Cara Menyusun Skala Prioritas Bisnis UKM

Menjadi seorang pemilik bisnis UKM akan membuat Anda sangat sibuk mengelola berbagai macam hal. Setiap detail yang terjadi di bisnis harus Anda ketahui agar tidak ada kesalahan dan kerugian yang menimbulkan masalah di dalam perusahaan. Mulai dari merancang bisnis model, mencari modal, mengerjakan produk, bahkan merekrut karyawan akan menjadi salah satu dari banyak hal yang akan Anda kerjakan. 

Tentu saja hal ini akan membuat waktu Anda banyak terbagi dalam sehari. Bahkan dalam waktu 24 jam rasanya tidak cukup untuk melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan bisnis. Mengelola bisnis memang sangat melelahkan, tetapi bukan berarti bisnis dibiarkan begitu saja. Untuk dapat mengelola kebutuhan bisnis dengan baik, pebisnis disarankan untuk memahami skala prioritas bisnis UKM agar bisa membagi rata waktu dan mengatur mana yang perlu dikerjakan.

Apa Itu Skala Prioritas?

Skala prioritas adalah ukuran kebutuhan yang tersusun dalam daftar berdasarkan tingkat kebutuhan seseorang, dimulai dari kebutuhan yang paling penting sampai kebutuhan yang bersifat bisa ditunda pemenuhannya. Dengan menerapkan skala prioritas, seseorang diharapkan dapat mengetahui mana kebutuhan yang harus didahulukan dan mana kebutuhan yang bisa ditunda terlebih dahulu. Sehingga, dapat memenuhi kebutuhan dengan tepat dan sesuai dengan kemampuan.

Skala prioritas bisa juga diterapkan di dalam kebutuhan mengelola bisnis UKM. Misalnya saja mana prioritas yang paling tinggi antara mencari modal dan melakukan riset pasar. Semua bisa diatur dengan mudah dengan menggunakan skala prioritas. Sehingga pengelolaan sebuah bisnis akan lebih baik dan tidak berantakan karena masalah kebutuhan yang tidak terpenuhi.

Manfaat Skala Prioritas

Manfaat dari menerapkan skala prioritas akan bisa dirasakan oleh siapapun. Terutama jika Anda adalah pemilik bisnis dan harus mengelola bisnis Anda sendiri. Skala prioritas bermanfaat untuk Anda menyortir mana yang perlu dilakukan terlebih dahulu dan mana yang bisa ditunda. Dengan begini Anda akan lebih fokus mengerjakan hal-hal yang lebih penting tanpa mengabaikan kebutuhan lain. Ini akan sangat bermanfaat untuk pengelolaan karena semua kebutuhan akan terpenuhi dengan baik tanpa ada yang terabaikan.

Tidak hanya untuk perorangan, skala prioritas sangat bermanfaat untuk diterapkan dalam sebuah bisnis. Karena pengelolaan bisnis membutuhkan ketepatan dan kecepatan, pastinya setiap kebutuhan tidak bisa diabaikan. Skala prioritas akan mengatur mana kebutuhan yang paling mendesak dan mana yang bisa ditunda demi kelangsungan bisnis UKM. 

Baca juga : Cloud Jadi Solusi Bisnis UKM Ramah Biaya di Situasi Sulit

Pertimbangan dalam Menentukan Skala Prioritas

manfaat menggunakan software akuntansi1

1. Perhatikan Tingkat Kepentingan

Setiap kebutuhan yang berhubungan dengan bisnis pasti adalah hal yang penting. Tetapi tentu saja ada yang paling penting atau memiliki tingkat urgensi yang tinggi dan sama sekali tidak bisa ditunda lagi. Dengan memperhatikan tingkat kepentingan, membuat skala prioritas bisa dilakukan dengan mudah untuk kelancaran sebuah bisnis.

2. Mengambil Kesempatan

Kesempatan yang tidak datang kedua kalinya bisa menjadikan skala prioritas berubah. Hal ini tentu saja baik karena kesempatan yang sekiranya menguntungkan perusahaan bisa diambil dan menjadi prioritas untuk dikerjakan. Kesempatan yang mungkin tidak datang dua kali tersebut dapat dipertimbangkan untuk menjadi prioritas penting meskipun tidak setiap hari kesempatan datang.

3. Masa Depan Bisnis

Penyusunan skala prioritas juga harus memperhatikan masa depan bisnis UKM. Tentunya Anda tidak ingin mengalami kerugian di masa depan. Oleh karena itu, masa depan bisnis harus dipertimbangkan agar tidak terjadi kesalahan saat penyusunan skala prioritas.

4. Kemampuan yang Dimiliki

Kemampuan yang dimiliki bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk menyusun skala prioritas. Misalnya seperti apakah SDM memadai atau apakah persediaan mencukupi untuk melakukan proses produksi. Kemampuan yang dimiliki setiap bisnis berbeda-beda, oleh karena itu sebagai pemilik usaha penting untuk mengetahui kemampuan perusahaan sendiri.

5. Pertimbangkan Waktu

Waktu juga bisa menjadi pertimbangan untuk menyusun skala prioritas. Karena tidak semua kebutuhan bisnis bisa ditunda terlalu lama. Misalnya saja barang persediaan di sebuah perusahaan harus segera diproses agar tidak rusak dan merugikan perusahaan. Maka mempertimbangkan waktu yang dimiliki perusahaan bisa menjadi salah satu pertimbangan penting dalam menyusun skala prioritas. 

Pertimbangan-pertimbangan di atas merupakan bagian dasat penting atas kebutuhan perusahaan. Dengan memahami mana yang paling mendesak pemenuhan kebutuhannya dan mana yang bisa ditunda maka menyusun skala prioritas bisa dilakukan dengan mudah tanpa mengabaikan kebutuhan yang lain. Kecermatan dalam menyusun skala prioritas bisa diatur dengan pertimbangan-pertimbangan di atas.

Menyusun Skala Prioritas

  • Mencatat seluruh kegiatan dan kebutuhan bisnis Anda tanpa ada yang terlewatkan. Mulailah mencatat semuanya agar jelas apa saja yang perusahaan Anda perlukan.
  • Buatl daftar kegiatan dan kebutuhan perusahaan Anda berdasarkan pertimbangan mana yang paling penting atau mana kebutuhan yang perlu didahulukan pemenuhannya. Semuanya akan lebih mudah untuk diurutkan ketika Anda tahu mana yang paling penting dan mana yang paling mendesak.
  • Buatlah catatan tambahan yang penting dan berhubungan dengan kegiatan atau kebutuhan tersebut. Catatan ini bisa juga menjadi bahan pertimbangan selanjutnya agar lebih jelas kebutuhan mana yang paling penting dari yang penting. 
  • Disiplin terhadap skala prioritas yang telah dibuat. Setiap skala prioritas yang telah disusun tidak akan bisa sukses diberlakukan jika Anda tidak disiplin menjalankannya. Tetap fokus dan menjalankan rencana sesuai dengan skala prioritas yang telah dibuat.

Dengan adanya skala prioritas, banyak sekali kebutuhan yang akan bisa dipenuhi dengan tepat waktu. Penelolaan menjadi lancar tanpa adanya keterlambatan dan hambatan. Skala prioritas bisa menjadi salah satu cara untuk mengelola suatu bisnis. Dengan banyak sekali kebutuhan bisnis yang harus dipenuhi, tentunya akan sangat melelahkan jika harus memikirkan satu persatu. Skala prioritas dapat memperlanjar pekerjaan dengan mudah.

Skala prioritas sudah banyak diterapkan di bisnis-bisnis. Manajemen bisnis pastinya memberlakukan skala prioritas dengan sangat teliti agar kebutuhan perusahaan selalu terpenuhi tanpa kendala. Pengelolaan ini akan membuat suatu bisnis berjalan dengan lancar dan pengelolaan menjadi lebih mudah.

Misalnya saja menentukan prioritas mana yang harus dilakukan saat melakukan produksi barang. Membuat skala prioritas tentang mana yang perlu dilakukan terlebih dahulu akan membantu Anda mengambil keputusan tepat sebelum memproduksi barang. Anda bisa memulai dengan mengumpulkan barang persediaan dan mencatat mana persediaan yang cepat habis dan memerlukan stok banyak agar produksi tetap berjalan. Tahap demi tahap maka proses produksi akan berjalan dengan lancar.

Baca juga : Kiat Kelola Bisnis UKM Tetap Prima di Tengah Wabah COVID-19

Dalam menyusun skala prioritas bisnsis, Anda dapat mulai mempertimbangkan penggunaan software akuntansi. Selain mengusung teknologi digital, penggunaan software juga mempermudah Anda dalam menentukan segala prioritas dengan cepat karena hasil laporan keuangan yang akurat, mudah dan cepat. Kini, Jurnal hadir untuk bisnis UKM dalam program #Ukmtahankritis. Program yang mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum. Penawaran program tersebut, yakni :

  1. Berlangganan minimal 6 bulan, Anda mendapat percobaan gratis selama 30 hari dan diskon tambahan sebesar 15%.
  2. Berlangganan minimal 12 bulan, Anda mendapat percobaan gratis selama 60 hari dan diskon tambahan sebesar 35%.

Program ini hanya berlaku sampai akhir Maret 2020. Cari tahu selengkapnya tentang Jurnal sekarang juga dengan mencoba demo gratis selama 14 hari!


PUBLISHED30 Mar 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: