Bisnis oleh-oleh khas daerah menjadi salah satu tren saat ini. Banyak artis Indonesia yang berhasil dan sukses memulai bisnis oleh-oleh khas daerah. Teuku Wisnu dengan Malang Strudelnya, Dude Herlino dengan Jogja Scrummy, Irwansyah dengan Medan Napoleon, Zaskia Sungkar dengan Surabaya Snowcake, dan masih banyak lagi. Bisnis oleh-oleh banyak diminati akhir-akhir ini. Di mana, banyak orang yang akan selalu membawa buah tangan setiap mereka pergi berlibur atau traveling. Ditambah lagi, jika bisnis oleh-oleh ini memiliki rasa yang lezat dengan kemasan yang menarik. Hal ini tentu bisa menjadi daya tarik sendiri bagi calon pelanggan. Jika Anda ingin sukses membuat bisnis oleh-oleh seperti mereka, berikut adalah tips yang bisa Anda tiru.

 

Memiliki Ciri Khas Daerah

Memulai bisnis oleh-oleh khas daerah berarti Anda tidak boleh melupakan unsur atau ciri khas daerah itu sendiri. Misalnya, Teuku Wisnu memiliki ciri khas Malang yaitu apel, Lampung dengan buah pisangnya, Bogor dengan ciri khas Talas, dan sebagainya. Cobalah pelajari makanan dan ciri khas daerah yang ingin kamu tuju sebelum memutuskan membuat bisnis oleh-oleh.

 

Beri Sentuhan Modern

Bukan berarti bisnis oleh-oleh, Anda hanya menjual makanan tradisional daerah tanpa memberi sentuhan modern sedikitpun. Dapat Anda lihat bagaimana bisnis oleh-oleh masa kini berhasil sukses dan dikenal masyarakat luas. Kebanyakan dari mereka akan mengubah konsep oleh-oleh khas menjadi lebih modern. Jadi, cobalah berikan sentuhan modern dari bisnis oleh-oleh yang akan Anda jalankan. Misalnya membuat kemasan dengan gaya kekinian, memberikan rasa yang sedang digemari, dan sebagainya.

 

Siapkan Modal yang Cukup

Modal adalah salah satu hal penting yang harus Anda siapkan sebelum memulai bisnis. Kekurangan modal saat menjalankan bsinis bisa menghambat ketika Anda ingin mengembangkan bisnis seperti menambah kapasitas produksi, menambah alat produksi, dan biaya operasional lainnya. Jika modal yang Anda miliki tidak cukup, Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan pinjaman modal ke lembaga keuangan seperti Bank, Koperasi, atau mencari investor bisnis.

 

Kerja Sama dengan Tour & Travel

Bekerja sama dengan tour travel adalah salah satu strategi bisnis yang harus Anda lakukan. Kenapa? Karena mereka berperan penting sebagai pengarah para wisatawan ke tempat-tempat menarik dan juga outlet oleh-oleh. Dengan menjalin kerja sama dengan tour travel bisnis Anda akan lebih ramai dikunjungi para wisatawan ataupun traveler. Cobalah cari tour travel terbesar dan tepercaya di kota Anda.

 

Endorse Orang Terkenal untuk Promosi

Setelah memproduksi oleh-oleh baru yang unik, tak ada salahnya Anda meminta orang terkenal untuk mempromosikan produk yang Anda miliki. Cobalah cari beberapa orang yang memiliki banyak followers di Instagram atau Twitter. Mintalah mereka untuk memperkenalkan produk Anda ke followers-nya. Sebelum melakukan cara ini, Anda harus benar-benar mengetahui calon endorser, kenapa? Karena cara ini membutuhkan biaya ekstra, jangan sampai Anda membuat budget tanpa mendapatkan hasil yang baik.

 

Sewa Jasa Konsultan

Jika Anda serius ingin mengembangkan bisnis oleh-oleh ini, namun tidak mengerti bagaimana cara mengemasnya dengan menarik, Anda bisa menggunakan jasa konsultan yang bisa memberikan solusi dan ide-ide baru untuk bisnis. Konsultan ini akan bertugas membantu Anda membuat product branding, pemasaran, dan sebagainya. Membantu Anda membuat logo, packaging, promosi di beberapa channel, hingga memberitahu bagaimana cara komunikasi yang baik untuk memperkenalkan produk.

 

Lokasi & Pelayanan yang Baik

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan sebelum memulai bisnis oleh-oleh adalah pemilihan lokasi. Cobalah pilih lokasi yang strategis seperti dipinggir jalan raya, dekat dengan tempat wisata daerah, dan memiliki fasilitas parkir yang luas. Meski harga sewa lokasi mahal, anggaplah ini sebagai modal Anda meraih kesuksesan bisnis. Selain lokasi, Anda juga harus memerhatikan pelayanan, cobalah sapa calon pelanggan yang datang dengan senyuman dan layani mereka dengan senang hati. Anda juga bisa menanyakan apa yang mereka butuhkan dan berilah mereka informasi mengenai produk Anda secara detail.

 

Itulah beberapa tips yang harus Anda lakukan sebelum dan saat menjalankan bisnis oleh-oleh. Dengan mengikuti tips di atas, bisnis Anda akan berjalan dengan baik dan lebih mudah untuk berkembang. Namun, bisnis berkembang juga tergantung dari cara Anda mengelola keuangan. Dengan pengelolaan keuangan yang asal-asalan dan tidak teratur, bisnis akan lebih mudah untuk gagal dan sulit untuk berkembang.

 

Jurnal merupakan solusi bagi Anda yang ingin melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, tepat, dan akurat. Dengan Jurnal, Anda dapat melihat kondisi keuangan Anda kapan saja dan di mana saja, mulai dari laba-rugi bisnis, arus kas, neraca, dan sebagainya. Anda juga dapat menikmati kemudahan dalam mengelola stok barang, aset perusahaan, membuat invoice, mengelola utang-piutang, dan lain-lain. Temukan informasi lengkap mengenai Jurnal dan fitur lainnya di sini. Daftar segera dan dapatkan free trial hingga 14 hari.