Ide Bisnis Baru sebagai Awal Memulai Usaha

Ada banyak kiat dan ide bisnis baru yang cocok untuk Anda yang ingin memulai suatu usaha. Berikut ini telah Jurnal rangkum khusus untuk Anda, sumber ide bisnis baru yang powerfull dan contoh ide kreatif yang dapat Anda tiru untuk memulai sebuah bisnis atau usaha. Ide bisnis jika dijalankan dengan tepat, maka kemungkinan besar akan mendatangkan kesuksesan, sepanjang Anda memiliki keyakinan dan konsistensi yang kuat.

Baca juga: Bisnis Ritel: Tips dan Kiat Sukses untuk Menjalankannya

 

Sumber Ide Bisnis Baru

Ide bisnis yang sangat baik adalah suatu ide yang bersumber dari pengalaman kerja Anda. Dengan pengalaman kerja pada suatu perusahaan, maka tentu saja akan menjadikan Anda sebagai orang yang mahir dalam hal tersebut. Sehingga untuk membangun bisnis yang serupa akan lebih mudah.

Banyak pengusaha sukses yang menemukan ide bisnis mereka dari pengalaman yang tidak menyenangkan atau pengalaman pahit. Mereka tidak ingin orang lain mengalami hal yang sama, maka mereka menciptakan suatu usaha yang mampu memecahkan masalah yang telah dialaminya tersebut. Sebagai contohnya, karena susahnya mendapatkan area parkir yang nyaman, aman dan mudah, maka muncul suatu ide usaha tempat parkir kendaraan dengan fasilitas parkir valet.

Selain itu Anda juga bisa menemukan ide bisnis dengan melihat kondisi dan permasalahan yang ada di sekitar.  Pelajari kebutuhan masyarakat, apa saja yang Anda, teman, tetangga cari tetapi tidak ditemukan atau susah untuk dipenuhi oleh pasar sekitar. Dengan menemukan masalah-masalah tersebut, maka Anda akan menemukan celah untuk menjadi pengusaha sukses.

 

Contoh Ide Kreatif dan Inovatif untuk Memulai Bisnis

1. Menjadi pebisnis yang unik dan kreatif

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki kreatifitas dan inovatif, maka Anda pasti memiliki banyak ide ataupun hal yang baru yang dapat Anda jadikan sebagai peluang untuk usaha atau berbisnis. Ada banyak jenis usaha baru yang dimulai dari menemukan jenis produk, sistem, teknologi dan program baru. Jika Anda sukses untuk menciptakan sebuah keunikan, maka Anda harus cepat-cepat mengambil hak paten dan kemudian Anda dapat menjualnya.

Penemuan baru pada umumnya memiliki peluang yang besar untuk menembus pasar, apalagi jika penemuan tersebut memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri dan yang terpenting adalah produk tersebut dibutuhkan oleh banyak orang.

2. Melakukan duplikasi usaha lain

Bagi Anda yang merasa kurang kreatif dan kurang inovatif, maka sebaiknya Anda tidak segera putus asa. Anda harus percaya bahwa sejatinya sumber ide usaha baru ada di mana-mana, bahkan terletak di depan mata Anda. Anda harus selalu pandai dalam membaca peluang, potensi, serta memiliki keberanian dalam mengambil risiko.

Sebagai contoh, apabila disekitar Anda terdapat rumah makan bakmi yang ramai pengunjung, tidak ada salahnya Anda bersaing secara sehat pada tempat dan jenis produk yang sama. Anda hanya perlu melakukan duplikasi atas usaha tersebut, dan tentu saja Anda harus menambahkan nilai yang lain kepada konsumen. Nilai tambah tersebut dapat berupa pelayanan, harga, keramahan, kecepatan, dan lain sebagainya.

3. Membuka usaha dengan fasilitas tambahan

Selain melakukan duplikasi usaha lain, Anda juga dapat membuka usaha dengan memberikan fasilitas tambahan yang kreatif. Sebagai contoh, jika ada yang membuka warnet di sekitar tempat tinggal Anda, maka Anda dapat bersaing dengan cara menambahkan fasilitas ataupun memperluas penawaran yang tersedia.

4. Memanfaatkan bakat dan keterampilan

Ada banyak jenis usaha yang dapat Anda jalankan berdasarkan dengan keterampilan yang Anda miliki. Anda perlu yakin dengan potensi yang Anda miliki dan memiliki harapan yang besar bahwa usaha atau bisnis Anda akan sukses. Anda harus memulai belajar untuk menghasilkan income dari keterampilan yang Anda miliki.

Misalnya apabila Anda mahir dalam menggunting rambut, maka Anda dapat membuka salon Anda sendiri. Dengan sedikit sentuhan kekreatifitas yang berbeda dengan salon yang ada pada umumnya, maka tentu salon Anda akan ramai dikunjungi para pelanggan.

Baca juga: Pertimbangan Penting Ketika Memilih Software Akuntansi untuk UKM

 

Jika Anda belum menemukan ide bisnis baru yang cocok, ada baiknya Anda memanfaatkan ilmu dari bangku kuliah menjadi sebuah bisnis. Meskipun sebagian besar orang yang mengenyam pendidikan mendedikasikan dirinya pada sebuah perusahaan. Tetapi kenyataannya tidak sedikit orang yang berhasil memanfaatkan ilmu yang diperoleh dari bangku kuliah dengan membangun sebuah bisnis atau usaha.

Agar kelangsungan bisnis dapat terjaga, gunakan aplikasi akuntansi online yang dapat diakses kapan dan di mana saja. Dengan begitu, Anda dapat memonitor manajemen keuangan bisnis secara real-time. Coba JURNAL sekarang juga dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari.

 

[adrotate banner=”11″]


PUBLISHED31 Oct 2019
Rishna Maulina
Rishna Maulina

SHARE THIS ARTICLE: