Jurnal Enterpreneur

Mitos Seputar Otomatisasi Akuntansi yang Sebaiknya Anda Ketahui

 

Pada awalnya sebagai pemilik bisnis kecil, mendengar istilah otomatisasi akuntansi mungkin terdengar seperti pekerjaan yang rumit, mahal, dan mungkin tidak perlu, terutama jika Anda sangat bergantung pada pembukuan atau akuntansi Anda untuk memandu keuangan bisnis. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi dan banyaknya kemudahan yang ditawarkan melalui penggunaan otomatisasi akuntansi tersebut, mau tidak mau sebagai pemilik usaha Anda harus mulai menggunakannya juga.

 

Jika Anda pernah mendengar mitos tentang otomatisasi akuntansi dan  masih takut terhadap perubahan, jangan khawatir. Di bawah ini akan kita jelaskan beberapa mitos umum tentang perangkat lunak otomatisasi akuntansi yang akan kami jelaskan untuk Anda:

 

Mitos 1: Mengalahkan Kebutuhan Akuntan & Pemegang Buku

Memang benar bahwa banyak proses dalam alur kerja akuntansi dan pembukuan yang bisa dikerjakan secara praktis oleh software akuntansi. Namun, itu tidak berarti bahwa fungsi seorang akuntan maupun bagian keuangan akan berakhir begitu saja. Bahkan, otomatisasi meningkatkan nilai akuntan dan proses pembukuan. Dengan alat otomatisasi akuntansi, akuntan lebih diberdayakan untuk mengerjakan tugas-tugas yang benar-benar penting, dan itu membantu mendorong bisnis Anda lebih cepat ke depan. Mereka cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu untuk tugas-tugas transaksional yang berlebihan (yaitu pengumpulan dokumen dan entri data) dan lebih banyak waktu untuk mengungkap wawasan yang berfokus untuk membantu bisnis klien mereka berkembang.

 

Mitos 2: Menurunkan Visibilitas dan Kontrol Alur Kerja Akuntansi Anda

Kebanyakan orang tidak tahu adalah aplikasi akuntansi benar-benar membantu meningkatkan visibilitas dan kontrol atas alur kerja akuntansi dan pembukuan. Anda dapat melihat seluruh keuangan bisnis Anda dalam sekejap, melacak pengeluaran pendapatan di rumah atau bahkan dalam perjalanan, dan memiliki tingkat penyesuaian yang jauh lebih tinggi ketika menyangkut pembukuan Anda. Dengan menggunakan software akuntansi online Jurnal, pengguna bahkan dapat menyesuaikan tanggal pengiriman faktur untuk dikirim ke klien mereka!

 

Mitos 3: Hanya Bekerja untuk Perusahaan Besar

Mungkin Anda telah melalui kesulitan mengerjakan tugas akuntansi dan mulai meneliti teknologi cloud accounting, mempertimbangkannya untuk bisnis kecil Anda, dan menyimpulkan bahwa alat-alat otomatisasi hanya bermanfaat bagi organisasi yang lebih besar. Atau mungkin biaya dan pengeluaran yang terkait dengan pemindahan data Anda ke cloud telah menghalangi Anda untuk berinvestasi dalam teknologi baru. Kenyataannya, sistem otomatisasi akuntansi online sesuai untuk setiap bisnis, terlepas dari ukuran, industri, atau sumber daya yang tersedia.

 

Pada 2017, ekosistem teknologi akuntansi cloud telah meningkat dua kali lipat selama setahun terakhir. Ini berarti bahwa berbagai kemampuan yang dapat diberikan oleh teknologi akuntansi awan (cloud) juga meningkat. Lebih banyak opsi tersedia bagi pemilik bisnis kecil untuk memanfaatkan dan membangun tumpukan teknologi yang terjangkau, aman, dan modular (ujung depan dan belakang) yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, Jurnal akuntansi online memungkinkan Anda untuk membuat dan mengirim faktur langsung ke klien Anda dan memungkinkan rekonsiliasi keuangan  dengan pihak Bank secara mudah melalui fitur Cash Link. Jurnal juga memiliki varian harga yang sangat terjangkau yang bisa disesuaikan untuk bisnis kecil maupun besar.  

Otomatisasi bukanlah tren akuntansi sesaat. Perusahaan dari semua ukuran akhirnya akan mengadopsi proses-proses ini untuk bersaing dengan pesaing mereka dan memperoleh banyak kemudahan, terutama ketika banyak perusahaan membangun perangkat lunak dan sistem yang lebih cerdas saat kita berbicara. Mulai uji coba gratis 14 hari sistem otomatisasi akuntansi Anda di Jurnal. Rasakan betapa nyamannya membuat laporan keuangan dan pembukuan dengan otomatisasi akuntansi melalui Jurnal. Untuk informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan di sini.

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo