produk yang akan ditawarkan, timing, ataupun berdasarkan teknologi.
  3. Penekanan lebih besar untuk margin laba daripada volume penjualan.
  4. Pemantauan terhadap hubungan kompetitor, dan perubahan harga yang terjadi di masa lalu.

Nah, penjelasan mengenai strategi fleksibilitas harga, harga fleksibel atau flexible pricing adalah seperti apa telah diulas diatas.

Tentu saja setelah membaca tulisan ini anda bisa menjawab beberapa pertanyan seperti :

  • Jelaskan apa yang anda ketahui tentang asas fleksibilitas kegunaan dan biaya?
  • Menjaga fleksibilitas usaha merupakan bagian dari pendekatan dari apa?

Kelola Bisnis Lebih Mudah Dengan Bantuan Mekari Jurnal

Untuk memudahkan Anda menghitung dan mengelola semua biaya yang terjadi, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal.

Baik, Saya Mau Coba Aplikasi Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Jurnal software memiliki fitur pembiayaan yang mempermudah Anda mengatur semua biaya investasi bisnis, mengelola biaya, melacak bukti pembayaran, menjadwalkan pembayaran berulang, dan melihat kategori biaya menjadi mudah.

Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara membuat pembukuan akuntansi sederhana untuk membantu mengelola keuangan perusahaan Anda dengan menggunakan Mekari Jurnal.

Jurnal Hadirkan Fitur Software Akuntansi Terlengkap di Indonesia

Tentu saja menentukan strategi fleksibilitas harga atau flexible pricing adalah hal yang lebih mudah jika pengelolaan keuangan perusahaan berjalan dengan lebih baik.

Karena selain fitur pembiayaan, Jurnal juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan dengan lebih baik.

Informasi lebih lengkap mengenai Jurnal yang juga merupakan aplikasi invoice kunjungi laman utama website kami.

Kategori : Marketing

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo