Akuisisi Pelanggan yang Efektif, Gimana Caranya? Sebagai pemilik bisnis kecil, kemungkinan besar Anda menyadari, agar tetap kompetitif dan menguntungkan berarti harus membuat bisnis Anda tampil luar biasa untuk menarik akuisisi pelanggan baru dan menjaga kepuasan pelanggan yang ada melalui proses akuisisi pelanggan. Namun sayangnya, bagi pemilik bisnis kecil atau UKM, proses untuk menarik pelanggan baru atau yang lebih dikenal sebagai akuisisi pelanggan ini, lebih seringnya tidak berjalan efektif. Hal ini karena banyak saluran media berbayar yang digunakan untuk berpromosi justru menghabiskan uang perusahaan tanpa memberikan hasil yang signifikan. Masalah lain yang timbul, terkadang beberapa media berbayar juga tidak memiliki skala grafik yang memberitahukan efektivitas jangkauan dari iklan tersebut, sehingga Anda tidak mengetahui apakah iklan tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Maka untuk mengatasi hal tersebut, biasanya seorang pemilik bisnis kecil membutuhkan strategi akuisisi pelanggan yang lebih strategis dan efektif. Strategi akuisisi pelanggan yang terukur tentunya dapat menghasilkan peningkatan yang stabil dalam perolehan pelanggan dan pendapatan baru. Meski begitu, ternyata biaya operasi yang dikeluarkan justru bisa relatif lebih kecil, jika mengetahui cara-caranya dengan efektif. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mulai membuat strategi akuisisi pelanggan terukur yang dengan biaya operasi yang relatif kecil. Baca Juga: 7 Langkah Tepat Meningkatkan Kredibilitas Bisnis UKM Selalu Tentukan Target Pasar Anda Memiliki pemahaman yang jelas tentang calon pelanggan yang menjadi target pasar sangat penting bagi strategi akuisisi pelanggan. Mulailah dengan mengidentifikasi profil calon pelanggan ideal, temukan siapa mereka, cara menjangkau, hingga cara berbicara dan menjual kepada mereka. Mengetahui dasar-dasar tentang demografi pelanggan, termasuk usia, jenis kelamin, pendapatan, dan status perkawinan sangatlah penting. Tetapi hal ini benar-benar harus dilakukan dengan baik, yaitu menggali lebih banyak informasi pribadi, seperti minat, preferensi, dan yang paling penting adalah kebiasaan membeli pelanggan. Baca Juga: 6 Strategi Tepat Menaikkan Harga Tanpa Kehilangan Pelanggan Melalui pemahaman ini, Anda akan mendapatkan penjelasan yang lebih optimal tentang seperti apa target pasar Anda sebenarnya. Sehingga dapat menyesuaikan produk atau layanan yang sesuai untuk lebih memenuhi kebutuhan dan keinginan calon pelanggan. Mengetahui target pasar juga akan membantu Anda membuat dan menyampaikan pesan pemasaran yang lebih bersifat personal. Gunakan Email Marketing Dengan menjadikan email sebagai salah satu saluran komunikasi paling populer bagi bisnis untuk menjangkau prospek, maka seberapa baik Anda menyusun email akan memainkan peran besar dalam menarik dan menahan perhatian prospek pada bisnis Anda. Kunci penggunaan email marketing sebagai saluran komunikasi untuk akuisisi pelanggan adalah dengan menguraikan secara tepat bagaimana produk atau layanan Anda dapat memecahkan masalah sehingga mendapatkan prospek yang maksimal. Kemudian berilah ajakan bertindak secara sederhana untuk memindahkan prospek Anda ke langkah berikutnya dalam proses penjualan. Selalu kirimkan email marketing yang ringkas dengan baris subyek yang menarik untuk mengefektifkan komunikasi dan periksalah kembali email Anda agar tidak memiliki kesalahan ejaan, tanda baca, dan tata bahasa karena ini dapat menurunkan kredibilitas merek Anda. Baca Juga: Kiprah Strategi Pemasaran, dari Tradisional Sampai Modern Cobalah Gunakan Social Media Di zaman sekarang, Anda akan melihat bahwa sebagian besar pelanggan ini terhubung terhubung satu sama lain. Seperti mendapat informasi dan terlibat di social media. Jadi mengapa tidak mulai meningkatkan skala strategi akuisisi pelanggan Anda dengan membangun kehadiran bisnis melalui social media? Berikan konten berkualitas seperti posting blog, webinar, video, atau berupa studi kasus. Setidaknya buatlah konten yang dapat diterima oleh calon pelanggan sebagai hal yang relevan, menarik, menghibur, dan bermanfaat. Konten yang terlalu mempromosikan diri sendiri tanpa memperhatikan manfaat lainnya dapat merusak kampanye pemasaran sosial dan kredibilitas merek Anda. Berfokuslah pada pembuatan konten sosial yang sederhana, membantu, dan senatural mungkin. Tujuannya adalah membuat pelanggan menjadi tertarik untuk selalu terhubung dan pada akhirnya memiliki keinginan untuk selalu melakukan pembelian. Pada akhirnya, pasar yang kompetitif dapat menjadi sebuah tantangan sehat yang bisa Anda menangkan jika Anda memiliki strategi akuisisi terukur dengan penggunaan biaya yang relatif kecil seperti yang telah dijelaskan di atas. Baca Juga: 5 Langkah Melakukan Proses Rebranding Melalui Social Media Kelola Keuangan Bisnis dengan Mekari Jurnal Setelah Anda sukses dalam mengakuisisi pelanggan dan mampu meningkatkan penjualan, jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar agar bisnis tetap dapat berjalan. Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat menyediakan keperluan pencatatan keuangan Anda secara aman dan tepercaya. Termasuk berperan sebagai aplikasi pembukuan online shop terpercaya. Dengan sistem cloud yang digunakannya dan sertifikasi ISO/IEC 27001, maka setiap data keuangan yang Anda masukkan akan ter-backup dengan aman tanpa risiko kehilangan atau diketahui pihak lain yang tidak berkepentingan. Informasi selengkapnya tentang Mekari Jurnal bisa Anda dapatkan melalui aplikasi invoice. Pelajari juga bagaimana mengelola dan mengatur inventory Anda dengan lebih mudah menggunakan aplikasi inventory barang.