Sebuah ide bisnis yang cemerlang merupakan modal paling mahal dibandingkan dengan modal finansial yang masih bisa diperoleh dari investor atau pihak lain di luar diri kita. Keberadaan sebuah ide bisnis yang baik, unik, dan kompetitif tidak bisa Anda peroleh begitu saja tanpa berpikir secara kreatif. Untuk mendapatkan ide bisnis yang kreatif, Anda bisa mengunjungi sebuah tempat atau peristiwa yang dapat memicu kreatifitas untuk menemukan ide baru. Di bawah ini akan kami berikan beberapa alternatif tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mendapatkan ide-ide bisnis yang unik dan kompetitif.

 

Rumah

Masalah yang Anda alami di rumah kemungkinan juga dialami oleh orang lain. Perhatikan sekeliling rumah atau apartemen Anda dengan saksama. Lihatlah barang-barang yang ada dan bagaimana kondisi tempat tinggal Anda. Ide bisnis di dalam rumah bisa berasal dari kesulitan yang sering dialami dalam menjalani aktivitas sehari-hari atau kesukaan dan hobi Anda. Misalnya seorang ibu rumah tangga yang suka melakukan aktivitas berkebun di pekarangan bisa memiliki ide bisnis untuk menjual pot bunga dalam berbagai bentuk maupun menjual bunga.

 

Lingkungan di Sekitar Rumah

Seberapa sering Anda mengamati aktivitas bisnis di sekitar tempat tinggal Anda? Berapa banyak toko di dekat rumah Anda dan mereka menjual produk apa saja? Cobalah perhatikan dengan mengunjunginya satu per satu. Mungkin ada produk yang belum dipasarkan oleh toko-toko tersebut. Untuk memulai bisnis, Anda bisa mulai menjual barang atau produk yang belum dipasarkan di sekitar lingkungan. Atau, Anda juga bisa membuka bisnis serupa dengan menawarkan beberapa hal yang berbeda dari penjual lain.

 

Pusat Perbelanjaan

Pergilah ke beberapa pusat perbelanjaan untuk melihat aktivitas orang-orang saat belanja dan barang-barang yang dijual di sana. Anda pasti akan menemukan banyak inspirasi bisnis. Jika Anda menyukai dunia kuliner, lihatlah kafe dan restoran yang ada, serta toko yang menjual bahan baku makanan. Jika Anda menyukai dunia fashion, lihatlah toko-toko pakaian di sana. Anda pasti akan menemukan hal baru yang menarik untuk bisnis Anda.

 

Lingkungan Sekolah

Segala hal yang penting untuk anak-anak pasti bernilai uang. Jika Anda adalah orang tua, Anda pasti akan berusaha memenuhi kebutuhannya. Begitu juga dengan orang tua lainnya. Jika Anda belum menemukan ide bisnis yang menarik, cobalah perhatikan aktivitas anak-anak di lingkungan sekolah. Ini bisa jadi kesempatan untuk Anda yang ingin memasarkan layanan atau produk untuk anak-anak.

 

Tempat Wisata

Cobalah jalan-jalan ke tempat wisata yang ada di kota Anda. Bersantailah sejenak sambil melihat-lihat aktivitas orang-orang yang sedang berlibur di sana. Saat Anda sedang rileks, pikiran Anda akan lebih terbuka. Ide yang belum terpikirkan sebelumnya bisa muncul tiba-tiba. Seringkali, inspirasi bisa mengalir begitu saja saat otak tidak terlalu aktif berpikir keras.

 

Komunitas Bisnis

Sebuah komunitas bisnis jelas merupakan tempat yang tepat untuk menemukan ide bisnis. Cobalah bergabung dengan komunitas bisnis yang ada di kota Anda. Berada bersama dengan orang-orang yang menyukai dan menjalani dunia bisnis akan membawa dampak positif untuk menemukan sebuah ide bisnis baru. Anda bisa bertukar pikiran dan mendapatkan ide-ide baru dari sesama anggota komunitas. Anda juga bisa menemukan calon mitra bisnis yang tepat untuk mendukung ide Anda di masa depan melalui komunitas bisnis tersebut.

 

Dunia Maya

Sekarang adalah zaman teknologi. Anda bisa memanfaatkan Internet untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai bisnis. Anda bisa membuka social media, mengunjungi berbagai media bisnis dan website e-commerce untuk mempelajari dunia bisnis saat ini. Anda juga bisa bergabung dengan grup-grup bisnis atau penggemar bisnis di internet yang akan memudahkan Anda untuk bertukar pikiran dan menemukan ide bisnis yang tepat untuk ditekuni.

 

Jika Anda sudah menemukan sebuah ide bisnis yang tepat, jangan lupa untuk segera memulai bisnis Anda dan mengelola keuangannya dengan baik dan benar. Ingatlah bahwa tujuan bisnis yang utama adalah untuk mendapatkan profit atau keuntungan, serta mengembangkannya.  Sedangkan profit atau keuntungan tidak akan dapat Anda raih tanpa pengelolaan keuangan yang baik.

Jurnal software akuntansi online, sebagai platform penyedia jasa pencatatan akuntansi dan pengelola keuangan akan membantu Anda untuk memiliki bisnis yang sukses dengan keuangan yang sehat. Dapatkan kemitraan Jurnal dengan klik di sini, dan segera nikmati fitur keuangannya semacam pembuatan laporan, pembuatan faktur, penghitungan biaya dan pengecekan stok barang secara mudah dan tepat untuk mendukung suksesnya ide bisnis Anda.