Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

6 Cara Membuat Strategi Pemasaran untuk Bisnis Online Agar Viral

Tayang 22 Dec 2023

Membuat konten menjadi viral merupakan salah satu strategi pemasaran bisnis online untuk mendorong penjualan.

Konten merupakan salah bagian yang penting dalam sebuah strategi pemasaran bisnis online, bahkan menjadi landasan utama praktisi pemasaran dalam menjalankan pekerjaannya.

Hal ini karena konten dapat menarik calon pembeli baru dan mempertahankan loyalitas di mana akan memengaruhi pendapatan penjualan.

Selain bisa membuat konten anda menjadi viral, Anda juga akan bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Apa saja hal yang harus dilakukan untuk membuat konten produk yang menarik dalam berjualan secara online?
  • Sebutkan langkah-langkah untuk menjadikan viral iklan online?
  • Berikut yang bukan strategi yang harus dijalankan pada usaha online shop ini adalah?
  • Jelaskan strategi pemasaran yang baik dalam usaha online?
  • Berikut yang bukan strategi yang harus dijalankan pada usaha online shop adalah?

Tentu saja semua pelaku bisnis online menginginkan agar kontennya menjadi viral.

Viral atau viralitas dalam dunia pemasaran atau marketing didefinisikan sebagai strategi dan proses penyebaran pesan elektronik untuk mengomunikasikan informasi dari suatu produk kepada masyarakat secara luas.

Faktanya, untuk membuat konten agar viral secara positif bukanlah hal yang mudah.

Sebuah konten akan viral jika ia memiliki beberapa elemen yang dapat memengaruhi pembaca untuk melakukan share atau review secara sukarela.

Begini 6 Cara Membuat Strategi Pemasaran Bisnis Online Agar Viral!

Agar mencapai strategi yang efektif, tentunya memerlukan banyak persiapan dan prosedur yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan konten iklan Anda viral secara online!

Jika Anda ingin membuat konten yang viral, berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan.

sebutkan langkah-langkah untuk menjadikan viral iklan online

salah satu strategi penjualan online yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan kalimat efektif agar mudah dimengerti

1. Mulai dengan Kalimat Singkat, Padat, dan Jelas

Kalimat pembuka yang singkat, padat, dan jelas ini adalah kesempatan awal untuk menarik minat pembaca.

Caranya, jangan membuat konten yang bertele-tele tetapi juga tidak sesingkat-singkatnya.

Ini adalah salah satu cara strategi penjualan juga strategi pemasaran bisnis online yang berpotensi bisa viral.

Berikan perhatian khusus di mana pembaca sebagai calon konsumen menjadi tertarik membaca sampai akhir.

Anda dapat membuat paragraf dengan memaparkan fakta-fakta yang menarik tentang konten yang akan di-post.

Atau kalimat-kalimat yang memancing emosi, rasa penasaran pembaca, atau suatu masalah yang banyak dialami sasaran pasar Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan kalimat tanya.

Karena menurut penelitian, kalimat tanya secara psikologi memengaruhi minat baca seseorang.

Pakai Mekari Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Lebih Mudah

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

2. Tambahkan Gambar atau Foto Agar Lebih Menarik

Gambar merupakan salah satu daya tarik dalam sebuah konten. Maka, jangan lupa untuk memasukan elemen gambar yang menarik dan berwarna.

Menambahkan elemen ini adalah salah satu strategi penjualan juga strategi pemasaran bisnis online bisa berpotensi viral.

Coba saja Anda pikirkan, apakah Anda tidak bosan jika membaca sebuah konten yang berisi tulisan saja? Bosan bukan.

Hal yang sama juga dirasakan oleh pembaca jika konten yang Anda tulis hanya berisi tulisan.

Konten gambar juga akan sangat berpengaruh jika media strategi pemasaran yang dilakukan bisnis online melalui social media seperti Instagram dan Facebook.

Untuk mencantumkan gambar, Anda juga tidak boleh sembarangan asal cantum saja.

Perhatikan beberapa tips berikut ini:

  1. Gambar yang dicantumkan dalam media pemasaran dari bisnis Anda adalah gambar produk yang sesungguhnya (bukan palsu).
  2. Cantumkan gambar dengan kualitas yang tinggi dan terbaik.
  3. Jika pemasaran dilakukan pada website atau blog atau semacamnya maka cantumkan gambar untuk setiap 300 kata, selain itu ukuran gambar sebaiknya tidak terlalu besar cukup yang sedang atau kecil yang penting menarik.

3. Optimalkan Penggunaan Hashtag pada Konten Media Sosial

Hashtag merupakan bentuk lain dari tag atau keyword yang dapat terhubung ke berbagai platform online.

Menerapkan strategi penjualan juga strategi pemasaran bisnis online yang satu ini, menambah kemungkinan produk Anda menjadi viral.

Selain itu, hashtag dapat digunakan untuk memudahkan konten menjadi viral, hashtag juga dapat digunakan saat bisnis atau konten Anda ingin mendapat perhatian di social media.

Sehingga untuk penerapannya, Anda dapat menambahkan hashtag untuk setiap konten dari bisnis online yang akan Anda post atau share.

Hashtag ini berupa kata kunci target di bagian deskripsi konten Anda.

