Jurnal Enterpreneur

Ini Alasan UMKM Nasional Perlu Pakai Software Accounting

Hari UMKM Nasional yang jatuh pada tanggal 12 Agustus setiap tahun tentu menjadi salah satu perayaan yang berarti bagi para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jumlah UMKM di Indonesia semakin lama terus bertambah dan membuat persaingan menjadi semakin ketat. Maka itu, UMKM perlu membekali usaha dengan teknologi pendukung usaha, seperti software accounting.

Peringatan hari UMKM Nasional merupakan pertanda bahwa saat ini UMKM telah menjadi sorotan dan memiliki peran penting terhadap ekonomi di Indonesia. Untuk terus meningkatkan kinerja usaha sekaligus peran dalam pertumbuhan ekonomi, Anda sebagai pelaku UMKM di Indonesia harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Salah satu proses digitalisasi yang dibutuhkan dalam proses bisnis UMKM adalah penyusunan dan pengelolaan laporan keuangan menggunakan software accounting. Dibanding mencatat laporan keuangan secara manual, Anda dapat menggunakan software accounting untuk membantu Anda mempercepat dan memudahkan proses pencatatan.

Software akuntansi adalah sebuah aplikasi yang berfokus pada sistem akuntansi. Di dalamnya terdapat banyak sekali manfaat yang khusus digunakan untuk mempermudah proses akuntansi perusahaan.

Meskipun terdengar sepele, tetapi proses akuntansi perusahaan adalah hal penting untuk kelancaran sebuah bisnis. Penilaian sebuah bisnis UMKM bisa lancar atau tidak dapat diketahui dari bagaimana penyusunan laporan akuntansi bisnis tersebut.

Selain itu, dari laporan keuangan dan proses akuntansi perusahaan, bisa diketahui bahwa perusahaan tersebut dalam keadaan sehat atau tidak. Jadi software accounting bisa sangat membantu memperjelas keadaan perusahaan.

Baca Juga: 8 fitur utama program akuntansi Jurnal

Alasan UMKM Harus Pakai Software Accounting

Dalam beberapa kasus pada bisnis UMKM, salah satu alasan yang paling sering muncul ketika UMKM gulung tikar adalah kesalahan dalam proses pengelolaan keuangan.

Hal itu membuktikan bahwa pengelolaan keuangan merupakan poin yang penting jika ingin bisnis bisa terus berjalan.

Tidak jarang ketika UMKM dalam proses pencatatan laporan keuangan, kesalahan yang terjadi memiliki dampak besar pada seluruh bisnis.

Misalnya seperti kesalahan menghitung laba dan rugi sehingga UMKM tidak menyadari bahwa jumlah utang lebih tinggi dibandingkan jumlah laba.

Kesalahan-kesalahan tersebut yang bisa diatasi dengan menggunakan software akuntansi untuk UMKM. Sehingga tidak terjadi dampak buruk pada UMKM.

Berikut ini adalah alasan kenapa UMKM harus pakai software akuntansi

Jurnal software akuntansi UKM

Perhitungan Laba yang Jelas

Dalam setiap proses bisnis UMKM, perhitungan laba merupakan bagian yang menentukan bagaimana kinerja UMKM tersebut.

Jika laba yang didapatkan cukup banyak, maka UMKM bisa dikategorikan dalam posisi aman.

Sebaliknya, jika laba yang diterima sedikit, maka UMKM bisa dikategorikan dalam posisi yang kurang baik.

Perhitungan laba perusahaan ini tidak bisa dilakukan dengan asal, aplikasi akuntansi bisa mencatat setiap data transaksi dan mengakumulasi data tersebut sehingga perhitungan laba menjadi lebih jelas.

Pencatatan Transaksi UMKM

Setiap transaksi yang terjadi perlu dihitung dan dicatat dengan tepat. Dengan demikian, tidak terjadi kesalahan saat proses perhitungan laporan keuangan. Aplikasi akuntansi memiliki fitur yang bisa digunakan untuk mencatat setiap transaksi UMKM secara tepat dan akurat. Tak hanya itu, sekaligus pula melakukan penghitungan akumulasi secara otomatis.

Data transaksi tersebut akan dicatat dan diolah dengan software accounting yang bisa digunakan untuk laporan keuangan. Dengan begini, tidak ada lagi kesalahan data transaksi yang terlewat atau hilang.

Laporan Keuangan UMKM

Pencatatan laporan keuangan adalah hal penting dalam proses bisnis UMKM. Dari laporan keuangan bisa diketahui bagaimana kondisi sebuah UMKM.

Apakah kondisi keuangan perusahaan masih sehat, masih bisa berlanjut atau harus gulung tikar. Perhitungan laporan keuangan harus tepat dan akurat.

Software accounting dilengkapi dengan sistem perhitungan dan penyusunan laporan keuangan yang akurat. Sehingga bisa mengurangi kesalahan perhitungan yang biasa dilakukan secara manual.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Bisnis F&B Butuh Software Aplikasi Akuntansi

Alasan lain yang bisa dipertimbangkan UMKM untuk menggunakan software accounting adalah UMKM bisa menghemat biaya.

Karena UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa jasa akuntan. Cukup menggunakan software accounting dan urusan keuangan UMKM bisa diselesaikan.

Menemukan software akuntansi yang tepat bagi UMKM memang tidak mudah, karena perangkat lunak yang digunakan harus sesuai dengan kapasitas dan sektor usaha Anda. Bagi Anda yang memiliki usaha berskala kecil dan menengah dari berbagai sektor bisnis, tak ada salahnya mencoba layanan Jurnal by Mekari.

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi online untuk UKM dari Jurnal, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan diproses dengan baik oleh Jurnal. Jurnal dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur yang tersedia, contoh salah satunya yaitu program stok barang.

Bagi Anda yang berlangganan Jurnal pada periode Agustus 2020 ini, Anda akan mendapat gratis berlangganan maksimal 2 bulan dan diskon hingga 25%.

Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login. Cari tahu selengkapnya mengenai produk di website Jurnal atau dapat pula mencoba demo gratis 14 hari dengan menekan banner di bawah ini.

CTA promo agustus 2020

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo