Mekari Jurnal ERP: Solusi Akuntansi Terkini untuk Enterprise dan Perusahaan Besar Saat ini software akuntansi menjadi alat pendukung kesuksesan pengelolaan keuangan dan operasional khususnya bagi enterprise maupun perusahaan besar. Mengapa demikian? Salah satu tantangan terbesar dari perusahaan besar adalah menghadapi kompleksitas finansial dan akuntansi yang jauh melampaui skala unit usaha di bawahnya. Terlebih, apabila pengelolaan sudah berkaitan dengan banyak anak perusahaan, ribuan transaksi per hari, hingga penggunaan kurs multi mata uang. Oleh karena itu, akan menjadi sebuah hambatan ketika perusahaan besar masih menjalankan pengelolaan operasional dengan cara manual. Dengan berinvestasi di software akuntansi terintegrasi seperti Mekari Jurnal ERP dapat menjadi solusi terbaik bagi perusahaan enterprise. Tidak saja menjadi solusi dalam meningkatan efisiensi dan produktivitas, namun juga untuk memitigasi risiko finansial dan reputasi perusahaan. Pentingnya Software Akuntansi dan Manajemen Keuangan untuk Enterprise Perusahaan besar memiliki kompleksitas dan kuantitas tugas yang besar yang harus dilakukan setiap harinya. Tidak hanya memproduksi, menjual, dan mencatat transaksi dengan detail, namun seluruh aspek operasional juga penting untuk dikelola seperti memetakan arus kas dan mengintegrasikan informasi antar tim dan proses. Tanpa adanya sistem yang mengintegrasikan keseluruhan aktivitas operasional, berbagai risiko seperti kesalahan data dan perhitungan, kesulitan audit, dan risiko stok rusak menghantui stabilitas kesehatan finansial. Oleh karena itu, dukungan teknologi canggih seperti software manajemen akuntansi dan keuangan menjadi solusi yang tepat dan efektif. Baca Juga: Mengatasi Masalah Akuntansi Terkini: Permasalahan, Solusi, dan Peran Mekari Jurnal Apa Saja Tantangan Operasional Bisnis Berskala Besar? Perusahaan berskala besar menghadapi banyak tantangan dan masalah yang harus dilewati setiap harinya. Oleh karena itu, penting untuk memetakannya dan mengelola berbagai tantangan melalui solusi alternatif yang ditemukan. Berdasarkan beberapa survei yang dilakukan oleh tim Mekari Jurnal, beberapa tantangan yang dihadapi perusahaan besar di antaranya: 1. Volume Transaksi Tinggi Volume penjualan dengan kuantitas besar akan masuk setiap waktu, dan hal ini akan selaras dengan ribuan invoice, pembayaran, dan jurnal yang harus diproses setiap harinya. Jika dilakukan secara manual atau semi-manual, maka dapat menimbulkan banyak backlog dan kesalahan dalam mem-postingnya di dalam pembukuan. 2. Multi-entity Reporting Multi-entity reporting atau mengalami entitas legal yang berbeda dengan anak perusahaan dan cabang internasional sering terjadi dalam perusahaan besar. Menyusun laporan keuangan konsolidasi diperlukan mapping akun yang konsisten, eliminasi intra-group, dan rekonsiliasi kompleks yang mungkin berat jika tidak didukung oleh alat yang memadai. 3. Kompleksitas Regulasi dan Audit Kepatuhan pajak, pelaporan keuangan berbasis IFRS atau PSAK, dan audit internal/eksternal memerlukan jejak audit lengkap dan proses approval berlapis. Baca Juga: Apa yang Menghambat Direct Spending dalam Bisnis dan Solusi dari Mekari Jurnal Manfaat Mengadopsi Teknologi Pendukung Operasional Bisnis Berdasarkan beberapa tantangan yang harus dihadapi perusahaan, faktor yang melandasi permasalahn tersebut dikarenakan metode yang masih manual, adanya keterlambatan informasi, dan tidak adanya sistem yang terintegrasi. Oleh karena itu, mengadopsi teknologi pendukung operasional bisnis secara end-to-end seperti Mekari Jurnal ERP dapat menjadi solusi yang efektif. Beberapa manfaat yang dirasakan oleh perusahaan nantinya, yaitu: Mengeliminasi adanya duplikasi dan human error dan meningkatkan akurasi data Memberikan visibilitas dan insight langsung untuk pengambilan keputusan cepat Mendukung skalabilitas agar tidak mengganggu aliran operasional bisnis Meningkatkan keamanan data, mempermudah compliance, kontrol kualitas, dan audit trail Mengoptimalkan anggaran biaya yang keluar untuk operasional dan efisiensi proses Baca Juga: Transformasi Digital Dalam Manajemen Produksi dan Manufaktur Mekari Jurnal ERP sebagai Solusi Software Terintegrasi untuk Enterprise Mekari Jurnal ERP merupakan software akuntansi terintegrasi yang dirancang khusus untuk pengelolaan skala enterprise atau perusahaan besar. Visi utama dari solusi modern ini adalah membangun sistem tersentralisasi guna mengoptimalkan operasional rantai pasokan dan keuangan secara otomatis. Selain itu, paket Mekari Jurnal ERP dirancang untuk dapat menangani tantangan kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan besar, melalui: Modular & scalable, dengan menyesuaikan kebutuhan bisnis dari berbagai industri, mulai dari manufaktur, distribusi, hingga ritel Integrated suite, membangun sistem terintegrasi secara real-time antara