Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Accounting

Aplikasi akuntansi adalah sebuah aplikasi, baik berbasis web maupun mobile, yang fokus kepada fungsi-fungsi akuntansi. Aplikasi accounting atau aplikasi akuntansi seperti Jurnal.id biasanya sering digunakan oleh perusahaan untuk mengatur, mencatat, dan mengelola setiap data serta transaksi yang berhubungan dengan akuntansi perusahaan.

Menggunakan aplikasi accounting adalah pilihan suatu pemilik usaha untuk mempermudah proses akuntansi perusahaan. Dengan perusahaan yang memiliki transaksi semakin besar, maka diperlukan sebuah tools yang mampu mengatur dan mengelola setiap transaksi selama 24 jam di mana pun dan kapan pun.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Accounting

Sebenarnya, dengan menggunakan aplikasi accounting ada banyak manfaat yang bisa diambil. Salah satunya adalah perhitungan keuangan yang akurat. Aplikasi akuntansi meminimalisir adanya human error dan data yang hilang karena setiap perhitungan transaksi tercatat dengan baik.

Note: Aplikasi pembukuan juga dinilai efektif dan efesien dalam menjaga kestabilan bisnis. Bagaimana bisa? Baca artikel Aplikasi Pembukuan, Cara Terbaik Mengelola Laporan Keuangan

Hanya saja ada beberapa pemilik usaha yang mengalami kebingungan saat memilih menggunakan aplikasi akuntansi untuk usaha mereka atau tidak. Jika Anda juga masih bingung, simak kelebihan dan kekurangan aplikasi accounting berikut ini:

Kelebihan Aplikasi Accounting

  1. Pantauan Data Real Time

    Setiap transaksi yang terjadi di perusahaan sudah terintegrasi dengan aplikasi accounting. Data transaksi perusahaan tersebut dicatat dan diolah dalam satu aplikasi yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Pantauan data ini bisa diakses oleh Anda yang memerlukan data tersebut.

    Anda juga tidak perlu pergi ke kantor ataupun bertanya kepada tim accounting yang mana akan memakan waktu lama. Dengan aplikasi akuntansi data bisa Anda akses secara real time dan secara akurat.

  2. Atur Sesuai Kebutuhan

    Adanya aplikasi accounting yang memiliki banyak fitur bisa menjadi keuntungan untuk perusahaan. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi akuntansi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. jadi Anda bisa fokus dengan solusi untuk kebutuhan perusahaan.

    Misalnya saja Anda perlu untuk perhitungan pajak. Maka Anda bisa mengatur aplikasi akuntansi untuk perhitungan pajak perusahaan. Jadi data yang Anda dapatkan lebih relevan dan akurat untuk perhitungan pajak.

  3. Mengatur Pengeluaran Perusahaan

    Aplikasi accounting bisa menjadi reminder yang tepat untuk pengeluaran perusahaan. Karena setiap data transaksi ditulis secara real time, Anda bisa mengawasi setiap data transaksi tersebut.

    Bahkan Anda bisa menentukan batas pengeluaran lewat aplikasi akuntansi agar pengeluaran perusahaan tidak melebihi batas tersebut yang akhirnya bisa berdampak merugikan perusahaan.

Kekurangan Aplikasi Accounting

  1. Terlalu Ribet untuk Generasi Tua

    Beberapa perusahaan, terutama yang memiliki banyak pekerja dengan usia yang cukup tua, merasakan bahwa beberapa aplikasi accounting adalah hal yang ribet atau menyusahkan.

    Hal ini cukup dimengerti karena generasi X merupakan generasi yang belum terlalu paham tentang perkembangan teknologi di masa kini. Sehingga mereka lebih memilih melakukan cara tradisional.

  2. Harganya Cukup Mahal

    Beberapa aplikasi akuntansi memang memiliki harga yang cukup mahal karena fitur yang mereka buat memenuhi hampir semua kebutuhan perusahaan. Sayangnya, harga tersebut dianggap terlalu mahal untuk menggantikan posisi akuntan. Cek harga aplikasi akuntansi Jurnal disini, banyak pilihan menarik.

  3. Rawan Mengalami Kesalahan Sistem

    Ada kalanya sebuah aplikasi mengalami kesalahan sistem. Meskipun hal ini jarang terjadi, tetapi pertimbangan akan kesalahan sistem ini merupakan alasan yang bisa digunakan mengingat aplikasi akuntansi juga tidak sepenuhnya luput dari kesalahan sistem.

Kesimpulannya adalah setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda memeriksa lebih detail kelebihan dan kekurangan diatas, tentunya Anda akan mengerti bahwa aplikasi akuntansi juga bisa memberikan manfaat untuk perusahaan.

Setelah mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan software akuntansi, kesalahan fatal yang terjadi dalam berwirausaha adalah tidak adanya pengelolaan keuangan yang rapi. Pengelolaan keuangan sangat penting untuk bidang usaha manapun.

Oleh karena itu, Anda perlu memudahkan hal keuangan dengan menggunakan software akuntansi sebagai bahasa lain dari aplikasi accounting. Jurnal akan membuat Anda tidak perlu terlalu disulitkan akuntansi usaha, tetapi pada keseluruhan usaha Anda. Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi yang bisa Anda gunakan secara online dengan mudah bahkan dari smartphone Anda. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal dan nikmati free trial Jurnal 14 hari.

 


PUBLISHED22 Jul 2020
Desy
Desy


Kategori : Bisnis