Mengelola bisnis rumahan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengelola perusahaan besar. Hanya saja dalam bisnis besar masalah yang ditangani lebih beragam, sedangkan dalam bisnis rumahan permasalahan masih lebih banyak terkait dengan keuangan. Untuk menghindari adanya permasalahan dalam mengelola bisnis rumahan yang dapat berimbas pada masalah keuangan bisnis, ketahui beberapa tips di bawah ini.

 

Menghindari Utang Bisnis

Agar keuangan bisnis rumahan selalu terjaga dan aman, sebisa mungkin pelaku bisnis rumahan berusaha untuk menghindari utang. Meminjam sebenarnya boleh saja, tetapi untuk bisnis yang baru dimulai dari rumah dengan modal yang masih kecil hal ini terlalu berisiko karena dapat berpengaruh terhadap keuangan bisnis. Cobalah untuk berhati-hati dalam memutarkan modal, agar bisnis tetap berjalan tanpa memerlukan pinjaman.

 

Tetap Hemat

Meskipun Anda memiliki bisnis dengan modal yang cukup tinggi. Sebagai pelaku bisnis rumahan Anda harus tetap hemat dalam mengatur keuangan, baik keuangan pribadi maupun bisnis terkait dengan pengeluaran. Dengan menghemat biaya pengeluaran, Anda bisa mengembangkan bisnis dengan menambah modal dari laba keuntungan, sehingga bisnis akan stabil dan terus berkembang.

 

Pertimbangkan untuk Menyewa atau Membeli

Dalam menjalankan bisnis, ada beberapa peralatan yang diperlukan. Jika peralatan tersebut bukanlah kebutuhan primer yang diperlukan setiap hari, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menyewa. Dengan menyewa, Anda bisa mengurangi pengeluaran namun tetap bisa menjalankan produksi. Cara cerdas ini bisa membantu mengelola keuangan agar tidak terjadi devisit.

 

Perhatikan Jatuh Tempo Piutang

Sebuah bisnis rumahan dengan modal terbatas harus bijak dalam memberikan dan mengelola piutang bisnis. Berikan piutang dengan jangka waktu pembayaran yang tidak terlalu lama agar tidak mengganggu keuangan bisnis. Biasakan untuk memberikan pengingat kepada mitra bisnis jika sudah tanggal jatuh tempo.

 

Karena bisnis rumahan masih merupakan bisnis kecil, bukan berarti tidak memiliki hak untuk melakukan tagihan. Adanya kebijakan dalam mengingatkan tanggal jatuh tempo, akan membuat bisnis terhindar dari masalah kekosongan kas karena piutang yang tidak terbayar dan membiasakan mitra untuk membayar tepat waktu.

 

Periksa Arus Kas dengan Rutin

Tips mengelola keuangan bisnis yang benar adalah dengan selalu mengontrol arus kas dengan baik. Arus kas yang berjalan dengan lancar memberikan dampak positif pada perkembangan bisnis. Jika arus kas berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat akan memberikan dampak yang tidak terlalu baik. Di mana bisnis akan berkembang dengan cepat, namun juga dapat turun kembali. Akan lebih baik jika berjalan pelan namun pasti. Sehingga Anda perlu melakukan pengontrolan atau pemeriksaan arus kas secara periodik dalam waktu yang tidak terlalu lama.

 

Rutin Menghitung Stok Barang

Tips cerdas terakhir yang perlu Anda terapkan dalam mengelola keuangan bisnis adalah melakukan perhitungan stok barang. Perhitungan stok barang dilakukan untuk mengetahui seberapa besar aset yang masih Anda miliki selain dalam bentuk uang. Agar keuangan lancar, sebaiknya Anda tidak menumpuk stok terlalu banyak, namun jangan sampai kehabisan stok.

 

Itulah tips cerdas yang bisa Anda terapkan dalam mengelola keuangan bisnis rumahan agar berjalan lancar. Untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar, Anda bisa mulai memanfaatkan software akuntansi online. Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis rumahan agar terhindar dari masalah keuangan.

 

Jurnal juga dilengkapi dengan berbagai laporan keuangan, mulai dari laporan arus kas, stok barang, utang-piutang, dan lain sebagainya. Anda juga tidak perlu khawatir mengenai kas yang harus dikeluarkan, karena Jurnal menyediakan berbagai varian harga yang dapat disesuaikan dengan bisnis Anda. Dapatkan semua informasi menarik tentang Jurnal di sini.