Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Strategi Mengakuisisi Pelanggan Untuk Pemilik Bisnis Kecil

Tayang 13 Aug 2018
Diperbarui 10 Oktober 2023

Sebagai pemilik bisnis kecil, kemungkinan besar Anda menyadari, agar tetap kompetitif dan menguntungkan berarti harus membuat bisnis Anda tampil luar biasa untuk menarik pelanggan baru dan menjaga kepuasan pelanggan yang ada melalui proses akuisisi pelanggan.

Namun sayangnya, bagi pemilik bisnis kecil atau UKM, proses untuk menarik pelanggan baru atau yang lebih dikenal sebagai akuisisi pelanggan ini, lebih sering tidak berjalan efektif.

Hal ini karena banyak saluran  media berbayar yang digunakan untuk berpromosi justru menghabiskan uang perusahaan tanpa memberikan hasil yang signifikan.

Masalah lain yang timbul, terkadang beberapa media berbayar juga tidak memiliki skala grafik yang memberitahukan efektivitas jangkauan dari iklan tersebut, sehingga Anda tidak mengetahui apakah iklan tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.

Untuk mengatasi hal tersebut, seorang pemilik bisnis kecil tidak hanya membutuhkan strategi akuisisi pelanggan yang biasa.

Tetapi strategi akuisisi terukur yaitu strategi yang menghasilkan peningkatan yang stabil dalam perolehan pelanggan dan pendapatan baru, tetapi hanya  membutuhkan biaya operasi yang relatif lebih kecil.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mulai membuat strategi akuisisi pelanggan terukur yang membutuhkan biaya operasi relatif kecil.

Selalu Tentukan Target Pasar Anda

Memiliki pemahaman yang jelas tentang pelanggan yang menjadi target pasar sangat penting bagi strategi akuisisi pelanggan. Mulailah dengan mengidentifikasi profil pelanggan ideal, temukan siapa mereka, cara menjangkau, hingga cara berbicara dan menjual kepada mereka.

Mengetahui dasar-dasar tentang demografi pelanggan, termasuk usia, jenis kelamin, pendapatan, dan status perkawinan sangatlah penting, tetapi benar-benar mengenal pelanggan artinya menggali lebih banyak informasi pribadi, seperti minat, preferensi, dan yang paling penting adalah kebiasaan membeli pelanggan.

Dari pengetahuan ini Anda akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang seperti apa target pasar Anda sebenarnya, sehingga dapat menyesuaikan produk atau layanan yang sesuai untuk lebih memenuhi kebutuhan dan keinginan calon pelanggan.

Mengetahui target pasar juga akan membantu Anda membuat dan menyampaikan pesan pemasaran yang lebih bersifat personal.

Gunakan Email Marketing

Dengan menjadikan email sebagai salah satu saluran komunikasi paling populer bagi bisnis untuk menjangkau prospek, maka seberapa baik Anda menyusun email akan memainkan peran besar dalam menarik dan menahan perhatian prospek pada bisnis Anda.

Kunci penggunaan email marketing sebagai saluran komunikasi untuk mengakuisisi pelanggan adalah dengan menguraikan secara tepat bagaimana produk atau layanan Anda dapat memecahkan masalah prospek.

Kemudian berilah ajakan bertindak secara sederhana untuk memindahkan prospek Anda ke langkah berikutnya dalam proses penjualan.

Selalu kirimkan email marketing yang ringkas dengan baris subyek yang menarik untuk  mengefektifkan komunikasi dan periksalah kembali email Anda agar  tidak memiliki kesalahan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa karena ini dapat menurunkan kredibilitas merek Anda.

Cobalah Gunakan Social Media

Di zaman sekarang, Anda akan melihat bahwa sebagian besar pelanggan Anda terhubung, mendapat informasi, dan terlibat di social media.

Jadi mengapa tidak mulai meningkatkan skala strategi akuisisi pelanggan Anda dengan membangun kehadiran bisnis melalui social media?

Berikan konten berkualitas (misalnya posting blog, webinar, video, studi kasus, dan sebagainya) yang dapat diterima oleh calon pelanggan sebagai hal yang relevan, menarik, menghibur, dan bermanfaat.

Konten yang terlalu mempromosikan diri sendiri tanpa memperhatikan manfaat lainnya dapat merusak kampanye pemasaran sosial dan kredibilitas merek Anda.

Berfokuslah pada pembuatan konten sosial yang sederhana, membantu, dan mudah dicerna oleh pelanggan prospek agar mereka tertarik untuk selalu terhubung dan pada akhirnya memiliki keinginan untuk selalu melakukan pembelian.

Pada akhirnya, pasar yang kompetitif dapat menjadi sebuah tantangan sehat yang bisa Anda menangkan jika Anda memiliki strategi akuisisi terukur dengan penggunaan biaya yang relatif kecil seperti yang telah dijelaskan di atas.

Setelah Anda sukses dalam mengakuisisi pelanggan dan mampu meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar agar bisnis tetap dapat berjalan.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat menyediakan keperluan pencatatan keuangan Anda secara aman dan tepercaya. Termasuk berperan sebagai aplikasi pembukuan online shop terpercaya.

Dengan sistem cloud yang digunakannya dan sertifikasi ISO/IEC 27001, maka setiap data keuangan yang Anda masukkan akan ter-backup dengan aman tanpa risiko kehilangan atau diketahui pihak lain yang tidak berkepentingan.

Untuk informasi selengkapnya tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan melalui aplikasi invoice. Pelajari juga bagaimana mengelola dan mengatur inventory Anda dengan lebih mudah menggunakan aplikasi inventory barang.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal