Jurnal Enterpreneur

Pertimbangan Penting Ketika Memilih Software Akuntansi untuk UKM

Adanya software accounting ternyata sangat membantu para pelaku bisnis khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Salah satu kemudahan yang bisa dirasakan adalah pada saat penyusunan neraca, jurnal, dan laporan keuangan. Sebelumnya, para pelaku UKM selalu mengandalkan spreadsheet dalam hal pencatatan data keuangan. Seiring berjalannya waktu, ternyata spreadsheet cukup rumit karena penggunaan rumus-rumus yang sulit diingat.

Saat ini berbagai software akuntansi yang muncul menawarkan fitur yang menarik bagi perusahaan. Salah satunya adalah manajemen keuangan yang sudah terkomputerisasi dan berbasis cloud storage.

Semua perubahan dalam catatan di software akan diperbarui secara otomatis dan real time. Dari sisi efektivitas waktu, tentunya software ini sangat memudahkan pelaku bisnis untuk mengakses informasi keuangan di mana saja dan kapan saja.

Bahaya Penggunaan Software Akuntansi Bajakan

Software akuntansi gratis untuk UKM banyak sekali pilihannya, namun hanya sedikit yang memiliki fitur yang lengkap. Sebaiknya para pelaku UKM berhati-hati saat memilih software yang tepat.

Bagi sebagian orang merasa tidak masalah menggunakan software akuntansi bajakan. Padahal keputusan tersebut sangat berbahaya karena bisa merusak perangkat komputer. Selain itu, potensi hacker untuk menyisipkan aplikasi jahat (malware) dalam software bajakan dapat mengambil alih operasional komputer perusahaan.

Software bajakan tidak memiliki garansi dan perlindungan terhadap data perusahaan. Jika terjadi eror atau kesalahan program, Anda tidak dapat meminta bantuan pada pengembang karena tidak adanya garansi. Data-data keuangan yang bersifat penting dan rahasia dapat berisiko besar untuk dicuri.

Secara hukum, penggunaan software bajakan sudah termasuk pelanggaran. Bisnis UKM dapat dituntut secara hukum dan harus membayar denda yang besar jika terbukti menggunakan software akuntansi bajakan.

Memilih Software Akuntansi yang Tepat untuk UKM

Untuk menghindari segala risiko buruk terhadap data-data penting dan rahasia perusahaan, sangat disarankan untuk menggunakan software yang resmi. Saat ini ada banyak sekali software akuntansi untuk UKM yang membantu jalannya bisnis Anda. Agar tidak salah dalam memilih software, sebaiknya Anda mengenal ciri-ciri software yang tepercaya.

Dengan segala fitur menarik yang terdapat pada accounting software saat ini, terkadang membuat bingung penggunanya. Kebutuhan masing-masing usaha tentu saja berbeda, oleh karena itu disarankan untuk memilih software yang sesuai dengan jenis usaha Anda.

Kebutuhan antara usaha besar dengan usaha kecil menengah tentunya berbeda sehingga fitur yang dibutuhkan juga berbeda.

Hal yang Harus Dipertimbangkan dalam Memilih Software Akuntansi

Bagi pelaku UKM yang ingin memilih software untuk mengelola akuntansi, inilah pertimbangan yang perlu Anda perhatikan:

1. Tentukan Kebutuhan Bisnis

Sebelum membeli software, sebaiknya Anda mengidentifikasi proses dan penerapan sistem di perusahaan. Setiap jenis usaha memiliki kebutuhan bisnis yang berbeda. Bagaimana perusahaan menjalankan proses sistem akuntansi dapat menjadi satu prioritas dalam menentukan software yang tepat.

2. Sesuaikan dengan Budget

Mahal atau murahnya sebuah software sangatlah relatif, tergantung dari budget yang dimiliki perusahaan. Pastikan bahwa perusahaan memiliki budget khusus untuk membeli software demi keberlangsungan proses pelaporan keuangan.

Dengan harga yang sesuai dengan budget, pertimbangkan juga apakah fitur yang didapat sesuai dengan kebutuhan perusahaan atau tidak.

3. Sistem Keamanan

Ini menjadi pertimbangan penting karena ada data keuangan perusahaan yang harus dilindungi. Anda harus mengetahui tentang bagaimana software tersebut menyimpan data perusahaan dengan aman.

Biasanya hal tersebut sudah tertulis di persetujuan awal. Pilih software yang memiliki keamanan setara dengan bank dalam menjaga data keuangan perusahaan.

4. Dapat Digunakan untuk Transaksi Pajak

Salah satu ciri pelaku usaha yang baik adalah taat dengan pajak. Usahakan untuk memilih software yang membantu Anda dalam pelaporan pajak. Ini akan memudahkan Anda dalam menghitung Ppn, Pph, dan faktur pajak sehingga tidak perlu menyewa orang lain untuk menyusun laporan.

Dengan adanya software akuntansi UKM, akan memudahkan pelaku bisnis kecil untuk melakukan pelaporan keuangan. Proses pengambilan keputusan juga menjadi lebih cepat dibuat. Setelah Anda mengetahui pertimbangan dalam memilih aplikasi akuntansi yang tepat untuk UKM, kini saatnya Anda memutuskan. Pilihlah aplikasi akuntansi yang sudah kredibel dan memiliki fitur yang lengkap untuk kebutuhan bisnis Anda.

Jurnal adalah salah satu aplikasi akuntansi UKM Indonesia yang bisa diakses secara online akan dapat membantu mempermudah proses pencatatan keuangan bisnis Anda.

Fitur yang ada pada Jurnal seperti laporan keuangan, pengelolaan stok barang, hingga pelaporan pajak sangat mendukung untuk industri UKM. Daftar Jurnal sekarang dan dapatkan free trial 14 hari!

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo