Daftar Isi
5 min read

Tipe Calon Konsumen yang Wajib Anda Kenali dan Cara Menghadapinya

Tayang 30 May 2018
Diperbarui 19 Mei 2025

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda adalah kemampuan dalam memperlakukan calon konsumen. Jika Anda dapat memperlakukan calon konsumen dengan baik, maka bisnis Anda akan berkembang pesat.

Oleh karena itu, pemahaman karakter calon konsumen dan sifat yang mereka miliki sangat diperlukan untuk menghadapi dan menyiasati dengan cara yang tepat. Sehingga, Anda akan terbiasa dalam menghadapi calon-calon konsumen.

Karena tidak selamanya Anda menghadapi calon konsumen yang baik hati dan tahu posisi pebisnis, maka alangkah baiknya Anda mempelajari tipe-tipe calon konsumen dan belajar untuk menghadapinya.

Key Takeaways
  • Setiap calon konsumen memiliki karakter yang berbeda (seperti hemat, pendiam, cerewet, pemarah, dll), dan pendekatan yang tepat untuk tiap tipe akan membantu meningkatkan peluang penjualan.
  • Penting untuk memahami produk dengan baik dan memiliki kemampuan komunikasi yang sabar, sopan, dan meyakinkan sesuai karakter konsumen yang dihadapi.
  • Selain memahami konsumen, perkembangan bisnis juga ditentukan oleh pengelolaan keuangan yang baik, misalnya dengan menggunakan software seperti Mekari Jurnal.

Calon Konsumen Baik Hati

Calon konsumen seperti ini umumnya suka memamerkan pengetahuan mereka tentang berbagai produk, termasuk produk yang Anda jual.

Namun, yang dikatakan mereka belum tentu benar, karena semua itu terkadang hanya pendapat subyektif mereka saja.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah.

  1. Menyetujui semua pendapat yang dibanggakan mereka.
  2. Rayulah mereka menggunakan produk yang Anda jual.
  3. Perhatikan arah pembicaraan mereka dan ketika ada celah, cobalah manfaatkan untuk menawarkan produk Anda.

Calon Konsumen Hemat

Calon konsumen ini lebih teliti dalam menghitung pengeluaran yang dilakukan saat berbelanja. Mereka akan memilih produk yang memiliki harga termurah namun dengan kualitas yang tidak kalah bagus.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah.

  1. Miliki data seputar perhitungan setiap produk secara lengkap untuk memberikan informasi akurat kepada calon konsumen.
  2. Sampaikan manfaat dan fungsi setiap produk sebagai bahan pembanding.

Calon Konsumen Pendiam

calon-konsumen

Calon Konsumen seperti ini mengharuskan Anda untuk lebih aktif.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah :

  1. Buka pembicaran awal dengan calon konsumen.
  2. Cobalah memulai dengan hal-hal ringan dan jangan langsung mengarah ke penjualan. Seperti “warna apa yang menjadi favorit Anda?”.
  3. Ketika calon konsumen mulai terbuka mulailah masuk ke pembicaraan yang mengarah ke produk Anda.

Calon Konsumen Cerewet

Calon Konsumen dengan tipe ini sangat aktif  berbicara dengan gaya santai dan akrab.

Mereka sangat mudah untuk diajak berbicara dan biasanya mereka akan membuka percakapan. Mereka akan berbicara apa saja dan seakan terlalu berlebihan.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah.

  1. Miliki informasi akurat tentang produk yang Anda jual.
  2. Cobalah menjadi pendengar yang baik dengan membiarkan calon konsumen berbicara.
  3. Ikuti alur calon konsumen sampai tahap tertentu, kemudian cobalah mulai masuk ke arah produk Anda.
  4. Jangan ragu untuk mengatakan, “bolehkan saya berbicara?” dengan senyum manis dan sopan.

Calon Konsumen Pembanding

Jika bertemu dengan konsumen seperti ini, Anda harus lebih berhati-hati.

Sebab, biasanya mereka sudah mengetahui secara mendetail mengenai produk Anda dan kompetitor.

Tidak jarang mereka membandingkan dari segi harga, kualitas, dan lainnya. Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah.

  1. Anda harus menguasai detail produk-produk yang Anda dan kompetitor tawarkan.
  2. Tetap berikan penjelasan tiap detailnya dengan bahasa yang baik dan sopan meski mereka akan terkesan mempertahankan pendapatnya.

Calon Konsumen yang Tidak Sabaran

Terkadang produk Anda membutuhkan waktu cukup lama dalam proses produksinya berdasarkan pesanan para konsumen.