Menurut studi yang dilakukan oleh Dan Zarrella, penggunaan hashtag dapat meningkatkan kemungkinan repost atau retweet sampai 55% dibanding konten yang tidak menggunakan hashtag.

Dengan begitu, hashtag akan berpengaruh terhadap pencarian produk bisnis Anda.

Baca Juga : 4 Cara Membangun Brand Image Bisnis Agar Lebih Dikenal Publik

audience perlu melihat gambar produk sebagai salah satu strategi pemasaran bisnis online

4. Publish di Waktu yang Tepat Agar Strategi Penjualan Juga Strategi Pemasaran Bisnis Online Anda Mencapai Lebih Banyak Orang

Tahukan Anda ada waktu-waktu yang dianggap mujarab oleh seorang pelaku usaha untuk mem-posting kontennya?

Menerapkan waktu publikasi yang tepat merupakan salah satu strategi penjualan yang tidak kalah penting untuk mencapai konten yang viral.

Pelaku bisnis online yang sudah memiliki jam terbang tinggi biasanya paham mengenai waktu-waktu yang dianggap “mujarab” untuk melakukan posting.

Waktu-waktu ini sebenarnya bergantung dari tempat tinggal dan sasaran konten yang Anda buat.

Namun, pembahasan kali ini adalah dalam lingkup Indonesia. Berdasarkan informasi dan data yang pernah penulis baca, waktu yang paling tepat untuk melakukan posting agar mendapat social share yang tinggi yakni sekitar jam 11.30 hingga 13.00 serta sekitar pukul 20.00 sampai 22.00.

Coba perhatikan waktu-waktu tersebut, itu adalah waktu sekitar istirahat makan siang dan saat menjelang tidur.

Selain itu, berdasarkan pengalaman juga terdapat tambahan waktu yaitu sekitar jam 07.00 pagi sebelum bekerja dan jam 16.00-18.00 setelah selesai kerja.

Waktu-waktu  tersebut memang sangat berpengaruh terhadap social share dari konten yang di post.

Hal ini karena saat-saat tersebut merupakan waktu senggang orang-orang dimana mereka dapat memperhatikan konten pada sosial media lebih detail.

Baca Juga : Pentingnya Laporan Arus Kas untuk Manajemen Bisnis

5. Tambahkan Tombol Share

Untuk cara nomor 5 ini, khusus dilakukan jika Anda menggunakan website atau blog sebagai media penjualan bisnis online.

Agar postingan mudah viral maka dalam situs website atau blog SEO yang sudah dibuat ramah untuk berbagi di social media.

Maka dari itu, tambahkan tombol share sosial ke template website atau blog bisnis UKM Anda.

Jadi, pastikan jika Anda tidak mem-posting di situs Anda maka target Anda memiliki tombol share ke berbagai social media.

Sehingga saat ada sebuah artikel yang menarik di mata pengunjung atau konsumen, mereka dapat melakukan share secara langsung ke akun sosial media mereka masing-masing.

Baca Juga : Karyawan Beralih Menjadi Pengusaha? Apa Manfaatnya?

sajikan konten yang interaktif dan meningkatkan engagement experience

6. Membuat Konten yang Interaktif

Tidak hanya menambahkan foto atau gambar yang menarik, konten dapat dibuat secara lebih interaktif agar memiliki peluang lebih besar agar konten yang Anda buat viral.

Saat ini, industri pemasaran online menerapkan pola strategi di mana menjadikan kebiasaan (behavior) sebagai acuan data utama.

Dalam hal ini, user memiliki peluang untuk lebih engage dengan konten yang kita buat jika menyajikan konten yang bergerak atau motion graphic. Contohnya, seperti GIF atau short video.

Selain itu, bisnis juga dapat melibatkan user dengan membangkitkan user experience melalui kuis kecil, survei, atau mini-games yang menarik.

Hasil pengumpulan data dari konten ini  juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan.

Kesimpulan

Ke-enam tips tersebut dapat berguna dalam meningkatkan peluang konten pemasaran Anda mencapai tingkat viralitas yang bisnis butuhkan.

Kenapa ini penting? Sejatinya, konten yang viral mengindikasikan bahwa konten tersebut akan mudah ditemukan oleh audience lainnya, membangun sisi impresi yang baik juga meningkatkan convertion.

Tentunya, semakin banyak calon pembeli yang tertarik untuk membeli produk dan layanan Anda, akan semakin tinggi laju arus kas dan pendapatan bisnis Anda.

Untuk mendukung kesuksesan bisnis online, Anda juga perlu melakukan perencanaan dan pengelolaan keuangan dengan baik dan benar.

Misalnya dengan menggunakan aplikasi pembukuan untuk UMKM yang dapat Anda temukan dalam software akuntansi Mekari Jurnal.

Mekari Jurnal merupakan software akuntansi terbaik yang dapat membantu Anda melakukan perencanaan, perhitungan, dan pengelolaan keuangan dengan cepat, mudah, dan aman.

Dapatkan informasi lebih banyak, dan pelajari lebih lanjut hingga coba gratis aplikasi Jurnal dengan mengunjungi website Jurnal By Mekari di sini.

Baik, Saya Akan Berkonsultasi dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

Semoga informasi tersebut bisa berguna buat Anda yang memerlukannya.

Dapatkan informasi seputar promo dan penawaran terbaik hanya melalui akun resmi Mekari Jurnal di berbagai media sosial ya!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal