Pernahkah Anda membeli barang/produk dengan jenis yang sama di 2 kota yang berbeda? Apakah harganya sama? Harga suatu barang dengan jenis yang sama biasanya akan berbeda, misal harga handphone di Jakarta lebih murah daripada jika Anda membelinya di Papua. Hal ini karena produk yang berada di Papua harus melewati proses distribusi yang lebih panjang. Dalam dunia bisnis ini, hal ini wajar terjadi. Penetapan tersebut dikenal dengan istilah ‘strategi fleksibilitas harga’. Pernah mendengar istilah strategi fleksibilitas harga? Ilustrasi di atas merupakan contoh untuk menjelaskan strategi fleksibilitas harga. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat penjelasannya di bawah ini.

 

Pengertian Strategi Fleksibilitas Harga

Seperti yang Anda ketahui, untuk membeli sebuah produk, konsumen biasanya akan melihat harga. Sementara fleksibel adalah suatu sifat di mana berkaitan dengan posisi terhadap suatu keadaan. Jadi, secara sederhana, strategi fleksibilitas harga merupakan strategi harga yang dapat memposisikan dalam suatu keadaan. Strategi fleksibilitas harga dapat digunakan untuk menetapkan harga suatu barang atau produk yang berbeda pada pasar dan berlainan atas dasar geografis, waktu pengiriman, dan kompleksitas produk.

 

Jenis Strategi Fleksibilitas Harga

Strategi fleksibilitas harga terdiri dari dua macam, yakni strategi satu harga dan strategi penetapan harga fleksibel. Berikut penjelasannya:

1. Strategi Satu Harga

Strategi satu harga disebut juga harga tunggal. Pada strategi ini, perusahaan menetapkan harga yang sama untuk setiap pembelian yang sama dengan kuantitas dan kualitas yang sama. Selain itu, kondisi pasar yang terjadi juga sama. Biasanya perusahaan yang menggunakan strategi ini adalah perusahaan dengan penjualan dan distribusi yang jumlahnya sangat banyak. Tujuan dari strategi ini adalah untuk mendapatkan goodwill dan memudahkan perusahaan untuk menetapkan harga. Namun, untuk menerapkan strategi ini, perusahaan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

a. Ada analisis terperinci mengenai posisi perusahaan dan struktur biaya yang dibandingkan dengan industri secara keseluruhan.

b. Terdapat informasi yang berkaitan dengan variabilitas harga pada penawaran harga yang sama pada setiap konsumen.

c. Adanya pemahaman skala ekonomis yang tersedia untuk perusahaan.

d. Terdapat informasi tentang harga yang kompetitif, yakni harga yang sanggup dibayar oleh konsumen.

2. Strategi Penetapan Harga Fleksibel

Berbeda dengan strategi tunggal, strategi ini menetapkan harga yang berbeda kepada setiap konsumennya dengan kualitas produk yang sama. Adapun tujuan dari strategi ini adalah untuk memaksimalkan laba jangka panjang dan memberikan fleksibilitas dengan cara memungkinkan adanya penyesuaian, baik kenaikan maupun penurunan harga. Penyesuaian harga tersebut juga bergantung dari tingkat persaingan yang dihadapi, hubungan antara pelanggan dan perusahaan, dan kemauan konsumen untuk membayar. Seperti halnya harga tunggal, untuk menetapkan strategi harga fleksibel juga terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan, seperti:

a. Melakukan analisis customer-value terhadap produk.

b. Memiliki informasi yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan strategi penetapan harga fleksibel. Untuk mengimplementasikan biasanya dengan memilih salah satu cara berdasarkan pasar ataupun letak geografis, produk yang akan ditawarkan, timing, ataupun berdasarkan teknologi.

c. Penekanan lebih besar untuk margin laba daripada volume penjualan.

d. Pemantauan terhadap hubungan kompetitor, dan perubahan harga yang terjadi di masa lalu.

 

Demikian penjelasan mengenai strategi fleksibilitas harga. Untuk memudahkan Anda menghitung dan mengelola semua biaya yang terjadi, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal. Jurnal memiliki fitur pembiayaan yang mempermudah Anda mengatur semua biaya yang bisnis, mengelola biaya, melacak bukti pembayaran, menjadwalkan pembayaran berulang, dan melihat kategori biaya menjadi mudah. Selain fitur pembiayaan, Jurnal juga memiliki fitur-fitur lain yang dapat membantu Anda mengelola keuangan perusahaan. Informasi lebih lengkap, klik di sini.