Daftar Isi
4 min read

7 Penyebab Produk Tidak Laku Dijual dan Solusi Mengatasinya

Tayang 02 Jun 2018
Diperbarui 11 Feb 2025

Produk tidak laku adalah faktor utama yang menjadi kendala dalam berbisnis. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, mencapai target penjualan merupakan tujuan utama setiap pengusaha.

Namun, seringkali produk yang ditawarkan tidak laku di pasaran, menjadi kendala serius yang menghambat pertumbuhan bisnis. Fenomena ini menuntut pemahaman mendalam mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi laku tidaknya suatu produk, baik yang berasal dari dalam perusahaan (internal) maupun dari luar (eksternal).

Jika 2 faktor tersebut tidak segera di identifikasi dan tidak dicari solusinya, perkembangan bisnis Anda akan terancam. Berikut faktor penyebab produk tidak laku dijual dan solusi mengatasinya.

Baca juga: 9 Strategi Promosi Penjualan yang Efektif di Era Digital

Illustrasi produk tidak laku di pasaran.
Illustrasi produk tidak laku di pasaran.

Penyebab Produk Tidak Laku di Pasaran

Penjualan yang tidak efisien merupakan masalah krusial bagi setiap bisnis. Berbagai faktor kompleks dapat menjadi penyebabnya, baik yang berasal dari dalam perusahaan (internal) maupun dari luar (eksternal). Philip Kotler (2009), seorang ahli ekonomi, menyoroti bahwa ketidaksesuaian produk dengan kebutuhan pasar adalah salah satu penyebab utama kegagalan penjualan. Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi penjualan:

Kurangnya perencanaan strategi pemasaran

Perencanaan yang kurang dalam menentukan strategi pemasaran, merupakan hal yang dapat menyebabkan produk tidak laku dijual.

Hal ini sering dilewatkan para pebisnis. Padahal, perencanaan strategi pemasaran merupakan hal pokok yang harus dilakukan sebelum Anda memulai bisnis.

Solusinya adalah ketika Anda merencanakan strategi pemasaran, usahakan strategi tersebut berorientasi pada konsumen.

Sehingga tercapai tujuan sebuah bisnis yaitu produk laku terjual.

Target Pasar yang Lebar

Target pasar yang terlalu lebar dapat menyebabkan produk Anda tidak laku dijual. Karena fokus Anda akan terpecah ke semua golongan masyarakat dalam memasarkan produk.

Hal ini, sering terjadi karena sebagian pebisnis menginginkan perolehan keuntungan yang sebesar-besarnya.

Untuk meningkatkan efisiensi penjualan, identifikasi dan prioritaskan target pasar yang paling potensial. Agar strategi pemasaran yang Anda susun terfokus dan tepat sasaran.

Kurangnya Jumlah Pemasok Bahan Baku

Ketika produk yang Anda tawarkan laku keras, pasti akan berdampak pada kekurangan pasokan bahan baku. Ini bisa mengakibatkan produk yang Anda jual tidak laku.

Karena kualitas produk Anda menurun akibat bergantinya pemasok bahan baku produk dengan kualitas rendah akibat lonjakan penjualan.

Solusinya adalah Anda harus membuat list jumlah pemasok bahan baku produk yang mencukupi. Hal ini untuk menghindari Anda kekurangan bahan baku produk ketika terjadi lonjakan penjualan.

Baca juga: 6 Cara Mencapai Target Penjualan, Lakukan Hal Ini!

Harga yang Terlalu Mahal

Harga menjadi salah satu faktor produk tidak laku dijual. Kesalahan dalam penentuan harga produk sering dilakukan para pebisnis, terutama pebisnis pemula.

Pada era ini, konsumen cerdas pasti akan membandingkan produk yang akan dibelinya. Terkadang produk dengan kualiatas hampir sama tetapi terjadi selisih harga yang lumayan tinggi akan membuat konsumen berpaling.

Solusinya adalah Anda harus melakukan survei harga kompetitor Anda yang menjual produk sejenis.

Lakukanlah survei terhadap beberapa kompetitor di wilayah Anda akan memasarkan produk.

Perencanaan Finansial yang Kurang Matang

Finansial merupakan hal paling krusial dalam bisnis, karena awal tumbuh dan bergeraknya suatu bisnis ada di finansial.

Perencanaan finansial sering dikesampingkan, di mana para pebisnis hanya menyiapkan dana saja tanpa ada perencanaan yang matang.

Sehingga, banyak bisnis yang gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal. Solusinya adalah rancang finansial bisnis Anda dengan rapi, detail, dan matang.

Buatlah perencanaan dengan sebaik-baiknya dan laksanakan apa yang telah Anda rencanakan.

Pesaingan Antar Kompetitor

Persaingan di dunia bisnis memang tidak bisa dihindari, apalagi persaingan antara kompetitor produk sejenis. Jika Anda tidak dapat mencari solusi dari kendala ini, dapat dipastikan produk Anda akan tertinggal dan tidak laku di jual.

Solusinya adalah temukan dan bangunlah sesuatu citra unik dari produk Anda. Angkat keunikan itu menjadi suatu kelebihan produk Anda dari produk sejenis lainnya.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran Produk yang Harus Anda Coba, Apa Saja?

Sumber Daya Manusia yang Rendah

Meskipun produk yang Anda jual berkualitas bagus dan unggul dari produk sejenis lain, tanpa dukungan sumber daya manusia yang baik akan sia-sia.

Dukungan sumber daya manusia dalam sebuah bisnis jika dipresentasekan mungkin 70%. Tanpa ada  tim produksi, tim pengemasan, tim distribusi, dan tim pemasaran yang baik produk Anda tidak akan laku dijual.

Solusinya carilah sumber daya manusia yang berkualitas. Cobalah untuk selalu lakukan pelatihan kepada tiap pegawai dan selalu ada evaluasi tiap minggunya.

Selain faktor di atas, melakukan pengelolaan keuangan yang buruk juga bisa berdampak pada tidak lakunya produk yang Anda jual. Karena produk yang Anda jual akan menurun kuliatasnya ketika pengelolaan keuangan kacau.

Dana pembelian bahan baku produk, dana operasional, dan lainnya tidak dicatat dan dikelola dengan baik.

Mekari Jurnal adalah software akuntansi online yang menyediakan berbagai macam fitur yang dapat membantu  mengelola keuangan bisnis Anda. Dengan software accounting Indonesia terbaik tersebut, tentu pengelolaan bisnis menjadi lebih optimal.

 

Referensi:

  • Philip Kotler, (2009), Manajemen Pemasaran.

 

Kategori : Business Management

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
WhatsApp Hubungi Kami