Produk adalah faktor utama yang harus diperhatikan ketika Anda mengembangkan sebuah bisnis. Tercapainya target penjualan suatu produk adalah tujuan utama dalam menjalankan bisnis. Namun, hal tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak faktor yang membuat produk yang Anda jual menjadi tidak laku di pasaran. Faktor internal dan eksternal sangat memengaruhi laku tidaknya sebuah produk bisnis. Jika 2 faktor tersebut tidak segera di identifikasi dan tidak dicari solusinya, perkembangan bisnis Anda akan terancam. Berikut faktor penyebab produk tidak laku dijual dan solusi mengatasinya.

 

Faktor Internal

a. Kurangnya perencanaan strategi pemasaran

Perencanaan yang kurang dalam menentukan strategi pemasaran, merupakan hal yang dapat menyebabkan produk tidak laku dijual. Hal ini sering dilewatkan para pebisnis. Padahal, perencanaan strategi pemasaran merupakan hal pokok yang harus dilakukan sebelum Anda memulai bisnis. Solusinya adalah ketika Anda merencanakan strategi pemasaran, usahakan strategi tersebut berorientasi pada konsumen. Sehingga tercapai tujuan sebuah bisnis yaitu produk laku terjual.

b. Target Pasar yang Lebar

Target pasar yang terlalu lebar dapat menyebabkan produk Anda tidak laku dijual. Karena fokus Anda akan terpecah ke semua golongan masyarakat dalam memasarkan produk. Hal ini, sering terjadi karena sebagian pebisnis menginginkan perolehan keuntungan yang sebesar-besarnya. Solusinya adalah Anda perlu membuat target pasar prioritas. Agar strategi pemasaran yang Anda susun terfokus dan tepat sasaran.

c. Kurangnya Jumlah Pemasok Bahan Baku

Ketika produk yang Anda tawarkan laku keras, pasti akan berdampak pada kekurangan pasokan bahan baku. Ini bisa mengakibatkan produk yang Anda jual tidak laku. Karena kualitas produk Anda menurun akibat bergantinya pemasok bahan baku produk dengan kualitas rendah akibat lonjakan penjualan. Solusinya adalah Anda harus membuat list jumlah pemasok bahan baku produk yang mencukupi. Hal ini untuk menghindari Anda kekurangan bahan baku produk ketika terjadi lonjakan penjualan.

d. Harga yang Terlalu Mahal

Harga menjadi salah satu faktor produk tidak laku dijual. Kesalahan dalam penentuan harga produk sering dilakukan para pebisnis, terutama pebisnis pemula. Pada era ini, konsumen cerdas pasti akan membandingkan produk yang akan dibelinya. Terkadang produk dengan kualiatas hampir sama tetapi terjadi selisih harga yang lumayan tinggi akan membuat konsumen berpaling. Solusinya adalah Anda harus melakukan survei harga kompetitor Anda yang menjual produk sejenis. Lakukanlah survei terhadap beberapa kompetitor di wilayah Anda akan memasarkan produk.

d. Perencanaan Finansial yang Kurang Matang

Finansial merupakan hal paling krusial dalam bisnis, karena awal tumbuh dan bergeraknya suatu bisnis ada di finansial. Perencanaan finansial sering dikesampingkan, di mana para pebisnis hanya menyiapkan dana saja tanpa ada perencanaan yang matang. Sehingga, banyak bisnis yang gulung tikar akibat dana yang ada habis sebelum bisnis tersebut berkembang atau balik modal. Solusinya adalah rancang finansial bisnis Anda dengan rapi, detail, dan matang. Buatlah perencanaan dengan sebaik-baiknya dan laksanakan apa yang telah Anda rencanakan.

 

Faktor Eksternal

a. Pesaingan Antar Kompetitor

Persaingan di dunia bisnis memang tidak bisa dihindari, apalagi persaingan antara kompetitor produk sejenis. Jika Anda tidak dapat mencari solusi dari kendala ini, dapat dipastikan produk Anda akan tertinggal dan tidak laku di jual. Solusinya adalah temukan dan bangunlah sesuatu citra unik dari produk Anda. Angkat keunikan itu menjadi suatu kelebihan produk Anda dari produk sejenis lainnya.

b. Sumber Daya Manusia yang Rendah

Meskipun produk yang Anda jual berkualitas bagus dan unggul dari produk sejenis lain, tanpa dukungan sumber daya manusia yang baik akan sia-sia. Dukungan sumber daya manusia dalam sebuah bisnis jika dipresentasekan mungkin 70%. Tanpa ada  tim produksi, tim pengemasan, tim distribusi, dan tim pemasaran yang baik produk Anda tidak akan laku dijual. Solusinya carilah sumber daya manusia yang berkualiatas. Cobalah untuk selalu lakukan pelatihan kepada tiap pegawai dan selalu ada evaluasi tiap minggunya.

Selain faktor di atas, melakukan pengelolaan keuangan yang buruk juga bisa berdampak pada tidak lakunya produk yang Anda jual. Karena produk yang Anda jual akan menurun kuliatasnya ketika pengelolaan keuangan kacau. Dana pembelian bahan baku produk, dana operasional, dan lainnya tidak dicatat dan dikelola dengan baik. Jurnal adalah software akuntansi online yang menyediakan berbagai macam fitur yang dapat membantu  mengelola keuangan bisnis Anda. Pelajari fitur-fitur Jurnal secara lengkap di sini.