Arus kas adalah sumber kehidupan bagi sebuah bisnis, jika arus kas masuk lebih banyak dibanding arus kas keluar, artinya arus kas positif. Sedangkan, jika arus kas keluar yang lebih banyak, Anda sebagai pemilik perusahaan harus mulai berhati-hati dan waspada.Karena buruknya arus kas sebuah bisnis bisa menyebabkan kerugian bahkan kebangkrutan, baik dalam skala kecil maupun besar. 

Meski kenyataannya seperti itu, banyak pemilik bisnis yang kurang memerhatikan arus kas perusahaannya, sehingga bisa menyebabkan laporan arus kas yang tidak akurat. Untuk kemajuan perusahaan, mulai sekarang Anda harus secara rutin memonitor arus kas yang terjadi setiap harinya. Jika terlewat, arus kas perusahaan akan berantakan dan terjadi kesalahan yang cukup fatal.

Itulah kenapa Anda sebagai pemilik perusahaan harus mulai memerhatikan arus kas secara rutin dan memastikan angka pada laporan memiliki data yang akurat. Namun, bagaimana sebenarnya peran laporan arus kas dalam kelangsungan suatu bisnis? Berikut beberapa penjelasannya.

 

Mengontrol Kondisi Keuangan Secara Rutin

Ketika Anda mengelola arus kas dengan baik, kegiatan bisnis pun akan ikut baik dan bisa berjalan tanpa hambatan apapun. Karena berfungsi sebagai laporan yang menunjukkan arus masuk dan keluar kas perusahaan pada suatu periode akuntansi, arus kas bisa membantu Anda mengontrol kondisi keuangan secara rutin, juga mengetahui secara pasti sumber pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa mulai membuat laporan arus kas dengan melakukan pencatatan sederhana yang meliputi jumlah pendapatan yang dterima bisnis dan pengeluaran yang dilakukan perusahaan dalam satu periode. Mulailah dengan mencatat pengeluaran yang biasanya hanya dikeluarkan sekali dalam sebulan; baik yang sudah dibayar atau akan dibayar, seperti pembelian furniture, properti, dan sebagainya. Setelah itu, jabarkan juga pengeluaran bisnis yang dilakukan setiap bulannya, seperti cicilan bulanan, gaji karyawan, sewa tempat, website hosting, biaya listrik, telepon, internet, dan sebagainya. Jika ditemukan pengeluaran yang lebih banyak daripada pemasukan, maka segeralah melakukan pengurangan anggaran agar kondisi keuangan bisnis tetap aman.

 

Memudahkan Pengambilan Keputusan Bisnis

Memonitor arus kas akan memudahkan pemilik bisnis untuk menentukan pertimbangan yang terbaik, dan dapat menjadi tolok ukur pengambilan keputusan, apakah nantinya bisnis tetap bisa dijalankan dengan cara yang sama atau tidak. Selain itu, mengamati arus kas juga dapat memudahkan Anda mengetahui mengenai perkembangan bisnis, apakah jasa atau barang yang dihasilkan dalam bisnis masih menghasilkan keuntungan atau tidak? Karena itulah, Anda harus memerhatikan arus kas dalam bisnis untuk menghasilkan keputusan bisnis yang tepat dan sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan.

 

Mengetahui Perbedaan Laba Bersih dengan Arus Kas Bersih

Angka laba bersih menjadi hal penting karena dapat menentukan gagal atau suksesnya suatu perusahaan. Selaku pelaku bisnis, maka hal yang setiap harinya harus diperhatikan dan diamati yaitu arus kas dari satu periode dengan periode lainnya, sehingga jika ada perbedaan antara keduanya dapat diketahui penyebabnya, dan memudahkan pengambilan keputusan selanjutnya untuk kelangsungan bisnis. Hal inilah yang membuat memiliki laporan arus kas yang baik adalah penting demi keberlangsungan suatu perusahaan.

 

Mengelola Utang dengan Baik

Setiap perusahaan memiliki pinjaman jangka panjang dan rekening kredit jangka pendek. Di mana, setiap pinjaman tersebut membutuhkan pembayaran bulanan yang akan secara otomatis akan membatasi arus kas dan mengurangi investasi bisnis. 

Agar arus kas perusahaan tetap dengan kondisi baik, cobalah pertimbangkan jika Anda berniat melakukan pinjaman dana untuk keperluan bisnis. Pikirkan dengan matang mengenai pinjaman ini, apakah kedepannya akan membuat arus kas menjadi buruk atau memang ternyata bisa menambah pendapatan karena digunakan untuk mengembangkan bisnis? Dan perlu diperhatikan, arus kas yang positif akan memudahkan Anda mengelola dan membayar cicilan utang tepat waktu.

Setelah mengetahui pentingnya laporan keuangan arus kas ini, Anda sebagai pelaku bisnis dapat mulai membuatnya. Memiliki laporan keuangan arus kas yang baik akan memudahkan Anda dalam mengajukan pinjaman modal atau mendapatkan modal besar dari investor. Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola arus kas dengan baik, serta membantu Anda memonitor kondisi keuangan kapan dan di mana saja secara realtime. Daftar Jurnal sekarang di sini.

Author