Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

7 Langkah Tepat Meningkatkan Kredibilitas Bisnis UKM

Tayang 16 May 2018
Diperbarui 28 Desember 2023

Kredibilitas bisnis adalah hal penting yang didapat perusahaan melalui kepercayaan dari seorang klien, mitra bisnis, pelanggan, dan sumber daya keuangan.

Bagi pemilik bisnis UKM, yang masih dalam taraf menengah, sebuah kredibilitas adalah salah satu masalah yang harus diperjuangkan agar dapat bersaing dengan usaha besar lain yang telah berkembang lebih dulu.

Untuk memperoleh kredibilitas bisnis yang  sesuai dengan strategi marketing saat ini banyak dilakukan secara digital melalui Internet, maka ada beberapa langkah tepat yang bisa Anda aplikasikan di antaranya adalah:

Menyediakan Website Profesional

menyediakan website sebagai representatif bisnis anda di dunia online

Website merupakan business representative Anda di dunia digital. Dengan adanya website, konsumen tidak perlu bersusah payah menuju tempat bisnis Anda yang mungkin berlainan kota hanya untuk melihat produk yang Anda jual.

Cukup dengan browsing dan mencari kebutuhan mereka lewat website, konsumen dengan mudah menemukan produk yang diinginkan.

Karena website ini adalah representative Anda, maka buatlah website yang memberikan kesan profesional dan berisi informasi lengkap yang selalu ter-update, serta memiliki kualitas gambar yang bagus. Saat ini, sudah banyak jasa pembuatan website yang bisa Anda pilih sesuai dengan budget.

Buat Social Media yang Terintegrasi

Selain memiliki website resmi, saat ini pemasaran bisnis UKM juga banyak dilakukan melalui social media. Di mana, social media memegang peranan penting bagi kesuksesan sebuah pemasaran, karena melalui social media, konsumen dapat berinteraksi lebih dekat dengan bisnis.

Untuk memiliki sebuah social media yang mampu mendukung kredibilitas sebuah UKM, maka harus diperhatikan beberapa hal didalamnya, antara lain:

a. Menyediakan  foto barang atau produk yang berkualitas. Foto produk yang terkesan profesional dan berkualitas akan memengaruhi keyakinan konsumen untuk membeli dan mempercayai sebuah produk.

b. Memberi deskripsi yang jelas.

c. Memberi alamat link yang dapat diakses atau dihubungi konsumen untuk lebih memperjelas bisnis, misalnya mencantumkan alamat toko, nomor telepon yang dapat dihubungi, maupun website resmi yang bisa diakses.

Tambahkan Kontak Customer Service

Layanan kontak costumer service yang dicantumkan dalam website akan mempermudah para calon konsumen untuk melakukan interaksi secara langsung pada bisnis Anda.

Adanya kontak costumer service juga akan menghilangkan keraguan konsumen terhadap kemungkinan bahwa website atau iklan usaha tersebut palsu karena tidak adanya kontak costumer service yang bisa dihubungi jika terjadi masalah dalam proses transaksi.

Cantumkan Alamat Bisnis

Seringkali ditemui website suatu bisnis yang hanya mencantumkan nomor telepon dan menyediakan kolom pesan jika ada yang ingin ditanyakan. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan membuat calon konsumen ragu dengan keberadaan bisnis Anda.

Jadi, cobalah cantumkan alamat bisnis yang benar dan jelas untuk menumbuhkan rasa percaya konsumen pada bisnis Anda. Berikan kesan positif sehingga mendorong calon konsumen membeli produk Anda.

Gunakan Alamat Email Perusahaan

Menggunakan alamat email gratis memang diperbolehkan dalam dunia bisnis. Tapi untuk meningkatkan kredibilitas sebuah bisnis, maka tidak ada salahnya jika sedikit membayar untuk memperoleh alamat email dengan nama domain bisnis Anda sendiri.

Memiliki alamat email dengan domain nama perusahaan atau bisnis akan memberi kesan kuat, bahwa Anda memiliki bisnis besar dan identitas bisnis yang kuat.

Kartu Nama yang Representatif

Walaupun saat ini sudah memasuki era digital. Penggunaan kartu nama sebagai alat pertukaran informasi identitas pemilik bisnis tetaplah dibutuhkan. Gunakan kartu nama yang cukup representatif dengan desain elegan yang menggambarkan citra bisnis dan diri Anda.

Cantumkan identitas bisnis di samping identitas pribadi dengan jelas. Pastikan siapapun yang menerima kartu nama tersebut akan selalu ingat antara keterkaitan nama dan bisnis Anda.

Tempatkan Diri Secara Proporsional

Seorang pemilik bisnis pemula, akan dituntut untuk ikut berperan dalam setiap kegiatan bisnisnya. Ada kalanya, seorang pemilik bisnis harus ikut turun melayani konsumen maupun menjadi tenaga pemasaran yang ikut menawarkan barang.

Jika sebagai pemilik bisnis UKM Anda masih harus menjalani berbagai fungsi diatas, maka pastikan untuk menempatkan diri secara proporsional. Bersikaplah seperti seorang tenaga marketer profesional saat hendak menawarkan barang, dan berikan pelayanan maksimal saat Anda harus ikut melayani konsumen.

Dengan menempatkan diri secara proporsional tanpa harus selalu terikat dengan status sebagai pemilik bisnis, Anda akan membuat klien maupun konsumen Anda merasa nyaman sehingga dapat membantu peningkatan kredibilitas sebuah usaha.

Meningkatkan kredibilitas UKM agar bisa setara dengan bisnis yang sudah mapan, bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan asalkan Anda ingin terus belajar dan memiliki keinginan yang kuat untuk berkembang.

Satu hal penting yang harus di persiapkan oleh pemilik bisnis UKM ketika bisnisnya mulai berkembang adalah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar agar tidak terjadi masalah karena salah pengelolaan yang bisa berakibat fatal.

Jurnal software akuntansi online, sangat mengerti kebutuhan tersebut. Berkomitmen untuk mendukung kebutuhan akuntansi dan pengelolaan keuangan perusahaan, Jurnal sebagai software akuntansi terbaik menyediakan fitur produk yang sesuai dengan kebutuhan UKM dengan beberapa paket yang bisa Anda pilih, seperti aplikasi keuangan perusahaan.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal