Sebentar lagi seluruh umat Islam di dunia akan merayakan Hari Raya Iduladha. Salah satu jenis bisnis yang banyak dicari orang menjelang Hari Raya Iduladha adalah bisnis hewan kurban. Umumnya di Indonesia, hewan yang dikurbankan adalah sapi, kambing, domba, atau kerbau. Momen ini bisa menjadi ide bisnis Anda, apalagi peluang pasar hewan kurban tergolong bagus dan menjanjikan keuntungan tinggi seiring dengan tingginya permintaan pasar saat Iduladha.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai bisnis ini. Di mana, Anda harus mempersiapkan strategi yang jitu untuk bisa mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari bisnis ini. Berikut akan kami berikan beberapa strategi yang tepat untuk Anda yang akan memulai berjualan hewan kurban menjelang Hari Raya Iduadha.

 

Tentukan Modal & Jenis Hewan Kurban

Pertama-tama, Anda harus menentukan antara jenis hewan yang akan dijual dengan modal yang dimiliki. Sesuaikan dahulu modal yang disiapkan, apabila modal yang disediakan besar, Anda bisa berjualan semua hewan kurban. Dan apabila modal Anda tidak terlalu besar Anda bisa berjualan hewan kurban kambing saja.

 

Persiapkan Tempat dan Pakan

Lakukan riset sederhana di lokasi Anda akan berjualan, apakah di sana sudah terdapat kompetitor atau belum, serta lokasinya apakah strategis dan mudah ditemukan oleh target pasar Anda atau tidak. Berikan juga pakan yang bergizi tinggi agar hewan kurban tetap sehat dan gemuk sampai laku terjual.

 

Gunakan Teknik Berjualan Langsung

Dalam suatu bisnis hal yang paling terpenting adalah teknik berjualan. Anda bisa menggunakan teknik pendekatan efektif secara langsung. Misalnya menawarkan langsung kepada orang terdekat seperti sanak saudara dan pihak lainnya yang berpotensi untuk membeli hewan kurban Anda. Pelajari cara menawarkan barang jualan dengan baik dan sopan.

 

Manfaatkan Media Promosi Online

Bukan zamannya lagi sekarang melakukan promosi hanya dengan metode konvensional. Selain dengan offline kini promosi bisa dilakukan secara online. Maksimalkan semua cara untuk promosi dan manfaatkan promosi yang gratis alias tidak membutuhkan dana besar. Anda juga bisa memasarkannya lewat situs jual beli online yang kini sudah banyak bermunculan.

 

Pelajari Bisnis Jual-Beli Hewan Kurban

Pahami dan pelajari terlebih dahulu produk yang akan Anda jual. Pastikan Anda sudah mengetahui secara detail mengenai ketentuan dan aturan jual beli hewan kurban. Seperti misalnya dari sisi kesehatan, pastikan hewan kurban yang akan Anda jual, sehat secara fisik dan memenuhi syarat sebagai hewan kurban. Anda juga harus memahami syarat hewan bisa dijadikan hewan kurban, yaitu harus berjenis kelamin jantan dan harus cukup usia.

 

Masih ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan, seperti manajemen pengelolaan hewan kurban, transportasi pengantaran, dan sebagainya. Namun, satu hal yang harus diingat bagi Anda yang ingin berjualan hewan kurban adalah menganalisa kebutuhan Anda terkait pengelolaan keuangan. Untuk itu Anda harus memakai aplikasi pembukuan yang tepat seperti Jurnal, agar bisnis penjualan hewan kurban yang akan Anda jalani berjalan dengan lancar.

Dengan Jurnal, Anda dapat mengelola keuangan bisnis hewan kurban Anda lebih mudah. Di mana, Anda juga dapat mengetahui berapa modal, pendapatan, laba-rugi, hingga biaya yang Anda keluarkan untuk mengelola bisnis ini. Temukan kemudahan menjual hewan kurban dengan pengelolaan keuangan yang tepat dengan Jurnal. Info lebih lanjut, silakan klik di sini.