Saat menjalankan bisnis dengan tipe seperti ini, pasti ada konsumen yang ingin mendapatkan hasil yang cepat dan terkesan tidak sabar untuk menunggu.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Menjelaskan dengan baik tentang  estimasi waktu pembuatan produk.
  2. Menjelaskan estimasi waktu pengiriman produk.
  3. Sampaikan semua itu dengan baik dan sopan.

Calon Konsumen Judes

berbagai tipe calon konsumen yang dapat anda temukan di pasar

Calon konsumen tipe ini mungkin sangat menyebalkan dan pasti Anda berharap tidak bertemu dengannya.

Karena konsumen yang judes seringkali membuat Anda ikut kesal.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah:

  1. Sikapi dengan ramah agar suasana mencair.
  2. Atur bahasa yang baik.
  3. Bersikaplah sopan dengan senyum menawan.

Calon Konsumen Angkuh

Untuk menghadapi tipe konsumen seperti ini, Anda harus melakukan beberapa cara seperti.

  1. Belajar mendengarkan dengan apa yang mereka sampaikan.
  2. Jangan terlalu terburu-buru untuk memberikan argumentasi Anda kepada mereka karena akan terkesan membela diri.
  3. Jika mereka telah menyampaikan masalahnya, jelaskan permasalahnnya dan cari solusi untuk menyelesaikannya dengan nada bicara yang terkontrol dan sopan.

Calon Konsumen Pemarah

Untuk menghadapi calon konsumen seperti ini sebaiknya Anda harus menyiapkan stok kesabaran yang ekstra.

Jangan sampai Anda terpancing dan ikut marah dan menyerang pelanggan.

Jika itu terjadi, Anda bisa kehilangan pelanggan di masa depan karena tidak dapat mengatasi tipe pelanggan pemarah.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan adalah :

  1. Belajar mendengarkan dengan apa yang mereka sampaikan.
  2. Jangan terlalu terburu-buru untuk memberikan argumentasi Anda kepada mereka karena akan terkesan membela diri.
  3. Jika mereka telah menyiapkan masalahnya, jelaskan permasalahnnya dan cari solusi untuk menyelesaikannya dengan nada bicara yang terkontrol dan sopan.

Calon Konsumen Bingung

Untuk menghadapi calon konsumen seperti ini, Anda harus menjadi pendengar yang baik dan proaktif dalam memberikan panduan.

Mereka sering kali belum tahu apa yang mereka butuhkan, sehingga mudah merasa tidak yakin atau ragu.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Ajukan pertanyaan untuk menggali kebutuhan mereka secara perlahan.
  2. Tawarkan beberapa opsi produk atau layanan yang sesuai, disertai penjelasan sederhana namun meyakinkan.
  3. Jangan terburu-buru mendorong mereka untuk membeli, bantu mereka merasa percaya diri dalam mengambil keputusan.

Kesabaran Anda dalam membimbing konsumen bingung bisa menjadi alasan mereka kembali sebagai pelanggan setia.

Calon Konsumen Skeptis

Untuk menghadapi calon konsumen skeptis, Anda perlu menyiapkan bukti konkret dan bersikap transparan sejak awal.

Mereka tidak mudah percaya dan biasanya datang dengan banyak keraguan terhadap produk atau layanan Anda.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah:

  1. Sajikan testimoni nyata, ulasan pelanggan lain, atau data yang mendukung keunggulan produk Anda.
  2. Hindari janji berlebihan atau kata-kata bombastis karena justru akan menimbulkan kecurigaan.
  3. Jawab pertanyaan mereka dengan jujur dan terbuka, bahkan jika itu berarti mengakui kekurangan.

Dengan pendekatan yang jujur dan informatif, konsumen skeptis bisa berubah menjadi pelanggan yang loyal karena merasa dihargai dan dipercaya.

Itulah beberapa tipe calon konsumen yang harus Anda kenali dan hadapi. Dengan menghadapi konsumen dengan benar, Anda juga dapat mengembangkan bisnis dengan mudah.

Selain itu, untuk mengembangkan bisnis, Anda juga tidak boleh melupakan keuangan bisnis. Tanpa keuangan bisnis yang baik, bisnis Anda akan sulit untuk berkembang.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi online yang memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis.

Dengan menggunakan Jurnal, dapatkan kemudahan untuk mengetahui laporan keuangan bisinis Anda dengan mudah tanpa membutuhkan banyak waktu.

Sehingga Anda bisa fokus untuk mengembangkan bisnis Anda.

Maka dari itu dapatkan semua informasi penting tentang Jurnal melalui aplikasi stok gudang.

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

WhatsApp Hubungi Kami