akuntansi, keuangan, SCM, dan alat analisis dalam satu platform Berbasis cloud, sehingga tidak perlu instalasi dan jaminan keamanan data berstandar internasional ISO 27001 Melalui integrasi sistem data terpusat, menjadikan Mekari Jurnal ERP sebagai solusi all-in-one product untuk mengelola bisnis mulai dari barang masuk, produksi, hingga penjualan. Pengguna juga sekaligus dapat menganalisis dan memantau perkembangan bisnis melalui dasbor kustomisasi untuk kemudahan kolaborasi dan analisis berbasis AI. Bagi perusahaan yang ingin menstransformasikan manajemen operasional yang semakin modern dan digital, terdapat juga layanan 1-on-1 training yang diberikan secara gratis oleh tim ahli kami sesuai industri perusahaan Anda. Mekari Jurnal ERP, solusi manajemen operasional dan keuangan terkini dan terbaik untuk perusahaan besar, coba sekarang juga! Ketahui Lebih Lanjut Mengenai Mekari Jurnal ERP Sekarang! Fitur-Fitur Utama dari Mekari Jurnal ERP Mekari Jurnal ERP menjalankan fungsinya dengan mengintegrasikan proses akuntansi dan produksi untuk memastikan akurasi laporan tetap akurat dan dapat meningkatkan produktivitas. Mengadopsi sistem yang mendukung end-to-end process, fitur yang bisa Anda temukan dan gunakan, antara lain: 1. Fitur Pengelolaan Pengadaan Melalui fitur ini, optimalkan operasional pengadaan dan susun strategi yang tepat dan bisa dilakukan secara online. Melalui fitur-fitur di dalamnya, Anda dapat: Mengoptimalkan strategi dan operasional pengadaan barang secara online Mendapatkan informasi produk terlaris melalui laporan profitabilitas Menganalisis jumlah permintaan pasar dan merencanakan kebutuhan stok Memantau seluruh proses dari pesanan masuk hingga barang diterima secara real-time 2. Fitur Pengelolaan Proses Produksi Modul yang membantu mengelola proses produksi secara komprehensif dan terjadwal tepat waktu. Didukung dengan berbagai fitur seperti bill of materials dan work order, maksimalkan proses produksi yang lebih optimal. Biaya yang keluar ketika produksi berlangsung juga akan secara langsung tercatat dalam dokumen produksi. Baca Juga: Ketahui Strategi Efisiensi Biaya Produksi Efektif Dalam Berbagai Industri! 3. Manajemen Inventaris Inventaris juga menjadi komponen vital dalam rantai pasokan yang membutuhkan fokus lebih untuk mengelolanya. Melalui Jurnal ERP, operasional dan manajemen gudang akan semakin efektif berkat serta memangkas biaya penyimpanan. Selain itu, terdapat beberapa dukungan fitur lainnya seperti: Mengelola informasi produk dan varians secara terpusat dengan fitur product variant Mengoptimalkan penyampaian informasi inventaris dengan batch dan nomor seri Mencatat lokasi penyimpanan barang secara spesifik melalui fitur real-time tracking dan dasbor online 4. Fitur Dukungan Penjualan Modul ini membantu pelaku usaha untuk dapat mengelola proses penjualan secara end-to-end. Anda dapat menyederhanakan proses terima dan kirim pembayaran melalui invoicing otomatis Mengelola seluruh proses dari penjualan hingga pembelian secara terintegrasi Menyederhanakan proses pembayaran dengan Mekari Pay 5. Pengelolaan Akuntansi Komprehensif Dukungan sistem akuntansi otomatis juga melengkapi kebutuhan operasional lainnya. Tingkatkan visibilitas bisnis dengan integrasi dari berbagai operasional bisnis, dasbor, dan laporan yang dibuat secara otomatis. Adanya sinkronisasi antara pembukuan dan laporan dengan aktivitas supply chain dan invoicing Memantau perkembangan bisnis melalui grafik dan tabel dari dasbor kustomisasi Mendapatkan rangkuman dan insight yang mendalam dengan analisis berbasis AI Itulah fungsi-fungsi dari modul yang bisa Anda gunakan semuanya dalam Jurnal ERP. Anda juga dapat menggunakannya dengan mudah karena Jurnal ERP memiliki tampilan desain yang sederhana dan intuitif, mendapatkan layanan sesi 1on1 training, serta terintegrasi dengan ekosistem Mekari. Kesimpulan Secara garis besar, software akuntansi khusus enterprise seperti Mekari Jurnal ERP menjadi fondasi pengelolaan keuangan dan operasional perusahaan besar yang terkini, modern, terintegrasi, dan efisien. Dengan modul dan fitur-fitur yang mendukung pengelolaan all-in-one dan end-to-end process, Jurnal ERP menjawab tantangan bagi pengelolaan perusahaan skala besar atau enterprise. Jangan biarkan kompleksitas operasional bisnis, seperti supply chain dan keuangan, menghambat pertumbuhan perusahaan Anda. Hubungi tim kami lebih lanjut untuk mengonsultasikan kebutuhan enterprise Anda, daftar demo sekarang dan dapatkan uji coba selama 7 hari. Konsultasi dengan Mekari Jurnal Sekarang! Semoga artikel ini dapat membantu Anda lebih memahami bagaimana Jurnal ERP dapat menjadi solusi menghadapi masalah Anda dalam mengelola perusahaan besar. Selangkah lebih maju bersama Mekari Jurnal ERP dan rasakan transformasi digital dalam hitungan hari. Ketahui juga paket harga berlangganan Mekari Jurnal lebih lengkap di sini.