Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM

Bagaimana cara pemasaran produk UMKM? Mau buat strategi pemasaran UKM atau UMKM Anda? Temukan jawabannya di aplikasi invoice yang dimiliki oleh Jurnal.

Perkembangan UKM atau Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia terus berkembang dikarenakan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat.

Perkembangan ini tentunya menuntut pelaku UKM untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun strategi pemasaran yang efektif.

Sebuah UKM akan sulit untuk berkembang jika pelaku usahanya tidak mengetahui bagaimana cara memasarkan suatu produk dengan efektif.

Nah, dengan membaca tulisan ini Anda akan lebih memahami terkait bagaimana strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis UKM dan UMKM sehingga anda bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti :

  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam usaha mikro kecil menengah UMKM yang efektif?
  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam kegiatan UMKM?
  • Langkah sederhana atau strategi bisnis UKM terkait promosi seperti apa?
  • Jelaskan secara singkat bagaimana menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil?
  • Bagaimana cara atau strategi marketing untuk UMKM yang baru berkembang?
  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam usaha mikro kecil menengah?

Begini Cara Pemasaran Produk UMKM, Juga Strategi Pemasaran UKM atau UMKM Anda!

Bagaimana cara pemasaran produk umkm? Mau buat strategi pemasaran UKM atau UMKM Anda? Temukan jawabannya di blog Jurnal By Mekari disini.

Di bawah ini adalah beberapa strategi pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan bisnis UKM.

A. Membuat Produk yang Unik

Buatlah produk yang unik dan memiliki kelebihan dibandingkan produk lain yang sejenis. Pesaing tentu ada di mana-mana, jika produk atau jasa yang Anda tawarkan tidak memiliki kelebihan, maka akan sulit untuk bersaing.

Bukan hanya itu, selain unik dan berkualitas, produk yang ingin Anda jual juga harus bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kebutuhan konsumen pun ikut berubah, oleh karena itu, inovasi harus selalu Anda lakukan secara berkala.

Hal ini untuk membantu Anda dalam persaingan pasar dan membuat pelanggan Anda loyal terhadap produk yang dijual.

B. Salah Satu Cara Pemasaran Produk UMKM Adalah Dengan Menjadi Networker

Networker adalah seseorang yang memiliki jaringan yang sangat luas dan memiliki sifat optimis dalam menjalankan bisnis. Jika Anda bukanlah seorang networker yang kompeten, maka sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk belajar menjadi seorang networker.

Jika kurang percaya diri, Anda bisa mempekerjakan seorang tenaga pemasaran yang bisa diandalkan sebagai ujung tombak untuk perluasan jaringan UKM Anda.

Baca Juga : Maksimalkan Strategi Pemasaran untuk Menyasar Pasar Lebih Luas

C. Menentukan STP Dalam Strategi Pemasaran UKM UMKM

STP adalah singkatan dari segmenting, targeting, dan positioning. Dimana tiga hal tersebut saling berhubungan satu sama lainnya.

Untuk memasarkan UKM, Anda harus menentukan segmentasi pasar (segmenting) yaitu dengan menempatkan konsumen dalam sub-kelompok di pasar produk. Sehingga para pembeli memiliki tanggapan yang hampir sama dengan strategi pemasaran UKM atau UMKM dalam penentuan posisi perusahaan.

Jika telah menentukan segmentasinya, Anda harus menentukan pasar (targeting). Dimana Anda harus mengevaluasi berbagai segmen tersebut untuk memutuskan siapa yang menjadi target market Anda.

Setelah menentukan segmenting dan targeting, sekarang Anda menentukan posisi (positioning) produk yang merupakan kombinasi kegiatan pemasaran yang dilakukan manajemen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan setiap pasar sasaran.

Ketiga strategi tersebut harus dilakukan dengan baik untuk mencapai pemasaran yang sukses.

Baca Juga : Ini Alasan UMKM Nasional Perlu Pakai Software Accounting

D. Memanfaatkan E-commerce Untuk Pemasaran Produk UMKM

Dengan memanfaatkan e-commerce, bisnis memiliki peluang untuk menjangkau pasar yang luas bahkan global. E-commerce dalam dunia bisnis dapat mendukung pemotongan rantai distribusi, sehingga konsumen dapat memperoleh suatu produk dengan harga murah.

Pemasaran produk dengan e-commerce memiliki beberapa manfaat antara lain, murah dan efisien, memiliki akses tanpa batas, dan memperpendek jarak distribusi produk.

Pantau Kondisi Kesehatan Keuangan Usaha Mikro & Kecil Anda secara Realtime dengan Jurnal.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Baca Juga : Jurnal By Mekari : Rekomendasi Software Akuntansi Terbaik

E. Penerapan Strategi Pemasaran UKM UMKM Haruslah Konsisten

Konsistensi dalam menjalankan strategi pemasaran merupakan hal penting. Selain kreatif, pelaku bisnis UKM juga dituntut untuk bisa terus konsisten dalam menjalankan strategi pemasaran yang dipilih.

Hal ini penting karena kepercayaan konsumen akan terbangun apabila Anda konsisten di bidang usaha yang digeluti dan menjadi seorang ahli di dalamnya.

Itulah beberapa strategi pemasaran yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis UKM. Dalam sebuah bisnis, selain melakukan strategi pemasaran, Anda juga perlu membuat laporan keuangan yang tidak kalah penting.

Kini, Anda dapat membuat laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi invoice. Jurnal adalah aplikasi akuntansi online yang membantu membuat laporan keuangan dengan mudah, cepat, dan real time.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, diatas adalah cara pemasaran produk UMKM atau strategi pemasaran UKM dan UMKM Anda.

Terjawab sudah beberapa pertanyaan terkait strategi marketing yang efektif untuk usaha kecil menengah seperti :

  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam usaha mikro kecil menengah UMKM yang efektif?
  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam kegiatan UMKM?
  • Langkah sederhana atau strategi bisnis ukm terkait promosi seperti apa?
  • Jelaskan secara singkat bagaimana menyusun strategi pemasaran untuk usaha kecil?
  • Bagaimana cara atau strategi marketing untuk UMKM yang baru berkembang?
  • Bagaimana cara menyusun strategi promosi dalam usaha mikro kecil menengah?

Untuk memudahkan Anda dalam menyusun laporan keuangan bisnis UKM, gunakan Jurnal! Sebagai aplikasi akuntansi UKM terbaik, Jurnal menyediakan banyak fitur yang dapat Anda gunakan. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dengan Jurnal dan nikmati free trial 14 hari.

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya, dan silahkan untuk dibagikan di sosial media.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo